1629

โˆš Manfaat Temulawak untuk Ayam

Manfaat temulawak untuk ayam memang tidak diragukan lagi, berbagai olahan dari rimpang memiliki khasiat yang berguna sekali untuk kebutuhan manusia ataupun unggas ternak. Salah satunya yaitu temulawak, mungkin bagi sebagian orang namanya tidak sepopuler jahe dan kunyit.

Akan tetapi hal yang mesti sobat ketahui bahwa temulawak dapat digunakan sebagai obat dan jamu penambah nafsu makan ayam. Maka dari jangan sepelekan tanaman ini karena lebih banyak ditemukan sebagai kombinasi ramuan herbal.

Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari bagaimana pemanfaatan temulawak untuk ayam hobi dan komersil. Tapi sebelum beranjak ke informasi utamanya, kami ingatkan sekali lagi jangan skip pemaparan dibawah berikut ini.

Takaran Temulawak untuk Ayam

Dosis temulawak untuk ayam

Sama halnya mengkonsumi makanan atau obat sesungguhnya ada dosis tertentu untuk menjaga batas aman. Namun masih begitu banyak sobat kita yang kurang yakin akan dampak negatif apabila memberikan temulawak berlebihan.

Apa sih yang haru kita waspadai dari pemberian temulawak melebih batas maksimalnya dan efek samping seperti apa yang akan dirasakan oleh hewan ternak ataupun manusia.

Jadi dampak buruk yang hingga kini masyarakat belum mengetahui detailnya adalah masalah pencernaan, iritasi lambung, mual atau muntah, detak jantung lebih cepat, pendarahan dan kerusakan pada ginjal. Nah itulah gambaran dari efek samping dari temulawak.

Kemudian untuk takaran yang pasti untuk ayam seberapa? Tenang dulu sobat, dosis yang dianjurkan yaitu serbuk atau temulawak halus 0,5 gram dengan dilarutkan pada air minum 1 liter. Hal ini bisa disesuaikan sama umur dan jumlah populasi ayam yang sobat pelihara.

Cara Membuat Jamu Temulawak Khusus Ayam

Jamu ayam dari temulawak

Dalam proses pembuatan ramuan herbal temulawak ini bisa dengan menambahkan komposisi yang lainnya seperti kunyit ataupun jahe. Mungkin diantara kita masih banyak yang bingung cara membuatnya.

Oleh maka dari itu akan kami sampaikan perihal proses pembuatan jamu ayam alami ini untuk menjaga stamina serta meningkatkan nafsu makan ternak. Apa saja yang perlu dipersiapkan baik bahan dan alatnya? Yuk simak metodenya sebagai berikut :

  • Kunyit
  • Temulawak
  • Blender
  • Air secukupnya
  • Wajan/dandang

Setelah menyiapkan semua alat serta bahan diatas maka kita langsung membersihkan terlebih dahulu kunyit serta temulawaknya. Sesudah itu potong kecil-kecil kedua bahan jamu dan jangan lupa dicuci hingga bersih.

Tahap berikutnya yaitu menghaluskan menggunakan blender dan tambahkan air secukupnya supaya temulawak dan kunyit berubah menjadi bubut. Apabila sudah saring menggunakan kain hingga air perasannya keluar.

Jadi perbandingan pembuatan jamu ini 1:1 ya sob. Baik, kita lanjutkan lagi dengan mengendapkan terlebih dahulu selama kurang lebih 1 jam baru dimasak wajan dengan api kecil lalu tambahkan gula 1/4.

Pada proses ini diperlukan pengandukan terus menerus hingga larutannya berubah mengental. Jangan lupa keluarkan bahan ke tempat atau matikan api kompornya. Cara ini untuk mengantisipasi jamu menjadi keras ditempat dandang pemasakan.

Tahap akhir yakni mengaduk adonan kenal sampai berubah menjadi kristal. Jika sudah jamu ayam bubuk temulawak siap disimpan dan diberikan pada ayam broiler atau bangkok milik sobat.

Cara Pemberian Temulawak untuk Ayam Aduan

Memberikan temulawak pada ayam bisa dengan cara langsung ataupun mengolahnya terlebih dahulu dapat berupa jamu ataupun serbuk yang dikemas dengan kapsul. Kalau saya malas membuatnya apakah masih wort it jika diberikan langsung untuk ayam-ayam dirumah?

Tentunya akan tetap bermanfaat untuk tubuh ayam. Hanya saja penyerapan sari temulawak ini antara lebih cepat dan lambat. Jadi sobat bisa memberikan dengan opsi mencincang temulawak ataupun dimemarkan baru diberikan langsung pada ayamnya.

Kemudian kalau sobat ingin berkreasi temulawak menjadi olahan jamu kami sarankan dengan tips diatas tadi. Jadi bisa membuatnya berupa serbuk kristal dan diberikan dengan metode larutan air bersih 1 liter sesuai dosis yang disarankan pada penjelasan dosis/takaran.

Lalu cara memberikan temulawak yang terakhir yakni membuatkan jamu kering seperti produk jamu kamplang jawa atau mirip dengan jamu ayam mbah joyo. Dengan ini pastinya sudah ada bayangan dalam benak sobat, alhasil cukup menambahkan bahan-bahan seperti telur, jahe, madu dan lain-lainnya.

Manfaat Temulawak untuk Ayam

Manfaat temulawak untuk ayam

Khasiat dari temulawak ternyata juga tidak kalah dengan manfaat jahe untuk ayam peliharaan. Dengan pemberian ramuan kunyit dan temulawak ini akan meningkatkan kekebalan tubuh ayam karena terdapat kandungan fitokimia kurkumin. Peran besar dari zat fitokimia inilah yang bermanfaat menambah selera makan ayam.

Jadi apa saja khasiat dari pemberian temulawak terhadap kesehatan tubuh ayam broiler atau aduan? Kurang lebihnya 5-10 manfaat yang didapat hewan ternak dengan memberikan temulawak sesuai dosis yang anjurkan. Daripada semakin penasaran, ya sudah cek daftarnya dibawah ini.

  • Media pengobatan penyakit sistem pernafasan ayam
  • Memperbaiki fungsi hati
  • Membasmi kuman patogen E.coli
  • Produktivitas telur ayam betina semakin meningkat
  • Mengurangi resiko kematian anak ayam
  • Organ dalam ayam sehat dan tidak mudah terkena penyakit
  • Membantu mengurangi bau amoniak ayam aduan
  • Memacu konversi pakan menjadi daging ayam dengan maksimal

Demikianlah rangkaian informasi kali ini yang dapat kami sampaikan khususnya manfaat temulawak untuk ayam. Mudah-mudahan dengan keberagaman penyampaian diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply