4201

√ Cara Merawat Ayam Aduan Bangkok Dari Kecil Siap Adu

Cara merawat ayam aduan yang baik adalah memperhatikannya dari berbabagai aspek, sebagai contohnya kondisi lingkungannya, pakan dan kandangnya. Maka dari itu sering kali yang bingung untuk perawatan hariannya. Karena dipelihara untuk bertarung jelas membutuhkan asupan pakan yang berkualitas juga.

Dalam arena laga kontes maupun pro terkadang kita tak tau dari calon gandengannya. Jadi sebagai pencegahannya para penggemar ayam petarung memelihara ayam siapannya dengan perawatan cukup intensif dan tidak lepas dari pemberian vitamin untuk memacu kebutuhan nutrisinya.

Jika dinominalkan tentang hobi ini tidak ada habisnya, bahkan bisa mengalahkan dari makanan yang dikonsumsi pemiliknya. Tujuan utamanya agar ayam-nya bisa berlaga dengan maksimal bagaimanapun kualitas dan kuantitas musuhnya. Nah, pada artikel kali ini kita akan membasah detail terkait hal tersebut.

Cara Merawat Ayam Aduan Dari Kecil

Cara Merawat Ayam Aduan Dari Kecil

Bagaimana cara merawat ayam petarung menjadi handal dari sejak kecil. Pertama yang harus diketahui bila hasil membeli ialah kualitas pejantan dan induk betina-nya. Sebab walau sama-sama bagusnya tiada jaminan ke semua anakannya. Maka dari itu sebaiknya sobat mendatangkan anakan ayam yang benar-benar kualitas mutunya bagus.

Mungkin sobat kebingungan karena baru terjun ke ayam laga, biasanya anak ayam juara ini sering kali saling bertarung walaupun masih 1 bulanan. Untuk penanganannya sobat bisa cek disini.

Menyiapkan Kandang Yang Cukup

Tips perawatan yang pertama yaitu mempersiapkan kandang DOC, Kurungan Jemur, Box & Umbaran. Dari keempat tipe kandang ini insyaallah sudah cukup untuk mencukupi sobat dalam memelihara ayam bangkok dari kecil. Konteks kecilpun dapa diklasifikasi berdasarkan usianya, antara baru menetas, 2 minggu dan jementir.

Ketika ayam sudah dikandang maka jangan lupa memberikan penghangat berupa bolam kuning untuk menghangatkan anakan yang disapih dari indukannya. Jika tidak bisa menyebabkan pertumbuhan terlambat dan sakit-sakitan yang ujungnya kematian.

Selain itu sobat juga memperhatikan bahwa keamanan kandang harus dimaksimalkan. Karena seperti tikus, kucing dan hewan buas lainnya, sering menyerang anakan yang usianya dibawah 3 minggu. Jadi kami sarankan untuk dinding & alasnya dengan rapat. Andai diberikan sirkulasi udara sekiranya hewan tersebut tidak bisa masuk ke kandangnya.

Memberikan Asupan Pakan & Minuman

Kedua yakni memperhatikan kebutuhan nutrisi badan ayam. Karena anakan yang sobat pelihara maka kebutuhan protein untuk memacu pertumbuhan sangatlah penting. Apalagi dari minumnya usahakan jangan sampai telat untuk mengisi ulang.

Lalu makanan apa yang tepat diberikan ke anakan ayam aduan tersebut? Pemberian voer murni lah yang menurut kami paling bagus, sedangkan minumnya bisa diberi air yang masak/matang.

Upayakan anakan usia 0-1 bulan diberikan konstentrat yang mengandung protein minimal 20% agar pertumbuhan struktur tulang ayam dapat maksimal. Sesudah itu sobat bisa kombinasikan dengan bekatul dan tepung jagung guna memangkas pengeluaran pakannya.

Menjemur & Umbaran

Berikutnya yaitu sesekali memberikan waktu untuk menjemurnya bisa 20-30 menit saja dengan kurungan bulat agar ayam bisa kekipu/mandi tanah. Karena usianya dibawah 3 bulan sebaiknya jangan dimandikan dahulu.

Manfaat dari cara ini adalah ayam tetap sehat dan aktif gerak, sehingga dapat membantu percepatan pertumbuhan setiap anak ayam. Selain itu punggung ayam tidak miring ke salah satu saja karena kurang dijemur/terpapar sinar matahari.

Cara Mempercepat Pertumbuhan Ayam 4 Bulan

Ketika sudah memasuki usia 3 lebih biasanya ayam sudah mulai berganti bulu bulu dewasa. Tentu sudah mulai dipisahkan dengan seusianya yang sama, langkah ini bisa dijadikan untuk meminimalisir ayam saling mematok bulu yang tumbuh dan rusaknya bulu karena saling berdesak-desakan.

Selain itu juga dapat mulai dimandikan, jemur & memberikan vitamin untuk meningkatkan nafsu makan ayam tersebut. Dengan memisahkan ini juga sangat bagus supaya mempercepat pertumbuhan ayam yang menginjak usia dewasa. Bahkan dapat melihat perkembangan mental & nyali setiap ayam sobat tersebut.

Cara Merawat Ayam Jago Bangkok Muda

Cara Merawat Ayam Jago

Seperti yang kita ketahui bahwa merawat ayam bangkok muda super atau siap adu sebenarnya tetap masih mengaplikasikan beberapa cara. Bagi sobat yang bingung karena mental ayamnya menciut bahkan sama induk betina takut? Ya sudah tenang dulu, nih kami berikan solusinya berikut ini :

Menambah Menu Makanan Ayam

Menu Makanan Tambahan Ayam Aduan

Hal pertama yakni mengecek kondisi dari fisik ayamnya. Apabila dipegang ayam tersebut kurus kering dan pucat dipastikan karena sakit. Untuk oleh hal itu sobat memerlukan beberapa cara untuk mengatasinya.

Jadi cara merawatnya yakni dengan memberikan konsumsi pakan yang berkualitas untuk memulihkan kondisi fisiknya terlebih dahulu. Andaikan sudah selanjutnya yakni menambah menu pakannya, seperti beras merah, jagung, voer murni dan sebagainya.

Trik ini agar mengencangkan fisik ayam sehingga ayam akan lebih cepat jadi sebagai ayam laga yang berkualitas. Manfaatnya ayam tidak mudah ditumbangkan dan lebih terlihat gagahnya dihadapan lawan.

Memandikan Ayam Bangkok

Memandikan Ayam aduan

Walaupun ayam kondisi full box tidak ada jaminan juga tentang kebersihan dari berbagai kotorannya. Maka dari itu sebaiknya untuk menjaga kebugaran dan kesehatan bulu ayam sobat selalu dimandikan entah 2 kali seminggu jika tiada waktu selain hari libur bekerja.

Untuk waktu yang paling tepat memandikan yakni pagi hari kisaran jam 08.00 WIB. Alangkah baiknya jangan sembarangan menggunakan cairan yang terbuat dari bahan kimia sebab bisa merusak kandungan dalam kulit ayam sehingga dapat menyebabkan kesehatan ayam terganggu.

Menambah Jam Menjemur Ayam

Cara merawat ayam aduan muda

Kemudian perawatan yang ketiga yakni dengan menjemurnya bisa dipraktikkan sesudah dimandikan. Karena memang dipelihara dengan terbatas sehingga membutuhkan perawatan yang lebih dari pada yang diumbar bebas.

Selain itu waktu penjemur juga dapat ditempatkan kandang jemur tipe umbaran. Biasanya untuk membebaskan gerak ayam agar oto-otot badannya semakin bagus, alhasil sobat cukup memindahkannya ketika ayam sudah cukup dijemur.

Melatih Mental Ayam Aduan

Cara melatih mental ayam muda

 

Cara merawat ayam aduan untuk aspek mental bisa dengan melatihnya dengan kitter ayam betina atau dengan untulan. Teknik ini agar meningkatkan mentalnya semakin berkembang, sehingga digelanggang tidak takut dengan warna dan ayam yang lebih tua.

Tidak hanya itu manfaat yang akan sobat dapatkan. Dari kualitas nafasnya pun akan semakin meningkat cukup banyak. Sebab ayam akan terus memutari kurungan yang telah diisi ayam. Sehingga otot-otot kaki dan badan juga semakin kencang.

Memberikan Vitamin & Suplemen

memberikan vitamin ayam bangkok

Tidak hanya membutuhkan pakan pokok saja, ayam bangkok muda yang masuk rawatan juga sebaiknya diberikan berupa vitamin dan suplemen alami/obat supaya merah merona dan agresifitas semakin menjadi-jadi. Ketika ayam sudah seperti ini waktunya untuk menguji dilapangan.

Apabila badan ayam kurang vitamin pastinya tidak sebugar tersebut. Maka dari vitamin ini bisa mencukupi kebutuhan tubuh si ayam laga, apalagi dengan ditambahkan berupa potongan daging belut, kambing. Biasanya akan menjadi semakin ganas untuk menumbangkan lawannya.

Jadi dengan pemberian vitamin ini dapat memenuhi nutrisi bulu, otot, tulang dan organ dalam lainnya lebih maksimal. Bagi sobat yang bingung tujuan pemberian jamu/suplemen dan vitamin ya ini jawabannya.

Mengecek Perkembangan Tenaga & Pukulan

cara merawat tenaga ayam aduan

Tahap terakhir yaitu dengan menguji dari perkembangan tenaga dan pukulannya. Memang ayam yang baru turung ke arena laga masih cukup diperhatikan dari beberapa point contohnya pola bertarung dan tenaganya.

Untuk mengetahuinya sobat bisa langsung mencoba dengan untulan ayam yang sama-sama muda agar seimbang. Sehingga ayam yang sudah dirawat tidak akan lari tatkala terkena pukulan keras dari musuhnya. Sebagai penguatannya bisa diuji 1 air/ronde saja.

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan perihal cara merawat ayam aduan. Semoga dengan adanya pengetahuan baru ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply