√ Peluang Bisnis Ternak Ayam Joper (Jawa Super)

Ayam Joper merupakan singkatan dari kata Jawa Super yang mana merupakan ras ayam kampung yang telah dikawinkan silang. Hal ini merupakan alternatif menciptakan ras ayam yang cenderung lebih murah akan tetapi posturnya tidak kecil. Banyak penggemar kuliner nusantara yang lebih memilih ayam joper daripada boiler. Disisi lain citarasanya pun lebih gurih dan lezat.

Dari segi peluang usaha sangat cocok karena setiap daerah memiliki kebutuhan sendiri, terutama restoran, rumah makan, warung dan masyarakat. Akan tetapi hal yang perlu diketahui ialah DOC yang masih menjadi kebingungan. Namun kalau sahabat duniabinatang.net mau menetaskan sendiri juga bisa kok.

Cukup membuat kandang sistem umbaran atau box yang ukurannya pas buat satu pejantan dan 5 betina. Sedangkan penetasan teman-teman bisa memakai alat penetas telur yang otomatis.

Pejantan bisa dengan ayam bangkok sedangkan calon indukan bisa ayam arab dan petelur. Hal ini guna produksi telur bisa maksimal setiap tahunnya. Untuk lebih mendalam mari kita kupas secara tuntas sebagai berikut ini.

Tahapan Ternak Ayam Joper Untuk Pemula dari nol (0)

Ayam Joper

Beternak/bisnis bukanlah sesuatu yang langsung sukses karena semua itu ada proses, jadi terus belajar dan memperbaiki dari pengalaman. Lebih bagus lagi jika kita mempunyai komunitas agar bisa mendapatkan pengetahuan yang baru. Berikut ini merupakan cara beternak ayam jawa super yang bisa dijadikan referensi teman-teman.

Kandang & perlengkapannya

kandang umbaran ayam joper

Yang pertama yakni perlengkapan/peralatan dan kandang untuk DOC.

Tempat Pakan & Minum

Untuk tempat pakan dan minum teman-teman sebaiknya gunakan yang ukuran besar bisa paralon yang memanjang ataupun seperti wadah pakan ayam pedaging. Sedangkan minumannya bisa memakai paralon dengan di belah atau yang sistem menetes.

Artikel Terkait: Cara Beternak Ayam Kate

Penghangat/Pemanas

Pemanas merupakan hal yang sangat penting untuk DOC ayam ini sangat mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan ayam. Cukup dengan DOC ayam dengan jumlah 100-300 ekor menggunakan lampu bholam 60-100 watt, penggunaan per 100 ekor 1 bholam saja.

Ukuran Kandang

Untuk DOC sampai umur 15 hari cukup memakai kandang dengan ukuran 1 meter persegi. Setelah usia 15 hari teman-teman memindahkan lagi ke kandang pembesaran hingga panen.

Ukuran pembesaran bisa dikira-kirakan agar pertumbuhan bisa maksimal. Rata-rata luas kandang hingga usia 2 bulan 1 meter persegi dapat menampung 8-10 ekor saja.

Alas Kandang

Lantai kandang bisa disesuaikan, kalau masa breeding bisa menggunakan kertas koran. Apabila jika sudah 15 hari up tergantung dengan kandangnya apakah panggung atau lantai.

Biasanya kandang panggung menggunakan bambu, kayu reng dan strimin. Rata-rata kandang yang lantai menggunakan sekam dan pasir yang di campur. Adapula yang menerapkan serbuk kayu sisa limbah pemotongan kayu.

Pemilihan DOC/Bibit Ayam Joper

Tahapan yang selanjutnya yaitu pemilihan bibit yang berkualitas. Karena kesukesan ternak ayam jawa super ini dipengaruhi oleh bibit yang bagus. Presentasi bibit dapat menyumbang 40% dalam kesuksesannya. Bagaimanapun sepandai-pandainya peternak akan gagal jika bibit yang digunakan kurang bagus.

Alangkah baiknya jika sebelum membeli bibit ketahuilah indukannya ayam tersebut.

Penggunaan Pakan Joper Yang Bagus

pakan ayam joper

Hal yang kerap menjadi kebingungan para peternak pemula yaitu penggunaan pakan. Kira-kira berapa persediaan pakan dari DOC hingga panen. Sejatinya pakan ayam jawa super persis dengan ayam boiler.

Kenapa kok sama? Hal ini karena panennya juga tidak jauh beda, target yang kita kejar juga daging ayamnya. Jadi itulah alasanya teman-teman.

Artikel Serupa: Cara Beternak Ayam Petelur

Setiap masa pertumbuhan memerlukan yang namanya vitamin, vaksin, dan pakan yang bermutu. Ayam ini akan mengalami 3 fase yaitu : Fase Starter, Fase Pembesaran dan Fase Finisher.

Kebutuhan pakan dari usia 1-60 hari untuk 100 ekor cukup sedia 4 karung pakan/ 2 kwintal.

Masa Starter

fase starter ayam joper

Fase ini merupakan waktu manjanya ayam karena rentan terkena penyakit, kerdil, dan mati. Jadi teman-teman perlu menyediakan pakan dan minum sebelum habis ditambah lagi. Selain itu akan berpengaruh dengan masa selanjutnya.

Yakni pemanas kandang tidak boleh mati, kebersihan kandang, dan suhu udara. Sebaiknya menggunakan kandang box bisa triplek atau blabak. Lebih enak lagi dengan dua bholam per box, tetapi sesuaikan kepanasan kandang karena bisa berakibat kematian ayam.

Masa Pembesaran Ayam Joper

Pada tahapan ini, ayam akan dipelihara dengan kandang panggung/umbaran. Ayam harus dirawat dengan sebaik mungkin karena biasanya kalau telat memberi pakan maka ayam akan menjadi kanibal. Untuk menghindari kanibal teman-teman bisa mengaplikasikan dengan memberikan dedaunan.

Selain itu kebersihan kandang, kelembapan dan kesediaan minum air pada pada ayam sangat perlu. Jika kandang umbaran kelembapan tidak dijaga akan mengakibatkan ayam tekena penyakit seperti snot/CRD yang lebih dikenal dengan ngorok.

Panen Ayam Joper

Fase panen ayam jawa super antara 60-75 hari, hal ini tergantung dengan perawatan dan mau di panen dengan dengan berat berapa.

Sebelum panen sebaiknya teman-teman mencari penjual ayam atau restoran yang siap membeli ayam kita. Wasdapalah jika anda telat pemanenan akan berdampak kalkulasi, karena pakan ayam akan di keluarkan setiap harinya.

Itulah sedikit referensi yang bisa teman-teman terapkan untuk memulai beternak ayam jawa super. Demikian yang bisa kami sampaikan kurang lebih mohon maaf, sekian dan terimakasih.

Salam Sukses Semua Duniabinatang.net

Leave a Reply