6
2156

โˆš Kegunaan Obat Trimezyn Ayam

Trimezyn ayam adalah salah satu obat yang digunakan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit pada unggas, terutama ayam. Obat ini tergolong dalam kategori antibiotik yang digunakan untuk mengobati berbagai infeksi bakteri dan berak kapur, snot dan masih banyak contoh lainnya.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan lengkap mengenai produk obat trimezyn serbuk dan kaplet, jadi biar tidak simpang siur informasi buat sobat duniabinatang semuanya.

Berikut ini adalah ulasan mengenai obat trimezyn ayam, termasuk manfaat, dosis yang tepat, dan efek samping yang mungkin terjadi.

Contents

Apa Saja Kandungan Trimezyn Ayam?

Kandungan trimezyn kaplet untuk ayam

Karena terdapat dua jenis obat yang sama, maka dari itu kita perlu mempelajari dengan detail masing-masing. Sehingga penggunaannya bisa lebih maksimal sesuai dengan indikasi penyakit pada ayam tersebut. Inilah beberapa kandungan yang terdapat pada trimezyn serbuk dan kaplet.

Kandungan Trimezyn Serbuk

Obat trimezyn-s ini diperuntukkan pada ayam yang sakit korisa, kolera, CRD dan berak putih. Sedangkan pada setiap kemasan produknya terdapat kandungan sulfadiazine dan trimethoprim, keduanya saling bersinergi melawan bakteri gram – & +.

Baca Juga : Cara Mengobati Ayam Berak Hijau

Seperti contohnya Pasteurella sp, Salmonella, escherichia coli & Haemophilus. Kombinasi kandungannya akan menghambat pertumbuhan asam folat yang dimana dibutuhkan oleh protein sintetsi. Dengan hal tersebutlah asam nukleat pada tubuh ayam menghambat perkembangan bakteri.

Kandungan Trimezyn Kaplet Medion

Kemudian untuk Trimezin kapsul ialah kombinasi antara obat sulfa dengan trimethoprim, kandungan pada obat ini akan saling bekerjasama untuk memperkuat daya tahan tubuh ayam. Alhasil efektivitasnya pada seluruh bakteri gram + & -.

Beberapa contoh pengobatannya bisa diberikan pada hewan ternak yang sakit ngorok, mencret kuning dan pullorum.

Dengan adanya kedua jenis obat diatas ini sobat bisa memilah kebutuhannya dalam penanganan ayam yang sakit sesuai yang telah kami sebutkan diatas. Mengenai dosis dan aturan pakainya bisa cek keterangan dibawah ini.

Cara Pemberian Obat Trimezyn Pada Ayam

cara pemberian trimezyn ayam

Dalam dunia ternak prinsip pengobatan ditujukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan memberikannya sesuai dosis yang sudah ditentukan pada setiap leaftleat atau kemasan obatnya.

Dosis yang dianjurkan pada obat Trimezyn-s yakni terdapat perhitungan yang sesuai bobot ayam. Untuk gambaran umumnya yaitu populasi x bobot x dosis. Misalkan populasi 10 ekor x 1 kg x 0,1 gram tiap kg bobotnya.

Jadi yang dibutuhkan setiap harinya 1 gram serbuk perhari dan yang diaplikasikan 3 gram selama 3 hari. Waktu pemberian yang dianjurkan yaitu pagi jam 07 atau sore hari kisaran jam 3 sore.

Sementara untuk obat kapsul dapat sobat berikan dengan dosis 1/2 kaplet untuk anakan per harinya dan dewasa 1 kaplet perharinya. Pengapliasian ini dapat dilakukan selama 3-5 hari berturut-turut.

Itulah sedikit penyampaian mengenai cara pemberian obat trimezyn dari kami, apabila selama 3-5 hari tidak ada perubahan maka konsultasikan pada dokter hewan untuk mendapatkan penanganan secara medisnya.

Manfaat Obat Trimezyn Ayam

khasiat trimezyn serbuk dan kapsul untuk ayam

Khasiat dari pengobatan pada hewan ternak seperti ayam, burung dan lainnya yakni sangat efektif dalam menumpas berbagai jenis penyakit yang sifatnya umum karena perubahan cuaca maupun cara perawatan yang tidak masimak.

Selain itu jugas masih banyak lagi terkait fungsi daripada obat trimezyn ayam yang sudah kami rangkum seperti dibawah ini :

  • Mencegah ayam sakit dikala musim panca roba atau masa peralihan musim
  • Mengobati sistem pencernaan ayam yang tidak sehat karena indikasi fowl thyphoid, kolera dan berak kapur.
  • Menyembuhkan dengan cepat ayam yang sakit ngorok, pilek dan snot.

Bahkan harga trimezyn yang cenderung ramah dikantong ini mudah kita jumpai dan didapatkan pada toko pakan ternak disekitar kita. Untuk harganya trimezyn-s & kaplet kurang lebih 3-20 ribu rupiah tergantung pada kemasan yang sobat pilih.

Efek Samping Trimezyn Ayam

Seperti halnya dengan obat-obatan lainnya, penggunaan trimezyn pada ayam juga dapat menyebabkan beberapa efek samping. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi antara lain :

  1. Diare
  2. Muntah
  3. Kehilangan nafsu makan
  4. Terjadinya resistensi bakteri terhadap obat ini

Efek samping ini mungkin terjadi karena overdosis atau penggunaan obat yang tidak tepat. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Demikianlah rangkaian informasi kali yang dapat kami sampaikan pada sobat semua tentang manfaat trimezyn ayam. Mudah-mudahan dengan pemaparan diatas dapat bermanfaat untuk kita semuanya, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply