2
107

โˆš Manfaat Bawang Putih Untuk Ayam Bangkok

Manfaat bawang putih untuk ayam bangkok bukan main-main. Rempah-rempah yang kaya dengan kegunaan ini ternyata juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan ayam peliharaan. Bahkan beberapa penelitian juga berpengaruh atas bobot ayam ketika dicampurkan pada ransum pakan.

Bawang putih merupakan tanaman yang umumnya digunakan untuk membumbui masakan dan sekaligu obat alternatif. Hal ini tidak lepas karena peran senyawa aktif dari allisin dan ajoene beserta flavonoid, maka dari itu membuat bawang putih berkhasiat sebagai antioksidan dalam tubuh makhluk hidup.

Pada kesempatan kali ini kami dari team dunia binatang akan menjabarkan penggunaan bawang putih untuk ayam bangkok. Untuk itu bagi sobat yang belum mengetahui secara detailnya baik takaran, cara memberikan dan kegunaannya mari simak ulasan lengkapnya dibawah berikut.

Dosis Bawang Putih Untuk Ayam Bangkok

Dosis bawang putih untuk ayam

Kemudian yang tak boleh diabaikan dalam penggunaan bawang putih bagi ayam bangkok maupun lainnya yaitu wajib mengetahui takaran atau dosis. Sehingga cara pemberiannya tidak sampai melakukan kesalahan fatal bagi tubuh ayamnya.

Sebetulnya pemberian bawang putih ini sudah umum, namun untuk menentukan batas aman jika diaplikasikan sebagai upaya pencegahan dan pengobatan pastinya jauh berbeda. Menanggapi hal seperti sepatutnya menggunakan dosis yang tepat.

Karena beberapa peternak juga menggunakannya sebagai jamu ayam untuk pencegahan dan peningkatan antibodi ayam dikala musim hujan dan pancaroba. Berdasarkan pengalaman kami sendiri ada beberapa dosis yang dapat sobat aplikasikan.

  • Dosis anak ayam dibawah 3 bulan 1/4-1/2 siung
  • Takaran jamu ayam 3-5 siung bawang untuk dicampurkan pada ransum pakan 1-2 kg
  • Dosis bawang putih sebagai obat ayam 1-2 siung setiap hari khusus ayam dewasa.

Jadi penggunaan pada anak ayam ini pun perlu dibatasi. Karena jika diberikan dengan jumlah banyak dikhawatirkan memberikan efek samping yang sangat beresiko pada kestabilan fisik ayam bangkok. Sementara ayam yang sudah dewasa diberikan 1-2 siung ukuran sedang masih aman jika diperuntukkan sebagai pengobatan.

Cara Memberikan Bawang Putih Untuk Ayam

Tips memberikan bawang putih

Metode pemberian bawang putih pada semua jenis ayam pada dasarnya sama saja. Namun perbedaan paling mencolok yaitu takaran antara diberikan langsung atau dicampurkan pada air minum dan pakan ayam tersebut.

Dengan adanya klasifikasi cara inilah akan membantu sekali pada program pemberian bawang putih supaya dapat maksimal. Kalau perihal dosis sudah kami sampaikan jadi tidak begitu berbeda tips memberikannya.

Jadi paling bagus bagaimana? Bila mau lebih cepat proses pencernaan dari bawang putih yaitu bisa diblender baru dilarutkan pada air minum ataupun dengan ransum basah ayam peliharaan sobat. Selain itu juga bisa dengan trik memberikan langsung cukup sobat potong kecil-kecil lalu masukkan pada paruh ayam.

Umumnya perbedaan cara diatas ini tergantung pemberiannya ditujukan pengobatan atau menambah kekebalan tubuh ayam. Bahkan sobat bisa berkreasi mengkombinasikan dengan kunyit, jahe, kencur dan gula merah sebagai ramuan jamu racikan sendiri dirumah.

Jadi cara memberikan bawang putih sobat bisa mengaplikasikan sesuai dosis diatas dengan dicampurkan pakan maupun dilarutkan pada air minum. Perbandingan penggunaannya yakni pakan 1-2 kg dan air minum 1 liter untuk 5-20 ayam dengan takaran bawang 3-10 siung. Banyak sedikitnya bawang tergantung sama usia dan kondisi lingkungan pada kandang ayam sobat.

Manfaat Bawang Putih Untuk Ayam Bangkok

Khasiat bawang putih

Kandungan bawang putih yang kaya akan senyawa ini sangat bagus sekali untuk kesehatan, pertumbuhan dan penambahan bobot ayam. Paramater bawang putih cukup banyak jadi bisa diterapkan pada ayam hias maupun ayam komersil. Tentunya sangat rekomended bila dikembangkan lebih lanjut khususnya para peternak mandiri.

Khasiat bawang putih yang lengkap dengan zat seperti protein, antibiotik, fosfor, lemak, protein dan zat besi berguna sekali mencukupi kebutuhan dalam tubuh ayam peliharaan. Teruntuk sobat yang masih bingung dan bimbang mengaplikasikannya, berikut kami berikan contoh manfaatnya bagi ayam versi duniabinatang.

  • Mengobati kurap ayam alami
  • Sebagai obat tradisional antibiotik peternakan
  • Mengatasi permasalahan ayam cacingan
  • Menyembuhkan ayam terkena pukul syaraf
  • Obat penyakit ayam pilek dan ngorok
  • Menguatkan & mengeraskan paruh ayam
  • Mempercepat penambahan bobot ayam komersil
  • Mencegah berbagai penyakit ayam saat musim hujan

Nah itulah sedikit ulasan mengenai khasiat bawang putih dalam dunia peternakan khususnya ayam bangkok. Namun sobat tidak perlu khawatir karena informasi yang kami sampaikan juga untuk ayam pedaging, kampung & petelur.

Efek Samping Bawang Putih Untuk Ayam Aduan

Efek samping bawang putih

Meskipun banyak manfaat bawang putih untuk ayam, maka dari itu juga tidak lepas juga dengan efek samping. Karena jika pemberian yang berlebihan kandungan bawang ini bisa menimbulkan efek samping berupa bau berlebihan dan masalah pada sistem pencernaan ayam.

Efek samping yang bisa terlihat dari aktivitas ayam sobat yakni ayam muntah dan diare dengan tanda-tanda bau bawang yang menyengat. Bahkan kalau tidak hati-hati efek buruk berupa kerusakan dan infeksi pada organ dalam tubuh ayam.

Dengan demikian, pentinganya dosis pada pemberian bawang putih untuk ayam itu sangatlah penting. Karena bertujuan menjaga kestabilan dan penguraian yang tepat dalam badan ayam.

Demikianlah rangkaian informasi kali ini yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat bawang putih untuk ayam bangkok versi team duniabinatang. Mudah-mudahan dengan adanya penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply