9
586

√ Pollard untuk Pakan Ayam Bangkok

Pollard untuk pakan ayam apakah bisa mendongkrak bobot serta kesehatan dalam sehari-hari. Belum banyak dari kita yang mengetahui bahwa polar bisa dijadikan pakan alternatif protein tinggi untuk unggas ternak.

Apabila pada waktu lalu kita sudah belajar mengenai pur ayam 511 sebagai sumber nutrisi dan protein paling dominannya. Kini tiada salahnya juga jika mendalami apa itu pollard. Supaya kita semuanya bisa memahaminya dengan baik, maka kami sarankan agar membacanya dengan seksama.

Mungkin masih asing rasanya bila polar dijadikan campuran ransum pakan ayam bangkok, petelur atau sejenisnya. Namun ucapan lebih dikenal oleh pelaku ternak seperti kambing dan sapi. Bagaimana peluang dari olahan gandum ini jika diberikan pada ternak? Ya sudah mari kita simak penjelasannya dibawah berikut ini.

Pollard Adalah

polar pakan ayam

Pollard yaitu merupakan produk yang dihasilkan dari proses penggilingan gandum. Secara umum bagi masyarakat dikenal juga dengan sebutan dedak gandum atau pollard. Meskipun sisa dari pengolahan tepung terigu pollard masih dapat dimanfaatkan untuk pakan hewan peliharaan seperti ayam, kamping dan sapi.

Olahan dari gandum ini memiliki protein yang tinggi maka dari itu sangat bagus untuk mencukupi kebutuhan pakan sehari-hari pada ayam. Namun jika dibandingkan dengan dedak padi, harga polar bisa mencapai 2 kali lipatnya.

Akan tetapi secara teksturnya lebih lembut dan baunya harum layaknya adonan kue. Nah guna lebih mengetahui kandungan yang terdapat pada polar, maka kami sarankan unttuk terus membaca penjelasan informasi ini dengan berurutan.

Kandungan Nutrisi Pollard

Kandungan pollar

Walaupun Indonesia bukan salah satu penghasil gandum terbanyak di dunia, namun hingga saat ini penggunaan pollar masih terus berkembang dengan cukup baik. Hal ini tidak lepas adanya peternakan sapi dan kambing yang naik signifikan dalam beberapa dekade terakhir ini.

Apabila kita membandingkan protein jagung maka pollard lebih unggul, namun masih dibawah dari bungkil kedelai, susu dan daging. Selain itu bahwa polar kaya akan dengan fosfor tapi minim kalsium.

Dapat dipastikan jika pollad tidak ada kandungan vitamin A namun kaya dengan thiamin dan niacin. Sementara itu, apakah dari kita ada yang belum mengetahui kandungan dari pakan ternak atau bahan baku pangan industri ini? Jika benar demikian, inilah jawaban versi tim dunia binatang.

  • Lemak kasar 5,1%
  • Bahan Kering 88%
  • Serat kasar 8,8%
  • BETN 45%
  • Protein kasar 17%
  • Abu 24,1%

Nah apabila dari sobat ini belum mengetahui kemasan yang biasanya dijual yakni ada yang berisi 40-50 kg. Apabila sobat hendak membelinya dapat mengunjungi pusat pakan ternak unggas atau distributor resmi yang ada didaerah sobat.

Manfaat Pollard untuk Pakan Ayam

pollard untuk pakan ayam

Pollard ini merupakan campuran pakan maka dari itu dapat sobat kombinasikan dengan voer ayam 594 atau lainnya. Ataupun bisa dimix sama beberapa bahan pakan ternak seperti jagung giling, karak dan gabah. Hanya saja penggunaannya harus sobat kontrol agar tidak menimbulkan efek samping terhadap hewan peliharannya.

Lalu apa khasiat dari pemberian polar untuk ayam petelur, bangkok ataupun seperti bebek? Apakah sampai saat ini sobat belum pernah mencobanya sama sekali perihal polar ini. Nah agar tak semakin penasaran, yuk simak penjelasannya dibawah berikut.

  • Pakan ayam alternatif berprotein tinggi
  • Memiliki serat lebih halus dan aroma lebih lezat
  • Meningkatkan nafsu makan ayam
  • Mempercepat proses penggemukan
  • Menjaga kesehatan organ dalam ayam
  • Meningkatkan produksi telur ayam betina
  • Sebagai opsi campuran voer buatan sendiri
  • Menekan biaya pengeluaran pakan ayam
  • Aktivitas ayam semakin lincah dan gesit
  • Menambah sumber energi ayam

Nah itulah sedikit manfaat pollard jika diberikan pada hewan ternak khususnya ayam hobi. Kami anjurkan jika sobat mau mencoba menerapkan pada ayam komersil alangkah baiknya konsultasi terlebih dahulu.

Hal ini mengingat perubahan pakan bisa menyebabkan penurunan jumlah produksi yang pastinya dapat berdampak pada pendapatan sehari-hari sobat. maka dari itu jangan asal-asalan membuat campuran apabila memelihara dengan populasi yang banyak.

Harga Pollard Gandum

Pollard pakan ayam biasanya dibandrol dengan harga yang beragam. Biasanya akan berpengaruh dalam jumlah pembelian, daerah dan kualitasnya. Jadi tidak bisa diberi satu patokan saja, sama halnya dengan dedak padi, jagung, voer dan masih banyak contoh lainnya.

Hal yang mesti sobat ketahui yaitu pakan merupakan sumber kebutuhan pokok namun kenaikan harga pakan ini tidak bisa kita hentikan. Metode yang paling bisa dimaksimalkan yakni dengan membuat ransum pakan sendiri, untuk itu membutuhkan racikan yang pas dan harus memenuhi kebutuhan gizi dari hewan ternak.

Sedangkan harga pollar 50 kg kurang lebihnya RP. 4500 rupiah setiap kilogram. Tapi bisa lebih murah dan mahal apabila dekat dengan sumber penggilingan serta pabrik pengolahannya. Namun rata-rata harga polar eceran yakni RP.5000-6000/kg.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan kepada sobat dunia binatang pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan dengan adanya penyampaian diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply