5
282

√ Daftar Obat Snot Ayam Paling Ampuh

Obat snot ayam paling ampuh cukup banyak maka dari itu tentunya menyulitkan para pelaku ternak yang masih awam terhadap penanganan ayam sakit. Oleh hal tersebut kami selaku admin dunia binatang berupaya memberikan rekomendasi serta cara pencegahannya.

Memang dalam dunia ternak kita tak lepas dengan lingkungan alam. Karena ranah memelihara makhluk yang bernyawa pasti ada resiko yang cukup mengerikan pula. Guna hasilnya lebih maksimal sobat perlu memerlukan faktor pendukung salah satunya dari kandang dan perawatan hariannya.

Jadi penyakit snot ini mudah diamati secara nyata sebab bila ada yang terkena bisa ditandai berupa muka atau kepala bengkak. Langsung saja tanpa basa-basi yang panjang simak penjelasan dibawah berikut ini :

Ciri-Ciri Ayam Snot

Ciri ciri dari ayam snot

Berdasarkan informasi yang kami ketahui bahwa tingkat resiko kematian dari penyakit ini rendah yakni pada kisaran 30%. Akan tetapi alangkah baiknya kita mencegah daripada mengobati, tentunya wajib waspada.

Dampak dari pada snot adalah menyerang sistem pernafasan yang mengakibatkan pertumbuhan atapun produktifitas. Bahkan bahaya lainnya berupa menular ke unggas yang lain dengan cepat. Jadi bagaiama sih kita bisa mengetahui gejala coryza pada ayam. Secara umum tanda-tanda paling mudah dipahami yaitu seperti daftar dibawah ini :

  • Ayam mengalami kesulitan bernafas
  • Pergerakan semakin lemas dan ngantuk
  • Mengeluarkan suara nglokor/ngorok
  • Keluar cairan dari hidung dan bau tidak enak
  • Nafsu makan menurun
  • Laju pertumbuhan terhambat
  • Mata mengeluarkan air atau cairan
  • Area mata menjadi bengkak

Apabila karakteristik diatas menimpa pada ayam sobat maka segeralah untuk memisahkan dan mengobati sebelum menularkan pada ayam yang lainnya. Sampai disini sudah faham sobat. Oke mari kita lanjutkan pembahasan ini.

Tips Obat Snot Ayam Paling Ampuh

Obat Ampuh untuk ayam snot

Sering kita katakan bahwa dalam pengobatan hewan peliharaan juga bisa dilatar belakangi kecocokan dengan sang perawatnya. Maka dari banyak referensi yang dapat dijadikan sumber terkuat dalam penanganan ayam sakit khusunya snot. Entah secara amali ataupun obat kimiawi.

Akan lebih mudah bila sharing dengan peternak sekitar sobat. Hal ini cukup efektif lantaran secara iklim, cuaca dan keadaannya tidak jauh berbeda sama di rumah sobat. Bila mana masih sangat awam dengan media pengobatan ayam snot kami ada beberapa contoh yang dapat diaplikasikan, antara lain sebagai berikut :

Obat Snot Ayam Alami

Cara mengobati ayam snot secara alami

Metode pertama yang langsung dipraktikkan yakni menggunakan beberapa bahan herbal atau yang kerap dijadikan bahan baku dalam memasak. Apa saja yang diperlukan dalam cara ini? Adapun bahan meliputi kunyit 200 gram, jahe 100 gram dan kencur 100 gram. Sobat hanya perlu menghaluskan semua komponen menjadi halus.

Setelah itu tambahkan saja air secukupnya lalu berikan ramuan tersebut ke ayam yang telah membengkak area kepalanya. Pemberian bisa dengan metode spet atau dicekokkan melalui air minum. Agar ramuan ini lebih efektif, lakukan pada sore hari dikala ayam mau istirahat 3-5 hari.

Salah satu kelebihan penggunaan obat alami yaitu tidak menyebabkan efek samping yang berbahaya pada hewan ternak walaupun diberikan secara terus menerus. Hanya kalau terlalu banyak akan menimbulkan bau herbal pada daging ayam bila mana disembelih.

Bawang Putih Untuk Ayam Muka Bengkak

Pernahkah menyadari bahwa manfaat bawang putih bisa mengobati ayam yang sakit? Akan tetapi yang perlu diperhatikan ialah dosis yang sesuai untuk ayam yakni 3% saja dari total pakan ayam. Untuk cara pembuatannya seperti metode diatas. Jadi khasiat bawang sangat ampuh melumpuhkan bakteri pada tubuh hewan ternak.

Sehingga tak jarang jika salah satu bahan baku dalam memasak sayur ini kerap dilakukan oleh peternak dalam mencegah dan mengobati hewan peliharaannya yang terserang penyakit. Agar pengobatan ini maksimal lakukan 2x sehari dalam kurun waktu 3 hari lalu lihatlah perkembangannya si ayam.

Jahe Atasi Penyakit Ayam Snot?

Selain kunyit dan bawang ternyata ada satu lagi obat herbal dari bahan dapur yang bisa dijadikan penangkal snot pada ayam. Benar sekali namanya jahe yang sudah terbukti mengobati hewan peliharaan sakit ataupun untuk pencegahan.

Lalu untuk tahap-tahapnya yakni cucilah bersih jahe 5-10 ruas, lalu tumbuk hingga cukup kecil-kecil lalu tambahkan air bersih 1 liter. Sesudah itu tambahkan lagi gula batu/aren 5 cm saja. Rebus hingga mendidih selanjutnya biarkan sampai dingin lalu saring.

Pemakaian bisa dicampur dengan ransum pakan ataupun air minum ayam. Agar lebih efektif sebagai pencegahan pada ayam yang lain tambahkan lagi gula batu/aren dan air 10 liter. Aplikasikan 2-3 hari sampai ayam sehat seperti sediakala.

Anti Snot & CRD

Obat Anti Snot dan CRD

Cara mengobati ayam snot yang ke empat ini dengan berupa pil, kenapa ini termasuk dalam daftar rekomendasi dunia binatang? Pertama sudah terbukti diterapkan pada peliharaan kami bertahun-tahun dalam mengatasi snot ringan atupun parah. Oleh maka dari itu sobat sebaiknya menggunakan pula metode versi kami ini.

Coryza atau snot memang ditandai dengan bengkak dan pilek. Untuk menghentikan penularannya cukup memberikan 3 kali sehari pada ayam sakit parah. Sedangkan kategori ringan berikan saja 1-2 pil saja.

Bahkan diterapkan pada hewan ternak yang mengalami CRD seperti batuk dan ngorok. Insyaallah dalam jangka waktu 1-2 hari ayam sudah sembuh total bila sobat benar-benar menerapkan cara kami diatas.

Tetra-Chlor & Amoxicilin Trihydrate

Tips mengobati ayam snot dan ngorok

Tips terakhir versi dunia binatang yakni dengan memberikan tetra-chlor dan amoxicilin. Jadi setiap kapsul tetra ini mengandung antibiotik yang spektrumnya luas dengan rincian vitamin B komplek, vitamin C, mineral dan kombinasi antibiotik lainnya.

Sedangkan peran dari amoxicilin ini antibiotik guna memberantas penyakit bersumber infeksi. Alhasil akan mempercepat proses penyembuhan ayam dan akan kembali sehat serta lahap makan.

Saran pemberian obat ini 2 kali sehari dengan 1 kapsul dari kedua obat diatas. Semoga dengan metode ini ayam yang terkena snot akan cepat sembuh. Sampai disini apakah ulasan kami masih kurang lengkap sobat?

Sebetulnya ada pengobatan dengan cara injek alias suntik hanya saja kami belum menemukan informasi yang cukup akurat serta tanpa resiko besar. Mudah-mudahan dengan beberapa jawaban diatas bisa menjadi solusi yang efektif terhadap ayam sobat semua.

Penyebab Snot Pada Ayam

Penyebab Ayam Snot

Sejatinya penyakit coryza ini ialah penyakit yang sumbernya dari bakteri, penyerangan utamanya yaitu sistem pernafasan khusunya saluran pernafasan bagian atas. Hal terburuk dari snot pada ayam menyerang semua umur. Untuk itu penanganan yang cepat dan tepat harus dimaksimalkan.

Faktor adanya ayam bengkak dari bakteri Avibacterium Paragallinarum. Akan tetapi timbulnya suatu penyakit pasti ada pendukungnya sebagai contoh perawatan, pakan, kebersihan, peralihan musim, imun menurun dan lain-lain. Agar antibody ayam bagus alangkah baiknya mencegahnya dengan vaksinasi ataupun jamu herbal.

Demikianlah rangkaian informasi seputar obat snot ayam paling ampuh versi dunia binatang. Jangan lupa baca informasi lainnya terkait cara memilih dan perawatan ayam. Mohon maaf bila masih banyak penulisan dan bahasa yang kurang berkenan, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply