√ Jenis-Jenis Ayam Kalkun Konsumsi, Hias & Liar

Jenis Ayam kalkun alah sebutan untuk spesies burung yang memiliki ukuran besar yang mana asalnya ordo Galliformes genusnya meleagris. Ketika masih kecil corak bulunya kusam sangat kurang menarik.

Akan tetapi ketika dewasa bulu-bulunya berkilau mengkilap. Di alam bebas saat mengepakkan sayap bisa mencapai 1,5-1,8 meter.  Sejatinya burung ini bukan berasal dari Indonesia atau asia yang benar adalah Amerika Utara dan Tengah.

Rata-rata orang nusantara memanfaatkan beternak kalkun untuk di ambil dagingnya sebagai konsumsi. Jika di asalnya burung ini sebagai buruan liar karena bisa terbang. Orang yang pertama kali menemukan ayam kalkun adalah di benua Amerika yang merupakan orang eropa.

Orang tersebut salah mengenai bahwa burung ini berasal dari Afrika Numida Meleagris. Adapun keunikan tersendiri dari klasifikasi berdasarkan jenisnya seperti khusus pedaging, liar dan peliharaan saja.

Daftar Jenis-Jenis Ayam Kalkun

daftar jenis ayam kalkun

Jenis kalkun dapat kita bedakan berdasarkan cita rasa dagingya. Jadi ada yang lebih bagus untuk dipelihara saja karena harganya yang fantastis dan kurang lezat untuk di konsumsi.

Walaupun sejatinya yang liar juga enak sih, berikut beberapa jenis yang bisa kita bedakan karena kehidupan dan keunikannya, antara lain sebagai berikut ini :

Jenis Ayam kalkun Liar

ayam kalkun liar

Menurut wikipedia bahwa kalkun liar merupakan hewan buruan di wilayah amerika utara namun beda dengan kalkun negeri karena lebih gesit dan pintar terbang. Pada penasaran kan sama burung satu ini? Mari kita kupas lebih detail ya.

Informasi uniknya bahwa yang liar ini adalah dari spesies M. Galiopavo yang mana juga dikenal Wild Turkey. Ciri khasnya adalah tidak memiliki pial dibawah paruh. Selain hal ini fakta menariknya ialah perbedaan jantan dan betina.

Iya jantan akan mengeluarkan kotoran layaknya huruf J di tanah sedangkan betina ketika mengeluarkan kotoran yang melingkar menyerupai spiral ke atas. Hewan ini bisa terbang sejauh 80 km/jam dan berlari sejauh 40 km/jam.

Kebiasaan tidur di pohon-pohon adalah cara menghindari serangan hewan buas seperti anjing liar, rakun dan serigala. Bulu-bulu yang menutupi tubuhnya setidaknya ada 5.000-6.000 helai. Wow mantap sekali kan ayam besar ini.

Jenis Ayam Kalkun Pedaging

Ada sekitar 4+ kalkun pedaging yang populer di kalangan masyarakat dan peternak. Bisa dikatakan sebagai pedaging karena saking banyak peminat yang mencari guna di konsumsi. Meski demikian tidak sedikit pula yang mencari untuk sekedar hobi atau di jadikan peliharaan saja.

Bronze

 

kalkun pedaging bronze

Bronze adalah jenis kalkun yang paling populer baik peminat dan jumlah populasinya. Selain itu ukurannya besar membuat pembeli puas karena mendapatkan daging lebih banyak.

Karena sangat banyak juga berpengaruh terhadap nilai jualnya. Ya ibaratnya semakin banyak peternak sama halnya membuat turun nilai harganya. Jadi jenis ini termasuk sebagai kategori ayam kalkun pedaging.

Golden Palm

kalkun golden palm

Selanjutnya ini juga mudah di temukan pasar lokal dan peminatnya pun banyak. Warna basic yang bagus ini menjadikan kemiripan dengan jenis royal palm. Karena corak warna seperti emas yang di mixing dan bercampur hitam pada dasar bulunya.

Dengan ini sebagai alasan kenapa disebut sebagai golden palm karena warna emas menjadikan seni keindahan dan pemberian nama. Ketika dewasa perpaduan antara strip orange dan hitam sangat indah di pandang.

Walaupun indah dan mempesona jenis ini tetap sebagai kategori pedaging dengan tipe ukuran sedang. Jika sobat berminat untuk dipelihara saja juga tidak masalah sih. Ada persamaan ketika menetas DOT kalkun golden, palm dan holland yakni sama sama berwarna putih polos.

White Holland

ayam kalkun putih

Nama lain dari white holland ialah white turkey, british white yang termasuk kategori kalkun lokal atau domestik. Cara mengenalinya adalah ciri khas warnanya berbulu putih tidak ada seperti pattern atau warna tertentu lainnya. Baik ekor, badan, sayap dan punggung pun seluruhnya bercorak putih.

Jika dilihat berdasarkan ukurannya termasuk tipe sedang/medium. Penilaian ini tidak berdasarkan bobotnya, namun secara fisik masih tergolong besar hanya saja tidak sebesar jenis bronze.

Bila dipelihara dan dibesarkan maka akan bertransformasi dari tahun ke tahun menjadi broad breasted white, tapi tak sebesar broad breasted bronze ya. Dari seluruh penjuru dunia peternak jenis ini biasanya dijadikan kebutuhan konsumsi. Jadi masuk ke golongan pedaging ya sob.

Pencilled Palm

hewan kalkun pencilled palm

Karena mempunyai perpaduan warna seperti batik dan pada bulu ekornya mirip dengan macan maka sering disebut sebagai pencilled tiger. Selain itu jenis ini juga banyak dibudidayakan oleh peternak indonesia dan dijadikan pedaging.

Meski warnanya sangat unik dan mempesona, tidak jarang yang memelihara di khususkan sebagai hiasan rumah. Perpaduan coraknya sangat menarik bila di pelihara tempat yang bagus. Apakah sobat memelihara pencilled ini?

Jenis-Jenis Ayam Kalkun Hias/Peliharaan

Untuk jenis ini sebenarnya tidak berpaku pada tingkat harga namun dinilai dari kesukaan setiap pemiliknya. Bisa saja kan jenis pedaging dijadikan hiasan untuk di rumah. Karena setiap orang menilai sendiri-sendiri. Belum tentu menurut saya bagus bagi sobat bagus juga. Yang penting adalah saling menghormati setiap pemilik kalkun tanpa mencemooh atau menjelekkan di belakangnya.

Mungkin beberapa jenis ini bisa dijadikan sebagai hias atau peliharaan saja di rumah, antara lain sebagai berikut :

  • Black Spanish

kalkun peliharaan termahal

Nah jenis pertama ini termasuk kalkun termahal bila dibandingkan sama jenis lainnya. Karena tingkat harga yang mahal para peternak membudidayakan untuk dimanfaatkan dari sisi keindahan atau peliharaan saja.

Jadi sobat yang berminat untuk memelihara Spanish sangat cocok, selain warnanya pakem juga indah untuk menemani kegelisahan di rumah. Udah mahal indah kurang apa coba si black ini.

  • Jenis Ayam Kalkun White Holland

ayam kalkun peliharaan white holland

Si kalkun putih atau holland merupakan jenis pedaging, meski begitu tidak salah bila menjadikan sebagai kategori hias. Ukuran dia tidak terlalu besar dan kecil, di wilayah negara kita ini cukup banyak juga yang menjadikan sebagai hias.

  • Bourbon Red

Jenis kalkun klangenan/hias

Memiliki warna cokelat kemerahan membuat penghobi jatuh hati kepadanya untuk dijadikan kelas peliharaan. Selain itu dari segi nilai harganya juga cukup tinggi dan jarang yang memeliharanya.

  • Blue Slate

kalkun Blue Slate

Seperti halnya black turkey ayam kalkun ini termasuk jenis domestik dan baru masuk di negara Indonesia kisaran tahun 2016. Karena cukup baru jadi keberadaan jenis ini cukup langka ya di nusantara.

Meskipun berwarna abu-abu, bila sobat suka untuk dijadikan hias juga tidak apa-apa. Semakin banyak perbedaan juga menjadi nilai seni yang tak terhingga pula untuk penghobi.

  • Kalkun Royal Palm

ayam kalkun royal palm

Sesuai dengan namanya yang unik dan menarik. Walaupun banyak yang ternak untuk dihasilkan dagingnya. Tidak salah pilih sih apabila dipelihara saja. Corak bulu putih dengan perpaduan hitam di bagian sayap dan ekor menjadi ciri khas pada jenis ini.

Ketika sudah dewasa sang betina bisa mencapai bobot 4,5 dan jantan 7,2 kg sangat fantastis ya beratnya. Kebanyakan yang merawat seperti ini di khususkan sebagai hewan peliharaan dan pameran ketika ada event unggas.

Jadi itulah beberapa informasi mengenai jenis ayam kalkun yang ada di nusantara dan dunia yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan pengetahuan ini bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terimakasih.

 

Leave a Reply