2161

โˆš Pakan Ayam Umur 3 Bulan

Pakan ayam umur 3 bulan yang terbaik untuk mempercepat pertumbuhan yaitu mengetahui dari komposisi yang dibutuhkan anak ayam. Biasanya dalam kemasan pakan jadi tertera merk dan kode tertentu, maka dari itu dibalik kode itulah pembagian jenis pakan berdasarkan usia.

Mungkin belum begitu banyak teman-teman yang mengetahui informasi ini. Karena sobat kini telah mengetahui, jangan sampai lupa membagikan kepada sobat penghobi ayam lainnya. Dalam kesempatan kali ini kami akan membongkar tips ransum pakan yang bagus diberikan anakan ayam 3 bulanan.

Sama halnya dengan hewan peliharaan pada umumnya, makanan menjadi faktor terpenting dalam beternak. Ayam bangkok mempunyai kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda, bilamana sobat mengingingkan anak ayamnya sehat dan kuat berikanlah makanan terbaik. Berikut rekomendasi yang kami persiapkan kepada sobat semua.

Pakan Ayam Umur 3 Bulan

Merk pakan anak ayam bangkok 3 bulan

Hasil akhir dalam beternak bukanlah dari mahalnya suatu ayam. Akan tetapi kualitas ataupun tidak berkualitas ayam dipengaruhi oleh perawatan peternak dari usia dini. Seseorang penghobi atau pelaku ternak wajib mengetahui pakan yang baik untuk ayam dari menetas hingga dewasa.

Apalagi berbicara anak ayam yang notabene usia dibawah 3 bulan sangat membutuhkan pakan terbaik untuk mengoptimalkan pertumbuhannya. Selain hal demikian, genetik induk juga berpengaruh besar dalam menentukan besar kecilnya ayam ketia dewasa.

Berdasarkan pengetahuan kami daftar merk pakan ayam aduan yang baik itu sangat mudah didapatkan disekitar kita. Khususnya sobat yang tempat tinggalnya dilingkungan pusat perkotaan. Inilah beberapa rekomendasi makanan ayam versi dunia binatang.

  • Vita PAB1
  • HI-PRO-VITE 592/593
  • Voer 511-Bravo
  • COMFEED A.D.II
  • HI-PRO-VITE CP511
  • HA 51

Daftar diatas merupakan rekomendasi dari kami yang bisa diaplikasikan oleh sobat semua untuk ayam aduan atau hobi dari usia 9 minggu. Apabila jumlah anakan ayam sangat banyak maka dapat merubahnya dengan racikan pakan ayam 3 bulan. Dengan demikian anak ayam tetap terpenuhi dari nutrisi dan jumlah konsumsi makanannya.

Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Umur 3 Bulan

Tips perawatan anak ayam bangkok

Merawat anak ayam usia 3 bulan tidak serumit ayam baru menetas. Sebab secara keseluruhan fisiknya sudah terbentuk dari fase sebelumnya, akan tetapi bila pemeliharaan tidak tepat justru bisa membuat ayam kerdil dan lama tumbuh besar.

Oleh sebab itu kesempatan yang ini kami mengajak sobat semunya untuk terus belajar supaya tidak cepat puas dengan ilmu pengetahuan yang sekarang dimiliki. Berikut dibawah ini akan kami lampirkan cara merawat anakan ayam seperti kombinasi pakan, suplemen dan pemberian pakan yang baik.

Komposisi Pakan Ayam Umur 3 Bulan

Memenuhi asupan pakan sangatlah penting, bukan hanya dari jumlah banyaknya makanan. Namun aspek kualitas kadar protein yang terdapat dalam pakan juga wajib sobat perhitungkan.

Jika sobat sudah terbiasa memberikan pakan ransum basah dengan beberapa kombinasi seperti dedak, jagung dan voer maka presentase dari adukan pakan pun jangan sampai disepelekan. Untuk memecahkan masalah tersebut yuk hitung presentasenya.

Nah biasanya yang kami terapkan dalam meramu komposisi pakan anak ayam yaitu dengan voer 30-40% kemudian dedaknya 40% dan jagung selepnya 20% saja. Apakah boleh ditambahkan nasi atau karak serta daun-daunan? Jawabannya sangat boleh malah kami juga sering memberikan campuran tambahan dalam ransum pakannya.

Tips supaya anak ayam cepat gemuk dan tinggi, beberapa peternak juga menerapkan suplemen tambahan seperti susu bubuk kadaluarsa atau kyojin pakan ayam raksasa. Racikan pakan tambahan itu juga sangat bagus untuk memacu pertumbuhan anak ayam baik dari bobot dan stuktur tulangan ayam.

Namun apabila sobat mampu memberikan pakan murni juga bagus, mungkin untuk campurannya sedikit nasi dan dedak dengan volume voernya 80-90% dari total ransum setiap memberi makan anak ayam usia 3 bulan.

Vitamin Pendukung Pertumbuhan Anak Ayam

Tidak serta merta pakan ayam saja yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak ayam hingga dewasa. Adapula pemberian vitamin untuk mendukung secara lebih kompleks. Disisi lain penggunaan vitamin pun bisa mencegah ayam terkena berbagai jenis penyakit yang menyerang ayam muda.

Merk vitamin yang biasa kami berikan ada yang berupa serbuk dilarutkan dengan air minum dan terdapat yang dicampurkan sama makanan ayam sehari-hari. Daripada sobat semakin penasaran, yuk simak lebih lanjut lagi pemaparannya ini.

  • Multivitamin Neobro
  • Growth Hormon
  • Sumox
  • Masamix-bro
  • Growfast
  • Rajawali

Untuk penggunaannya ikuti panduan dalam setiap kemasannya. Ada yang berupa serbuk, kapsul dan cairan, alhasil sobat cukup menggunakannya sesuai kebutuhan dan vitamin yang paling mudah didapatkan serta harganya terjangkau.

Pemberian Pakan Ayam Bangkok Umur 3 Bulan

Pemberian pakan anak ayam

Menginjak usia 3 bulan ayam akan semakin aktif dan sulit dikontrol karena secara fisiknya cukup kuat. Kebiasaan baru seperti ini terkadang ayam akan mulai mencari makanan sendiri, berlarian dan bertarung sesama temannya. Apalagi kalau ayam sobat merupakan ayam aduan super.

Supaya energi yang dibutuhkan tercukupi pastinya kualitas pakan dan pemberiannya benar-benar diperhatikan. Kenapa harus demikian? Karena berfungsi memenuhi asupan nutrisi yang membantu pertumbuhan bulu baru dan struktur tulang ayam semakin kuat serta sehat.

Pemberian waktu pakan dalam 1 hari untuk fase ini minimal 2 kali sehari. Yakni pagi dan sore dengan takaran pagi secukupnya lalu penutupnya dengan jumlahnya yang banyak, agar ketika ayam istirahat dalam kondisi kenyang. Sehingga bobotnya pun lebih maksimal.

Opsi yang berikutnya apabila anakan ayam masih dikasih lampu penghangat ataupun penerang. Seharusnya dalam kurun 1 hari diberikan pakan 3 kali yakni pagi, siang/sore dan malam hari. Karena ketika ada cahaya terus ayam akan terus aktif dan membutuhkan pakan untuk mencukupi aktivitasnya didalam kandang tersebut.

Bahkan pemberian vitamin, kalsium/kalk, obat cacing dan suplemen wajib diberikan sebagai upaya sobat dalam memelihara ayam bangkok dengan perawatan yang terbaik. Nah itulah penjelasan dari kami tentang pakan ayam umur 3 bulan, semoga dengan adanya informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply