1038

โˆš Cara Mengobati Ayam Berak Hijau

Ayam berak hijau memang menjadi salah satu perbincangan para penghobi ataupun peternak ayam bangkok atau laga. Sumber dari kotoran hijau dapat difaktori berbagai penyebab entah sifatnya penyakit maupun ayam tidak makan.

Sedangkan faktor dari virus bisa dilatarbelakangi malaria, kolera, ND, Ai dan masih banyak lain-lainnya. Di kesempatan kali ulasan yang akan kita pelajari yakni ayam berak hijau secara umum.

Karena tekstur dan warna pada kotoran ayam yang bercorak hijau itu sangat kompleks. Sehingga perlu mempelajarinya lebih detail. Maka dari itu kami akan memberikan gambaran yang umum saja. Jangan skip penjelasan dibawah ini biar sobat bisa belajar lebih banyak lagi.

Contents

Penyebab Ayam Berak Hijau

penyebab ayam berak hijau

Terdapatnya feses ayam yang berwarna hijau tidak lepas dengan beberapa sumber, oleh sebab itu kita sebagai peternak tidak bisa langsung memutuskan penyakitnya. Jadi langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu mengingat betul perawatan terhadap ayam sebelum kotorannya berubah hijau.

Perbuhan bau, bentuk feses berwarna hijau ialah indikasi daripada perubahan sistem pencernaan dan kesehatan pada ayam. Apabila ayam yang normal kotorannya berwarna hijau kecoklatan atau solid, selain itu juga diselimuti corak putih asam urat pada sisi atasnya.

Sedangkan ayam yang tidak normal atau berak hijau dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya sebagai berikut ini :

  1. Pemberian pakan yang tidak seimbang atau mengandung zat kimia tertentu.
  2. Infeksi bakteri seperti Salmonella atau E. coli.
  3. Infeksi virus seperti Infectious Bronchitis atau Newcastle Disease.
  4. Kondisi stres pada ayam, misalnya karena lingkungan yang tidak nyaman atau terlalu ramai.
  5. Penyakit parasit seperti cacing atau protozoa.

Jika ayam Anda mengalami kotoran berwarna hijau, sebaiknya periksakan ke dokter hewan atau ahli peternakan untuk mengetahui penyebab pastinya dan mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi ayam.

Cara Mengobati Ayam Berak Hijau

cara mengobati ayam berak hijau

Sebelum memberikan obat pada ayam yang mengalami kotoran hijau, sebaiknya sobat mengidentifikasi terlebih dahulu penyebabnya.

Kotoran hijau pada ayam dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Setiap penyebab mungkin memerlukan penanganan yang berbeda.

Jadi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan atau ahli peternakan mengenai kondisi ayam Anda dan perawatan yang diperlukan.

Namun, jika sobat bingung bagaimana cara penanganannya bisa dengan beberapa opsi yang sudah kami cantumkan dibawah berikut.

  • Penanganan pertama yang wajib diaplikasikan yakni memisahkan ayam tersebut dengan ayam yang sehat.
  • Pemberian pakan yang mudah dicerna oleh ayam dan tidak mudah berjamur atau membusuk. Jadi dapat memberikan seperti buah pisang/tomat untuk sumber vitamin juga

Memberikan Obat Ayam Therapy

Pemberian therapy pada ayam ini sangat efektif sebagai antibiotik yang mudah dan murah. Bahkan kalau ayam susah makan bisa diatasi dengan serbuk therapy ini yang disediakan dalam larutan air minumnya.

Mengobati Ayam Dengan Medoy LA

Cara pengobatan ayam berak hijau yang kedua dengan metode injek, sehingga perkembangan virus atau bakteri bisa dengan cepat disembuhkan. Apabila bingung caranya bisa minta bantuan teman yang sudah berpengalaman.

Obat medoxy LA ini ditujukan pada ayam CRD, korisa, kolera dan infeksi gram -/+. Jangan lupa baca aturan pemakaiannya biar tidak melebihi batas yang sudah ditentukan.

Bawang Putih Obat Ayam Berak Hijau Alami

Khasiat bawang putih yang diyakini sebagai antibiotik alami sangat ampuh dalam menyembuhkan ayam sakit. Baik dari antiseptik, ayam pilek, kurap dan obat cacing.

Sedangkan untuk berak hijau alangkah baiknya diberikan satu siung bawah putih untuk ayam yang dewasa. Apabila untuk anakan ayam dapat diberi seperempat atau setengahnya saja.

Dalam pengobatannya dilakukan selama 3 hari berturut-turut dan lihat progres setiap harinya. Jika ayam tidak ada perubahan kami sarankan dengan pengobatan injek.

Setiap obat sudah tertera aturan pemakaiannya, oleh maka dari itu bacalah dengan cermat sebelum pengobatannya. Saran ini sebagai upaya pencegahan yang tidak berakibat fatal pada peliharaan sobat.

Pencegahan Ayam Berak Hijau

cara mencegah ayam berak hijau

Dalam upaya mengantisipasi adanya ayam berak hijau ada beberapa hal yang mesti sobat dunia binatang lakukan. Pencegahan ini sangat kompleks, makanya kita sebagai penghobi atau peternak harus membiasakannya.

  1. Memberikan pakan ayam yang bernutrisi dan sesuai kebutuhan ayamnya
  2. Membersihkan kandang dengan rutin
  3. Mengontrol kondisi kesehatan aya dengan berkala
  4. Memberikan vitamin atau suplemen ayam’
  5. Pemberian obat cacing 3-4 bulan sekali
  6. Memisahkan kandang ayam sehat dan sakit

Nah itulah beberapa cara untuk mencegah adanya ayam sakit atau berak hijau versi dunia binatang. Mudah-mudahan dengan adanya pemaparan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply