3468

โˆš Cara Mengobati Kurap Ayam

Cara mengobati kurap ayam kesayangan sudah berkali-kali tapi belum sembuh? Apakah sobat telah mengetahui bahwa penyakit korep merupakan kelompok penyakit kulit ayam. Jadi pada dasarnya penyakit ini bisa menyerang pada unggas juga seperti halnya ayam maupun manusia.

Biasanya jenis penyakit ini menyerang pada ayam aduan atau laga dan sebagian besar karena dampak ayam habis bertarung. Akan tetapi bahaya dari korep ialah dapat menular secara cepat, maka dari butuh penanganan yang tepat agar tidak menjalar ke peliharaan kita dirumah.

Benarkah mengobati kurap ayam itu sulit? Sesungguhnya tidak, hanya saja sobat membutuhkan obat yang benar-benar ampuh supaya pengobatannya sampai sembuh total. Teruntuk sobat yang masih kebingungan nama obat dan penggunaannya, berikut akan kami sampaikan secara detail.

Penyebab Korep Ayam

ciri-ciri korep ayam

Tidak berbeda dengan jenis penyakit ayam lainnya, kurap pada ayam juga sering memunculkan beberapa gejala tertentu. Langkah pertama untuk memastikan ayam sobat sudah tertular yaitu pada lapisan kulit ayam semakin berwarna putih kalau pada manusia sama dengan ketombe.

Kemudian dari kepala ayam terdapat lapisan lagi yang bisa mengelupas. Dampaknya pun ayam semakin pucat dan bulu yang disekitar menjadi mudah tercabut karena adanya jamur dan akhirnya ayam gundul. Lalu untuk beberapa penyebab yang sering terjadi sebagai berikut ini.

  • Ayam tertular dari ayam lain karena terinfeksi saat bertarung maupun ketika pemeliharaan
  • Saat membersihkan ayam setelah bertanding tidak sepenuhnya bersih baik dari mengusap bekas luka bertarung dan memandikannya
  • Menggunakan alat yang sama ketika membersihkan ayam
  • Ruangan kandang terlalu lembab karena kurangnya sinar matahari.
  • Menggunakan tempat pakan yang sama dengan ayam terinfeksi korep dan menular dengan ayam lainnya.
  • Mendatangkan ayam baru yang masih dalam proses penyebuhan korep

Efek Ayam Korep

Efek korep ayam

Sekilas ayam yang terkena korep tidak membahayakan pada ayam. Akan tetapi sebetulnya ini sangat berbahaya terhadap ayam peliharaan kita. Sebab dapat menimbulkan kerusakan jaringan kulit ayam dan menjadikan ayam sakit berkelanjutan.

Apabila tidak segera diobati dengan serius jamur dari korep ini sifatnya sangat cepat dan sulit dikendalikan penularannya. Mungkin awalnya akan biasa saja, namun lama kelamaan jamur korep dapat menurunkan kesehatan ayam baik secara kebugaran fisik dan mental ayam.

Bahkan dapat menjalar ke bagian leher, kelopak mata dan kulit di area kepala ayam. Dengan demikian ini efeknya sangat mengerikan, pastinya sobat wajib untuk mewaspadainya dan secara cepat menangangi sebaik mungkin.

Cara Mengobati Kurap Ayam

Cara mengobati kurap ayam

Jika berbicara dampak dari penyakit kurap ayam memang tak akan menimbulkan kematian. Tetapi apakah akan dibiarkan begitu saja ketika ayam kesayangan sobat dunia binatang terkena korep? Pastinya tidak akan tega bukan. Oleh hal demikian kita patut mengobatinya sebaik mungkin.

Sobat tidak perlu khawatir pada bulu ayam yang rontok karena terkena penyakit kurap. Sebab setelah ayam pulih, maka bulu ayam disekitar kepala akan tumbuh lagi seperti sedia kala. Paling penting ialah cara mengobatinya agar benar-benar sembuh.

Pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan bahwa cara mengobatinya bisa dengan dua metode yakni secara alami dan obat modern. Daripada sobat semakin penasaran, yuk simak pemaparan dibawah berikut ini.

Cara Mengobati Korep Tradisional

Cara mengobati korep ayam dengan kunyit

Daftar obat yang pertama ini memanfaatkan bahan-bahan tradisional, dimana kita semua dapat menemukannya disekitar. Sebagai contohnya bawang putih, kunyit, daun sirih dan minyak goreng.

Beberapa komponen diatas sangatlah mudah didapatkan serta harganya murah. Akan tetapi apakah benar-benar ampuh dalam mengatasi korep ayam? Ya sudah apabila kurang yakin, aplikasikan metodenya sesuai penjelasan dibawah ini.

Cara Mengobati Korep Ayam Dengan Bawang Putih

Kini sudah berbagai merk obat khusus mengobati kurap ayam. Akan tetapi meski demikian, sebagian peternak masih senantiasa bertahan menerapkan obat tradisional. Salah satunya ialah tiada efek samping yang berbahaya terhadap kesehatan ayam.

Kita ketahui bersama bahwa kandungan bawang putih adalah antibiotik alami dan sangat bagus diberikan pada ayam. Namun pada kali ini sedikit berbeda, sebab kita akan fokus menggunakannya sebagai obat korep ayam.

  • Langkah pertama ialah menyiapkan bawang putih 2-4 ruas yang sudah dibersihkan
  • Kemudian metode yang selanjutnya menghaluskan bisa dengan diblender ataupun ditumbuk hingga halus
  • Sebelum memberikan pada korep ayam sobat bersihkan dengan air hangat pada area penyakit ayam
  • Tahap ketiga ialah mengoleskan bawang putih halus tadi pada kulit ayam dengan rutin yakni 2-3 kali dalam seminggu.
  • Lakukan metode diatas sampai ayam sembuh. BIla sudah sembuh alangkah baiknya jangan langsung menghentikan metode ini sebagai pencegahan dan membasmi kurap sampai akar-akarnya.

Menggunakan Daun Sirih

Cara menangani ayam terkena penyakit kulit kurap yaitu dengan daun sirih. Bahan ini sangatlah mudah untuk kita dapatkan karena banyak disekitar lingkungan kita semuanya. Jadi metodenya sobat cukup merebus daun sirih hingga airnya mendidih, diamkan dulu sampai dingin.

Obat kurap ayam bangkok alami ini sangat ampuh dalam mengatasi penyakit kulit. Sebab terdapat kandungan antibeakteri yang efektif dalam membasmi jamur pada unggas.

Penggunaannya sendiri sangatlah mudah, sobat cukup dengan memandikan ayam yang sakit dengan air rebusan daun sirih diatas. Jangan lupa diusap-usap agar kinerja obat ini lebih maksimal dan ayam pun akan segera sehat kembali. Lakukan pengobatan ini selama 1 minggu bisa 1-2 kali sehari, insyaallah akan aman terhadap kesehatan ayam.

Cara Mengobati Kurap Ayam Dengan Kunyit

Obat tradisional yang ketiga ini sudah sangat populer dan sering digunakan sebagai bahan baku jamu ayam. Nah, tapi setelah kami pahami lagi ternyata bisa dijadikan obat kurap ayam yang sangat ampuh.

Lalu bagaimana cara menggunakan kunyit ini sebagai obat ayam yang korepan? Jadi metodenya tidak jauh berbeda dengan penggunaan bawang diatas. Selain dihaluskan dulu atau langsung diusap-usapkan pun tiada salahnya. Tapi kalau sobat ingin lebih maksimal ya sebaiknya dihaluskan terlebih dahulu.

Untuk mempercepat pengobatan sobat lakukan 3-7 hari dengan rutin bisa pagi dan sore hari. Selain itu pisahkan ayam dengan ayam lainnya agar tidak menular penyakit korepnya. Sedangkan kandungan dari kunyit ini sangat banyak seperti antijamur, antiinflamasi dan antibakteri.

Dengan beberapa manfaat diatas jadi tidak heran kalau kunyit sering dijadikan berbagai olahan jamu ayam sebagai contohnya kemin ayam, kamlang dan jamu ayam musim pancaroba.

Menggunakan Minyak Goreng

Obat korep ayam selanjutnya ini cukup unik, sebab menggunakan bahan yang sering kita gunakan dalam memasak. Ya benar sekali, minyak goreng jawabannya. Cara pengobatannya sobat hanya perlu mengoleskan minyak goreng pada area kulit ayam yang terinfeksi jamur atau korepnya.

Walau agak sulit dijelaskan khasiat dari minyak goreng. Akan tetapi sudah banyak sekali para peternak ayam yang membuktikan metode ini sebagai obat kurap ayam. Jika melihat hasilnya sangat efektif dan relatif cepat meskipun menggunakan bahan-bahan alami. Makanya tak terheran bila cara ini layak disebarluaskan kepada sobat dunia binatang.

Cara Mengobati Kurap Ayam Modern

Obat korep ayam paling mujarab

Setelah membahas beragam obat korep pada ayam dengan metode tradisional tidak lengkap rasanya bila mengabaikan penggunaan obat yang diperjualbelikan secara online maupun di apotik. Jadi rekomendasi ini bisa mempercepat proses pemulihan ayam dari jamur yang gak sembuh-sembuh.

Bagaimana cara penggunaan dan cara mendapatkan obat tersebut. Terus ikuti saja informasi dibawah berikut ini agar sobat semuanya bisa memahami dengan detail. Yuk jangan sampai ketinggalan obat paling ampuh menghilangkan korep ayam cepat dalam 1 hari ini.

Salep 88

Tidak hanya menggunakan bahan alami saja mengobati ayam korepan. Ternyata fungsi dari salep paling populer ini dikalangan masyarakat juga dapat digunakan sebagai obat pada ayam. Salep 88 ini bisa sobat dapatkan diapotik terdekat dan harganya sangat terjangkau.

Cara mengobatinya langsung dioleskan pada bagian kulit ayam yang terkena kurap seperti jengger, belakang kepala dan area mata ayam. Untuk memaksimalkan daya kerja obat salep 88 alangkah baiknya sobat berikan sesudah ayam dimandikan dengan air rebusan daun sirih diatas.

Obat Kurap Ayam Albert-T

Kemudian obat yang berikutnya ini bernama albert-t yang merupakan obat berbentuk cream yang ditujukan untuk mengatasi jamur atau korep baik ayam, burung dan unggas lainnya.

Sedangkan untuk penggunaan tidak berbeda dengan obat salep 88 sobat bisa mengoleskan pada bagian yang sakit secara merata pagi dan sore hari. Mengenai detail anjuran penggunaan bisa membaca deskripsi dari setiap kemasannya.

Walaupun obat import sobat bisa membelinya secara online, jadi tidak perlu takut sebab sudah banyak ditoko online seperti marketplace shopee, tokopedia dan lazada. Selain itu harganya cukup terjangkau sebab tidak sampai 50.000/bungkusnya.

Mingirex Obat Korep Ayam

Lalu obat yang selanjutnya bernama mingirex, sedikit berbeda dengan kedua jenis obat diatas. Sebab yang satu ini berupa obat cair yang bisa diteteskan pada korep ayam aduan sobat.

Cara pemakaian obat mingirex yaitu sobat membersihkan korep dengan sikat gigi kering. Kemudian teteskan obat ini hingga merata pagi dan sore hari. Dari setiap tetesan dan kemudian diratakan. Sebelum menggunakannya sebaiknya dikocok terlebih dahulu.

Selanjutnya pada hari ke 4 penggunaan mingirex sobat bersihkan dengan air. Usahakan jangan sampai kena mata ayam yang sakit korep, karena bisa menyebabkan iritasi. Harga dari obat ini kurang lebih 20.000 belum dengan ongkos kirimnya. Selamat mencoba dan semoga cepat sembuh ayam aduan milik sobat ya.

Obat Penyakit Jamu Ayam Mycoraid

Masih bingung mengatasi penyakit jamur pada kulit ayam laga? Tenang kami ada solusinya nih, nama obatnya yaitu mycoraid yang berupa salep dengan kandungan miconazole nitrat yang berkhasiat mengobati infeksi jamu ayam.

Beberapa anjuran penggunaan obat ini sebagaimana penyakit kulit bercak putih, korep dan berbagai jenis penyakit lainnya. Cara penggunaan cukup dengan mengoleskan pada bagian yang sakit 2-3 kali sehari. Apabila ayam sembuh dalam waktu singkat sobat lebih baik tetap menggunakannya agar mencegah jamur kambuh lagi.

Obat Kurap Ayam di Apotik

Cara mengobati kurap ayam yang terakhir ini bisa didapatkan di apotik maupun toko online, sebab termasuk dalam kategori obat bebas dan resep. Sebetulnya ini merupakan obat untuk manusia, akan tetapi dapat digunakan juga untuk mengatasi penyakit kulit ayam karena jamur.

Berdasarkan pengalaman kami pribadi bisa mempercepat pengobatan dalam waktu 1-2 hari saja. Dengan membeli yang tablet dan memberikan 1-2 tablet setiap harinya agar ayam cepat sembuh.

Obat ini bernama ketoconazole yang ternyata sangat ampuh dalam mengobati kurap, infeksi jamur di selangkangan, jamur pada tangan dan kutu air. Setelah mengetahui ini apakah sobat masih tidak yakin? Kalau demikian cus langsung dicoba karena kami telah membuktikannya sendiri.

Demikianlah rangkaian informasi cara mengobati kurap ayam versi dunia binatang. Semoga dengan menggunakan beberapa rekomendasi obat diatas hewan peliharaan sobat cepat sembuh dan tidak kambuh lagi. Sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply