6
97

โˆš Manfaat Nasi untuk Ayam Bangkok

Manfaat nasi untuk ayam bangkok bukan menjadi hal rahasia lagi, akan tetapi ada beberapa dari kita yang belum mengetahuinya. Mungkin salah satu faktornya baru mau memulai beternak jadi belum faham mengenai merawat ayam bangkok.

Perawatan ayam dari DOC hingga dewasa dapat dikatakan mudah karena tidak banyak keribetan pada proses pertumbuhannya. Hanya saja nanti yang harus sobat pelajari yakni pengobatan ayam dan memahami ayam yang berkualitas.

Dalam kelangsungan memelihara ayam memberi pakan pun perlu diperhatikan. Apalagi kalau ayam bangkok sobat ini ketika sudah menjadi jago akan dijadikan ayam laga. Pastinya ada rawatan khusus dan intents agar ayam bisa meningkatkan kekuatan fisik, mental dan gaya pertarungannya.

Cara Mengolah Nasi Untuk Ayam Bangkok

cara mencampur pakan ayam bangkok

Nasi putih merupakan makanan pokok bagi masyarakat indonesia dan beberapa dearah dinegara Asean. Akan tetapi banyak juga yang ketika makan tidak sampai habis dan beresiko nasinya membusuk. Maka dari itu daripada terbuang sia-sia alhasil ada yang mengolahnya menjadi karak/ nasi aking supaya bisa disimpan dalam waktu lama.

Selain itu sisa nasi yang masih bagus ini biasanya akan dimanfaatkan untuk campuran pakan ayam bangkok. Kalau cara mengolahnya sendiri kami kira sama, cuma pemanfatannya yang berbeda-beda dari setiap daerah.

Mungkin sampai disini masih penasaran terkait pengolahannya. Jadi kami tegaskan kalau mengolah nasi dimasak seperti kita mau makan. Sehingga yang digunakan hanyalah sisa atau yang tercampur dengan sayur karena tidak habis ketika orang makan.

Cara Memberikan Nasi Pada Ayam Bangkok

Memberikan pakan ayam bangkok dengan nasi ini sobat bisa mengaplikasikannya sama campuran makanan seperti dedak, konsentrat, beras merah & kacang hijau. Tetapi yang perlu dikehui lebih mendalam yaitu dari takarannya. Kenapa demikian, agar dari target yang sobat direncakan dapat maksimal.

Sebagai contohnya yaitu menyiapkan nasi sebanyak 1 mangkok, dedak 3 mangkok dan konsentrat 2 mangkok. Dengan perbandingan diatas ini sobat bisa menerapkan pakan kering dan basah. Alhasil dari nilai protein dan kebutuhan nutrisi pada tubuh ayam masih bagus.

Bahkan tidak sedikit beberapa botoh memberikan nasi pada ayam yang mau diadu satu kepal. Nah cara seperti ini biasanya diberikan untuk menu sarapan ayam agar tubuhnya terisi dan memperoleh energi. Sehingga saat bertarung sobat tidak perlu khawatir kehabisan tenaga dan keletihan.

Manfaat Nasi Untuk Ayam Bangkok

khasiat nasi untuk ayam aduan

Khasiat dari nasi ketika diberikan pada ayam bangkok pun dapat memaksimalkan pembentukan otot ayam serta pertumbuhannya. Tapi untuk sekedar campuran supaya dari pengeluaran pakan ayam tidak membengkak karena saking banyaknya ayam peliharaan sobat.

Selain informasi itu ada juga yang memberikan tempe untuk ayam aduan sebagai cara perawatan yang sobat duniabinatang yakini. Jika sobat merasa sangat cocok dengan pemberian nasi ini juga tidak ada salahnya. Hal ini namun sobat buktikan kalau caranya benar-benar bermanfaat.

Sampai disini apakah masih ada yang kebingungan mengenai pemberian nasi pada ayam bangkok. Jika ingin mengetahui kegunaannya, yuk mari kita simak penjelasannya dibawah berikut ini :

Meningkatkan Bobot Ayam Bangkok

Untuk yang pertama ini nasi sangat berkhasiat atas penambahan berat badan ayam bangkok. Mungkin belum banyak yang mengetahui ayam akan lebih mudah gemuk jika pakannya diberikan nasi. Dengan metode ini akan efektif bila diterapkan ayam pasca sakit.

Jika sobat hendak mengaplikasikan ayam sudah dewasa caranya sobat mencampurkan nasi dengan voer, dedak dan jagung giling. Dari keempat bahan pakan ayam ini kalau diracik dengan takaran yang sesuai maka ayam pun lebih cepat bertambah bobotnya.

Nasi Sebagai Sumber Energi Tambahan

Cara paling mudah dan murah agar ayam memperoleh energi tambahan dari pakan yaitu sobat memberikannya nasi. Karena sifat nasi mudah diserap dan dicerna akan lebih maksimal merubahnya menjadi energi ayam bangkok.

Kalau sobat ini sebagai botoh ayam pastinya tak asing dengan orang-orang memberikan nasi putih sebagai makanan ayam sebelum bertanding. Selain itu energi dan stamina memang dibutuhkan ayam dari waktu latihan hingga turun arena pertarungan.

Campuran Ransum Ayam Bangkok Murah

Kemudian untuk manfaat nasi untuk ayam bangkok yang ketiga yaitu untuk campuran pakan ayam bangkok setelah memasuki tahap brooding. Setelah usia 1 bulan anakan ayam bangkok bisa ditekan dari kombinasi pakan yang tadinya voer kering dengan makanan basah yang dicampurkan sama nasi.

Karena kita ketahui bersama jika kenaikan harga voer ini terus mencekik para peternak ayam khususnya skala rumahan. Maka dari dengan konsep ini setidaknya yang tadinya pengeluaran banyak untuk anakan ayam saja bisa dialihkan untuk pengeluaran lainnya.

Bagus Untuk Penyembuhan Ayam Sakit

Pemanfaatan nasi yang diberikan pada ayam bangkok juga dapat membantu proses penyembuhan ayam dari sakit. Karena nasi yang mudah dicerna oleh sistem pencernaan ayam akan memberikan energi baru agar bagi tubuh ayam, alhasil dampaknya positinya cepat banget bugar dan gemuk.

Sebab rata-rata ayam sakit itu permasalahannya ada disaluran pencernaan. Jadi sobat bisa memberikan nasi ini sebagai makanan pokok dikala sakit. Bahkan kandungan nutrisinya jauh lebih banyak dibandingkan pakan kasar seperti dedak dan jagung giling.

Menghemat Biaya Pakan Ayam Bangkok

Biaya pakan ayam kini menjadi salah satu penyebab sulitnya pelaku ternak berkembang. Tidak hanya itu kenaikan bahan pakan baik dari konsentrat, dedak, karak serta jagung menjadi alasan yang tidak bisa ditutup-tutupi.

Karena rata-rata pemelihara ayam bangkok di Indonesia untuk ayam aduan. Tentunya pakan ayam tidak sekedar dedak dan voer. Jalan alternatif mengurangi biaya pakan bulanan sobat dapat mengganti dengan nasi atau karak. Karena kalau dibandingkan sama beras merah dan jagung masih dibawahnya harga tiap kilogramnya.

Menyehatkan Saluran Pencernaan

Sistem pencernaan ayam bangkok memang rawan terkena penyakit. Bukannya menakuti sobat semuanya, jadi ini untuk bahan pertimbangan dalam memelihara ayam supaya bisa mencari solusi yang lebih aman dan harganya terjangkau.

Adanya nasi dalam menu makanan ayam sehari-hari ini akan menjaga dan mengobati gangguan sistem penernaan ayam. Tidak sekedar itu saja, pasalya kandungan serat yang terdapat nasi ini tidak terlalu tinggi. Oleh sebab itu akan membantu kelancaran dari sistem pencernaan dan memberikan tambahan berupa vitamin serta mineral.

Mempercepat Proses Pertumbuhan Anakan Ayam

Selain dari daftar manfaat diatas ternyata pemberian nasi pada anak ayam bangkok mendukung sekali atas pertumbuhannya. Maka dari itu tak heran bila mana ayam dari anakan akan cepat besar dan bobotnya maksimal.

Biasanya masyarakat Indonesia yang beternak ayam akan menerapkan pakan nasi untuk ayamnya dari umur 2 bulan. Sedangkan sebelum tahap itu akan difokuskan dengan pemberian voer murni baik 511, 591 dan AD I.

Efek Samping Ayam Makan Nasi

Efek ayam makan nasi

Disisi lain nasi yang kaya akan manfaat untuk ayam bangkok, ternyata ada dampak kurang baiknya. Hal ini karena kandungan karbohidrat pada nasi yang begitu banyak. Pastinya kalau diberikan dalam porsi lebih banyak akan memberikan efek ayam terlalu gemuk.

Ketika ayam tertalu berlebihan bobot akan kurang bagus untuk spesifikasi ayam aduan. Sebab akan mempengaruhi dari aktivitas & kegesitan ayam saat bertarung. Untuk itu kami menyarankan pada sobat agar menyesuaikan sama porsi latihannya juga.

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya penyampaian diatas bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply