6
130

โˆš Jenis Penyakit Kulit Ayam Bangkok

Penyakit kulit ayam bangkok menjadikan suatu hal yang sangat menakutkan bagi penghobi ataupun peternak. Pasalnya dari beberapa varian tersebut bisa menularkan ke ayam lainnya. Sehingga sobat harus cepat mengambil tindakan untuk mengobatinya.

Klasifikasi penyakit ini cukup kompleks, sebab ada pula yang lebih dikenal dengan sebutan lain. Misalnya snot, radang pencernaan dan bubul. Maka dari itu kita harus sama-sama terus belajar supaya semakin berpengetahuan untuk penanganannya secara mendetail.

Kesempatan yang baik kali ini kami akan mengajak sobat dunia binatang semua untuk mengkaji jenis penyakit kulit pada ayam yang paling kerap terjadi. Lantas apa yang wajib diketahui sebagai bekal beternak ayam bangkok di era modern seperti ini? Sabar dulu ya, jawabannya sudah kami persiapkan dalam rangkuman dibawah berikut.

Penyebab Penyakit Kulit Ayam

Penyebab penyakit kulit ayam

 

 

Sejatinya salah satu faktor kulit ayam bangkok mengidap sakit karena beragam latar belakangnya. Sehingga harus menganalisis jenis penyakit sebagai bentuk penanganan lebih lanjut. Karena ada beberapa jenis penyakit yang mengharuskan memberikan obat berbeda.

Untuk beberapa variabel penyakit ayam yang menyerang kulit paling sering dijumpai yaitu korep, bubul, cacar, menggelembung dan mata ayam bengkak. Dengan adanya permasalahan tersebut, dalam kesempatan kali ini kami akan memaparkan baik deskripsi dan cara mengobatinya. Langsung saja kita sama-sama simak penjelasannya.

Daftar Penyakit Kulit Ayam Bangkok

Daftar penyakit kulit ayam bangkok

Semua orang tidak akan susah payah beternak ayam apabila tiada manfaat ataupun hasilnya. Akan tetapi hal yang mesti diingat yaitu dibalik keuntungan ada juga permasalahan yang tidak sepele dalam membudidayakan ayam bangkok.

Umumnya problem dalam memelihara ayam secara banyak ialah datangnya malapetaka berupa penyakit ayam. Sehingga tak sedikit yang menyerah karena merugi akibat serangan penyakit yang cukup mematikan pada hewan ternaknya.

Tapi topik utama dari pembahasan kali ini yaitu jenis penyakit kulit ayam bangkok dari DOC hingga dewasa yang paling sering dikeluhkan oleh peternak. Maka dari itu penanganan yang tepat dan cepat mesti diupayakan sebaik mungkin. Jadi informasi ini bisa dijadikan referensi sobat semua sebagai pengobatan pada ayamnya yang sakit.

Penyakit Kulit Ayam Menggelembung

Penyakit kulit ayam menggelembung

Pernahkah sobat memiliki ayam yang menggelembung mirip dengan balon berisi udara? Sudah beberapa kali juga dicoblos dan kempes anginnya tapi hari berikutnya sudah seperti pada sebelumnya. Hingga kini pasrah mencari informasi yang lengkap membahas probelm ini.

Kebetulan sekali pada jenis penyakit yang pertama ini kami akan memberikan sobat jawaban yang aktual dan terbukti menyembuhkannya. Jadi untuk penyebabnya biasanya habis bertarung namun juga ada beberapa karena faktor lainnya.

Rekomendasi dari kami untuk obat kulit ayam menggelembung adalah memberikan minyak angin atau balsem setiap sore insyaallah lama kelamaan akan kempes lagi. Tapi kalau sudah menerapkan tidak mempan ya sebaiknya dibedah untuk memulihkan ayamnya.

Penyakit Cacar Ayam/Fowl Fox

Penyebab kutil ayam bangkok

Penyebab dari penyakit kutil pada ayam adalah virus avipox. Sifat dari virus ini menular dan cukup beresiko karena cepat menyebar ke ayam disekitar kandang. Karakteristiknya yaitu adanya bintik-bintik putih dan kecoklatan pada kulit ayam.

Dikala ayam mengidap penyakit ini maka sebaiknya sobat memberikan pakan yang lunak dan alangkah baiknya lagi bila ditempatkan dalam kandang kering dan hangat. Karena penanganan yang tepat sangat membantu proses penyembuhan ayam.

Jika ingin lebih cepat mengobatinya sobat dapat membeli obat ditoko pakan ataupun toko online orange. Insyaallah rekomendasi ini sangat efektif baik sebagai bentuk pencegahan dan pengobatan. Selain itu pemberian vaksin khusus bisa menjadi opsi pencegahan terbaik.

Penyakit Kulit Ayam Bubulan

Kemudian jenis penyakit yang berikutnya ini dinamakan bubul ayam. Dimana telapak kaki dan diantara sendi lutut sebagai bagian yang kerap menjadi area bubul menyerang ayam aduan.

Penyebabnya yaitu karena luka yang dibiarkan dalam kandang lembab dan timbulah virus dan mengakibatkan kaki ayam bengkak serta berjalan pincang. Jadi pada pembasahan sebelumnya sudah kami kupas perihal obat bubul ayam secara alami.

Memang resikonya tidak sampai mengakibatkan ayam mati, namun bila ayam milik sobat merupakan jenis ayam aduan pastinya akan bermasalah ketika ditarungkan pada arena dan sangat mungkin ayam mudah terkalahkan oleh lawannya. Oleh hal tersebut, kami sarankan agar segera diobati supaya tidak berdampak pada aktivitas ayam.

Malaria Unggas

Penyakit malaria unggas

Ayam kesayangan sobat dunia binatang nafsu makannya turun jengger dan pialnya nampak pucat dan terdapati bintik pendarahan pada kulit? Sudah kami duga bahwa kotorannya pun diare kehijauan bukan.

Tanda-tanda lainnya juga disertai bintik perdarahan pada organ cisceral dan otot dada & karkasnya berwarna pucat. Selain itu adanya pembesaran pada limpa dan radang glomerusul ginjal ayam. Penyakit ini dinamakan malaria unggas, untuk penyebabnya adalah adanya serangan nyamuk malaira pada hewan ternak sobat.

Jangan bingung untuk pengobatannya akan kami sarankan menggunakan obat maladex medion, erysuprim dan antikoksi. Bilamana dirasa bingung mendapatkannya sobat bisa membeli obatnya disini.

Penyakit Mata Ayam Bengkak

Infectious Coryza atau lebih dikenal dengan sebutan penyakit snot merupakan jenis yang paling sering menyerang pada ayam baik tipe petelur dan ayam bangkok. Munculnya sakit ayam ini karena bakteri hemophilus gallinarum.

Selain itu faktornya juga dari ayam yang sudah terinfeksi, alhasil menularkan pada ayam yang disekitarnya ikut terpapar bakteri secara cepat. Bahkan media tanah dan air juga ikut andil dalam penularannya.

Karakteristik ayam yang menderita ditandai kepala membengkak khususnya area mata ayam yang disertai busa dan berair. Dalam kondisi yang parah maka ayam akan kesulitan bernafas dan nampak sekali membuka mulutnya.

Obat yang kami sarankan pada sobat yaitu ada beberapa merk seperti anti snot, magic SN dan tetra-chlor. Pemberiannya bisa dengan 3 kapsul anti snot yakni pagi, sore dan malam hari. Sedangkan proses penyembuhan bisa didukung pula sama tetra-chlor yang dibuka kapsulnya, lalu tuangkan pada mata ayam yang sakit.

Usahakan sobat memisahkan dengan ayam lainnya pada kandang khusus supaya tidak menularkan dan lebih bisa diperhatikan dalam masa pengobatannya. Bahkan kami anjurkan bila memberikan obatnya paling tidak selama 3 hari. Agar benar-benar virusnya sudah terbasmi hingga ke sumber-sumbernya.

Penyakit Kulit Ayam Bangkok Kurap

Waktu yang lalu kami juga telah mengulas untuk obat korep ayam secara lengkap. Jadi penyebab pada penyakit kulit satu ini karena adanya jamur yang berkembang dan semakin menebal pada permukaan kulit ayam.

Bahaya dari penyakit kulit ayam bangkok ini bisa menular dengan cepat dan menjadikan mental ayam menciut. Oleh hal demikian, pengobatan yang sungguh-sungguh sangat diperlukan dalam menangani kasus semacam ini.

Tidak sekedar itu saja dampak buruknya pun bulu disekitar juga akan mati karena ada jamur yang didalam lapisan kulit. Sehingga secara visual ayam menjadi botak dengan warna kepala pucat disertai kurap yang mirip dengan kotembe manusia.

Anjuran penggunaan obatnya sangat banyak ada yang mengaplikasikan metode tradisional dan obat beli diapotik. Nama-nama obatnya ada koteconazole tablet, albert-t & bawang putih. Untuk informasi lebih lanjutnya bisa sobat baca obat kurap ayam bangkok ini.

Demikianlah rangkaian informasi kali ini yang dapat kami sampaikan kepada sobat dunia binatang. Semoga dengan adanya penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply