4425

√ Ayam Saigon : Sejarah, Ciri-Ciri, Kelebihan & Kekurangan

Ayam Saigon sudah tak asing lagi terdengar di telinga, meskipun hewan ini bukan berasal dari tanah air kepopulerannya sangat cepat menyebar di kalangan masyarakat. Khususnya para penghobi ayam laga.

Kesempatan kali ini kami akan berbagi pengetahuan kepada sobat duniabinatang.net untuk mengupas tuntas sejarah dan kelebihan ayam saigon. Yuk simak terus sampai habis biar nggak ketinggalan info menarik.

Bila kita telaah ini secara asal mulanya, memang secara kelahirannya untuk genetik Mha Chi/ gundul dari leher sampai kepala. Disisi lain perawakan yang gagah dan besar menjadikan daya tarik orang yang melihatnya. Berikut informasi lebih detailnya :

Sejarah Ayam Saigon

sejarah ayam saigon

Ayam ini merupakan salah satu jenis yang berkembang di negara Vietnam, sudah pasti bagi para penghobi ayam ini tidak asing lagi. Secara umum unggas ini mempunyai badan yang kekar dan gagah, salah satu ciri khasnya tidak memiliki bulu dibagian kepala atau lehernya.

Akan tetapi si gundul ini kurang diminati dikarenakan kekurangan antara lain : dinilai kurang pandai dalam menciptakan peluang memukul lawan. Selain itu tingkat kecepatan menghalau lawan begitu sangat rendah sehingga menjadikan beberapa orang kurang menyukainya.

Baca Juga : Contoh Kandang Ayam Bangkok Yang Tepat

Beberapa tahun silam terdapat pernyataan didunia perayaman internasional yang mencengangkan karena mematahkan informasi jika ayam saigon bukan berasal dari vietnam. Akan tetapi berasal dari Madagaskar, dinyatakan bahwa ayam yang berasal dari vietnam ialah Ganoi yakni dengan ciri khas masih terdapat bulu dibagian kepala sampai lehernya.

Pernyataan diatas dikukuhkan ketika tahun 190an orang vietnam membawa ayam saigon ke negaranya disana antusias masyarakat begitu bagus. Alhasil perkembangan ayam ini cepat menyebar luas.

Ciri-Ciri Ayam Saigon Ori

ciri-ciri ayam saigon original

Bagi sobat yang ingin memelihara ayam saigon tapi masih belum tahu ciri spesifiknya. Berikut akan kami sajikan agar tertipu oleh pedagang yang tidak jujur dan bertanggungjawab. Maka dari itu, kesempatan yang baik ini tidak kami duniabinatang.net sia-siakan begitu saja

  • Memiliki bulu yang tipis dan ekor pendek
  • kepala sampai leher gundul (tidak tumbuh bulu)
  • Postur badan besar, tinggi dan gagah
  • Tulangan besar dan kuat
  • Taji cenderung besar akan tetapi sulit tumbuh panjang
  • Jangan sampai tertipu jika unggas ini sejarahnya dari vietnam yang benar dari Madagaskar.

Jadi kalau sobat ingin memilki ayam ini dan memperbaiki baik dari kecerdasan dan kelincahannya, yakni dengan menyilangkan pejantan atau betina yang memiliki kecepatan dan kelihaian dalam memukul.

Jenis-jenis Ayam Saigon

jenis jenis ayam saigon

  • Berbulu tipis

Yang pertama bahwa terdapat jenis dari unggas ini dengan ciri-ciri fisik bulu yang tidak tebal, selain itu juga tidak botak dibagian kepalanya bahkan bulu ekornya pun tidak begitu banyak.

  • Kepala Botak

Nah untuk jenis satu ini pastinya sobat sudah mengetahui akan tetapi jika tidak teliti sobat malah bisa mendapatkan ayam ganoi sebab ciri-cirinya mirip sekali. Masyarakat umum sengat begitu mengenalnya yang jenis ini.

  • Bulu Tebal/Lebat

Ada pula yang mempunyai bulu tebal layaknya ayam laga pada umumnya, dengan ini menyulitkan para penghobi jika masih awam dalam pengetahuan ayam saigon.

Cara Merawat Ayam Saigon

cara merawat ayam saigon

Kini begitu banyak jenis baru ayam bangkok laga yang memiliki kelebihan dan gaya bertanding yang unik, seperti ayam mangon, burma, pakhoy, pama, ganoi, koytrad dan masih banyak lainnya.

Namun yang akan kita kupas tuntas ialah ayam saigon, perawatan unggas ini cukup unik kita bahas dari anakan hingga dewasa.

Hal penting sebelum merawatnya yaitu sobat harus memilih dulu bibit yang nantinya akan dijadikan indukan di kandang sobat. Oleh sebab itu pemilihan dan penyortiran memang harus dilakukan.

Baca Juga : Daftar Harga Ayam Pakhoy Hari Ini!!

Misalnya mau beli sobat wajib tau keturunan dari pejantan dan betina tersebut. Jadi sobat tidak merasakan kecewa ketika ayam sudah dewasa dan menurunkan anak-anaknya.

Dalam perawatan yang mesti kita ketahui yaitu peletakan kandang, sirkulasi udara, kebersihan dan kualitas pakan.

Namun jangan lupa juga penjemuran dan pelatihan fisik dapat mempengaruhi pula. Jika sobat memperhatikan dan mempraktikan poin-poin diatas insyaallah akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Kelebihan Ayam Saigon

kelebihan ayam saigon

Meski mempunyai beberapa kekurangan atau kelemahan ayam botak ini juga memiliki keunggulan yang cukup banyak dan menarik untuk kita ulas.

  1. Struktur tulang dan badan yang proporsional
  2. Berat badan yang diatas rata-rata jenis ayam laga
  3. Perototan yang berserat-serat
  4. Mempunyai teknik lumayan bagus dan tulang bulu tidak mudah patah.
  5. Tulangan yang tangguh ketika dipukul lawan
  6. Memiliki tipikal kontrol dan adu leher dan mengunci alhasil menyulitkan lawannya.

Harga Ayam Saigon

harga ayam saigon asli 2020

Tren orang nusantara terhadap salah satu jenis ini semakin menurun, hal ini disebab oleh beberapa faktor. Karena banyak jenis tentang ayam gundul ini membuat penggemar pemula mengalami kebingungan ketika memilih. Seperti vietnam, banglades sehingga informasinya terpecah belah.

Maka dari itu izinkan kami memberikan perkiraan harga dari ayam saigon anakan-dewasa. Informasi ini juga kami dapatkan dari beberapa sumber terpercaya, inilah daftar harganya :

NomorUsiaHarga
1.Anakan Ayam Saigon F1 1-3 BulanRp. 200.000-500.00/Ekor
2.Anakan Ayam Saigon Super 3-6 BulanRp. 500.000-5.000.000/ekor
3.Ayam Saigon Betina Ori DewasaRp. 2.000.000-4.000.000
4.Ayam Saigon Dewasa PembunuhRp. 2.500.000-6.000.000
5.Peranakan Ayam Saigon DewasaRp. 450.000-1.000.000
6.Ayam Saigon ImportRp.6.000.000-10.000.000

Agar tidak menjadi kesalahfahaman, kami ingatkan bahwa setiap unggas dibandrol mahal sudah terbukti dengan kualitasnya. Sehingga tidak hanya menjual dengan label asli/original saja.

Nah demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang ayam saigon dari sejarah dan ciri-cirinya secara detail. Semoga dengan adanya ini sangat membantu dan menambah wawasan sobat semua. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan dan kesalahan baik secara penulisan dan bahasa, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply