1
578

√ Vitamin Ayam Saat Musim Hujan

Vitamin ayam saat musim hujan sangatlah dibutuhkan baik penghobi ataupu peternak. Peralihan musim di tanah air kerap menyebabkan kondisi yang menentu, hal ini berdampak pada makhluk hidup dan sangat rentan terjadinya virus dan penyakit berbahaya.

Kondisi alam yang terkadang dingin dan panas secara tiba-tiba sangat rawan munculnya berbagai penyakit terhadap hewan ternak. Salah satunya ayam kampung & bangkok, maka dari itu untuk mencegahnya kita bisa memberikan asupan berupa vitamin.

Tujuan utamanya ialah menjaga antibody ayam supaya tetap stabil meskipun kondisi lingkunganya tidak menentu. Bahkan yang paling berbahaya ialah manajemen kandang yang tak terurus ini mungkin sekali kadar amoniak semakin menyengat dan kelembapan kandang naik secara drastis.

Untuk mengatasi permasalahan seperti ini sobat bisa sharing kepada peternak sekitar ataupun yang sudah berpengalaman dalam memberikan vitamin kepada ayam ketika musim pancaroba melanda. Selain itu dengan membaca artikel ini insyaallah bisa menjadi sumber referensi sobat juga. Ikuti terus pemaparan dibawah berikut :

Bahaya Musim Hujan Untuk Ayam?

Bahaya Musim Hujan Untuk Ayam

Semenjak hujan turun diberbagai daerah nusantara, kini nampak beberapa penyakit dan menyerang ayam. Tentunya hal semacam ini akan membuat sebagian peternak khawatir. Pasalnya dari produksi ayam peralihan musim akan tidak sebagus pada sebelumnya.

Jadi apa saja yang perlu diwaspadai dan jenis penyakit yang sangat umum terjadi pada hewan ternak? Daripada sobat dunia binatang semakin penasaran, yuk langsung kepoin daftar-daftarnya.

  • Curah Hujan Tinggi

Setiap musim hujan akan beberapa kurun waktu dengan curah amat tinggi dengan kadar kelembaban yang tinggi pula. Biasanya untuk daerah tropis sangat rawan terjadinya banjir dan angin kencang.

Alhasil tak heran bila hewan peliharaan sangat mungkin mengalami gejala kembung sampai kematian. Dengan demikian pelaku usaha peternakan bisa rugi banyak bila tak tau solusinya.

  • Suhu & Kelembaban Udara Sering Berubah

Kemudian yang perlu diwaspadai oleh sobat dalam beternak ayam adalah tingkat kelembaban kandang. Sebab saat lembab yang tinggi saluran dari pernafasan ayam menjadi sulit karena kandungan air udaranya. Bahkan pertumbuhan jamur, bakteri dan virus menjadi cepat. Maka dari itu sangat rentan hewan sakit tanpa tanda-tanda yang tanpa kita sadari.

Lalu yang jangan sampai disepelekan juga ialah suhu yang rendah. Memang musim hujan suhu lingkungan cenderung lebih rendah dari biasanya. Sehingga sangat bepengaruh pada masa brooding ayam, jadi sangat perlu pemanas janga panjang yakni 14-30 hari.

  • Ayam Mudah Terserang Berbagai Penyakit

Hal paling membahayakan ialah beberapa jenis bakteri dan virus amat mudah menyerang dan sangat mungkin menimbulkan ayam mati. Dari sekian banyaknya penyakit kurang lebihnya CRD, Ngorok, Berak Hijau/kapur/darah.

Disisi lain adapula penyakit terhadap ayam yang mematikan ialah gumboro & avian influenza atau yang lebih dikenal masyarakat luas dengan nama aratan. Persebaran virus ini lebih banyak di jumpai lingkungan pedesaan dan ayam bangkok yang sudah tercemari dari pakan, air minum, pegangan orang dan masih banyak lainnya.

Agar hal tersebut tak terjadi kepada sobat semua, alangkah baiknya dicegah dengan pemberian jamu, vaksin & vitamin. Jika mau menambah ayam baru persiapkan kandang khusus supaya ayam yang dikandang tetap aman & sehat.

  • Lingkungan & Sumber Air Tercemar

Ketika wabah telah sampai disekitar sobat, langkah awal cara meminimalisirnya ialah membuatkan pagar dan tidak melepas liarkan ayamnya. Karena salah satu paling sangat menular ialah berkeliaran dengan ayam yang sudah terkena virusnya.

Nah umumnya musim hujan yang deras akan menambah volem air pada tanah, persoalan ini sangat mungkin memicu masalah baru berupa kualitas air. Parahnya lagi kalau sumber air sudah tercemar mikroba patogen. Untuk itu sobat mesti mengetahui informasi ini sebagai tindakan antisipasi yang berkelanjutan.

  • Pakan Cepat Berjamur

Ya benar sekali disaat curah hujan begitu tinggi salah satu efek sampingnya adalah kelembaban cepat berubah dan kadar udara rendah ini tak lepas ke sumber pakan ayam yang mudah tercemari oleh jamur.

Pakan sendiri merupakan sumber nutrisi pokok pada hewan ternak. Jika terdapat masalah tentunya sangat tidak baik dan bisa menyebabkan diare dan sistem pencernaan terganggu. Dampak lainnya yaitu mudah terserang berbagai varian virus tingkat rendah dan mematikan.

Jamur pakan umumnya terkontaminasi oleh jamur yang mana terdapat mikotoksin dan ini memicu kondisi ganguan kekebalan tubuh hewan. Jadi sobat harus mewaspadai dengan menyiapkan media penyimpanan yang aman dan tahan resapan kelembaban lingkungan.

Vitamin Ayam Saat Musim Hujan

Vitamin Ayam Saat Musim Hujan

Penghobi dan pelaku ternak ditanah air ini dari kelas bawah sampai atas pun ada. Dengan beberapa pertimbangan yang kami upayakan, akan memberikan bocoran terkait tips antisipasi penyakit ayam mudah dan cepat.

Opsi ini biar mudah diaplikasikan kepada sobat yang memiliki kegiatan utama dari luar memelihara ayam. Vitamin sendiri bisa diperoleh dengan bahan tradisional ataupun membeli di toko pakan sekitar. Kurang lebihnya sudah kami rangkum dalam segmen dibawah berikut :

Jamu Herbal Ayam di Musim Penghujan

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan :

  1. Jahe 1/2 kg
  2. kunyit 1/4 kg
  3. kopi bubuk 500 gram
  4. Gula Merah/Aren 1/2 kg
  5. Daun pepaya atau lainnya

Metode Pembuatan jamu :

  • Langkah pertama haluskan kunyit dan jahe yang telah dicuci bersih
  • Kemudian siapkan tempat untuk mencampur dengan kopi agar merata
  • Larutkan gula dengan air 1/2 liter sampai mendidih
  • Tunggu bahan sebelumnya menjadi dingin lalu aduk semua adonannya hingga mengental
  • Jika terlalu banyak airnya bisa ditambahkan voer 511/591
  • Selanjutnya sobat bentuk menjadi bulatan satu ruas jari sekiranya ukuran paruh ayam
  • Jemur hingga benar-benar kering agar bisa disimpan dalam waktu lama

Berikan saja kepada setiap 1 pekan 2 kali dengan takaran 2-3 butir untuk 1 ayam dewasa. Jika ingin dicampurkan pakan tambahkan air panas agar cepat menyatu dengan komponen pakan ayam sehari-hari. Dengan metode ini inysaallah ayam sobat akan meningkat kekebalannya serta tak mudah terkena penyakit.

Vitamin Alami Ayam Dari Kayu Manis & Secang

Nah salah satu komponen paling mudah kita peroleh sehari-hari ialah dari bahan baku memasak yang sudah lama turun temurun menjadi racikan sangat bermanfaat untuk menghangatkan badan manusia dikala musim hujan. Ya betul sekali kayu secang dan kayu manis.

Dalam kayu manis sendiri terdapat minyak atsiri (anetol, safrol, kalsium oksalat dan zat samak ini adalah senyawa aktif menjadikan nafsu makan bertambah, stamina, antimikroba, antiseptik dan mencegah jamur.

Sedangkan kayu secang adalah campuran dalam minuman kesehatan untuk manusia. Sehingga berkhasiat dalam menawar racun, menghentikan pendarahan dan antiseptik pula. Untuk pemberian kepada hewan ternak bisa dengan direbus untuk campuran air minum/pakan basah ayam.

Jamu Tradisional Ayam SN & Mbah Joyo

Lalu yang ketiga ini bisa sobat dapatkan dibeberapa toko pakan ternak dengan harga sangat terjangkau yakni antara 10-30/bungkusnya. Manfaatnya sendiri meningkatkan tenaga ayam mempercepat proses pemulihan ayam yang sakit habis di adu ataupun lainnya.

Maka dari itu sangat simple dan sudah dipercaya di kalangan peternak ayam kampung atau bangkok di nusantara. Teruntuk cara memberikannya tidak jauh berbeda dengan penjelasan diatas. Jika sobat bingung cukup membaca pada setiap kemasan vitamin ayam tersebut.

Perawatan Ayam Bangkok Musim Hujan

Cara Merawat Ayam Saat Musim Hujan

Jadi merawat ayam dengan metode vitamin ayam saat musim hujan ini bisa dengan memperhatikan beberapa cara. Karena kita bisa menerapkan hal-hal yang diwaspadai diatas harus melihat kondisi kandang dan lingkungannya terlebih dahulu. Namun kalau kandang sudah dimodifikasi sedemikian rupa dan air hujan tidak masuk sama sekali kami rasa sudah sangat cukup baik.

Oleh dari itu yang perlu dicek lebih detail yakni tempat penyimpanan pakan, tempat jemur/umbaran ayam & obat-obatan untuk mencegah serta pemulihan ayam. Kalau sobat binatang sudah menerapkan memberi vitamin ayam saat musim hujan insyaallah ayam akan aman terkendali.

Jadi sesuaikan saja dengan seperti biasanya sobat dalam merawat ketika musim hujan atau musim kemarau. Hanya saja lebih sering mengecek pertumbuhan dan perkembangan ayam-ayamnya. Serta menambahkan penghangat teruntuk DOC supaya tidak mudah terkena virus.

Demikianlah rangkaian informasi terkait vitamin ayam saat musim hujan versi dunia binatang. Semoga dengan adanya informasi diatas dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply