4
128

โˆš Kandang Ternak Ayam Bangkok Sederhana

Kandang ternak ayam bangkok sederhana era modern ini malah menjadi salah satu konsep yang dicari-cari oleh penghobi ataupun peternak. Selain menjadikan nuansa alami, ayam pun merasa lebih nyaman dan aman alhasil mudah sekali untuk adaptasi.

Bahan baku pembuatan kandang ayam hias atau bangkok memang sangatlah banyak. Bagaimana tidak dari bahan semacam bambu, kayu, plastik dan baja ringan menjadi inovasi yang terus berkembang sangat pesat. Maka dari itu kalau sobat mau mencari pertimbangan baik desain atau ukuran pada situs ini memang kami sengaja membuat penjabarannya.

Hal ini karena bentuk sudut pandang kami karena prihatin bila melihat kondisi kandang dari teman-teman penghobi jauh dari kata layak. Oleh sebab itulah bentuk perhatian kami aspirasikan dengan bentuk informasi yang canggih. Jika pada kesempatan yang lalu sudah belajar mengenai alas kandang ayam, namun pada kesempatan kali ini akan fokus ke pemaparan perihal kandang ternak ayam.

Bahan Kandang Ternak Ayam bangkok

alat dan bahan membuat kandang ayam

Ayam bangkok di Indonesia merupakan salah satu hewan ternak yang memiliki nilai jual tinggi dan cara perawatannya berbeda dengan ayam kampung yang sering kita jumpai. Perbedaan ini karena termasuk ayam hobi atau hias jadi segmen pasarnya pun tidak sama.

Apalagi di era sekarang banyak munculnya strain ayam laga semakin menjadi daya tarik peternak untuk melakukan import ayam dari berbagai negara asean. Atas dukungan inilah maka tidak heran kalau harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Namun di kesempatan kali ini kita bukan membahas jenis ayam akan tetapi kandang yang kita buat atau siapkan untuk beternak ayam bangkok. Kandang adalah tempat pemisah sesama ayam supaya tidak saling bertarung, pasalnya jenis ayam bangkok ini memang rawan bila diumbar bebas tanpa ada pembatas.

Sementara bahan yang perlu sobat persiapkan ini ada beberapa tahap, karena selain bahan ada komponen lain untuk kita membuat kandang beternak ayam bangkok. Bagaimana langkah-langkahnya, mari kita simak daftarnya dibawah ini :

Menyiapkan Alat & Bahan Kandang

Cara pertama yaitu sobat harus membeli atau menyediakan alat pembuatan dan bahannya. Pemilihan bahan pun perlu dipertimbangkan agar ketahanan dan kelayakan kandang bisa awet dalam jangka waktu lama.

Contohnya atap kandang menggunakan galvalum, genteng, asbes atau plastik. Kalau proyek untuk kapasitas banyak kami sarankan asbes karena lebih irit dan bisa mengurangi resiko kebocoran dibeberapa titik bila dibandingkan sama genteng.

Lalu untuk model pagar pembatas kandang bisa menggunakan bambu karena dapat memangkas anggaran dari biaya yang membengkak kalau materialnya seperti bangunan rumah. Jika sobat sudah ada pagarnya bisa mengalokasikan bahan pembuatan kandang semacam kayu reng dan lain-lainnya.

Menentukan Model Kandang Ayam Bangkok

Kemudian langkah berikutnya yaitu menentukan dari jenis kandang yang hendak dibuat. Pastikan kalau pertimbangan ini bisa memudahkan dalam merawat ayam serta kenyamanan ayam bangkok sobat.

Jadi ada model kandang box khusus ayam remaja dan dewasa. Sementara kalau membuat kandang dikhususkan ternak ini bisa dengan tipe umbaran terbatas. Alhasil antara ayam pejantan dan indukan saling dipisahkan dan cara perkawinan dengan kawin duduk.

Selanjutnya yang tidak boleh ketinggalan yaitu kandang DOC ayam bangkok. Karena pada dasarnya beternak pastinya ada kandang yang lengkap, hanya saja model yang diaplikasikan harus simpel dan sederhana sangat kami sarankan pada peternakan ayam sobat.

Membuat Sketsa

Sesudah kedua tahap diatas telah selesai sobat persiapkan. Maka pada tahapan berikutnya ialah membuat pola atau sketsa kandang ternak ayam bangkoknya. Sketsa bisa sobat sesuaikan dengan total luas kandangnya. Sehingga ketika membersihkan pun sobat mudah dan nyaman tanpa perlu tenaga ekstra.

Acuan yang digunakan kami rekomendasikan yaitu mudah dimengerti, apalagi kalau yang sobat buat ini akan digunakan orang lain alias tukang pembuat kandangnya. Jadi tida perlu yang terlalu bagus.

Memilih Lokasi Kandang

Langkah keempat ini adalah memilih lokasi kandang yang akan dibuat. Pertama yang mesti dipertimbangkan juga apakah dekat dengan pemukiman padat atau tidak. Kalau paling bagus sih masih cukup jauh dari rumah padat padat penduduk kurang lebihnya 10-20 meter kalau kandang ayamnya kapasitas banyak.

Karena ini sebagai bentuk upaya menjaga kenyamanan warga sekitar dengan bisnis ataupun hobi sobat yang hendak dikembangkan. Selain itu kebersihan kandang pun wajib dijaga selain menghindari ayam sakit bau amoniak yang menyengat bisa sampai dirumah masyarakat yang ada didekat kandang.

Pemilihan lokasi kandang dengan kontur tanah datar sangat kami sarankan, sebab ketika musim penghujan kalau tidak diperhatikan saluran air bisa menggenang dilantai kandang. Maka dari itu sobat pikirkan juga sebelum semuanya terlambat.

Membuat Kandang Ayam Bangkok

Sesudah 4 tahapan diatas selesai, maka kini saatnya pembuatan kandang. Proses yang pertama yaitu membangun dasar kandang seperti atap, pagar dan alasnya. Jadi kalau yang sudah ada bangunannya cukup ke tahap membuat kandang box/umbarannya.

Namun untuk kedua model kandang diatas ini guna meminimalisir bau amoniak menyengat sobat bisa mengatasinya dengan memberikan EM4 peternakan. Alhasil kotoran ayam sangat mudah terurai dan tidak sampai becek ketika pemberian pakannya berupa comboran/basah.

Buatlah kandang sesuai dengan sketsa yang telah dibuat diatas. Sobat bisa memantau perkembangan kandang apakah sudah sesuai dengan yang diinginkan, ketika ada yang kurang cocok cobalah berdiskusi dengan tukangnya biar bisa mempertimbangkan kapasitas kandang yang dibuat tersebut.

Kandang Ternak Ayam Bangkok Sederhana

Jenis kandang ternak ayam bangkok

Kandang beternak ayam memang merupakan paket komplit, akan tetapi tidak harus dengan bahan baku yang dibuat harga mahal. Konsep sederhana namun simpel akan lebih memberikan nuansa lebih asri dan ayam pun bisa maksimal baik dari produktivitas serta pertumbuhannya.

Jadi apa yang perlu sobat buat atau persiapkan untuk beternak ayam bangkok ini? Sebagian penghobi ayam skala rumahan biasanya sering kebingungan, bahkan tak sedikit yang kerap merubah model kandangnya. Biar tidak mengeluarkan biaya berkali-kali, yuk intip rekomendasi dari team kami sebagai berikut.

Ukuran Kandang Ayam Bangkok Sederhana

Ukuran kandang ayam bangkok 1 ekor

Hal yang sering ditanyakan oleh penghobi ayam yaitu dari ukuran ideal ayam bangkok dewasa. Kalau berbicara standari kandang maka ukuran 75×75 cm sudah sangat cukup dan bulu sayap dan ekor ayam sangat aman dari kerusakan. Namun kalau mengingkan lebih luas dan bisa digunakan untuk pembesaran kami sarankan dengan 80×80 atau 100 x100 cm.

Kemudian untuk ayam betina yang sedang ganti bulu atau dedara bisa dibuatkan khusus bila mana takut salin bertarung. Ukuran kandang ayam bangkok betina ini dapat dibuat dengan 60×60/70×70 cm. Jadi ketika ayam habis mengeram bisa dipindahkan terlebih dahulu andaikan kandang ternaknya terbatas.

Perlu sobat ketahui bahwa pernyataan diatas merupakan untuk kapasitas ayam 1 ekor saja. Jika ingin lebih simpel sobat dapat membuatkan dengan beberapa kandang box plong ayam. Alhasil tidak perlu menata lagi dan menambah biaya pembuatan kandang terus menerus.

Kandang Ayam Bangkok Umbaran

Kandang umbaran ayam bangkok

Lalu untuk kandang beternak ayam bangkok sederhana sekarang bisa dengan membuatkan umbaran terbatas. Caranya mudah dan bisa membatasi antar ayam betina supaya tidak saling bertarung atau telur tercampur.

Dengan adanya metode ini memudahkan untuk menerapkan kawin silang ayam bangkok guna meningkatkan kualitas dan kuantitasnya. Namun yang jadi pertanyaan yaitu bahan yang digunakan apa? Berdasarkan pengamatan kami sobat bisa menggunakan dengan bahan dasara kawat ram, bambu, kayu & jaring.

Nah sudah ketemu kan untuk bahan, kemudian dari ukurannya adalah minimal dengan panjang 100-150 cm dan lebarnya 80-100 cm. Model ini kami rekomendasikan kandang ayam yang diwilayah padat dan terbatas. Jadi walau tinggal diperkotaan hobi tetap jalan tanpa menganggu lingkungan sekitar.

Selain itu manfaatnya lahan yang luas pun bisa dibuat dengan kapasitas lebih banyak. Tidak hanya sekedar itu saja ketika kandang kosong bisa diisi untuk pembesaran anakan ayam agar bisa diumbar tanpa mengganggu ayam sedang dewasa disekitarnya.

Kalau masih bingung sobat bisa amati lebih detail contoh kandang diatas ini agar bisa mengira-mengira dari pembuatan kandang. Bahkan bisa ditempatkan untuk kandang ternak ayam outdoor, dimana dapat difungsikan untuk umbaran ayam jago dan kandang jemurnya sekaligus.

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai kandang ternak ayam bangkok sederhana. Semoga dengan beberapa penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply