5
166

โˆš Tumbuhan Penambah Stamina Ayam Aduan

Tumbuhan penambah stamina ayam aduan menjadi salah satu alternatif dalam memulihkan kondisi ayam yang kurang fit atau pasca bertarung. Selain dari rempah-rempah yang sering kita gunakan, ternyata ada tanaman yang dapat kita manfaatkan sebagai pemulihan stamina ayam.

Mungkin bagi sebagian sobat dunia binatang hal ini teramat langka dan sedikit yang mengetahuinya. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami berupaya memberikan informasi kepada sobat agar bertambah wawasan dalam perawatan ayam khususnya ayam laga.

Kita ketahui bersama bahwa stamina ayam bangkok merupakan kunci utama yang perlu diperhatikan dalam arena pertarungan. Sebetulnya dalam kesehariannya pun juga penting, sebagai contoh untuk ayam pemacek dan ayam remaja. Dimana keduanya saling membutuhkan stamina yang lebih agar tetap sehat dan bugar.

Jika waktu lusa kita sudah mempelajari mengenai manfaat gula merah, namun pada kesempatan kali ini akan mengupas dari tumbuhan yang memiliki banyak manfaat. Bagaimana keseruan dan detail cara pemberiannya, yuk simak penyampaian informasi dibawah ini.

Tumbuhan Penambah Stamina Ayam Aduan

Tanaman penambah stamina ayam aduan

Pemanfaatan tanaman herbal merupakan hal yang tidak lepas dari beternak ataupun memelihara ayam bangkok. Akan tetapi dalam penerapannya tumbuhan ini bisa diberikan kepada berbagai jenis ayam salah satu ayam kampung super. Maka dari itu sangat mendukung sekali untuk sobat sebagai pelaku ternak skala rumahan.

Selain digunakan untuk obat herbal pemberian tumbuhan ini bisa dikombinasikan dengan pakan ternak sehari-hari. Baik dipotong kecil-kecil atau diolah terlebih dahulu untuk diambil sarinya. Teruntuk sobat yang mau lebih hemat bisa dengan cara menjemurnya, alhasil diberikan pada ayam dengan kondisi kering.

Metode tersebut lebih mudah karena dapat disimpan dalam kurun waktu lama tanpa kita repot-repot mencari setiap hari tanaman penambah staminanya. Nah, daripada semakin pena yuk cek langsung daftarnya dibawah berikut :

Tumbuhan Daun Kelor

Memberikan pakan tambahan ayam pasca bertarung atau memulihkan kondisi fisik yang habis sakit dengan daun kelor ini sangat dianjurkan. Pasalnya kandungan gizi dan protein yang cukup tinggi dipercaya untuk memenuhi kebutuhan tubuh ayam aduan.

Khasiat daun kelor sudah menjadi hal umum bagi sebagian masyarakat dalam beternak ayam. Selain itu cara ini terus berlangsung dari mulut ke mulut, alhasil sudah tidak menjadi hal yang asing. Beberapa manfaat bagi ayam yakni menyuplai sumber stamina serta tenaga yang banyak.

Bahkan memberikan daun kelor ini bisa dengan cara serbuk atau utuh yang dicampurkan dengan pakan ayam aduan sobat. Pemanfaatan lainnya dalam dunia ternak ialah pengobatan luka baru ketika ayam habis bertarung atau luka sobek karena terlalu aktif didalam kandang.

Tidak hanya sekedar itu daun kelor juga dipercaya untuk mengatasi ayam kurang bergairah, menurunkan kolesterol jahat serta anti inflamasi. Untuk itu tiada salahnya kalau sobat memberikan daun kelor untuk campuran ransum pakan ayam sehari-hari.

Rumput Teki

Kemudian untuk rekomendasi yang kedua ada rumput teki, mungkin sekilas kita akan memberikan daun-daunnya? Salah besar sobat, karena yang akan digunakan yaitu umbinya. Tumbuhan penambah stamina ayam aduan ini sudah tidak diragukan lagi dengan khasiatnya.

Sebab dalam umbinya suket teki terdapat kandungan gizi yang sangat lengkap untuk menyuplai stamina tambahan bagi ayam. Untuk mendapatkannya kita tidak perlu mengeluarkan biaya, karena tanaman ini mudah ditemukan diarea pinggir jalan atau persawahan.

Ciri-ciri dari daunnya yakni daun segitiga dan tidak begitu tinggi dan panjang. Hanya saja untuk memperoleh umbinya sobat pandai memilih yang cukup tua. Pemberian suket teki juga dipercaya untuk mengkondisikan kebugaran ayam aduan rawatan serta pemacek.

Tumbuhan Daun Nangka

Tumbuhan yang ketiga ini cukup aneh bagi para penghobi, pasalnya jarang diaplikasikan oleh sebagian besar peternak ayam. Namun pada kenyataannya memiliki khasiat yang cukup kita ketahui bersama-sama.

Daun nangka memang sejatinya sudah ada dari zaman dahulu, akan tetapi keberadaannya dimanfaatkan sebagai pengobatan penyakit. Entah penyakit dalam atau luar juga dengan memberikan daun nangka.

Meskipun kedengarannya sangat aneh pada pengaplikasiannya cukup unik, karena cara pemberiannya dengan metode meremas daun nangka lalu dicampurkan dalam air yang ditempatkan pada suatu wadah. Lalu cukup dibalurkan merata pada bagian tubuh ayam aduan milik sobat.

Dengan cara inilah akan menyegarkan kembali kondisi fisik ayam ketika kurang fit. Karena kandungan air remasan daun nangka akan meregenasikan sel tubuh yang rusak akibat mengeluarkan tenaga yang ekstra. Selain itu juga menyembuhkan luka lebam atau sobekan akibat terkena pukulan dari musuhnya.

Buah Mengkudu

Buah mengkudu menjadi salah satu diantara tumbuhan penambah stamina ayam. Umumnya buah ini diolah terlebih dahulu untuk dijadikan jamu atau vitamin tradisional pada ayam peliharaan. Mungkin belum begitu banyak yang mengenal manfaat mengkudu ini.

Selain buahnya, daun mengkudu juga dapat dimanfaatkan untuk campuran pakan. Akan tetapi lebih baik memberikannya daun yang masih muda karena lebih mudah dipotong-potong kecil untuk campuran ransum pakan ayam aduan.

Contoh khasiat dari buah mengkudu diantaranya sebagai antibiotik, melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan stamina ayam. Bahkan juga dikenal sebagai jamu pencegah

Tumbuhan Daun Bayam

Rekomendasi yang terakhir ini sangat mudah untuk kita temui serta didapatkan. Tahukah sobat bahwa daun bayam ini ternyata bisa digunakan untuk menyuplai stamina pada ayam peliharaan anda?

Tumbuhan yang sering kita konsumsi menjadi sayur sop ini sesungguhnya dapat diberikan pada ayam. Karena kandungan zat besi ini sangat penting untuk menjaga kebugaran dan kesehatan ayam. Selain itu juga menjadikan ayam semakin kuat meskipun ayam sangat aktif.

Cara Memberikan Tumbuhan Penambah Stamina Ayam

Cara memberikan tumbuhan penambah stamina ayam

Cara pemberian tumbuhan guna meningkatkan stamina ataupun memulihkan ada beberapa metode yang dapat sobat lakukan. Sehingga akan memudahkan untuk memancing ayam bersedia mengkonsuminya baik berupa potongan kecil atau dioleh terlebih dahulu.

Apabila sobat ingin berkreasi lebih maka dapat dilakukan pengolahan dengan menjemurnya hingga kering lalu daunnya diremas menjadi potongan kecil dan baru dicampurkan dengan ransum pakan. Kemudian opsi lainnya adalah merebusnya untuk diambil air perasannya yang bisa diberikan dengan metode air minum ternak.

Metode memberikan tumbuhan lainnya pun dapat diinovasikan dengan membuat menjadi jamu ayam. Bahkan ada juga cara cukup unik yakni merendam tumbuhan lalu airnya digunakan untuk memandikan ataupun membasuh ayam milik sobat.

Maka dari itu pemberian tumbuhan bisa dibedakan dari jenis yang digunakan untuk memaksimalkan khasiat dari tanaman tersebut. Jadi tiada yang salah kalau memang menurut sobat cara yang dilakukan benar-benar ada dampak positifnya terhadap hewan peliharaan yang dirawat.

Demikianlah rangkaian informasi kali yang dapat kami sampaikan seputar tumbuhan penambah stamina ayam aduan. Mudah-mudahan dengan adanya penyampaian kami diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply