3
322

√ Asal Usul Gurem Ayam Bangkok

Asal usul Gurem pada ayam dan menyebar dikandang menyebabkan hal yang sangat menjengkelkan. Hama yang sangat mini ini sangat cepat berkembang biak dan termasuk sebagai parasit dalam golongan ektoparasit.

Oleh karena itu dengan adanya merki ini menimbulkan penurunan produktivitas, kurus pucat, bahkan kematian bagi hewan ternak. Tak sekedar itu, yang berbahaya juga bagi manusia karena tunggau gurem menggigit manusia yang sangat gatal sekali.

Mungkin bagi sebagian sobat binatang sudah tak asing dengan tunggau ini. Akan tetapi yang baru mulai beternak ayam pastinya bingung untuk mengatasinya. Sebab belum tahu menahu terkait penyebab dan penanganannya. Maka dari simak terus penjelasan dibawah ini agar benar-benar paham dengan detail.

Asal Usul Gurem Ayam

Asal Usul Gurem Ayam

Secara bahasa latinnya gurem ialah Ornithonyssus Bursa atau yang dikenal dengan tunggau tropis, merki, tunggau starling. Kehadiran hama ini umumnya disebabkan oleh manajemen perawatan sebagai contohnya suhu, kontak antar unggas, lingkungan & kelembapan kandang.

Parasit yang cukup membahayakan ini bisa berpindah-pindah tempat. Sehingga tak jarang bila ditemui pada lantai kandang, dinding & atap. Sedangkan dari siklusnya berupa telur berubah menjadi larva, nimfa kemudian dewasa. Asal usul gurem ayam ini sangat bahaya, maka segara harus ditangani dengan cekatan.

Hama unggas ini akan bertelur dan meletakkan pada bulu ayam, tempat mengeram dan dibalik sela-sela tubuh ayam. Ketika sudah berkembang dapat menjalarkan ke unggas seperti angsa, burung, bebek & mentok pula. Jadi bila sobat menemukan permasalahan ini sebaiknya segera ditangani. Sebab beresiko besar buat kenyamanan hewan serta pemiliknya.

Cara Menghilangkan Gurem Ayam Alami

Cara membasmi Gurem Ayam alami

Tips yang akan kami sampaikan ini adalah menggunakan metode paling mudah didapatkan disekitar kita. Kenapa demikian? Yakni menambah wawasan para peternak ayam sekaligus memanfaatkan obat alami, alhasil akan tidak membutuhkan biaya yang cukup banyak.

Selain itu adanya beberapa cara sebagai opsi paling bagus, sebab tak semua metode yang dilakukan cocok dan bisa membasmi gurem ayam dengan maksimal. Oleh maka sobat dunia binatang dari itu sebaiknya simak daftar penjelasan dibawah ini :

Rendaman Air Daun Tembakau

Tips membasmi yang pertama sobat bisa menggunakan air rendaman tembakau. Metode ini sangat ampuh dan sudah diaplikasikan secara turun temurun, salah satunya yaitu menghilangkan hama serangga beserta gurem. Jika ingin tambah manjur rendam bisa dari sore atau malam hari baru paginya disemprotkan keseluruh bagian kandang.

Adanya zat nikotin pada tembakau memiliki manfaat sebagai menghilangkan hama. Sedangkan takarannya cukup 3 ons tembakau lau rendamlah pada air hangat yang sebanyak 1/2 atau 1 liter yang didiamkan selama semalaman.

Jangan lupa kalau tunggau unggas ini sudah menyebar kemana-mana mandikan ayam beserta lingkungan sekitarnya. Misalnya luar kandang & dinding rumah sobat. Ulangi 2-3 kali dalam seminggu agar lebih maksimal dan tuntas.

Mengoleskan Oli Bekas Seluruh Bagian Kandang

Kemudian cara yang kedua ini cukup membingungkan karena dari kebutuhan sepeda motor. Ya benar sekali oli bekas, mungkin sisa-sisa ini sering kali kita buang atau didiamkan saja. Ternyata manfaatnya banyak sekali untuk mengatasi serangan hama pada ternak.

Jadi bisa dilakukan sebagai bentuk pencegahan ataupun membasminya. Cukup dengan mengolesi setiap sudut kandang, insyaallah akan menjauhkan hama yang kerap menyerang ayam. Khususnya bagian penyangga kandang, karena bau oli bekas yang dihasilkan membuat hama tidak mau mendekatinya.

Menaburkan Potongan Daun Sirih

Cara menghilangkan tunggau ayam yang alami yakni dengan menaburkan rajangan daun sisih. Bahan alam ini memang tidak disukai oleh hama, alhasil sangat bagus untuk mengatasi permasalahan ini.

Selain mudah untuk didapatkan juga mengurangi biaya pengeluaran. Sedangkan penerapannya bisa dengan 2 metode, sehingga opsional sekali bagi sobat dunia binatang semuanya. Jadi bisa potongan daun segar atau yang telah dikeringkan dan diremas.

Bahkan kalau ingin mencobanya trik lainnya adalah dengan merendam atau memasaknya sampai mendidih. Kalau sudah dingin baru disaring dan semprotkan ke alas, sudut dan sekitar kandang ayam sobat. Apabila sudah menjalar ke tempat lainnya jangan lupa untuk memandikan ayamnya.

Semprotkan Larutan Air Jeruk Nipis & Cuka

Nah metode yang keempat ini sudah cukup diketahui oleh para penghobi maupun peternak ayam diberbagai penjuru nusantara. Cara menghilangkan gurem ayam hanya dengan bahan air jeruk nipis & cuka. Ingin tau bagaimana langkah-langkahnya sobat?

Jadi sifat asam cuka yang dikolaborasikan dengan air jeruk inilah yang efektif untuk membasmi serangan tunggau unggas. Sobat hanya perlu mencampurkan keduanya lalu semprotkan pada ayam atau sekitar kandang. Sebagai bentuk pencegahan bisa mengantungkan pada botol dikandang ayam milik sobat.

Menyebarkan Potongan Daun/Batang Sereh

Mengatasi serangan gurem ayam dengan metode herbal terakhir ini hanya menggunakan daun atau batang sereh. Meskipun dari tumbuhan yang dimanfaatkan untuk memasak daging dan sebagainya ternyata memiliki manfaat lain untuk unggas ternak.

Tips ini kami dapatkan atas dasar kawan didunia peternakan. Selain itu juga bisa diterapkan guna mencegah hama-hama kecil yang mengganggu ayam kita. Insyaallah sangat ampuh dan manjur, namun ya sesuaikan dengan luas dan kapasitas kandang sobat.

Jangan kelupaan untuk mengulangi beberapa kali supaya hasilnya lebih cepat dan cukup efisien beserta menjaga kenyamanan hewan & pemiliknya. Untuk selanjutnya kita akan mempelajari versi kimiawi.

Obat Gurem Ayam Medion

Cara Menghilangkan Gurem Ayam

Masih kurang yakin dengan metode alamiah? Tenang kami ada solusi lainnya bagi sobat dunia binatang guna mengatasi serangan gurem terlebih pada musim kemarau tiba.

Permasalahan ini sangat sering terjadi dinegara kita lantaran wilayah tropis. Aktivitas gurem tidur siang hari dan aktif dimalam hari. Kehidupannya bertangung pada menghisap darah ayam. Maka dari itu sangat beresiko ayam menjadi sakit hingga mengakibatkan kematian.

Jadi dari produk Medion telah mengeluarkan beberapa macam obat yang sangat ampuh untuk membasminya lebih cepat dan akurat. Daripada semakin penasaran apa saja serta manfaatnya, simak pemaparan dibawah ini :

Kututox-s

Produk yang pertama ini sudah terbukti untuk membasmi berbagai jenis hama baik ayam, kucing, anjing & burung. Setiap kemasannya berisi 60 gram dengan berupa serbuk yang bisa langsung ditebarkan atau dilarutkan air bersih untuk disemprotkan atau dimandikan pada hewan.

Obat ini cukup efektif guna memberantas caplak, kutu, parasit lainnya serta tinggi bankzat. Tarakaran yang sarankan ialah setiap 10 gram dicampurkan air sebanyak 0,5 liter. Setelah tercampur merata baru disemprotkan alas kandang beserta lingkungan sekitarnya.

Bedak Kututox-s

Selanjutnya yang kedua ini berupa bedak khusus kutu. Maka dari itu pemakaiannya cukup dengan menaburkan lalu diratakan pada sela-sela badan hewan ternak. Agar lebih maksimal ulangi setelah 10 hari pemakaian.

Setiap botolnya memiliki berat 150 gram. Bagi yang masih bingung pengguaan obat ini, sangat aman diperuntukkan pada kucing, anjing, kelinci, ayam dan unggas lainnya. Ingat, ikuti pedoman penggunaan obat yang tertera pada kemasan produknya.

Bila kutu sudah terlalu banyak pada badan ayam sebaiknya sobat melarutkannya 20 gram bedaknya dengan 1-2 liter air bersih. Lalu mandikan hingga basah kuyup, kemudian bilas lagi dnegan air kututox-s yang sudah dipersiapkan. Diamkan saja atau dijemur hingga kering, jangan bilas dengan air biasa.

Kututox-s Oral

Produk obat gurem ayam dari medion yang terakhir ini tersedia dalam larutan oral. Dimana sudah dibuktikan keampuhannya untuk mengatasi ektoparasit semacam capkal, tinggi dan tunggu unggas. Bahkan saat ini tersedia dengan pembasmi endoparasit cacing ayam, kambing, sapi dan domba.

Kelebihan penggunaan obat ini ialah sangat efektif membunuh kutu sampai 100% dan menurunkan tingkat kesakitan ayam semenjak pemberian obatnya. Daya kerja lebih luas dan maksimal serta bisa mengatasi infeksi ektoparasit atau endoparasit.

Aplikasinya sangat mudah sebab hanya dengan melarutkan ke dalam air bersih atau masak kemudian diberikan melalui air minum ayam. Bagaimana apakah metode ini sangat efisien dan sangat puas sobat dunia binatang? Kalau begitu kami sangat berterimakasih sekali karena informasi ini bermanfaat.

Tips Mencegah Gurem Pada Ayam

Cara Mencegah Gurem Ayam

Cara untuk mencegah adanya hama gurem pada hewan ternak kita yaitu dengan beberapa metode. Sehingga untuk meminimalisirnya sobat perlu mengetahui faktor pendukungnya. Apa saja dan bagaimana prosedurnya, ikuti penjelasan dibawah ini :

  • Membuatkan kandang khusus indukan bertelur & mengeram
  • Pastikan sirkulasi udara dan sinar matahari sudah sesuai prosedur
  • Persiapkan media alas kandang yang tidak lembab
  • Rutin membersihkan kandang, kotoran ayam
  • Menaburkan remasan kapur ajaib pada tempat pengeraman ayam
  • Memandikan dan menjemur ayam dengan terjadwal

Inysaallah bila metode diatas sudah sobat lakukan akan menjauhkan hama atau parasit hewan ternak mendekat. Terumatam gurem, sebab sebagian besar menyerang indukan yang sedang mengerami telur.

Demikianlah rangkaian informasi dari kami seputar asal usul gurem, semoga dengan adanya pemarapan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply