3
158

√ Apa Itu Bubul Ayam | Penyebab & Cara Mengobatinya

Bubul ayam yaitu salah satu dari berbagai jenis penyakit yang kerap menyerang pada ayam. Hal ini membuat para peternak menjengkelkan, pasalnya membutuhkan waktu yang agak lama dan pengobatan secara intensif. Karena pada umumnya penyakit ini terletak di telapak kaki ayam.

Penanganan yang harus segera juga sebagai jalan terbaik untuk mempercepat penyembuhan, apabila dalam kurun waktu lama bisa semakin parah dan berakibat kematian. Maka dari itu bila sudah mengetahui langkah terbaiknya ialah mengobatinya.

Mungkin sudah tidak asing lagi bila sobat mendengar jenis penyakit ini terhadap unggas yang biasanya dipelihara dengan kandang box. Agar hal seperti ini tidak menjadi momok bagi sobat, mari kita pelajari ciri-ciri dan cara pengobatannya sebagai berikut ini :

Penyebab Ayam Terkena Bubul?

Penyebab bubul ayam

Faktor utama yang menyebabkan bubul terhadap ayam ialah adanya tekanan/gesekan yang berulang kali dari bagian kulit lalu megakibatkan penebalan. Pembentukan penebalan ini disebut dengan keratin yakni lapisan kulit berlebihan. Dengan waktu yang cukup lama ketebalan kulit ini akan menjadikan sakit ketika ditekan/penekanan. Setelah itu akan menjadikan pembusukan/borok. Lalu dinamakan dengan bubul.

Untuk penggambaran mudahnya yakni proses terjadinya bubul adanya kotoran yang menempel/masuk kulit yang mengakibatkan infeksi. Salah satu disebabkan oleh alas kandang basah/kotor/ayam terlalu aktif dan tempat tenggeran kurang halus.

Jika sudah mengetahui langkah-langkah yang sobat harus lakukan yaitu meletakkan kandang yang kering, memandikan ayam setiap hari, membersihkan kotoran, mengganti alas kandang. Bila sobat menanyakan apakah ayam yang terkena bubul bisa diadu apa tidak? Maka jawabannya tergantung penyakitnya apakah termasuk ringan atau parah. Kalau kami merekomendasikan jangan diadu agar tidak menimbulkan penyakit yang baru atau lebih parah lagi.

Ciri-Ciri Bubul Ayam

Ciri Ciri Bubul Ayam

Seperti yang sudah kita bahas diatas bahwa untuk mengenali terkenanya penyakit sobat bisa mengidentifikasikan dengan beberapa point. Tanda-tanda ini akan lebih mudah dikenali sebagai berikut ini :

  • Telapak Kaki/jari-jari berwarna merah
  • Jika dipegang akan terasa hangat/panas
  • Akan menimbulkan bengkak
  • Cara berjalan menjadi pincang
  • Pergerakan ayam semakin tidak aktif
  • Membentuk seperti luka kering/koreng
  • Apabila sudah parah mengakibatkan bau menyengat atau busuk

3 Kategori Bubul Ayam

tingkat penyakit bubul

Pada dasarnya untuk membedakan tingkat penyakit telapak kaki ayam ini tidak jauh berbeda dengan mata ikan manusia. Maka dari itu pengangkatan/pengambilan sampai akar ialah cara yang paling bagus untuk meminimalisir kejadian serupa di kemudian hari.

Secara keseriusan bubul yang menyerang ayam peliharaan akan bisa dengan mudah dibedakan menjadi 3 dengan klasifikasi ringan, sedang/serius dan & fatal. Semua ini memiliki tanda-tanda yang berbeda baik secara fisik maupun aktivitasnya. Oleh hal itu mari kita simak penjelasan dibawah ini :

  • Fase Ringan

Dalam tahapan pertama ini akan menampakkan kemerahan dan di ketahui ada seperti bintik/luka. Apabila tidak langsung ditangani dengan serius beberapa waktu kedepan bisa semakin menebal dan menjadi tambah luas.

Karakter yang mulai terkena akan membuat ayam semakin malas dan kurang aktif bergerak. Sedangkan dari segi pengobatan bisa menggunakan obat salep pada kaki dan membalutnya dengan kasa steril. Agar tidak tambah parah juga ada opsi memindahkan ke kandang umbaran.

  • Fase Serius/Parah

Dalam tahapan kedua ini bisa dikatakan tingkat serius akan tetapi masih berpeluang lebar untuk menjadi sembuh total seperti sedia kala. Ciri dari kategori ini dengan telapak memerah dan semakin melebar dan ada luka agak luas.  Secara aktivitasnya kaki ayam menjadi bengkak yang mengakibatkan pincang ketika berjalan.

  • Fase Fatal

Pada kejadian yang ketiga ini bubul ayam menjadi ukuran yang besar lagi daripada sebelumnya. Tidak hanya itu bahkan akan menimbulkan bau yang tak sedap/membusuk.

Dari pengamatan fisik ayam menjadi lumpuh yang pada akhirnya berdampak kematian faktor ini juga diiringi tak mau makan dan kekebalan tubuh ayam semakin memburuk.

Pencegahan Ayam Bubulan

cara mencegah ayam bubulan

Tips untuk menghindari terkenanya penyakit ini adalah sangat sederhana dan mudah. Pertama-tama menghindari ayam untuk terluka khususnya bagian jari atau telapak kaki. Penyekat kandang rapat, alas kandang kering dan tidak melukai ayam, menghindari kebocoran/basah bagian alas, menggunakan tenggeran yang halus.

Andaikan sobat menerapkan sistem umbaran cara pengapliasiannya ialah mengganti litter dengan yang baru ataupun membolak balik agar menjadi bersih dan tak lembab. Sedangkan opsi kedua yang bisa dilakukan memisahkan antara ayam yang sehat di kandang karantina sementara.

Sebetulnya hal seperti ini lebih mudah diaplikasikan untuk meminimalisir terjadinya penyakit terhadap unggas yang kita pelihara. Walaupun sepertinya sangat mudah, sebagian juga tak sampai memikirkan hal seperti ini sebagai manajemen kandang yang sehat dan bersih. Dengan adanya informasi ini setidaknya bisa menjadi evaluasi diri kita sendiri dan peternak lainnya.

Cara Mengobati Bubul Ayam

cara menangani bubul ayam

Upaya yang paling mudah dilakukan sobat agar tidak semakin parah dan cepat sembuh yaitu bisa memakai dua metode pengobatan, obat ilmiah/pabrik dan tradisional. Secara medis yang sederhana bisa menggunakan dengan berbagai bahan seperti oli bekas, minyak tanah, jahe, paku dipanaskan, bawang putih, lem alteco dan lain-lainnya.

Sedangkan untuk bisa menyembuhkan dengan bahan kimia sobat bisa juga memakai saleb, anti biotik, alkohol, plaster khusus bubul dan masih banyak lainnya. Bila mempunyai barbel bisa juga digunakan untuk mengantisipasi tingkat keparahan penyakit tersebut.

Agar bubulan terhadap ayam tidak terjadi kedua kalinya, alangkah baiknya lagi untuk pengangkatan bubul yakni dengan menyuntik antibiotik dulu baru mulai di operasi. Bila sudah kemudian dibersihkan dengan alkohol baru lanjut dibalut kasa stesril/kasa dan bagian paling luar dipasang barbel.

Penyembuhan Dengan Oli Bekas

Cara yang efektif agar penyakit di telapak kaki ayam ini sembuh yakni menggunakan bahan sederhana yang sangat mudah didapatkan disekitar rumah kita. Yakni menyiapkan oli bekas motor atau mobil, kurungan bulat jago dan pasir halus secukupnya.

Untuk praktikknya yaitu menuangkan oli bekas di pasir/tanah dengan merata, setelah itu meletakkan kurungan diatas tanah yang sudah dituangkan oli. Cuci telapak kaki dengan bersih dan keringkan menggunakan kain. Apabila sudah maka masukkan jago dalam kurungan tadi hingga sore hari. Sesudah itu cuci lagi telapak kaki sampai bersih. Ulangi hal ini antara 1-2 minggu.

Cara Menyembukan Bubul Dengan Jahe & Minyak Tanah

  • Ambil jahe secukupnya yang sudah dihaluskan, kemudian tuangkan minyak tanah hingga nampak basah.
  • Bersihkan kaki dengan air hangat sampai bersih lanjut dikeringkan.
  • Rekatkan jahe dan minyak tanah ke bagian yang sakit lalu tambal pakai kasa/hansaplas.
  • Pastikan hingga tertutup rapat agar tidak ada kotoran yang masuk.
  • Jika sudah 3 hari buka kembali dan lakukan hal seperti uratan diatas hingga sembuh.

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan seputar bubul ayam, semoga dengan adanya pengetahuan ini bisa menjadi referensi sobat semua guna menanganinya dirumah tanpa memakai bahan yang sulit didapat. Sekian dari kami dan terima kasih

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply