722

โˆš Racikan Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar

Racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar bagaimana tipsnya? Pakan salah satu kebutuhan dalam beternak hewan peliharaan baik untuk komersil maupun kategori hias. Maka oleh dari itu untuk menunjang pertumbuhan tentunya asupan gizi dan lainnya wajib tercukupi.

Sering kali para penghobi menganggap hal semacam ini sepele dan tidak akan berdampak buruk terhadap ayam kesanyangannya. Namun fakta yang dilapangan bahwa perawatan harian dan menu pakan sangat penting untuk mempercepat proses perkembangan tubuh ayam.

Dalam kesempatan yang baik ini kami akan membongkar semua resep makanan ayam khususnya dari DOC hingga beranjak dewasa. Apa saja yang perlu diperhatikan dan dibutuhkan dalam mencukupi dalam ransum pakan ayam? Langsung saja kita simak penjelasan dibawah berikut ini agar faham secara rinci.

Bagaimana Cara Memberi Makan Ayam?

cara memberikan pakan ayam

Sebagai seorang peternak ayam, kita harus mengetahui secara komplek apa saja yang menjadi kebutuhan pakan ayam baik DOC maupun indukan. Karena sebagian besar orang juga mengandalkan racikan pakan untuk memenuhi konsumsi hewan peliharaannya.

Meskipun dengan dukungan ransum terbaik dan jumlahnya banyak, kalau waktunya sering berubah-ubah ini bisa berakibat fatal. Contohnya mudahnya begini, sobat memberikan pakan biasanya 2 kali sehari yakni jam 07.00 dan sore hari jam 16.00, ketika waktu tersebut sering berubah maka perkembangan ayam tidak akan maksimal.

Menanggapi hal demikian, alangkah baiknya bila sobat membuat jadwal yang benar-benar matang dan bisa diluangkan khusus merawat ayam baik memberi pakan ataupun hal lainnya. Misalkan bisanya 1 kali sehari ya ransumnya dengan banyak serta disiplin bila ingin ayamnya bisa gemuk dan sehat.

Kemudian dari kebutuhan gizi anakan ayam pun berbeda sama ayam yang sudah dewasa. Sebab ada masa brooding, dimana hal ini sangat berpengaruh dalam pembentukan struktur tulang anakan ayam. Sedangkan ayam dewasa biasanya diberikan pakan campuran berupa beras merah, jagung, gabah dan suplemen ayam lainnya.

Racikan Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar

Racikan pakan ayam bangkok

Dalam dunia peternakan racikan adalah kunci utama untuk mendapatkan hasil dari memelihara hewan peliharaan. Begitu pula ketika sobat menekuni ternak ayam bangkok atau yang lainnya.

Kenapa kita sebagai pemilik ayam harus membuat racikan sendiri? Jika kita kupas lebih dalam, sebetulnya kalau mengandalkan dengan konsentrat murni maka akan boros dipengeluarannya.

Dengan hal inilah kita bisa memangkas biaya pakan ayam yakni mengkombinasikan beberapa bahan bermutu supaya ransum tersebut menjadi seimbang dengan kebutuhan gizi maupun nutrisinya.

Selain itu racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar pun dibedakan berdasarkan jenis dan umurnya, berikut beberapa daftar yang sudah kami persiapkan untuk referensi sobat dunia binatang.

Pakan Anak Ayam Bangkok 0-2 Bulan

Tahap pertama ketika ayam setelah menetas maka sobat langsung memindahkannya. Akan tetapi persiapkan dulu box DOC sampai umur 1 bulan dengan alas yang lunak agar kaki ayam tidak menjadi cacat permanen.

Untuk pakannya biasanya kami memberikan voer murni dengan merk A591, 511 atau AD1 lalu jangan lupa vitamin dari air minumnya bisa dengan air gula jawa untuk 1-2 hari lalu diberikan neobro, vitachcik. Selain itu upayakan dari lampu penghangatnya tercukupi agar ayam tidak mengalami permasalahan.

Dalam masa inilah anak ayam membutuhkan asupan pakan yang kadar proteinnya tinggi dengan minimal 20%. Apabila sobat ingin menambahkan suplemen tambahan yaitu susu bubuk yang kadalursa. Lebih bagus lagi bila diberikan setelah usia 1 minggu, agar sistem pencernaan dapat mengolahnya dengan baik.

Setelah memasuki umur 2 bulan bisa diberikan kombinasi pakan kering atau setengah basah dengan tambahan dedak yakni maksimal 1 banding 1. Tujuan ini mengurangi biaya pakan namun tetap masih mencukupi kebutuhan nutrisi anakan ayam bangkok.

Racikan Pakan Ayam Bangkok Umur 3-5 Bulan

Setelah memasuki usia remaja dimana dengan tanda bulu anakan akan berganti. Dalam masa ini sobat dapat membuatkan racikan tersendiri makanan anak ayam hingga umurnya 5 bulan.

Karena sudah mulai diumbar dan sesekali dijemur terik matahari, maka komposisi pakan yang paling sesuai agar meningkatkan imunitas dan lebih tahan penyakit yakni dengan beberapa bahan baku dedak, nasi, voer & jagung.

Sementara rekomendasi dari voernya bisa memberikan dengan nama produk 512, A593/A594 & AD2. Untuk takaran semua bahannya setidaknya dalam 1 resepnya terdapat 30-40% voer sedangkan campuran lainnya bisa diisi dengan dedak 40% dan jagung 20% saja.

Kenapa kami sarankan demikian? Sebab dalam usia 3-5 bulan ayam akan membutuhkan banyak nutrisi yang diserap mencukupi struktur badan ayam dan keseluruhan bulunya. Maka dari itu kalau takarannya sangat sedikit, kami pastikan ayam sobat sulit besar serta secara visualnya kurang menarik dipandang.

Karena sudah mulai berkecimpung diarea tanah, maka jangan sampai lupa memberikan obat cacing ayam 2-3 bulan sekali sebagai bentuk pencegahan ayam kurus kering dan sulit gemuk.

Racikan Makanan Ayam Bangkok 6 Bulan

Pakan ayam yang sudah dewasa ataupun untuk mencukupi kebutuhan indukan ini tidak jauh berbeda. Cuma pada dalam memelihara sobat diperuntukkan ayam hobi atau ayam aduan. Dari perbedaan ini bisa kita kelompokkan masing-masing karena ada sedikit setingan pakan.

Untuk ayam jago muda aduan racikan makanannya adalah voer 512, 594 dan AD 2 akan tetapi agar ayam tidak bantat. Maka ada pengurangan dari takarannya, dengan gantinya berupa beras merah dan jagung. Biasanya akan dilihat dulu dari kondisi ayam supaya dapat memperhatikan kebutuhan secara menyeluruh.

Sedangkan racikan ayam pemacek ataupun indukan produksi hampir serupa dengan ransum anak ayam 3-5 bulan. Akan tetapi dari kebutuhan proteinnya lebih tinggi, dengan demikian ada perubahan kombinasi pakan berupa takarannya jagung ditambah.

Contohnya voer 594 30%, jagung 30% dan dedak 40%. Apabila dedak didaerah sobat sulit didapatkan, sehingga bisa digantikan dengan ampas tahu. Sedangkan agar menambah gairah ayam dapat diberikan kecambah, kacang hijau, belut dan eggs stimulant khusus induk betina.

Memang kami sengaja bedakan racikan ransum pakan ayam dewasanya. Karena sobat harus mengetahui bila ayam petarung membutuhkan makanan berprotein tinggi supaya bermanfaat dalam membentuk otot dan kekuatan fisik ayam.

Penyebab Ayam Susah Besar

penyebab anak ayam kerdil

Salah satu faktor utama ayam mengalami sulit perkembangan badannya yaitu asupan pakannya kurang tepat alias tidak mencukupinya. Alhasil laju pertumbuhan DOC menjadi lambat dan bobotnya tidak ideal.

Penyebab yang sering tidak disadari oleh peternak ayam yaitu jumlah pakan yang kurang. Apabila kandungan dalam kombinasi pakan sudah tepat, bila dari pemberiannya kurang. Hal ini pun dapat menggangu pertumbuhan ayam dan akan tertinggal dari temannya paling berani serta makannya banyak.

Jadi bisa disimpulkan bila dari jumlah pakan, asupan dan perawatannya tidak seimbang ayampun tidak akan bisa berkembang dengan maksimal. Untuk menghindari hal ini sebaiknya sobat aplikasikan metode diatas tersebut.

Demikianlah rangkaian informasi dari kami yang dapat disampaikan seputar racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar. Mudah-mudahan adanya pemaparan diatas dapat bermanfaat untuk kita semuanya, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply