6
739

√ 6+ Prosedur Ternak Ayam Kate Yang Mudah

Ayam Kate atau Katai lebih di kenal dengan bahasa Inggris sebagai Ayam Bantam. Diperkirakan pada tahun 1700an ayam ini ditemukan para pedagang dari Eropa yakni di wilayah pulau jawa yang bernama bantam, atau yang kita ketahui karesidenan Banten.

Karena bentuk yang kecil dan menggemaskan ini akhirnya dipelihara sebagai ayam hias, yakni bukan sebagai ayam petelur dan pedaging. Selain itu sebetulnya ayam ini telah banyak mengalami persilangan, salah satu persilangan terakhir yakni dengan ayam serama pada tahun 1971. Persilangan ini dilakukan oleh peternak dari negeri jiran yaitu Malaysia sehingga menjadi ras ayam terkecil di dunia.

Kate juga sangat cocok dipelihara bagi yang mempunyai lahan yang ideal seperti taman, halaman belakang dan masih banyak lainnya. Alangkah baiknya jika teman-teman memelihara jangan disatukan dengan ayam kampung karena akan merusak keturunan ayam kampung menjadi kecil alias wareng.

Nah untuk lebih detailnya mari kita simak bersama-sama ulasan dibawah berikut ini :

Jenis-Jenis Ayam Kate Unggulan

jenis ayam kate

Tak sedikit masyarakat Indonesia yang menggemari ayam kate, lebih-lebih ayam yang memiliki corak bulu dan ukuran mini sangat laku pesat bagi penghobi. Bahkan tak sedikit pula uang yang dikeluarkan demi mendatangkan ayam kesukaaanya. Berikut ini kami telah merangkumnya :

Ayam Kate Batik

Batik sesuai dengan namanya pasti sudah mengenali dengan batik, ayam yang satu ini memiliki warna bulu yang sangat unik yakni menyerupai batik. Unggas batik ini terbagi menjadi dua warna yakni putih hitam dan coklat hitam.

Ayam Kate Jambul Mekar

Unggas hias ini memiliki warna bulu layaknya ayam cemani, warna tubuh yang di dominasi hitam. Perbedaan yang mencolok antara ayam kate dengan cemani adalah yaitu lapisan kulit yang tidak tertutup bulu. Kulit ayam mini ini bagian yang tidak terlapisi bulu yakni berwarna putih kecoklatan.

Ayam Kate Jepang

Sesuai dengan namanya ayam hias yang satu ini memang berasal dari negeri sakura. Corak warna ayam kate ini menyerupai dengan ciri khas negaranya. Yaitu terdapat warna putih dan hitam. Dan sebagian banyak warna paling dominan adalah warna putih.

Baca Juga : Cara Budidaya Ayam Kalkun Yang Baik & Benar

Ayam Kate Putih

Memiliki ayam hias yang bercorak putih itu sangat menyenangkan, sama halnya dengan ayam mini putih. Keunikannya yaitu, bentuk yang mungil, warna yang bersih, dada yang tegak. Sungguh sangat indah bila kita pandangi.

Selain itu juga bisa sebagai hiasan halaman depan rumah, maka dari itu ayam mungil ini rupanya berharga yang lumayan bagi masyarakat menengah kebawah.

Ayam Kate American Gam Bantam

Sebutan nama ayam diatas merupakan salah satu jenis ayam kerdil yang berasal dari negara Amerika. Sungguh malang nasibnya karena ayam ini jarang dipelihara oleh masyarakat luas. Karena di negaranya ayam ini di khususkan sebagai ayam petarung.

Pemilihan Indukan Ayam Kate Yang Berkualitas

indukan ayam kate

Bila memang ingin beternak ayam jenis ini maka hal yang perlu diperhatikan adalah memilih indukan yang berkualitas antara lain :

  • Membeli dari peternak ayam yang sudah terpercaya, langkah awal ini akan mempengaruhi laju penjualan anda.
  • Mengamati keunikan warna bulunya, yang kami maksud hal ini bukan coraknya. Akan tetapi kebersihan, bulu yang mengkilap menandakan kesehatan dari ayam tersebut.
  • Menanyakan berapa lama usia produktif ayam tersebut, agar kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Selain itu anda juga mengamati dari segi fisik semacam ukuran, berat ideal dan lain-lainnya.

Demikianlah tips jitu agar memudahkan anda dalam beternak ayam mini dengan mudah dan hasil yang maksimal.

Pembuatan kandang

kandang umbaran ayam kate

Model kandang yang dapat anda terapkan yaitu ada dua jenis yaitu sistem box dan umbaran. Nah bagi yang ingin beternak bisa menggunakan keduanya.

Contohnya kandang umbaran ukuran 2 meter x 2 meter sedangkan doc hingga remaja bisa memakai box. Selain itu juga akan menghemat ruang sehingga bisa menampung ayam dengan jumlah yang banyak.

Jika Anda merupakan penghobi saja lebih baik menggunakan kandang umabaran full bebas di taman. Namun jangan lupa menyediakan kandang supaya ayam bisa leluasa keluar masuk kandangnya.

Pemberian Pakan & Minum

pakan dan minum ayam kate

Pakan menjadi hal pokok yang harus kita sediakan bila memelihara hewan, meskipun unggas yang anda miliki dilepas liar akan tetapi kita tetap harus menyediakannya. Tak hanya itu berilah pakan yang berkualitas seperti voer & BR.

Baca Juga : Manfaat Bekatul Untuk Unggas

Minum juga sangat penting bagi unggas, biasanya juga dicampurkan vitamin guna menjaga kesehatan dan kebugaran ayam tersebut. Jadi keduanya saling berkesinambungan. Dengan demikian unggas yang kita pelihara tetap gemuk, produktivitas lancar dan sehat-sehat.

Perawatan Ayam Kate

ayam kate

Terdapat beberapa hal guna memelihara ayam kate yang sehat dan berkembang dengan baik :

  • Yang pertama yakni kebersihan kandang, hal ini akan berpengaruh dengan kesehatan ayam.
  • Pemberian pakan dan minum yang berkualitas misal voer, BR dan vitamin vitacix.
  • Perhatikan sirkulasi udara baik keluar masuk dan cahaya matahari yang cukup.

Kebersihan Kandang Ayam Kate

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa kebersihan kandang menjadi hal utama dalam proses peternakan ayam. Banyak yang masih menyepelekan alhasil ketika musim penyakit ayamnya mudah terkena dan mati. Selain itu sirkulasi udara dan cahaya matahari yang cukup akan mempengaruhi proses perkembangannya.

Ya begitulah tahapan-tahapan guna sukses dalam memelihara ayam kate. Demikian sedikit ulasan tentang ayam kate, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply