√ Daftar Jenis Pakan Ayam Brahma Anakan & Dewasa

Pakan Ayam Brahma adalah salah satu kebutuhan utama untuk melangsungkan kehidupan dan sebagai percepatan pertumbuhan anakan. Karena termasuk sebagai unggas peliharaan dengan ukuran raksasa, maka makanan sangat memiliki peran penting. Jadi pada kesempatan kali kami akan memberikan contoh beberapa jenis makanan berdasarkan usianya.

Terkadang orang yang baru menekuni bidang seperti ini akan mengalami kesulitan dalam mempercepat produksi, pertumbuhan dan perawatan intensif lainnya. Bekal pengalaman yang sangat minim dan tanpa bantuan yang mengetahui bisa berakibat fatal contohnya menjadi kerdil, berpenyakit bahkan kematian.

Supaya tidak salah mengambil langkah-langkahnya, maka dari itu kami berupaya membagikan informasi seputar ayam brahma yang bisa diaplikasikan sobat semua. Apa saja itu? Mari kita sama-sama simak ulasan dibawah berikut ini :

Asal Usul Ayam Brahma

asal mula ayam brahma

Berdasarkan versi pertama bahwa unggas ini berasal dari Bharmapootra atau Burrampooter yang bertepatan India. Bagaimana sebutan nama ayam ini berasal? Sedangkan dari sudut pandang yang berbeda bahwa ayam yang disebut brahma pada umumnya ini ialah ayam cochin giant. Ada yang mengatakan juga berasal dari hasil persilangan Chittangong kelabu dengan cochin.

Sehingga tidak ada bukti yang aktual mengenai sejarah ayam brahma dari India, di kawasan tepi sungai Brahmapootra sudah lama di miliki oleh Inggris. Bahkan tak ada unggas seperti itu yang pernah nampak di kawasan tersebut.

Faktanya sangat mengejutkan karena ayam brahma ini aslinya dari Amerika Serikat dengan bukti pertama kali diternakkan di bawa ke eropa kisaran tahun 1840an dari pelabuhan Shanghai Cina alhasil disebut dengan ayam Shanghai.

Daftar Pakan Ayam Brahma

Makanan ayam brahma

Sebagai kategori unggas terbesar di dunia, tidak lengkap rasanya bila tidak membahas daftar menu pakan yang bagus untuk ayam brahma. Dalam artikel ini kami akan mengklasifikasi menjadi 3 bagian.

Seperti makanan khusus anakan yang baru menetas atau DOC, anakan 3-5 bulan dan yang terakhir ialah induk serta pejantan. Kami memberikan pengetahuan ini semata-mata untuk membagikan informasi yang bermanfaat untuk sobat semua.

Ternyata ayam brahma sangat mudah pakannya, jadi tidak makanan khusus. Sehingga memudahkan peternak yang baru menekuninya. Daripada kelamaan ngoceh sana-sini kan tidak langsung ke poin pentingnya. Mari kita simak ulasan dibawah ini bersama-sama, antara lain sebagai berikut :

  • Dedak/Bekatul
  • Konsentrat/Voer
  • Beras Merah
  • Jagung Selep
  • Sawi
  • Daun Pepaya
  • Kubis
  • Eceng Gondol
  • Kembang Kol
  • Kacang/Biji-Bijian

Pakan Khusus DOC

Makanan anakan ayam brahma

Ketika habis menetas dari telurnya penanganan pertama ialah memindahkan ketika sudah kering ke kandang khusus DOC. Biasanya peternak menggunakan mesin tetas supaya perkembangbiakan bisa berkali lipat.

Pemberian pakan yang tepat ialah yang halus bisa sobat haluskan dulu supaya anak ayam brahma mudah mencerna makanan tersebut. Seperti konsentrat/voer 511, 591, AD 1 dan BR Super. Setidaknya membutuhkan waktu 1-2 minggu untuk anakan diberikan pakan voer yang agak kasar.

Selain itu, minuman juga bisa memacu pertumbuhan anakan. Jenis vitamin dari segi minum ini dapat menggunakan Neobro dan Vitachick gunakan salah satu saja. Kami sarankan supaya memberikan pakan dari konsentrat hingga usia 2 bulan. Sebab pada masa ini ialah proses pembentukan tulang dan postur tubuh.

Pakan Anakan 3-5 Bulan

Pakan Anakan ayam brahma  3-5 Bulan

Ketika menginjak umur 3 bulan pemberian pakan dapat dipadukan dengan beberapa jenis seperti dedak, voer, beras merah dan jagung giling. Jadi dengan 3-4 macam bahan ini bisa memanage cost pakan bulanan.

Meski dengan beberapa bahan insyaallah tetap sangat membantu pertumbuhan anak brahma yang sudah remaja. Metode pencampuran pakan sebaiknya dedak, jagung giling, dan voer.

Sedangkan beras merah bisa diberikan untuk membentuk badan lebih padat, bagus dengan diberikan 2-3 hari setiap pekannya. Jadi terserah sobat untuk waktu pemberian pakan beras merah. Jangan lupa memberikan seperti hijau-hijauan seperti daun pepaya dan lain-lainnya.

Pakan Ayam Brahma Dewasa

Memasuki usia dewasa dan siap produksi maka pemberian pakan yang bergizi sangat mendorong kualitas anakannya. Oleh hal itu deretan pakan diatas bisa diaplikasikan sebaik mungkin.

Karena pemberian pakan dan perawatan yang asal-asalan sangat berdampak dengan kesehatan dan produktifitas induk ayam brahma. Sangat disayangkan apabila sobat kurang memperhatikan ayam-ayamnya. Jangan sampai terjadi ya sobat-sobat dunia binatang.

Bentuk Jengger Ayam Brahma

Model jengger ayam brahma

Bentuk kepala dan jengger model telon ialah ciri khas ayam brahma. Dengan data ini prediksi bahwa perkawinan silang dengan Grey Chittangong. Ayam ini di impor dari kawasan Bengal Timur Chitangong yang sekarang adalah Bangladesh.

Dari bukti dan ciri khas ini menjadikan ada perbedaan antara ayam brahma dengan cochin yang mana keduanya berasal dari Shanghai. Selain itu bentuk jengger ayam brahma supel atau triple ini layaknya bunga mawar yang sedang mekar. Demikianlah rangkaian informasi seputar pakan ayam brahma yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari kami dan terimakasih.

Leave a Reply