1
333

√ 4+ Cara Merawat Ayam Mangon Paling Efektif

Cara merawat ayam mangon itu gampang-gampang susah, apa sih yang sering membuat peternak gagal? Ya tentunya banyak faktor. Bagaimana agar merawat unggas ini tetap sehat dan cepat besar?

Berdasarkan pengalaman pribadi kami, faktor utama dalam beternak ayam sangat macam-macam. Salah satunya ialah kebersihan kandang dan sirkulasi udara? Coba sobat analisa apakah sependapat dengan kami. Namun disisi lain kualitas pakan dapat berpengaruh pula.

Jadi apabila salah satu perawatan ada yang keliru bisa berdampak kepada hewan yang dipelihara. Maka dari itu dari hal ini kita bisa belajar untuk memberikan perawatan yang terbaik, supaya ayam tetap sehat dan lebih cepat besar. Berikut tips merawat ayam mangon yang benar :

4 Cara Merawat Ayam Mangon Terbaik

cara merawat ayam mangon yang benar

https://www.instagram.com/dickylaksana96/

Sebelum membahas ke hal utama, kami mengingatkan bahwasanya setiap peternak mempunyai cara tersendiri baik pemberian pakan, obat dan vitamin. Tidak semua bisa diaplikasikan dengan hasil sama pula.

Pada artikel ini kami memberikan tips yang hampir semua peternak lakukan terhadap ayamnya di rumah, oleh hal itu mari kita simak penjelasan berikut ini :

Pakan Berkualitas

Pakan Berkualitas

Memberikan pakan yang terjamin menjadikan anakan ayam mangon lebih cepat besar dan sehat, hal ini bisa sobat aplikasikan ketika anak ayam baru menetas langsung disapih dari induknya. Kenapa disapih? Agar pakan lebih terkontrol, ruang gerak menjadi terbatas dan induk lebih cepat bertelur kembali.

Sedangkan untuk ayam dewasa jantan pastinya beda untuk pakan-nya apalagi yang untuk bertarung, secara umum peternak memberikan pakan voer 594, beras merah dan jagung. Jadi sesuaikan saja dengan kekuatan beli makanan dan metode perawatan-nya.

Kebersihan Kandang

Kebersihan Kandang

Selanjutnya adalah kondisi kandang harus bersih dari kotoran yang menumpuk, terutama sirkulasi udara cukup. Jika luas kandang sobat sangat lebar bisa nih membuatkan kandang umbaran juga. Sehingga otot kaki ayam menjadi lebih kuat.

Berdasarkan pengalaman kami, ayam yang tidak pernah turun dari box biasanya cenderung kaku cara berlajannya. Daripada sobat menyesal bagus nih untuk yang baru mau beternak.

Mandi & Jemur Ayam

Mandi & Jemur Ayam

Di usia berapa mangon bisa di jemur dan di mandikan? Kalau berjemur saja sih dari doc tidak masalah, hanya saja porsinya harus diketahui. Jika tidak bisa mati tuh ayam-nya sobat.

Usia dini yang bagus ayam untuk dimandikan ialah 3 bulan. Sebab di umur tersebut bulu-bulu sudah mulai berganti dari doc ke remaja. Dengan mandi dan jemur ini bulu-bulu menjadi tidak keriting, sehingga nampak halus dan mengkilap. Bahkan kemungkinan kutu bulu menjadi sangat minim.

Exstra Fooding

Pemberian makanan tambahan ini sangat bagus diberikan ke ayam jantan usia 4 bulan. Pada umur itu sudah beranjak menjadi dewasa, sebelum semuanya terlambat alangkah bagusnya dari umur 4 bulan.

Makanan tambahan yang bagus untuk kesehatan dan fisiknya apa min? Sobat dapat memberikan telur matang, madu, tomat, ataupun membeli yang siap saji.

Sangat banyak kok jenis exstra fooding atau jamu di toko pakan unggas terdekat. Insyaallah bila diterapkan ayam sobat sangat kecil presentase terkena penyakit.

Pelatihan Fisik

Pelatihan Fisik

Yang ke empat ini ialah latihan fisik. Iya benar dengan adanya latihan ayam mangon menjadi lebih kuat dari segi kuda-kuda, nafas dan tahan akan pukulan lawan.

Metode yang sering di lakukan para penghobi lainnya adalah dengan umbaran, renang, klitter (olahraga memutari kandang bulat). Cara ini sangat memakan waktu kita sebagai pemilik supaya ayam sesuai dengan yang kita inginkan.

Adapun yang menerapkan dengan cara bertarung sesama ayam yang sama-sama muda-nya.

Istirahat Yang Cukup

Terakhir yang kerap penghobi dilalaikan ialah memberikan istirahat yang cukup. Jika tidak bisa-bisa ayam menjadi sakit dan mati. Penanganan yang tepat ialah penjemuran selama 4-5 hari lalu hari ke 6 & 7 waktunya istirahat. Jadi biarkan saja didalam kandang.

Alhasil di hari ke 8 ayam benar-benar sudah fit dan tidak kecapean latihan fisik dan jemur. Ini berlaku untuk ayam dewasa jantan, bila anakan sebaiknya waktunya dikurangi ya sob.

Demikianlah rangkaian informasi tentang cara merawat ayam mangon supaya cepat besar dan sehat yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan tips ini bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply