4
375

โˆš Takaran Beras Merah Untuk Ayam Aduan

Takaran beras merah untuk ayam aduan sangatlah penting sebagai upaya dalam mempertahankan postur yang kuat dan stabil dalam performanya. Ayam laga di Indonesia modern kini sangat beragam jenisnya tentunya sebagai penghobi atau peternak sudah menjadi kewajiban terus mengikuti perkembangannya.

Apabila zaman dulu lebih banyak dikenali dengan jenis ayam bangkok atau bk klasik, akhirnya muncul beberapa jenis seperti birma, pama, mangon dan plucker. Selain itu dari bobotnya minimal 2,6-3,2 kg saja. Dengan demikian perawatan untuk menjaga berat badan ayam memang sangat diperhatikan sebaik mungkin.

Namun apakah bobot saja yang perlu sobat dipikirkan? Tentu saja tidak, cara memberi makan ayam dan menu serta porsinya pun jangan sampai sobat abaikan begitu saja. Karena pada dasarnya kita harus mengetahui dari kinerja ayam di berat badan berapa, oleh dari itu ketika latihan fisik dan abaran sobat analisa lebih lanjut.

Sebab kita bisa mengetahui dan mengevaluasi dari kelemahan ayam yang kita rawat tersebut. Nah, daripada semakin penasaran untuk menakar beras mera pada ayam aduan sobat dirumah, yuk terus simak pemaparan dibawah ini dengan seksama.

Beras Merah Bikin Ayam Bantat?

Benarkah jika pemberian beras merah bisa menyebabkan ayam aduan menjadi bantat? Sebelum kita mengklaim hal tersebut, alangkah baiknya kita fahami dulu dari kinerja beras merah terhadap badan ayam yang dirawat. Karena kalau tiada bukti nyata sama saja bohong, untuk itu jangan lewat penjelasannya.

Menurut sudut pandang kami bahwa beras merah, jagung atau gabah ketinganya termasuk dalam kategori pakan biji-bijian dan mengandung karbohidrat yang tinggi khususnya jagung dan merah merah.

Oleh maka dari itu intinya harus ada keseimbangan pemberian pakan dan pengeluaran yaitu tenaga atau aktivitas ayam tersebut. Entah makanannya apapun, bahkan voer tidak menjadi masalah. Karena hal paling pokok merupakan olahraga atau latihan fisik yang seimbang dengan pemberian pakannya supaya tidak terlalu kurus dan gemuk.

Dengan hal ini kami nyatakan beras merah tidak menimbulkan badan ayam bantat. Hanya saja tidak ada keseimbangan antara pemberian makan atau menunya tanpa diberikan latihan fisik. Alhasil badan ayam menjadi bantat dan lama proses pemulihannya.

Takaran Beras Merah untuk Ayam Aduan

Takaran beras merah untuk ayam bangkok

Tips dalam menakar beras merah untuk diberikan ayam aduan dalam rawatan ini sangatlah penting. Sebab berat badan dan performa terbaik dalam arena pertarungan perlu diperhatikan supaya bisa memenangkan pertandingan tidak sampai menyebabkan luka serta cidera parah.

Namun untuk sobat yang masih kebingungan mencari rekomendasi maka kami anjurkan dengan memberi dengan takaran 150 gram/hari atau presentase dari bobot ayam 5-7%/harinya. Jadi fleksibel dengan situasi dan kondisi fisik ayam yang kita pelihara. Alhasil target pemberian beras merah dapat maksimal untuk memenuhi kebutuhan badan ayam.

Tidak perlu khawatir dengan memberikan beras merah ini, karena sangat bagus dalam mengencangkan keseluruhan fisik ayam agar tidak mudah menyusut bobotnya. Kalau sobat mau mengkombinasikan pun juga dipersilahkan. Tiada pantangan, cukup menyesuaikan sama cara merawat ayam didaerah sobat.

Cara Pemberian Beras Merah untuk Ayam Bangkok

Pemberian beras merah pada ayam bangkok

Memberikan beras merah pada ayam aduan memang direkomendasikan ketika ayam sudah mencapai umur 7 bulan atau setelah masa pertumbuhan bulu telah selesai. Pasalnya ketika dalam pertumbuhan banyak sumber protein dari pakan yang diserap dalam badan ayam. Sehingga membutuhkan seperti vitamin dan ransum yang berkualitas.

Hingga sampai saat ini masih banyak para penghobi atau peternak yang kerap salah faham dalam menerapkan pakan beras merah terhadap ayam peliharannya. Memang benar jika metode perawatan berbeda-beda, namun kalau diberikan dengan full beras merah pada anakan ayam ya kasian. Karena nutrisinya tidak tercukupi dan pertumbuhan tidak bisa maksimal.

Waktu ideal dari cara pemberian beras merah pada ayam bangkok yakni masa akhir pertumbuhan. Tapi dengan konteks diberikan dengan kombinasi sama voer atau ransum pakan seperti biasanya. Maka perlahan-lahan kita melatih dari ayam supaya mau diberikan beras merah.

Selain itu pertumbuhan pada masa akhir remaja badan ayam semakin kencang dan kuat. Dampak positifnya bagi sobat ialah perawatan lanjutan dapat lebih cepat dan bisa memangkas anggaran pakan ayam. Untuk pemberian bisa pagi dan sore hari sesuai anjuran takaran diatas yang kami sampaikan tadi.

Bahkan bisa juga diberikan setelah ayam dilatih fisik pada pagi hari sedikit saja dan dilanjutkan sore hari yang dimaksimalkan pemberiannya beras merahnya. Opsi lainnya sobat dapat memberikan 1 kali sehari ketika jam 15.00 wib juga. Sehingga sangat fleksibel untuk metode pemberiannya.

Manfaat Beras Merah untuk Ayam Bangkok

Manfaat beras merah untuk ayam

Kegunaan beras merah untuk ayam bangkok memang sudah berlangsung sangat lama. Bisa dikatakan juga ilmu pengetahuan merawat ayam yang diwariskan oleh para peternak dahulu. Tetapi apakah diantara kita sudah faham betul perihal manfaatnya? Jika belum yuk kita pelajari bersama.

Mungkin sudah banyak yang mengaplikasikan pakan beras merah untuk ayam peliharannya, akan tetapi tidak sedikit yang tau karena ikut-ikutan saja tanpa mengetahui khasiatnya. Maka dari itu kami disini ingin berbagi kepada sobat dunia binatang semuanya agar menambah wawasan baru perihal merawat ayam bangkok.

Untuk itu jangan skip beberapa contoh manfaat yang didapat ayam bangkok apabila diberikan makanan beras merah. Supaya tidak semakin penasaran, mari kita simak penyampaian dibawah berikut :

  • Mempercepat pembentukan fisik ayam semakin kuat dan sehat
  • Menyuplai karbohidrat yang berkualitas
  • Menyehatkan sistem pencernaan ayam bangkok
  • Menguatkan stuktur tulangan ayam
  • Membentuk otot ayam bangkok dewasa
  • Bulu ayam semakin sehat dan mengkilap
  • Menambah energi ayam ketika abar atau bertarung
  • Sangat bagus untuk ayam tipe pukul jalu
  • Sebagai pakan pengganti sayuran hijau

Demikianlah rangkaian informasi kali ini yang bisa kami sampaikan seputar takaran beras merah untuk ayam aduan. Semoga dengan adanya penyampaian diatas menambah wawasan diri kita dalam beternak ayam hias atau laga. Sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply