1975

√ Daftar Harga Ayam Birma Terbaru? Inilah Informasi Bulan Ini

Ayam Birma adalah salah satu unggas laga yang asalnya dari kawasan burma atau Myanmar. Karena banyak peminat juga di Indonesia, maka masyarakat menjadikannya sebagai hobi dan mendapatkan rezeki.

Ciri khas dari ayam ini memiliki tubuh yang kecil disertai tulangan lebih tipis dengan bulu lebat serta corak bulu berdominan wido/jalak juga berbintik kecoklatan. Meski badan kecil ayam birma memiliki kecepatan dan lompatan tinggi sehingga mudah menghindari pukulan lawannya.

Bentuk kakinya menyerupai burung pemakan ikan yakni berukuran besar, padat dan keras. Unggas ini mulai terkenal semenjak seorang Thailand membawa dan membudidayakan sebagai ayam laga. Walaupun secara fisiknya kalah tapi mampu memberikan perlawanan cukup sengit bahkan bisa memenangkan banyak event bergengsi.

Jenis-jenis Ayam Birma

jenis jenis ayam birma

sumber.ayam.laga.kudus

Adapun beberapa jenis sehingga memudahkan kita untuk mengelompokkan sesuai kriteria yang diinginkan. Dengan ini hasil persilangan ayam birma di nusantara begitu banyak jenisnya antara lain sebagai berikut ini :

  1. Rambong
  2. Gostan
  3. Original
  4. Drunk
  5. Mabin
  6. Kradungtong
  7. Malow
  8. Saigon/Mangon
  9. Mathai
  10. Brasiliam/masil
  11. Makhoy

Demikianlah jenis-jenis ayam birma yang tersebar luas di negeri kita tercinta ini, untuk mengenai detailnya mari kita pelajari lagi bersama.

Baca Juga : Harga Terbaru Ayam Cemani

Cara Ternak Ayam Birma

cara beternak ayam birma

 https://www.instagram.com/papabrakots/

Sebagai pecinta ayam laga pastinya sudah tak asing lagi dengan jenis ayam ini. Dengan bentuk tubuh kecil dan kecepatan super menjadikan banyak peternak yang menyukainya. Agar mendapatkan hasil maksimal kita perlu merawatnya dengan sungguh tidak lupa juga pemilihan induk dan pejantan berkualitas.

Secara umumnya perawatan tidak jauh berbeda hanya saja penambahan vitamin dan ramuan serta pelatihan fisik yang akan menjadi kunci utama kesuksesan kita. Berikut ini kami ada beberapa tips cara merawat dan pemilihan induk antara lain sebagai berikut ini :

  • Memilih pejantan dengan kualitas super dan harus tau kelemahannya

Dengan hal ini memudahkan untuk mengatasi kelemahan dari gen pejantan.

  • Pilih Induk betina unggal dalam artian bisa mencetak anak ayam yang sesuai diharapkan oleh kita
  • Menjaga asupan pakan dengan nutrisi yang seimbang
  • Membuat kandang umbaran
  • Kandang menjemur ayam
  • Pelatihan fisik
  • Ramuan rempah-rempah untuk meningkatkan fisik dan energi ayam
  • Pembersihan kandang
  • Vaksinasi untuk mencegah penyakit pada unggas

Baca Juga : Harga Ayam Kate & Serama 

Harga Ayam Birma

daftar harga ayam birma

Source Nurali.farm

Kini untuk mendapatkan ayam berkualitas super kita tidak pusing sebab tanpa import sudah mudah untuk mendapatkannya, akan tetapi dana yang perlu kita persiapkan juga tidak sedikit. Jadi harga itu tergantung dengan kualitas dan kuantitasnya pula.

Berikut sudah kami sediakan daftar harga ayam birma di indonesia dari anakan dan indukan dengan harga standar sampai super vvip :

NO.Jenis Ayam BirmaHarga
1.TelurRp. 5.000-50.000
2.Anakan 0-1 BulanRp. 150.000-300.000
3.Anakan 2-3 BulanRp. 500.000-1.000.000
4.Anakan 6 BulanRp. 1.500.000-10.000.000
5.Indukan OriRp. 2.000.000-10.000.000
6.Pejantan Ori & F1Rp. 3.000.000-50.000.000
7.Silangan BangkokRp. 2.000.000
8.Betina F1Rp. 1.500.000-3.000.000
9.Saigon x BangkokRp. 1.000.000
10.Sardot 7 Bulan

Rp. 2.000.000

Demikianlah daftar harga ayam birma original dan silangan yang ada di nusantara dengan beragam variasi harga dari kelas bawah hingga super vvip.

Ini sedikit gambaran untuk memudahkan menyiapkan anggaran sebelum kita membeli indukan dan pejantan, jika masih kemahalan bisa membeli dari anakan saja. Jadi jangan terpaku informasi ini sebab tiap daerah memiliki nilai jual yang berbeda-beda. Semoga dengan adanya ini menambah wawasan bagi kita semuanya. Sekian yang dapat kami sampaikan kurang lebih mohon maaf dan terimakasih.

*SALAM SATU HOBI DARI KAMI*

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply