8
265

โˆš Obat Cacing Ayam Medion

Obat cacing ayam medion merupakan perusahaan yang menyuplai berbagai jenis kebutuhan ternak seperti ayam, angsa, bebek, kambing dan sapi. Dengan adanya beberapa ragam metode pengobatan ini menjadi solusi bagi peternak terhadap hewan peliharaannya.

Cacing tidak hanya hidup di tanah, akan tetapi juga bisa hidup dalam organ dalam makhluk hidup semuanya. Maka dari itu metode pemeliharaan yang asal-asalan sangat memungkinkan menjadi sumber permasalahan untuk ayam.

Tidak sekedar ayam broiler atau ayam leyer yang beresiko terserang cacinga. Begitu pula ayam kampung dan ayam ayam laga yang biasa dipelihara untuk dipertarungkan. Dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan terkait produk meidon farma mengenai cara penggunaannya.

Faktor Ayam Cacingan?

Faktor ayam cacingan

Salah satu dari penyebab adanya cacingan pada ayam peliharaan yaitu sistem perawatan dan kebersihan kandang ayamnya. Umumnya infeksi cacing penularannya disalurkan pencernaan yang menyebabkan lapisan usus rusak hingga kematian jaringan mukosa usus.

Jika perkembangan cacing sudah parah maka mengganggu proses penyerapan sumber nutrisi pakan. Alhasil pertumbuhan dan bobot ayam sulit bertambah, tapi justru ayam kurus kering. Maka dari itu peternak pun menjadi merugi bahkan gulung tikar karena pemutaran uang tidak ada.

Untuk gejala awal ayam cacingan memang jarang begitu terlihat secara pasti. Namun pada kasus yang cukup parah ayam akan nampak begitu lesu, lemas, nafsu makan menurun disertai bobot yang berangsur menurun juga. Selain itu dari penampilan fisiknya berubah pucat dan diare.

Serangan cacingan ayam bisa terjadi di seluruh kalangan usia baik dari anakan hingga ayam yang tua. Adapun jenis cacing yang kerap bersarang pada ayam ini berupa cacing gilig atau nematoda dan cacing pita alias cestoda. Untuk pengobatannya sobat bisa membaca lebih lanjut lagi dari beberapa macam obat cacing ayam medion ini.

Daftar Obat Cacing Ayam Medion

Obat cacing ayam medion

Meskipun dampak dari cacingan pada ayam jarang sekali menyebabkan kematian secara mendadak. Tapi bukan berarti hal ini diacuhkan begitu saja. Sebab kasus penyakit cacingan sering terjadi tanpa menunjukkan pertanda yang khas. Oleh hal tersebut perlu adanya pengendalian dengan pemberian secara terjadwal.

Tujuan pemberian ini bentuk dari pencegahan yang lebih fatal terhadap ayam milik sobat dunia binatang. Jadi tata cara pemberian bisa dari sejak anak ayam umur 1 bulan lalu diberikan lagi pada usia 2,5-3 bulan kemudian. kurang lebihnya usia ayam 90 hari.

Apabila ayam sudah menginjak usia 4 bulan lebih maka alangkah baiknya diberikan ayam peliharaan sobat setiap 2 bulan sekali sedangkan beberapa opsi merk obat medion sebagai berikut.

Obat Cacing Levamid

Obat cacing ayam

Berdasarkan informasi kami ketahui bahwa levamid memiliki kinerja efektif guna membunuh cacing gilig baik larva dan dewasa pada saluran pencernaan. Selain itu juga membasmi cacing pita pada saluran pencernaan unggas.

Jadi untuk yang menekuni bidang peternak ayam petelur produk obat cacing ayam medion ini juga bekerja dalam menghambat uptake glukosa yang mengganggu proses siklus krebs atau lebih kita ketahui menghasilkan energi.

Bahkan manfaatnya memblokade dari reduksi fumarat dan oksidasi suksinat dalam proses metabolisme karbohidrat dari cacing gilig. Dampaknya yaitu cacing menjadi lumpuh dan secara otomatis dikeluarkan melalui proses perastaltik usus dalam keadaan hidup dari tubuh ayam.

Aturan pemakaian levamid yaitu ayam dipuasakan terlebih dahulu minimal 2 jam. Ketika kondisi lapar ini ransum pakan yang telah dicampur obat cacing dapat diberikan segera mungkin dan jangan berikan pakan tambahan sebelum habis terlebh dahulu.

Dosis levamid medion ini diberikan dengan takaran 0,2 gram setiap ayam berbobot 1 kg. Alangkah baiknya diaplikasikan pada pagi hari dan sobat ulangi pemberian 1-2 bulan kemudian agar cacing pada organ dalam ayam dapat tuntas.

Winner Levamid

Kemudian yang kedua ini dengan kemasan lebih kecil dan simpel sangat cocok untuk program pemberian obat cacing ayam laga atau hobi. Metode pemberiannya seperti penggunaan obat kaplet lainnya, yakni 1 kaplet untuk bobot ayam 2 kg. Supaya kinerja obat ini lebih efektif pada ayam laga sobat berikan ketika pagi hari dan dijemur pada terik matahari.

Harganya winner levamid cukup murah dan tersedia ditoko online. Sedangkan dari khasiatnya membasmi cacing gilig & pita serta saluran pencernaan menjadi lebih sehat. Selain itu mampu mengatasi cacing ayam yang bersarang pada saluran pernapasan dan mata.

Vermixon Sirop Obat Cacing

Vermixon sirop medion farma

Selanjutnya nama dari produk ini vermixon dan bentuknya cairan atau sirup. Kemasan yang ditawarkan pun cukup unik karena dari yang 20 ml hingga 20 liter juga ada jadi sobat tidak pusing lagi bila peternakannya ribuan ayam.

Kandungan dari vermixon sirop terdapat piperazhine hexahydrate yang mana sangat efektif dalam menghilangkan ascaridiasis. Sedangkan dosis atau aturan pakai yang dianjurkan ialah ayam dari usia 4-6 minggu dengan 15 ml setiap 3 liter air minum kurang lebih untuk ayam 50 ekor.

Sedangkan ayam yang umurnya lebih dari 6 minggu disarankan dengan 30 ml setiap 4-5 liter air minum dengan maksimal 50 ekor ayam saja. Efektivitas dari penggunaan obat vermixon ayam wajib dipuasakan sebelum diberikan air campuran obat cacing tadi.

Apabila ditujukan pada ayam komersil maka jangan berikan sirop vermixon minimal 3 hari sebelum ayam disembelih untuk konsumsi manusia. Selain hal tersebut cara mengobati ayam cacingan ini bisa diulang sesudah 30 hari berlalu. Jika sobat yang bingung membelinya dimana, bisa ditoko pakan atau distributor pakan terbesar didaerah.

Cacing Exitor Medion

Cacing Exitor ayam

Obat cacing ayam medion berikutnya ini sudah familiar bagi masyarakat secara luas. Bagaimana tidak selain harganya murah dari kinerjanya lumayan bagus untuk membasmi cacing gilig. Bentuk dari exitor ini kapsul yang mengandung piperrazine citrate yang bagus dalam melawan cacing dalam sistem pencernaan ayam.

Dosis yang disarankan ialah 1 kapsul untuk ayam umur 4-6 minggu sedangkan selebihnya 6 mingu bisa diberikan dengan 2 kapsul sekaligus. Dengan pemberian yang sesuai rekomendasi insyaallah ayam bangkok sobat dapat terhindari dari penyakit cacingan.

Adapun khasiat setelah pemberian yaitu meningkatkan produksi telur. Namun untuk harganya sendiri setiap kemasan kurang lebihnya Rp.2000-Rp.4500. Jadi sobat bisa membeli dalam banyak dan dijadikan persediaan kedepannya.

Vermizyn SBK

Obat cacing unggas

Lalu yang terakhir ini ada juga obat cacing untuk sapi, kambing, babi, kuda, domba dan unggas. Vermizyn ini adalah serbuk larut air mengandung piperazine citrate yang sangat bagus membasmi cacing gelang pada ternak. Kemasan produknya ada berbagai macam dari yang 100 gram hingga 15 kg.

Harga yang kemasan 100 gram hanya 19.000-25.000 untuk pembelian melalui toko online. Sehingga teruntuk sobat yang memelihara ayam jauh dari perkotaan tetap bisa membeli tanpa mondar-mandir ke toko pakan di wilayahnya.

Cara Mencegah Ayam Cacingan

Cara mencegah ayam cacingan

Tips membuat pencegahan penyakit cacingan ayam yang parah sobat bisa dengan melakukan dengan metode dibawah ini. Adanya beberapa langkah tersebut sangat bagus dalam menindaki parasit cacing yang bersarang dalam badan ayam.

  • Membuat jadwal rutin pemberian obat cacing ayam
  • Membersihkan kandang dan menyemprotkan cairan sebagai tindakan kenyamanan ayam
  • Pengendalian hewan kecil seperti semut, lalat, kumbang, kutu dan gurem ayam
  • Memberikan asupan pakan bergizi
  • Mengecek setiap pencegahan yang kurang maksimal pada ayam.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar obat cacing ayam medion. Semoga dengan adanya pemaparan diatas dapat bermanfaat untuk kita semuanya, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply