4
169

โˆš Manfaat Lempuyang untuk Ayam Aduan

Manfaat lempuyang untuk ayam aduan bukan menjadi rahasia lagi bagi masyarakat indonesia. Karena beberapa jenis rempah-rempah seperti kunyit, jahe dan daun serai sudah begitu mengental dalam praktik jamu tradisional.

Berdasarkan fakta yang kami ketahui ternyata masih ada tanaman obat-obatan yang juga sama ampuhnya untuk dijadikan ramuan herbal khususnya hewan peliharaan. Keberadaannya pun sering dimanfaatkan untuk kesehatan manusia, seperti menurunkan gula darah, menghambat sel kanker serta membasmi infeksi bakteri.

Mengingat khasiatnya cukup banyak oleh hal itu lempuyang digunakan dalam perawatan ayam aduan serta ayam komersil lainnya. Daripada sobat dunia binatang semakin penasaran, yuk simak baik-baik pemaparan dibawah berikut.

Nutrisi Tumbuhan Lempuyang

Kandungan nutrisi lempuyang

Lempuyang merupakan salah satu jenis rempah yang dalam kategori keluarga Zingiberaceae. Varietasnya kurang lebih ada 3 yakni lempuyang emprit/pahit (Zingiber Amaricanus BI) lempuyang wangi (Zingiber aromaticum Val) & Lempuyang gajah (Zingiber Zerumber SM). Ketiga jenisnya ini bisa dengan mudah dibedakan berdasarkan tampilannya.

Disisi keberagamannya ini semua varietas lempuyang sama-sama memiliki khasiat yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit. Maka dari itu tiada salahnya para botoh ayam senior menggunakan lempuyang dalam merawat ayam aduan sehari-hari.

Beberapa nutrisi yang kami ketahui dalam lempuyang diantaranya monoterpen, seskuiterpen dan senyawa fenolik. Jadi senyawa fenolik merupakan sejumlah senyawa utama yang terkandung dalam lempuyang. Bahkan terdapat senyawa bioaktif metabolites yang meliputi alkaloids, folifenol dan terpenes.

Rempah-rempah yang akan banyak manfaat ini ternyata masih ada kandungan seperti Caryophyllene zingiberene, hemulene dan zerumbone yang diperoleh dari minyak esensialnya.

Sementara menurut berbagai referensi ilmu ilmiah yang kami ketahui bahwa lempuyang gajah merupakan salah satu obat-obatang yang banyak manfaatnya dibandingkan lainnya. Maka dari itu tak heran keberadaan lempuyang varietas gajah paling sering dicari orang-orang.

Cara Membuat Jamu Lempuyang

Cara membuat jamu lempuyang ayam aduan

Meramu jamu adalah cara paling sederhana dalam memberikan vitamin atau obat bagi hewan ternak sebagai tambahan nutrisi selain dari pakan yang asal muasalnya bahan baku alami. Selain itu penelitian lebih lanjut juga dibutuhkan gunanya mengukur pengaruh dari pemberian jamu tersebut.

Untuk itu bagi sobat yang masih bingung mencari referensi pembuatan jamu yang berbahan dasar utama lempuyang ini bisa menambahkan beberapa bahan lain seperti jahe, kunyit dan madu serta gula aren/merah.

Cara membuatnya bisa menjadikan berupa jamu kering atau ekstrak yang nantinya bisa disimpan dalam waktu tertentu agar dapat diberikan dengan mudah tanpa membuatnya setiap hari.

Manfaat Lempuyang untuk Ayam Aduan

manfaat lempuyang untuk ayam aduan

Nah informasi ini memang ditunggu-tunggu oleh sobat dunia binatang. Namun sebelum itu apakah sobat pernah memberikan lempuyang kepada ayam peliharaan sobat selama ini? Jika belum mari kita ulas khasiat dari lempuyang untuk ayam aduan.

Salah satu lempuyang yang bisa sobat aplikasikan yakni dari varietas lempuyang gajah. Pasalnya sudah teruji manfaatnya dan beberapa kandungan semacam kadinen, arkurkumen, iasetilafzelin dan masih banyak lainnya. Langsung saja kita bahas manfaat dari pemberian lempuyang sebagai berikut.

  • Melawan infeksi bakteri ayam aduan
  • Memberikan energi pada ayam bangkok
  • Meningkatkan daya tahan
  • Menambah kekuatan fisik ayam ketika menerima pukulan lawan
  • Menjaga keseimbangan kesehatan dari ancaman penyakit mematikan
  • Memacu pertumbuhan bobot ayam selain dari pakan pokok
  • Produktivitas ayam betina semakin meningkat
  • Mencegah resiko kematian anakan ayam aduan
  • Meringkan nyeri persendian
  • Mengatasi peradangan ayam aduan

Jadi kalau dikupas sebetulnya banyak sekali manfaat lempuyang untuk ayam aduan. Namun hal yang mesti sobat ketahui bahwa pemberian lempuyang tetap kami anjurkan untuk ayam jenis lain seperti ayam broiler ayam petelur serta ayam kampung. Dengan hal ini tidak ada yang sia-sia kalau kita mau berusaha semaksimal mungkin.

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan kepada sobat semuanya. Mudah-mudahan dengan adanya keberagaman penyampaian diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply