1966

โˆš Manfaat Temu Ireng Untuk Ayam Aduan

Manfaat temu ireng untuk ayam aduan sangat luar biasa sekali, karena tanaman ini juga digunakan untuk bahan jamu bagi manusia. Kebiasaan masyarakat indonesia yang memanfaatkan tanaman sebagai media pengobatan dan ramuan tradisional meningkat daya tahan tubuh.

Selain bawag putih yang berkhasiat pada tubuh manusia, tanaman temu ireng menjadi bahan alami yang mudah untuk didapatkan maupun pengolahannya. Bahkan temu ireng termasuk dalam kategori empon-empon.

Rempah-rempah ini memiliki nama ilmiah Curcuma Aeruginosa yang banyak sekali digunakan untuk jamu. Walaupun memiliki sejuta manfaat dalam dunia kesehatan, ternyata tumbuhan ini memiliki rasa yang pahit. Sedangkan cara pemberian maupun manfaat temu ireng untuk ayam aduan sebagai berikut.

Cara Memberikan Temu Ireng Pada Ayam

Pemberian temu ireng yang tepat

Mengenai cara memberikan temu ireng ini sobat duniabinatang bisa dengan beberapa opsi. Jadi bisa diberikan berupa air perasan, jamu maupun dicampurkan ransum pakan ayam aduan. Karena tidak semuanya mengetahui metodenya, maka dari itu inisiatif team kami untuk menyampaikan cara memberikannya yang efektif.

Tips paling mudah dan sederhana yaitu sobat siapkan beberapa rimpang temu hitam kemudian cuci hingga bersih. Sesudah itu sobat haluskan dengan alat parutan maupun diblender. Jika sudah tambahkan air secukupnya dan peras sampai terpisahkan antara ampas dengan sarinya.

Kemudian sobat berikan pada ayam aduanya diminumkan atau menggunakan alat bantu spet supaya air perasan tidak terbuang sia-sia. Sementara untuk ayam yang banyak sobat dapat mencampurkan dengan ransum pakan ayam basah. Jadi yang biasanya menggunakan air bersih diganti sama parutan temu ireng yang sudah ditambahkan air secukupnya.

Pada alternatif kedua diatas ini memanfaatkan semua hasil parutan temu ireng. Sehingga antara ampas maupun sari temu hitam bisa dikonsumsi ayam dengan maksimal. Apabila sobat hendak meracik menjadi jamu temu ireng pun kami rekomendasikan, karena lebih awet dan menyetok ramuan dengan banyak.

Manfaat Temu Ireng Untuk Ayam Aduan

khasiat temu ireng untuk ayam

Temu ireng atau Curcuma Aeruginosa ini merupakan tumbuhan yang asalnya asli dari kawasan Asia Tenggara. Mesikipun biasanya mudah ditemukan pada area semak-semak temu hitam masih medominasi rempah-rempah yang memiliki beragam manfaat.

Menurut informasi yang team kami ketahui bahwasannya khasiat temu ireng untuk ayam ini ada berbagai manfaat. Jadi buka hanya 1-2 manfaat saja, supaya sobat lebih mudah mengetahuinya, simak saja daftar dibawah ini.

  • Digunakan untuk meningkatkan nafsu makan ayam peliharaan
  • Khasiat temu ireng untuk ayam aduan sebagai obat cacing
  • Kandungannya juga bisa untuk menjaga kesehatan tenggorokan ayam maupun menyembuhkan sakit ngorok/pilek
  • Manfaat temu ireng menjadikan sistem pencernaan ayam aduan menjadi lebih bersih dan sehat dari ancaman bakteri dari air minum maupun pakannya
  • Menjaga kesehatan kulit ayam
  • Mengatasi permasalahan ayam berupa malaria atau serangan gigitan nyamuk
  • Temu ireng berguna untuk menambah stamina ayam pasca mabung & abaran
  • Manfaat temu ireng juga bagus dalam pertumbuhan anak ayam untuk mencegah keterlambatan perkembangan diantara anakan ayam lainnya.

Efek Samping Temu Ireng

Efek samping temu ireng

Tidak hanya sekedar manfaat temu ireng yang harus kita ketahui, sebelum memberikanya dalam jumlah banyak alangkah baiknya juga mempelajari dampak dari penggunaan temu ireng entah berupa jamu atau olahannya.

Efek samping temu ireng yaitu memberikan rasa yang sangat pahit. Jadi kalau tidak ditambahkan dengan bahan yang lain bisa menimbulkan rasa pahit yang tak hilang-hilang. Dengan hal ini kami sampaikan efek dari temu ireng hanyalah rasa pahit jadi kalau mengkonsumsi jumlah banyak tetap aman bagi manusia maupun hewan ternak.

Demikianlah rangkaian informasi kali ini dari team duniabinatang seputar manfaat temu ireng untuk ayam aduan. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa memberikan manfaat bagi kita semuanya, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply