5
614

โˆš Manfaat Ulat Hongkong Untuk Ayam Aduan

Manfaat ulat hongkong untuk ayam aduan? Pernah sampai kepikiran tidak sih kalau memberikan larva kumbang satu ini memiliki berbagai khasiat terhadap hewan ternak khususnya ayam. Umumnya ulat ini diberikan pada burung kicau untuk menambah stamina dan daya agresifitas bertarung suara.

Tetapi dalam kesempatan kali ini cukup berbeda lantaran topik utamanya manfaat terhadap unggas ternak ayam hobi dan laga. Lalu apa yang akan berdampak positif untuk ayam? Tenang saja karena kami akan memberikan jawabannya secara lengkap dan detail.

Selain itu sobat tidak pusing guna mendapatkannya sebab ulat hongkong kini telah banyak dibudidayakan dan diperjual belikan toko pakan ternak. Bagaimana ini menjadi pilihan dibandingkan menu extra fooding lainnya? Jadi kandungan protein dan nutrisi yang terdapat ulat hongkong tinggi serta harga jualnya sangat terjangkau.

Cara Pemberian Ulat Hongkong Untuk Ayam

Tips pemberian ulat hongkong pada ayam

Tidak hanya menambah gairah ayam aduan saja ternyata beberapa pengalaman sesudah memberikan ulat hongkong terhadap anak ayam dan dewasa pun bisa menjadi solusi ketika musim pancaroba.

Kemudian takaran yang kami anjurkan kepada sobat binatang terkait dosis untuk anakan hingga dewasa pastinya berbeda. Maka oleh dari itu simak terus penjelasan dibawah berikut ini, supaya tidak ada salah faham perihal dosisnya.

  • Anak ayam usia 1-3 bulan diberikan 5-10 ekor
  • Ayam dewasa 20-30 ekor ulat hongkong

Dengan metode diatas ini sobat bisa mengatasi gejala sakit terhadap ayamnya dan bagus pula sebagai obat alternatif yang murah meriah dan minim resiko. Bahkan bisa menambah nafsu makan ayam yang tadinya batuk, pilek dan nampak lemas lesu.

Kandungan Ulat Hongkong Untuk Ayam Aduan

Kandungan ulat hongkong

Selanjutnya apa saja yang terkandung dalam ulat hongkong ini kok bisa menjadi anjuran pada anak ayam maupun ayam lancuran. Ya sudah daripada sobat semuanya semakin penasaran, inilah daftarnya :

  • Lemak kasar
  • Mineral
  • Protein kasar
  • Nitrogen non ekstrak

Efek Samping Ulat Hongkong

Jadi berbeda ya antara ulat hongkong dengan ulat jerman, meskipun sama-sama dari larva kumbang dan ukurannya lebih besar dari ulat hongkong. Bahwa ulat jerman tidak memberikan efek panas terhadap unggas ternak maupun burung.

Oleh hal demikian kami sampaikan bahwasannya pemberian dari ulat hongkong alangkah baiknya ketika saat cuaca dingin saja dan kondisi ayam sedikit terganggu kesehatannya. Bila mana ayam sudah membaik kesehatannya maka sobat kurangi dari jumlah pemberiannya.

Sebab beberapa dampak negatifnya yang sudah terjadi pada burung kicau ialah mengalami kebutaan, bulu rontok, katarak, terlalu galak dan birah. Nah setelah membaca informasi ini sobat memberikan kepada ayam kesayangannya lebih bagus dibatasi dengan sedimikian rupa ya.

Manfaat Ulat Hongkong Untuk Ayam Aduan

Khasiat ulat hongkong untuk ayam

Beranjak ke informasi utama kali ini, sobat akan mendapatkan manfaat dari pemberian ulat hongkong terhadap hewan ternak di rumah. Berikut akan kami lampirkan sedetail mungkin. Agar sobat bisa membagikan pengetahuan penting ini kepada kawan-kawan lainnya.

  • Menambah Daya Tahan Tubuh & Stamina

Ulat hongkong merupakan dalam kelompok pakan hewani yakni alias daging. Alhasil protein yang terkandungnya sangatlah tinggi. Adanya protein inilah bermanfaat dalam meregenerasi sel dalam badan dan menyuplai nutrisi sehingga ayam senantiasa dalam kondisi yang sehat dan berstamina penuh.

  • Meningkatkan Nafsu Makan Ayam

Ketika musim pancaroba umumnya ketika siang hari akan terasa sangat panas, akan tetapi malam hari Fmalah berubah dalam kondisi yang dingin. Umumnya kondisi cuaca ini sangat berbahaya terhadap hewan ternak khususnya ayam.

Dampaknya ayam kurang nafsu makan dan beresiko terkena penyakit. Sedangkan memberikan ulat hongkong dipercaya bisa mengatasi masalah semacam ini. Akan tetapi kembali untuk dosisnya sobat bisa membaca penjelasan diatas.

  • Menambah Bobot Ayam

Berikutnya khasiat pada ayam aduan lainnya yaitu mempercepat pertambahan bobot ayam. Kandungan ulat hongkong yang cukup lengkap juga bisa mengatasi ayam yang sulit gemuk.

Karena sudah banyak peternak yang menerapkan metode ini lantaran harga ulat hongkong murah dan prosesnya pun cepat. Maka dari itu sobat bisa merekomendasikan cara ini kepada para penghobi lainnya.

  • Nafsu Kawin Bertambah

Selanjutnya khasiat pemberian ulat hongkong pada ayam jago ini bisa menggairahkan kawin. Tips ini bisa dicoba teruntuk sobat yang menerapkan kawin duduk, apalagi bila tidak berpengalaman mau mengajarkan ayam pemacek muda.

Apabila kondisi birahi ayam masih biasa, cara menaikkannya sobat cukup memberikan secukupnya karena kalau terlalu banyak dampaknya malah panas pada tubuh ayam dan bisa berubah galak terhadap orang yang mendekatinya. Jadi tetap dalam takaran yang dibutuhkan ayam jagonya saja.

  • Memerdukan Suara Ayam Jago

Lalu manfaat ulat hongkong pun dapat memperbagus suara ayam. Nah dengan hal ini teruntuk sobat yang memelihara ayam pelung, ayam ketawa dan yang lainnya bisa memberikan ulat satu ini. Mungkin masih jarang yang menerapkan cara tersebut karena tidak populer dengan extra fooding pada umumnya.

  • Bermanfaat Kehangatan Pada Badan Ayam

Dikala musim penghujan tiba pastinya kelembapan kandang akan berubah signifikan, selain itu juga berbahaya pada anak ayam yang baru menetas hinggas lancuran. Untuk itu solusinya sobat bisa memberikan pakan tambahan dengan ulat hongkong.

Sebab dampak positif dari pakan hewani ini dapat menambah kehangatan tubuh ayam dengan waktu yang cepat dan singkat. Sobat bisa melatihnya perlahan-lahan agar terbiasa sama pakan tambahan.

  • Sumber Gizi Ayam Aduan

Kemudian yang terakhir khasiat pemberian ulat hongkong pada ayam yaitu sebagai sumber gizi. Terkadang permasalahan dari beternak ayam ialah pertumbuhan yang tidak merata.

Jadi ada ayam yang besar dan terdapat yang tertinggal bobot dan posturnya. Sehingga dengan sesekali memberikan ulat hongkong ini sebagai menu tambahan tiada salahnya.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan adanya pemaparan manfaat ulat hongkong untuk ayam aduan versi dunia binatang bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply