9
1931

โˆš Cara Mengobati Ayam Cacingan Dengan Daun Pepaya

Cara mengobati ayam cacingan dengan daun pepaya metode alami yang hingga kini masih diaplikasikan oleh sebagian besar peternak di tanah air. Di era perkembangan zaman yang cepat ini dalam merawat hewan terus ditekankan dengan cara lebih cepat dan efektif.

Namun masih banyak untuk mengatasi permasalahan dalam dunia ternak baik ayam, sapi dan burung kicau. Salah satu diantaranya yaitu tumbuhan pepaya, selain bisa dijadikan sayuran untuk dikonsumsi, ternyata banyak sekali untuk kebutuhan makhluk hidup.

Problem ayam cacingan bukanlah hal membahayakan dan beresiko tinggi. Tapi jika diabaikan dan pemberian nutrisi pakan ayam tidak mencukupi maka bisa dipastikan berbahaya terhadap kesehatan ayam peliharaan. Maka dari itu pada kesempatan yang baik ini team duniabinatang berupaya memberikan penjelasan secara lengkap.

Faktor Ayam Cacingan

Faktor ayam cacingan

Kemudian kalau membahas pemicu ayam bisa terkena cacingan ini adalah karena perawatan yang kurang maksimal. Contohnya dari kebersihan kandang, air minum dan lingkungan kandang ternak yang kotor.

Penyebab awalnya biasanya karena kurangnya perhatian sobat atas aktivitas dan kondisi fisik ayam. Oleh sebab itu kita tak tahu dengan detail terkait gejala dan penurunan berat badan yang dikarenakan adanya parasit cacing menguras habis nutrisi pakan yang diberikan.

Tetapi selain itu faktor dari ayam cacingan bisa melalui makanan ayam, memakan kecoa dan bangkai. Karena dengan hal tersebut sangat berpotensi ayam peliharaan sobat terkena cacingan. Supaya lebih faham yuk simak lagi pemaparan dibawah ini.

Ciri-Ciri Ayam Cacingan

gejala ayam cacingan

Selanjutnya untuk karakteristik ayam terjangkit cacingan secara visual bisa kita ketahui dengan ciri-cirinya. Akan tetapi berhubung sobat dunia binatang tidak semuanya berpengalaman dalam memelihara ayam, dengan ini kami berikan tanda-tandanya agar lebih mudah dipelajari.

Pasalnya antara ilmu teori dan fakta langsungnya ada yang berbeda. Oleh sebab itu jam terbang beternak itu juga sangat berpengaruh atas kefahaman untuk mengetahui ciri ayam sehat dan kurang sehat. Sebagai contohnya ya ayam cacingan ini. Langsung saja kita cek daftarnya dibawah berikut.

  • Menurunnya nafsu makan ayam
  • Ayam sering mengalami gangguan diare
  • Visual ayam nampak pucat
  • Kusamnya bulu-bulu
  • Sayap ayam terkulai
  • Mata mengeluarkan busa atau air
  • Stamina dan tenaga tidak maksimal
  • Bobot ayam semakin menurun drastis

Cara Mengobati Ayam Cacingan Dengan Daun Pepaya

Cara mengobati ayam cacingan dengan daun pepaya

Mengobati ayam cacingan selain dengan daun pepaya ternyata juga bisa sama bawang putih. Tapi kalau sobat mau mengaplikasikan metode ini juga sangat kami sarankan, karena untuk mendapatkan daun pepaya mudah dan tanpa mengeluarkan biaya. Sehingga efektif digunakan sebagai bentuk pencegahan maupun pengobatan ayam.

Jadi untuk mengobatinya langkah pertama yaitu menyiapkan daun pepaya muda atau setengah tua. Kemudian sebelum diberikan alangkah baiknya diterapkan waktu pagi hari. Namun sebelum itu ketika sore hari ayam dikasih makan sedikit saja, tips ini bertujuan mengkosongkan makanan didalam tubuh ayam.

Setelah itu pada pagi hari sobat tumbuk atau blender daun pepaya tersebut hingga cukup halus. Untuk memberikannya bisa langsung disuapkan dengan seukuran 1 ruas jari sebanyak 2-3 kali. Pastikan ayam sudah berikan baru dijemur atau masukkan box ayam dan sediakan air minum.

Alhasil dengan cara pengobatan ini air minum akan mempermudah proses pencernaan daun pepaya ke organ dalam ayam. Jika ayam sobat terkena cacing dalam 1-6 jam insyallah akan keluar cacingnya.

Pada trik ini hal paling penting diperhatikan yaitu kondisi kesehatan ayam dan ciri-cirinya. Karena kalau fisik ayam tidak kuat ditakutkan bisa menimbulkan hal berbahaya lainnya. Sementara untuk pencegahan sobat dapat menambahkan potongan daun pepaya pada ransum ayam.

Bahaya Ayam Cacingan

Dampak buruk ayam cacingan

Apabila cacing sudah menjalar ke sistem pencernaan dan mampu berkembang biak. Efek samping yang paling beresiko yaitu infeksi pada saluran pencernaan ayam yang dapat berpotensi besar kerusakan lapisan usus. Bahkan tak jarang pada tahap ini kematian jaringan mukosa usus alhasil mengganggu penyerapa nutrisi pakan.

Umumnya ayam cacingan tingkat ringan tidak menunjukkan ciri khasnya. Tapi ketika kasusnya sudah parah biasanya ayam mudah ketahui terkena cacingan dan dampaknya yaitu penurunan warna merah dari kulit, bobot yang menurun dan ayam berubah pucat.

Demikianlah informasi cara mengobati ayam cacingan dengan daun pepaya versi team duniabinatang. Mudah-mudahan dengan adanya penjabaran diatas bisa memberikan jawaban yang jelas dan pastinya bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply