11400

√ Ayam Pukul Saraf : Karakteristik, Kelemahan, Cara Melatih & Merawat

Ayam pukul saraf mungkin sobat dunia binatang pernah mendengar ataupun melihatnya didepan mata langsung. Tipe unggas peliharaan seperti memang banyak yang menyukai karena cukup unik dan bagus. Tak heran bila karakter semacam ini dijumpai dengan bandrol mahal.

Teruntuk para penghobi ayam aduan pemula pastinya akan sulit untuk mengetahui dari fisiknya tanpa dicoba. Namun kami disini akan memberikan penjelasan lebih detail terkait dari ayam pukul saraf.

Ada beberapa hal yang mesti sobat pelajari terlebih dahulu sebelum mengetahui berdasarkan fisiknya. Memang menimba ilmu sangat lah penting dalam dunia ternak ayam. Entah dari segi memilih, cara merawat dan melatihnya sekalipun. Supaya sobat semuanya lebih mudah untuk mengetahuinya simak pemaparan berikut ini :

Apa Itu Ayam Pukul Saraf?

ayam pukul saraf adalah

 

Ayam pukul saraf adalah sebuah gaya pertarungan ayam yang mempunyai ciri khas serangan yang mengarah ke bagian vital lawannya. Dengan hal ini akan membuat musuhnya bisa sempoyongan dan tak berdaya, alhasil si lawan dengan mudah untuk ditumbangkan.

Umumnya tipikal seperti sifatnya turun temurun dari indukannya entah dari genetik pejantan dan betinanya. Faktanya tidak hanya 1-2 strain saja yang memiliki pukulan saraf baik dari bangkok, mangon, pukul brakot dan sebagainya.

Jadi hilangkan anggapan bahwa yang mempunyai teknik saraf hanya strain tertentu. Pasalnya saat ini sudah banyak sekali perkawinan silang, jadi tidak heran bila beragam jenis unggas petarung dapat melancarkan pukulan saraf lawannya. Maka dari sobat yang merasa masih awam dengan karakter unggas seperti alangkah baiknya terus simak penjelasan dibawah ini :

Ciri-Ciri Ayam Pukul Saraf

ciri fisik ayam pukul

Memang pada umumnya gaya pertarungan berupa pukulan syaraf sangat indah diperlihatkan. Selain menyebabkan musuhnya oleng dan bisa saja membuat mati daya lawan ditempat. Tak dipungkiri bila banyak yang dikalahkan dengan pukulan telak olehnya.

Pada topik ini kami akan mengupas tuntas dari sudut pandang karakteristik fisiknya. Jadi ada beberapa perihal penting guna mengetahui secara detailnya. Namun sobat semua tenang saja karena kami mendapatkan informasi yang cukup akurat. Lalu apa saja itu, kurang lebihnya seperti berikut :

  • Leher Bentuknya Ideal

Hal pertama yakni berupa bentuk dari leher ayam tersebut yakni idealnya yang tidak begitu pendek dan terlalu panjang. Sebab dari bentuknya ini akan menentukan dari tingkat akurasi kecepatan dan kepandaian si ayam. Dengan pendeknya leher akan menyulitkan untuk menggapai titik serang bagian penting jika lawannya lebih tinggi.

Selain hal itu tulang antar rongga leher akan lebih bagus rapat dan keras. Sehingga tidak mudah oleng ketika terkena hantaman musuhnya. Apalagi bila bertemu dengan lawan dengan teknik pukul jalu.

  • Karakter Bagian Mata

Kedua karaktersik pada ayam yang dapat memukul saraf juga bisa diketahui berdasarkan model matanya. Karena pada dasarnya bagian vital ini adalah hal paling penting untuk menentukan dari aspek akurasi serangan. Jadi semakin bagus penglihatannya maka akan lebih akurat ketika melancarkannya. Bagus lagi bila model matanya berupa tatapan tajam dan kejam.

  • Kaki Ayam Pukul Saraf

Pada tahapan ini sobat semuanya dapat mengidentifikasi berdasarkan model kaki? Iya benar sekali pada dasarnya ayam tipe pukulan saraf memiliki ciri khas kaki yang kering dan keras bila dipegang. Supaya mengetahuinya yakni cukup dengan sentilan pada bagian batang kakinya. Apabila kuku kita merasakan sakit kemungkinan besar ayam tersebut bisa memukul saraf.

  • Postur Badan Tegak

Karakteristik yang keempat ini merupakan dari perawakan dan postur tubuh ayam. Sobat dapat mengetahui spesifiknya dengan ayam yang tegak dan kuat. Selain hal itu perototan bila dipegang cukup alot sedangkan pada bulu keras, kaku dan cukup kering.

Karena pada dasarnya ayam dibedakan dengan postur jingkring dan mbahu. Oleh hal ini sobat harus memahami dengan betul-betul teliti. Supaya perabaan ayam yang mempunyai tekni saraf sesuai ekspetasi sobat.

  • Model Sisik Kaki

Terakhir pada ayam pukul saraf umumnya memiliki ciri-ciri dan bentuk tertentu. Maka dari itu, alangkah baiknya sobat semuanya memperhatikan beberapa poin penting sebagai berikut ini :

  1. Jari-jari dominan panjang dan ujungnya hampir sama dengan bambu
  2. Tinggi kakinya tidak panjang dan terlalu pendek
  3. Sisiknya kering & keras
  4. Pada bagian kakinya mempunyai ukuran cukup tebal
  5. Sisik belakangnya menghadap ke depan/atas

Jenis Ayam Aduan Pukul Saraf

Jenis Ayam Pukul

Apakah sampai disini masih ada yang bingung dari klasifikasi ayam aduan yang dapat memberikan pukulan saraf. Apabila memang demikian, kami akan memberikan penjelasan terhadap sudut pandang dari hal ini.

Sekarang memang sudah modern sekali ayam laga di Indonesia. Sebab sebagian besar peternak langsung import dari berbagai negara untuk meningkatkan segi kuntitas maupun kualitasnya. Jadi tak heran bila tidak hanya strain bangkok saja yang memiliki tipe pukulan seperti ini.

Jadi jawaban kami jenis ayam petarung yang mempunyai pukul saraf adalah semua strain laga. Namun tidak semuanya juga. Karena sejatinya karakter ini merupakan pembawaan dari genetiknya. Oleh dari itu sobat dapat mempelajarinya dengan cara seperti penjelasan ciri-ciri diatas. Baik dari dari ayam bulbi, birma, pakhoy, ganoi, khoytrad, plucker dan sebagainya bisa saja memiliki pukul saraf.

Mungkin dengan penjelasan seperti lebih mudah dilogika dan cukup realistis bagi sobat dunia binatang semuanya ya. Jadi jangan gegabah dalam memberikan asumsi yang ditelan mentah-mentah, supaya orang yang awam pun bisa semakin luas wawasannya.

Kelemahan Ayam Pukul Syaraf

kekurangan ayam pukul saraf

Karena sejatinya ayam aduan pukul saraf merupakan dari teknik, jadi dalam dunia laga ayam ada kesatuan lingkaran dan setiap gaya pertarungan ada kelebihan dan kelemahannya. Pada pemaparan ini kita akan lebih membasah detail dari segi kekurangannya, kurang lebih seperti berikut :

Mudah dikalahkan dengan ayam anti lock. Jadi musuh terberatnya seperti model mangon dan pama. Karena ketika dilock akan turun kepalanya dan lawan akan cepat mengambil peluang memukul. Alhasil si musuh tersebut akan mengincar rahang-rahang secara otomatis cepat ditumbangkan.

Selain itu tipikal ayam seperti ketika terkena pukulan mematikan ataupun taji perawatan hingga pulih cukup lama dibandingkan dengan ayam tipe pukul saja tanpa taji dan saraf.

Kelebihan Ayam Pukulan Saraf

keunggulan ayam pukulan saraf

Sudah perihal umum di nusantara terkait ayam petarung yang sudah ada dari zaman dahulu. Bahkan para penghobinya pun hingga kini tidak tetap masih banyak dan eksistensi diberbagai gelanggang. Akan tetapi banyak sekali dari sekian jenis ayam yang memiliki gaya pertarungan unik salah satunya pukul saraf. Dibawah berikut merupakan kelebihannya :

  • Turun temurun dari genetik
  • Menyebabkan lawan sempoyongan dan kebingungan
  • Memudahkan mengalahkan lawan dalam hitungan menit
  • Tidak semua ayam laga memiliki teknik saraf
  • Memberikan pukulan bagian vital dalam badan lawan
  • Gaya bertarung unik dan bagus

Cara Merawat Ayam Pukul Saraf

Cara Melatih Ayam Pukul Saraf

Biasanya ayam yang siap bertarung diarena laga kurang lebih sudah berumur 7 bulan. Seperti ini bisa diketahui dari bulu-bulu yang sudah tumbuh full dan badan mulai berotot. Namun sobat bisa merawatnya dari anakan dengan pemberian pakan, vitamin, penjemuran dan umbaran yang cukup.

Hal tersebut bertujuan untuk melatih ayam memiliki pukulan saraf dengan cepat jadi. Selain itu pun lebih cenderung meminimalisir ayam sakit pucat, kutu dan jalan sempoyongan dikarenakan kurang bergerak bebas. Sedangkan untuk perawatan memasuki tahap siap berlaga dengan fisik.

Jadi bisa saja dengan treadmil, renang, jemur dan memutar kandang bundar yang didalamnya diisi betina ataupun untulan. Kalau dari aspek pakan bisa dikombinasikan sesuai racikan sendiri entah beras merah, jagung, voer dan jamu tradisional lainnya. Alhasil pada usia 7 ayam sudah benar-benar siap dicoba dengan lawan seusianya terlebih dahulu baru berlanjut ke pengelotan ototnya.

Mungkin itu sedikit penjelasan dari kami mengenai segi merawat dan melatihnya menjadi ayam laga yang siap bertempur dalam usia 6,5-7 bulan. Namun hal yang mesti sobat ketahui juga dari karakter bulu, karena ada yang proses pertumbuhan cenderung lama sekali. Model ayam seperti biasanya disebut dengan bulu cupet alias lama tuntasnya.

Cara Mengobati Ayam Terkena Pukulan Saraf

cara mengobati ayam terkena pukulan saraf

Benarkah ayam sobat terkena pukul saraf dan kebingungan untuk mengobatinya? Tenang saja kami akan memberikan solusinya kepada kalian. Apa saja yang mesti disiapkan dan penanganan yang paling tepat.

Memang hal apes tidak bisa dihindari apalagi ketika ayam masih diarena laga. Tentu akan bisa ditangani ketika sudah menyerah dari lawannya tersebut. Maka dari itu untuk pengobatan bisa dilakukan seperti dibawah berikut :

  • Istirahatkan Ayam

Memang presentase sembuh tidaklah 0% jadi masih ada harapan bila ayam sobat terkena pukul saraf tidak begitu fatal. Sebab tipe saraf ini memang mengarah ke bagian tertentu yang bisa menyebabkan kecacatan bahkan kematian. Maka dari itu lakukan perawatan dengan istirahat total dengan kurun waktu 1-2 bulan.

Andaikan tidak parah akan bisa diamati dengan perkembangan setiap harinya. Namun proses ini sangat kami rekomendasikan agar ayam istirahat dengan maksimal. Jadi ayam sobat bisa sembuh dengan lebih cepat.

  • Pemijatan Ayam

Nah karena ayam sobat disebabkan terkena pukulan saraf jadi secara tidak langsung penanganan yang sifatnya segera dilakukan yaitu memijat terkhusus bagian tubuh yang terkena. Kami menyarankan untuk pengapliasiannya dengan hati-hati dan pelan dengan rutin. Untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan sobat bisa menggunakan kain dan air hangat lalu diusapkan dibadannya.

  • Pemberian Jamu/Obat

Langkah ketiga yaitu dengan memberikan ramuan herbal atau obat khusus unggas. Pemberian jamu seperti ini tujuannya untuk menyehatkan dan memulihkan luka luar dan dalam ayam tersebut.

Contoh yang bisa diberikan adalah berupa merica, kunyit, kencur dan gula merah. Biasanya diberikan pada pagi dan sore hari dengan takaran yang sesuai. Pengobatan ini sudah terbukti manjur dalam waktu 2 minggu hingga 1 bulan dan ayam pun sudah pulih seperti sedia kala.

  • Memberikan Pakan Lunak

Sebaiknya untuk mengobati ayam yang rusak disebabkan sarafnya sangat bagus bila diberi pakan yang lunak, hal ini untuk memudahkan ayam mencernannya. Selain dalam kondisi badan tidak fit pemberian seperti beras merah, gabah & jagung sebaiknya dihindari.

Pasalnya sakit yang dialami sang ayam bukan hanya luar badan melainkan sistemnya. Oleh hal itu proses pemulihan sangat bagus dengan pakan berupa konstentrat, tepung jagung dan bekatul halus dan nasih. Sobat dapat mengkombinasikan sesuai selera saja.

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan seputar ayam pukul saraf. Semoga dengan adanya pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply