1097

โˆš Mengenal Ayam Australorp

Ayam australorp merupakan jenis ayam yang sangat terkenal sebagai penghasil telur dengan keunggulan mampu memproduksi telurnya dalam setahun sebanyak 300 butir. Dengan hal ini mengangkat kepopuleran ayam diseluruh jagat dunia kisaran tahun 1920.

Berdassarkan informasi kami ketahui bahwasannya ini sebagai kesuksesan dari delapan unggas ternak yang dibuat oleh Australia dan juga diakui oleh Australian Poultry Standards hingga saat ini.

Jadi bisa dikatakan bahwa ayam australorp hampir bertelur setiap hari. Sisi lain yang menjadikan keistimewaan pada unggas ini karena dapat dijadikan sumber genetik perkawinan silang dengan ayam kampung asli. Agar menghasilkan anakan jenis baru terbaik.

Asal Ayam Australorp

asal usul ayam australorp

Sejarah awal australorp asli digunakan dalam pengembangan dimana import dari inggris ke australia yakni Black Orpington yang dimiliki William Cook dan Joseph Partington. Ditahun 1890 hingga 1900-an dengan ayam Rhode Island Red.

Bahkan beberapa peternak lokal menggunakan stok ini dengan ayam persilangan minorca, langshan dan white leghorn sebagai bentuk peningkatan keunggulan utilitas orpington yang diimport. Tidak itu saja, karena ada laporan beberapa gen plymouth rock diterapkan.

Dalam periode pertama penekanan peternak ialah menembah fitur utilitas. Pada akhirnya sekarang ini hasil persilangan tersebut dikenal dengan sebutan ayam Australian Black Orpingtons (Austral-orp).

Asal mula pemberian nama (Australorp) sempat diselimuti dengan berbagai kontroversi. Kemudian diupayakan kesepatakan untuk mendapatkan persetujuan antar berbagai negara bagian sebagai standari nasional.

Lalu pada tahun 1919 muncul pernyataan yang sama persuasif dari Arthur Harwood. Yang mana merekomendasikan dengan nama “Australian Laying Orpingtons” diberi nama “Australs” dan huruf “orp” disarankan sebagai akhiran. Hal ini untuk menunjukkan breed utama dalam perkembangan unggas.

Kini klaim luar negeri lebih lanjut untuk nama datang dari W.Powell-Owen dari negara inggris yang merancang British Standard sebagai breed pada tahun 1921 sesudah import “Australian Utility Black Orpingtons”.

Akhirnya nama “Australorp” digunakan sedak awal tahun 1920-an ketika trah ayam ini diluncurkan secara internasional. Tahun 1929 adalah bagian teristimewa dari ayam australorp sebab diterima di standar kesempurnaan.

Ciri-Ciri Ayam Australorp

Ciri-Ciri ayam australorp

Adapun karakteristik yang dapat kita ketahui bersama dari ayam australorp yakni mempunyai 3 warna yang diakui oleh standar unggas australia. Seperti warna bulu hitam, biru dan putih. Sedangkan secara visualnya asutral-orp sebagai berikut ini :

  • Memiliki 3 jenis warna
  • Bentuk kepala kecil
  • Jengger berbentuk lurus tegak ramping dengan gerigi lima
  • Warna kulit keseluruhan putih
  • Mata, paruh, dan kaki hitam
  • Dada lebar
  • EKor rimbun seperti lekukan bulan sabit
  • Cuping merah
  • Bulu rimbun dan subur mengkilap gelap hijau kehitaman
  • Sayapnya dengan bulu yang melebar sesuai tubuh ayam
  • Telurnya berwarna coklat krem
  • Ayam jantan dewasa berbobot 3,2-4,1 kg dan betina 2,5-3,0 kg.

Selain informasi diatas bahwa klasifikasi warna putih sudah dicatat semenjak tahun 1949. Namun hal tersebut hanya diakui pada edisi kedua yaitu pada tahun 2011. Sedangkan di komunitas unggas Afrika Selatan mengakui empat warna jenis bulu baik splash, buff, wheaten laced dan golden.

Keistimewaan Ayam Australorp

Keunggulan ayam australorp

Kelebihan dari ayam australorp hitam adala mempunyai naluri baik dalam berkembang biak. Indukan biasanya akan membuang telur buruknya dan duduk disarang bersama telur terbaik hingga masanya menetas. Bahkan merawat anakannya sampai usia cukup dewasa.

Sebuah keunggulan lagi apabila sobat dunia binatang memelihara ayam jenis ini karena karakternya tenang dan damai. Alhasil sangat mungkin hidup berdampingan dalam satu atap kandang dengan ayam ras lainnya. Antara jantan pun tidak ada saling pertarungan diantara mereka entah yang mudah dan paling tertua.

Menurut informasi yang kami ketahui bahwa ayam australorp memiliki beberapa kelebihan utama. Oleh dari itu sobat dapat memetakan ketika mau mengambil pertimbangan dalam beternak ayam australorp.

  • Mudah adaptasi diberbagai wilayah negara berbeda
  • Ketangguhan dari beragam serangan penyakit
  • Produktivitas telur sangat tinggi sehingga cocok untuk usaha tambahan
  • Tidak memerlukan perawatan secara khusus karena mudah diberi makan
  • Ayam jinak dan tidak bertarung sesama ayam yang sudah dewasa
  • Mampu bertahan dengan baik walau suhu yang tiba-tiba dingin

Untuk kelemahan yang dimiliki ayam australorp import yakni ada beberapa yang patut sobat ketahui. Sebab tak semua ayam import memiliki keunggulan yang kami sampaikan diatas.

  • Biasanya lumayan mudah sakit karena berbeda dengan iklim dinegara aslinya
  • Ayam betina dewasa memerlukan waktu untuk kembali berkembang biak dengan baik
  • Harga dan ongkos kirimnya tidak murah
  • Resiko penipuan online
  • Mendapatkan ayam bukan aslinya alias sudah silangan
  • Resiko kematian pada masa perjalanan pengiriman ayam
  • Ayam yang dikirim bukan grade terbaik

Ya jadi bukan semudah yang kita bayangkan, karena ranah bisnis hewan bernyawa pasti memiliki resiko yang tidak sepele. Dengan hal ini alangkah baiknya sobat mencari dipembeli yang membreedingnya di Indonesia. Karena secara fisik anak ayamnya telah menyesuaikan kondisi lingkungan tanah air.

Harga Ayam Australorp

Berapa harga ayam australorp

Rate harga autralorp original sangat mahal dan sangat sedikit sekai yang diperjualbelikan. Karena ayam ini memiliki tipe dwiguna dimana dapat dimanfaatkan telur ataupun dagingnya. Akan tetapi seiring berjalannya waktu maka akan kalah dengan ayam kampung petelur karena dari FCR pakan lebih banyak. Kita ketahui bersama bahwa harga pakan ayam cepat sekali naiknya, alhasil membengkak dibiaya pakan ayam.

Maka dari itu sobat bisa mendapatkan bibit ayam australorp original atau hasil silangannya melalui media sosial. Seperti halnya grup facebook, marketplace dan youtube. Jadi mohon maaf sekali bila kami belum bisa memberikan informasi perihal harga jual beli ayam australorp baik telur dan DOC-nya.

Demikianlah rangkaian informasi kali ini yang dapat kami sampaikan kepada sobat dunia binatang seputar ayam australorp. Mudah-mudahan adanya penjelasan diatas bermanfaat untuk kita semuanya, sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply