3
7744

√ 10+ Sejarah & Ciri-ciri Fisik Ayam Pakhoy Laga Super

Ciri-ciri ayam pakhoy- jadi pembasahan kali ini kita mengulas berbagai informasi dari ayam pakhoy. Kemunculan unggas ini sangat dinantikan para penghobi di tanah air jadi ketenarannya sangat cepat menyebar luas.

Perlu diketahui bahwa hewan ini merupakan hasil moderenisasi/regenerasi ayam laga di arena sabung. Bisa disebut moderenisasi yakni dengan persilangan dan mutasi genetik untuk menciptakan tipikal ayam yang berbeda.

Keunikan ayam pakhoy yakni gaya bertarung dengan pukul badan atau brakot disertai nikus/ngolong. Meskipun secara fisik menyerupai ayam bangkok klasik tapi badannya lebih kecil.

Mari kita ulas lagi lebih dalam mengenai kemunculan ayam jenis ini, antara lain sebagai berikut:

Sejarah Ayam Pakhoy

sejarah ayam pakhoy

Pakhoy ini merupakan berasal dari negara Thailand tentunya bagian utara, pakhoy ini juga berhasil di kembangbiakkan oleh seseoraang peternak. Mr. Pack Thong Chay ialah satu-satunya yang berhasil pertama kali menernakkannya.

Nama ayam pakhoy diambil dari nama pemiliknya yakni Pack Thong Chay, sehingga penamaan ini banyak dikenal oleh kebanyakan penghobi ayam saat ini. Selain itu beliau juga begitu sangat dikenal di Thailand bahkan sebagai ikon ayam pakhoy disana.

Permulaan ayam pakhoy merupakan hasil persilangan ayam bangkok selatan (siam) dengan trad (ayam bangkok modern). Sebenarnya ayam siam sudah memiliki darah tipe pukul badan akan tetapi tak mempunyai defance yang bagus.

Jika sobat mendapat ayam jenis koygon, itu merupakan hasil persilangan antara pakhoy dan ganoi.

Jadi sobat harus memiliki patokan supaya kejelasan trah ayam tersebut bisa diketahui dengan detail.

Ciri-ciri Ayam Pakhoy

ciri--ciri fisik ayam pakhoy

Salah satu ciri utama pada ayam pakhoy adalah ekor mirip dengan bangkok klasik perbedaan yang menonjol ialah gaya tarung dan badan cenderung lebih kecil. Musuh utama unggas ini ialah pama dan mangon.

Baca Juga: Daftar Harga Terbaru Ayam Pakhoy

Ciri khas yakni pukul badan alias brakot/brutal. Kalau sobat mau mencari pejantan pastikan dulu bisa dengan cara dicoba serta mendatangi langsung sang pemilik. Alhasil informasi yang sobat dapat tidak menjadi simpang siur.

Ayam Pakhoy Jantan

  • Postur mirip dengan bangkok
  • Ukuran lebih cenderung lebih kecil
  • Tipe laga pukul badan brutal
  • Musuh rivalnya Pama dan mangon
  • Kepala Bulat
  • Muka Lebar
  • Terdapat Janggut
  • Paruh Agak lebih melengkung
  • leher lebih pendek dari ayam bangkok
  • Warna bulu dominan merah, kuning, dan galih
  • Ekor mirip bangkok klasik

Namun ciri-ciri fisik ini tidak memungkiri salah juga, namun informasi ini berdasarkan pengalaman kami memilih ayam pakhoy.

Kelebihan Ayam Pakhoy

kelebihan ayam pakhoy

Ayam pakhoy secara fisik memang seperti dari ayam bangkok baik dari segi tulangan leher, model ekor. Akan tetapi juga terdapat perbedaan yang menonjol yaitu pukulan keras, sering masuk sela-sela ayam jadi menyulitkan lawannya.

Keunggulan yang lain jika dalam keadaan terdesak ayam pakhoy akan mematuk semua badan lawan, jadi sangat bagus jika menghadapi lawan seperti pama, mangon. Sebetulnya kehadiran ayam pakhoy ini memodifikasi dari ketangguhan ayam birma.

Meskipun kelebihan yang amat banyak unggas ini juga memiliki kekurangan juga.

Kekurangan Ayam Pakhoy

kelemahan ayam pakhoy

Beberapa penghobi juga mengatakan bahwa kelemahan dari ayam pakhoy yaitu, mental kurang bagus. Sedangkan kekurangan yang kedua dikarenakan dengan pukulan tidak beraturan sehingga membuka peluang lawannya untuk memukul.

Jika sobat berminat untuk membeli ayam pakhoy kami kira sangat tepat, jadi sobat tinggal menyempurnakan kelemahan ayam ini.

Demikianlah rangkaian ciri-ciri ayam pakhoy yang dapat kami sampaikan, semoga dengan adanya ini sangat membantu sobat semua dalam menambah ilmu pengetahuannya. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply