1935

√ Daftar Harga Ayam Kalkun Berbagai Jenis [Terbaru]

Harga ayam kalkun yang tinggi serta cara perawatannya yang tak begitu sulit adalah penyebabnya. Beternak ayam kalkun adalah bisnis yang kini banyak diminati. Sehingga menjadikan peluang usaha untuk bagi saja yang ingin menekuninya.

Selain itu, permintaan terhadap ayam kalkun pun semakin meningkat, baik untuk konsumsi maupun untuk dijadikan sebagai peliharaan. Meski membutuhkan proses juga, sobat bisa mempersingkat dengan belajar yang lebih berpengalaman. Jadi ketika ada problem lebih mudah untuk mencari tahu problem tersebut.

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi seputar harga ayam kalkun, untuk sobat yang belum tahu jadi makin tahu informasinya. Ada berapa jenis, mari simak ulasan berikut :

Harga Ayam Kalkun Bronze

Harga Ayam Kalkun Jenis Bronze

Ayam kalkun jenis bronze yang paling banyak ditemui di pasaran, oleh karenanya memiliki harga yang paling rendah dibandingkan yang lainnya. Kalkun bronze memiliki ciri fisik berupa bulu yang coklat-merah tembaga dengan dasar hitam.

Telur ayam kalkun bronze per butirnya dihargai sebesar 30 ribu rupiah, sedangkan untuk ayam dijual berdasarkan usia ayam tersebut.

Usia 1 bulan ayam bronze dipatok sebesar 80 ribu per ekor rupiah; 2 bulan menjadi 120 ribu rupiah; usia 3 bulan seharga 150 ribu rupiah; umur 4 bulan menjadi 190 ribu rupiah; serta 5 bulan adalah 225 ribu rupiah.

Berbeda untuk ayam kalkun bronze jantan umur 5 bulan akan dipatok dengan harga sebesar 250 ribu rupiah. Selain itu, indukannya pun dihargai berbeda, yakni untuk jantan sebesar 400 ribu rupiah, dan untuk betina 350 ribu rupiah.

Harga Ayam Kalkun Jenis White Holland

Ciri-ciri fisik dari ayam kalkun white Holland adalah bulunya yang putih bersih. Umumnya jenis ayam kalkun ini hanya dijadikan sebagai hewan peliharaan dan jarang untuk dikonsumsi.

Hanya saja, karena termasuk jenis yang mudah ditemui di pasaran, harganya pun tidak begitu mahal dibandingkan jenis ayam kalkun yang lain – khususnya black spanish.

Telur ayam kalkun white Holland hanya dibandrol seharga 35 ribu rupiah per butirnya, hanya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan yang jenis bronze. Untuk per ekornya, harga ayam ini pun dibedakan berdasarkan usia dari ayam. 1 bulan seharga 125 ribu rupiah; usia 2 bulan dihargai 150 ribu rupiah; 3 bulan menjadi 200 ribu rupiah; umur 4 bulan dibandrol dengan 250 ribu rupiah; dan setelah 5 bulan menjadi 300 ribu rupiah.

Ayam kalkun white Holland jantan usia 5 bulan memiliki harga yang berbeda dengan yang betina, yaitu sebesar 350 ribu rupiah. Berbeda pula harga yang dikenakan untuk indukannya, di mana indukan jantan dihargai sebesar 550 ribu rupiah dan yang betina sebesar 500 ribu rupiah.

Harga Ayam Kalkun Golden Palm

Harga Ayam Kalkun Jenis Golden Palm

Jenis ayam kalkun golden palm merupakan jenis lain yang juga sering dijadikan sebagai kalkun konsumsi. Penamaan golden palm sendiri diberikan karena warna bulu dari ayam kalkun ini, yaitu coklat keemasan. Selain warna coklat keemasan, warna bulunya juga berpadu dengan hitam dan putih. Ayam kalkun jenis ini juga mudah ditemukan di pasaran Indonesia.

Harga untuk ayam kalkun golden palm dibedakan berdasarkan umur si ayam. Ayam usia 1 bulan dihargai 100 ribu rupiah per ekor; 2 bulan seharga 125 ribu rupiah; usia 3 bulan 175 ribu rupiah; 4 bulan harganya 200 ribu rupiah; dan 5 bulan menjadi 250 ribu rupiah. Khusus untuk ayam kalkun jantan usia 5 bulan, harganya adalah 300 ribu rupiah.

Sementara itu, untuk ayam indukan yang jantan dijual dengan harga 450 ribu rupiah dan yang betina seharga 400 ribu rupiah. Tidak diketahui harga telur dari ayam kalkun golden palm ini karena biasanya sudah dijual setelah berbentuk ayam.

Harga Ayam Kalkun Royal Palm

Meski masih memiliki kemiripan dengan ciri fisik dengan golden palm, namun ayam kalkun royal palm sedikit lebih mahal. Hal ini dikarenakan asal kalkun ini dipercaya merupakan hasil rekayasa perkawinan silang antara beberapa jenis kalkun yang lain.

Bedanya, jika golden palm memiliki warna bulu dominan coklat keemasan, maka royal palm hanya memiliki warna putih-hitam dengan warna putih yang menjadi dominan.  

Umumnya jenis kalkun royal palm dijadikan sebagai hewan peliharaan dan jarang dimanfaatkan untuk konsumsi. Harga jual untuk jenis royal palm sendiri dilakukan berdasarkan hitungan per ekor ayam dan usia dari ayam kalkun tersebut.

Ayam kalkun usia 1 bulan dihargai sebesar 150 ribu rupiah; 2 bulan seharga 175 ribu rupiah; 3 bulan menjadi 250 ribu rupiah; umur 4 bulan dihargai 300 ribu rupiah; dan 5 bulan dipatok sebesar 350 ribu rupiah.

Sama seperti jenis lain yang telah disebutkan sebelumnya, untuk ayam kalkun royal palm jantan usia 5 bulan memiliki harga yang berbeda. Harganya yaitu sebesar 400 ribu rupiah. Indukan ayam kalkun ini dihargai untuk jantan sebesar 500 ribu rupiah dan betinanya menjadi lebih mahal yakni 575 ribu rupiah.

Harga Ayam Kalkun Red Bourbon

Ayam kalkun jenis red bourbon memiliki bulu yang berwarna coklat kemerahan, seperti warna minuman bourbon. Harga kalkun red bourbon ini merupakan yang termahal kedua setelah black Spanish. Oleh karenanya biasanya jenis kalkun ini hanya dijadikan sebagai hewan peliharaan dan terlalu sayang untuk dikonsumsi.

Adapun harga untuk per ekor ayam kalkun red bourbon ditentukan berdasarkan usianya. Ayam kalkun usia 1 bulan dihargai 300 ribu rupiah; 2 bulan menjadi 450 ribu rupiah; umur 3 bulan seharga 550 ribu rupiah; 4 bulan dipatok sebesar 650 ribu rupiah; dan usia 5 bulan harganya menjadi 750 ribu rupiah.

Ayam kalkun red bourbon jantan memiliki harga yang lebih mahal, yaitu 800 ribu rupiah. Harga untuk indukannya pun jauh lebih mahal, yakni mencapai sekitar 1 juta 250 ribu rupiah untuk betina dan yang jantan mencapai 1 juta 300 ribu rupiah.

Harga Ayam Kalkun Black Spanish

Ayam kalkun jenis black Spanish adalah yang paling mahal dibandingkan dengan semua jenis lainnya. Hal ini dikarenakan sulitnya mendapatkan jenis ayam ini di pasaran.

Black Spanish memiliki ciri-ciri fisik berupa sekujur tubuh ayam kalkun ditutupi oleh bulu hitam pekat. Jenis ini hanya dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Harga per ekor ayam kalkun black Spanish untuk usia 1 bulan sebesar 450 ribu rupiah; 2 bulan dihargai 600 ribu rupiah; 3 bulan menjadi 750 ribu rupiah; 4 bulan seharga 1 juta rupiah; dan 5 bulan sudah menjadi 1 juta 250 ribu rupiah.

Untuk usia 5 bulan yang jantan harganya sebesar 1 juta 300 ribu rupiah. Sementara itu, indukan betina berharga 1 juta 800 ribu rupiah dan yang jantan seharga 1 juta 900 ribu rupiah.

Harga Ayam Kalkun Self Buff

Berbeda dengan jenis ayam kalkun lainnya yang dinamai karena warna bulu yang dimiliki, ayam kalkun jenis ini mendapatkan namanya karena kebiasaan yang dimiliki.

Ayam kalkun self buff memiliki kebiasaan untuk mengembangkan bulu-bulunya agar tampak lebih besar – mirip seperti yang dilakukan oleh burung merak. Padahal, ayam kalkun jenis ini memiliki tubuh yang paling besar dibandingkan dengan yang lain.

Ciri fisik yang dimiliki yaitu bulunya yang berwarna putih kecoklatan dengan kaki berwarna keabu-abuan. Harga kalkun jenis self buff jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga kalkun jenis lain, meskipun tidak semahal black Spanish maupun red bourbon.

Biasanya kalkun ini jarang yang dijadikan sebagai konsumsi karena harganya yang mahal.

Untuk ayam kalkun ini usia 1 bulan dibandrol 250 ribu rupiah; 2 bulan sebesar 350 ribu rupiah; usia 3 bulan menjadi 475 ribu rupiah; 4 bulan seharga 575 ribu rupiah; dan 5 bulan menjadi 675 ribu rupiah.

Khusus untuk ayam kalkun jantan usia 5 bulan, harganya menjadi 725 ribu rupiah. Di samping itu, indukannya dihargai sebesar 950 ribu untuk yang betina dan 1 juta rupiah untuk yang jantan.

Daftar harga ayam kalkun yang tertera di atas merupakan harga rata-rata. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu karena berbagai faktor. Seperti misalnya naiknya jumlah permintaan atau jika adanya wabah penyakit yang menyebar. Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply