4
29

√ Cara Merawat Ayam Warna Warni

cara merawat ayam warna warni bukanlah perkara mudah bagi masyarakat umum hingga bisa tumbuh sampai dewasa dengan metode yang sederhana. Karena problematik tersebut mimin akan berbagi kepada sobat dunia binatang supaya bisa memelihara ayam dengan mudah.

Tidak dipungkiri memelihara ayam merupakan kegiatan yang bisa berpeluang menjadi pemasukan tambahan untuk sobat semuanya. Namun topik yang hendak kami kupas yaitu tentang ayam warna warni, oleh sebab itu simak hingga selesai biar tidak ada salah faham diantara kita hehehe.

Contents

Kenapa Ayam Warna Warni Cepat Mati?

penyebab ayam warna warni mudah mati

Banyak yang sering mengalami hal yang sama ketika beli ayam warna warni dalam 1-7 hari ayamnya mati? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mencegahnya supaya bisa hidup hingga besar. Oke akan kami sampaikan secara detailnya terkait cara mengatasinya.

Faktor paling mencolok penyebab kematian ayam warna ini di karenakan banyak hal. Berdasarkan beberapa sumber yang kami baca yakni detik.com bahwasannya kelompok perlindungan unggas menyatakan. Unggas yang diberi pewarna bisa mati karena zat pewarna tekstil bisa menyebabkan peradangan di mata sampai saluran pernafasan.

Maka dari itu umumnya ayam warna warni yang biasa dijual harga 5-10 ribu akan mudah mati dalam beberapa hari sejak dibeli.

Bahkan dari sumber lain menyampaikan kalau bulu DOC itu sebagai pelindung tubuhnya dari suhu dingin, karena belum cukup kuat ketahanan tubuhnya di tambah zat pewarna mengakibatkan dapat meresap ke pori-pori tubuh ayam dan meracuni menjadikannya mati.

Itulah sedikit informasi penting kenapa ayam warna warni mudah sekali mati, semoga dengan penjelasan diatas bisa menjawab dengan jelas terkait pertanyaan yang belum sobat dapatkan.

Cara Merawat Ayam Warna Warni

cara merawat ayam warna warni

Setelah mengetahui sebab kematian anak ayam warna warni, kini saatnya beralih ke pembahasan perawatan ayam agar bisa tumbuh besar dengan cepat tanpa mudah terkena penyakit.

Jadi dalam memelihara ayam ini ada beberapa hal yang wajib disediakan sebagai contohnya pakan, kandang dan vitamin. Dari ketiga hal tersebut kemudian sobat jabarkan lebih luas lagi semacam menjaga kebersihan kandang, mengecek perkembangan ayam secara berkala.

Sejatinya merawat itu simpel hanya saja konsistensi kita sebagai pemilik hewan peliharaan terkadang abai dengan kondisi kandang maupun ayam yang dirawat. Mudah-mudahan saja dengan adanya informasi ini menjadi pengingat kita dalam memelihara maupun beternak ayam.

Makanan Ayam Warna Warni

makanan ayam warna warni

Jenis pakan yang kami sarankan untuk diberikan pada ayam warna warni yang baru dibeli yakni voer halus atau sobat bisa membeli dengan voer merk 511 atau A591K, jika dirasa kurang halus biasanya kami mengaluskannya dengan ditumbuk/blender. Penerapan metode ini sering kami lakukan selama seminggu. Alhasil anak ayam jadi makannya lahap dan mudah mencernanya.

Sesudah 1-2 minggu baru tanpa dihaluskan insyaallah sangat aman, pemberian pakan voer murni bisa sampai usia 1-2 bulan. Jika usianya lebih dari itu baru sobat beri pakan campuran dimana ada dedak, voer dan nasi serta ditambahkan air panas/hangat. Aduk komposisi pakan hingga merata baru diberikan pada ayam.

Untuk takarannya gimana bang? Oke ini penting juga takaran dari beberapa bahan pakan tadi agar ayamnya bisa gemuk kan sobat. Setidaknya takaran ini dengan perbadingan 1:2 atau maksimalnya 3 masih oke lah. Gambaran mudahnya dedak 3 voernya 1 namun lebih baik lagi kalau perbandingannya tidak begitu banyak.

Gunakan juga campuran pakan tambahan seperti daun pepaya, indigofera dan azolla. Paling tidak 1 minggu sekali bisa ditambahkan potongan daun-daunan tersebut. Adanya metode ini sudah kami aplikasikan alhamdulillah ayam jarang sakit dan terkena cacingan.

Tekuni hingga ayam sampai dewasa dengan memberi pakan 2 kali sehari yakni pagi dan sore kemudian lihat bagaimana hasilnya.

Vitamin Ayam Warna Warni

vitamin ayam warna warni

Multivitamin untuk ayam warna-warni cukup penting, karena bisa menstabilkan kondisi kesehatan ayam sama pencegahan ayam sakit. Vitamin yang kami sarankan yaitu bisa menggunakan neobro, vitachick, therapy dari 3 contoh ini sangat cukup untuk mencegah dan mengatasi kesehatan anak ayam dari baru menetas hingga usia 2 bulanan.

Cara pemberiannya simpel sekali karena cukup dilarutkan pada air minum ayam dan berikan sesuai kebutuhan serta populasi ayamnya. Nah mungkin itu saja cara sederhana merawat ayam versi duniabinatang, mudah-mudahan bisa menjadi ilmu yang bermanfaat untuk kita semuanya sekian dan terimakasih.