207

โˆš Penyakit Ayam Tetelo Adalah?

Penyakit ayam tetelo merupakan istilah dari newcastle disease yang menjadi sumber permasalahan dalam beternak ayam baik hobi dan komersil. Kemunculannya sangat dikhawatirkan oleh peternak ayam karena bisa menimbulkan depresi, diare, gejala syaraf hingga kematian.

Selain itu penyakit ini juga disebut dengan ND bagi sebagian besar masyarakat indonesia. Kerugian besar bisa menimpa peternak ayam bila mana wabah tetelo menyerang ayam-ayamnya.

Persebaran penyakit newcastle disease di Indonesia masih bersifat endemis, jadi tidak serentak diseluruh daerah nusantara. Lalu bagaimana sejarah dan cara penularan penyakit tetelo ayam ini, yuk simak lebih lengkap sesuai pemaparan dibawah ini.

Newcastle Disease Adalah

Pengobatan Penyakit ND

Newcasle disease yang sering disingkat ND adalah penyakit yang disebabkan Avian Paramyxoviridae Serotipe 1 (AMP-1). Sedangkan AMPV-1 ialah virus dari famili Paramyxoviridae dan Genus Pneumovirus.

Penyakit ini menyerang unggas dan termasuk dalam kategori mematikan. Masyarakat indonesia biasanya menyebutnya sebagai tetelo, asal mulanya diambil dari nama dalam bahasa jawa “Thethelo”.

Penemu pertama penyakit ini yaitu Kraneveld dan ditemukan di Bogor pada tahun 19266. Untuk gejala dari penularan penyakit ayam tetelo cukup beragam. Sehingga tidak bisa dipatok dengan satu karakteristik saja.

Ciri-Ciri Penyakit Ayam Tetelo

Gejala penyakit tetelo

Sobat bisa mengetahui gejala ringan ataupun klinis dari penyakit newcastle disease dengan berbagai karakteristik aktvitas dari unggas. Bahkan beberapa kasus yang sudah dialami oleh peternak yaitu hewan ternak sewaktu-waktu sangat dikagetkan karena bisa mati dengan serentak tanpa ada tanda-tanda.

Agar memudahkan kepada sobat dunia binatang, maka kami akan memberikan penjelasan perihal tanda-tanda ayam yang sudah terkena virus penyakit newcastle disease.

  • Gejala pilek lehernya ayam tengleng
  • Warna kotoran berubah menjadi hijau
  • Jengger pucat dan berwarna biru keunguan
  • Ayam seperti kedinginan alias menggigil
  • Hidung ayam berair dan tersumbat
  • Sayap turun lemas
  • Ayam mengeluarkan suara ngorok
  • Kaki dingin dan terseret

Gejala klinis yang menyerang ayam muda biasanya akan berakhir dengan kematian. Sedangkan kalau pada ayam yang sudah dewasa akan mengakibatkan kematian hari kedua atau ketiga setelah penyakit tetelo pertama kali menyerangnya.

Klasifikasi Penyakit Ayam Tetelo

Klasifikasi Newcastle Disease Ayam

Penyebaran penyakit ND tidak hanya menyerang ayam kampung atau bangkok saja, karena menurut informasi kami ketahui ternyata juga bisa menularkan ke itik atau entok. Sedangkan bagi manusia dapat tertular juga namun tidak mengakibatkan gejala yang serius, contohnya yaitu pilek ringan atau radang selaput mata.

Pergerakan penyakit mematikan hewan ternak ini sangat sulit dideteksi maka dari itu sobat juga sudah sewajibnya mengetahui jenis penyakit tetelo ini yang sering menyerang ayam dan unggas lainnya. Berikut beberapa klasifikasi dari newcastle disease versi dunia binatang.

Volegenik-Viscerotropik

Tipe yang pertama ini merupakan varian penyakit ayam tetelo paling berbahaya dan mematikan pada hewan yang terjangkiti. Pasalnya presentase kematian ayam bisa mencapai 80-100%.

Beberapa gejala pada ayam yang terjadi pada jenis ini adalah hilangnya nafsu makan, bersin, diare disertai darah dan gangguan penafasan parah sebagai contoh sesak nafas. Jadi ketika tiada tindakan yang cekatan dalam waktu singkat maka ayam akan mati.

Volegenik-Pneumoencephalitis

Varian yang kedua ini merupakan turunan dari yang diatas hanya saja presentasi kematin diantara 60-80%. Dengan demikian kami rasa masih sangat tinggi karena belum semua peternak memiliki alat yang cukup dalam penanganan pertamanya.

Untuk tanda-tandanya sendiri yaitu gangguan syaraf dan sistem pernafasan ayam untuk ciri khasnya yakni kepala ayam tengleng atau torticalis. Oleh dari hal ini adanya pencegahan pemberian jamu atau vaksin juga sangat diperlukan dalam kelangsungan beternak ayam.

Penyakit Newcastle Disease Lentogenik

Lentogenik adalah tipe penyakit tetelo yang sifatnya lemah namun kita tetap tidak boleh menganggap remeh karena bisa mengakibatkan produksi telur ayam berkurang dan secara kualitas turun drastis.

Memang jenis ND ini tidak menyebabkan kematian pada ayam broiler atau petelur tetapi untuk penafasan ayam menjadi sesak atau mangap-mangap. Sedangkan ciri-cirinya pada tipe lentogenik ialah ngorok, lemah lesu, dan tidak memiliki nafsu makan sama sekali.

Mesogenik

Jenis yang keempat ini bernama mesogenik dan gejala utamanya dengan sesak nafas, gangguan respirasi, batuk dan bersin. Resiko kematian ayam ketika terserang penyakit newcastle disease mesogenik maksimal mencapai 30% dari seluruh populasi ayam dikandang sobat.

Umumnya ayam yang sudah dewasa melebihi umur 8 bulan akan jarang terkena penyakit tetelo mesogenik ini. Tapi pada kasus ayam yang belia besar kemungkinan ialah kematian. Maka dari itu sobat jangan pernah menganggap penyakit ND itu sepele ya.

Asimtonik

Varian yang terkahir ini dinamakan Asimtomatik dan sangat jarang sekali begitu terlihat secara spesifik. Sebab pada kasus yang sering terjadi menimbulkan diare ringan tidak sampai mengakibatkan kematian pada unggas ternak.

Dari beberapa daftar diatas setidakny memudahkan sobat dalam menganalisa jenis penyakit tetelo ayam ketika menyerang ayam sobat. Sesudah memahami dengan detail penjelasan diatas mari kita lanjutkan ke topik pengobatannya.

Cara Mengobati Penyakit Ayam Tetelo

Obat penyakit ayam tetelo

Sebetulnya untuk pengobatannya bisa dilakukan apabila kondisi penyakitnya belum menyebar pada tubuh ayam secara menyeluruh. Disisi lain varian yang menyerang pun juga berpengaruh karena tingkat kematiannya juga berbeda-beda.

Mungkin memberikan obat pada ayam yang tetelo menemukan secercah harapan ayam bisa sembuh dan kembali normal seperti sedia kala. Apabila sobat masih kebingungan untuk memberikan obatnya, berikut ada beberapa opsi yang dapat sobat berikan pada ayam-ayamnya yang dirumah.

Obat Anti Tetelo Drop 10ml

Penyakit ND pada ayam yang sifatnya masih ringan sobat dapat memberikan obat tetes dengan nama Tetelo Drop. Khasiatnya adalah mengobati syaraf-syaraf ayam, NDV dan kepala berputar serta ngorok.

Jadi aturan pemakaiannya sangat simpel karena cukup diteteskan pada mulut ayam yang sakit tetelo. Bahkan harga Tetelo Drop murah karena sobat cukup mengeluarkan uang 15.000-20.000 saja untuk setiap botolnya. Alhasil tidak perlu bingung karena sudah ada diberbagai toko pakan sekitar ataupun online shop.

Tetelo Plus

Selain obat yang diatas nama produk yang kedua untuk mengobati newcastle disease virus ini ialah berupa kapsul yang dinamakan tetelo plus. Hanya saja ada perbedaan dari kemasan dan obatnya.

Apabila sobat kebingungan prosedur pemberiannya cukup dengan cara memberikan 1 kapsul saja sebagai pencegahan. Sedangkan pengobatannya 3 kali sehari dan diberikan dalam kurun waktu 3-5 hari berturut-turut agar kinerja obat lebih maksimal sehingga ayam sembuh totalitas.

Tetelo Plus dibandrol dengan harga Rp.10.000-12.000/bungkus. Untuk membelinya bisa ditoko pakan didaerah sobat sendiri ataupun online. Selain itu konsultasi sesama penghobi barangkali menemukan solusinya yang lebih murah dan ampuh.

Obat Ayam Ramuan Edan

RE atau lebih dikenal dengan ramuan edan merupakan obat sejuta umat bagi peternak dan penghobi ayam. Kepopuleran merk obat ayam ampuh ini sudah melekat diberbagai penjuru daerah.

Beberapa khasiatnya juga diperuntukkan anti snot, berak kapur, turun urat, CRD dan tetelo pada ayam. Ramuan edan berbentuk serbuk dimana untuk penggunaannya hanya dilarutkan pada air bersih sesuai sama dosis yang disarankan disetiap kemasannya.

Harga Ramuan Edan juga tidak begitu mahal karena setiap bungkusnya dijual dengan rata-rata Rp.28.000. Berat produknya kisaran 10 gram dengan volume 50 ml. Apabila hendak memberikan untuk ayam tetelo sebaiknya juga siapkan peralatan untuk spet ke ayam yang sakit.

Jadi kesimpulannya untuk mengobati ayam tetelo sejatinya tergantung dari tingkat kesakitannya dan berapa lama menderitannya. Umumnya peternak lebih mending mencegah daripada mengobati, pasalnya lebih repot dan banyak resikonya pula.

Tips Mencegah Tetelo Pada Ayam

cara pengobatan penyakit tetelo

Berdasarkan fakta dilapangan dan yang sampai sekarang dikeluhkan oleh berbagai peternak unggas yaitu belum adanya obat yang benar-benar efisien untuk menyembuhkan ayam tetelo.

Maka dari itulah kita wajib perfikir lebih luas untuk mencari opsi yang bisa dimaksimalkan dalam menangani newcastle disease. Solusinya untuk sementara waktu ini yaitu memusnahkan atau membasminya sebagai bentuk pencegahan penularan lebih banyak lagi.

Sedangkan pencegahan sejak dini dapat sobat lakukan dengan metode pemberian vaksinasi yang rutin. Jenis vaksinnya sendiri yang kami sarankan sobat berikan yaitu ND Lasota, ND Komarov.

Akan tetapi karena sekarang kehadiran ND-IB sebagai kombinasi vaksin paling efeksit yang sebaikanya memberikan ketika masih ayam usianya kurang dari 1 bulan. Bahkan bahan alami pun bisa digunakan untuk mencegah penyakit ayam yang berbahaya ini. Berikut beberapa contoh untuk pencegahan versi dunia binatang.

  • Memberikan campuran daun pepaya
  • Vaksin tetelo ND-IB
  • Pemberian jamu tradisional
  • Sanitasi Kandang
  • Mengecek kondisi kesehatan ayam secara berkala
  • Memberi multivitamin
  • Rutin membersihkan kotoran dari alas kandang
  • Memastikan sirkulasi udara yang cukup

Demikianlah rangkaian informasi seputar penyakit tetelo ayam yang bisa kami sampaikan kepada sobat dunia binatang semuanya. Semoga dengan penjelasan tersebut dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply