249

√ Telur Ayam Kalkun | Cara Menetaskan, Manfaat & Harga

Telur Ayam Kalkun adalah salah satu yang berukuran besar dan kaya akan manfaat untuk dimakan. Selain itu ayam kalkun merupakan unggas yang mudah untuk di ternak baik skala rumahan dan bisnis nasional.

Keuntungan bisa dari dua jenis seperti kebutuhan konsumsi dan penetasan. Harga lebih ekonomis dan banyak gizi di dalamnya menjadikan banyak yang menyukai telurnya. Walaupun langka nutrisinya 4 kali lipat dibandingkan telur ayam biasa.

Bahkan peternak di Indonesia belum banyak seperti halnya ayam merah dan bebek. Sehingga membuka peluang siapa saja yang ingin menekuni peternakan kalkun. Peluangnya bisa dari penjualan daging, bulu, anakan dan telur. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini :

Ciri-Ciri Telur Ayam Kalkun

Ciri-Ciri Telur Ayam Kalkun

Ciri khas utama pada telur ini ialah berukuran besar kurang lebih 50% dibandingkan telur ayam pada umumnya. Jika sobat hendak membeli dan di tetaskan antara lain seperti dibawah ini :

  • Coklat muda disertai bintik-bintik hitam atau coklat tua
  • Ukuran 2-3 kali lipas dari telur ayam
  • Induk bertelur 10-14 butir
  • Usia pejantan dan betina tidak kurang dari 1 tahun
  • Tidak ada kecacatan pada telurnya seperti cangkang retak, lembek dan kuning telurnya 2 serta ada sebagian kulit yang tebalnya berbeda
  • Perbandingan 1 jantan dan 4 induk betina
  • Beratnya normal dengan kisaran 70-80 gram
  • Tidak mengeluarkan bau busuk dan jelas fertil
  • Jika lebih dari 5 hari lebih baik jangan ditetaskan sebab terlalu lama penyimpanan
  • Keadaan kulit bersih dari kotorannya
  • Rongga udara nampak jelas dan tak pindah pindah jika di teropong

Faktor Kualitas Telur

  1. Kesehatan induk terjamin
  2. Asupan nutrisi dan makanannya memenuhi syarat
  3. Perbandingan pejantan dan induk betina tidak lebih dari 1:4
  4. Menghindari dari perkawinan sedarah
  5. Umur baik jantan dan betina lebih dari 12 bulan

Kenapa kami tidak anjurkan perkawinan sedarah? Ini untuk memperkuat genetika anakan supaya ketika pergantian musim kekebalan terhadap penyakit sangat kuat. Setidaknya untuk perkawinan sedarah rentang 6 generasi. Atau lebih baik crossbreed.

Cara Menetaskan Telur Ayam Kalkun

Cara Menetaskan Telur Ayam Kalkun

Sebenarnya ada dua cara yang dapat sobat aplikasikan di rumah yakni secara alami dan menggunakan bantuan mesin penetas. supaya tidak bingung tahap-tahapannya, mari simak ulasan berikut ini :

Alami

Sebelum membuatkan sarang pastikan usia dan sudah siapkah sang induk untuk bertelur secara alami? Jika belum tambahkan makanan sebagai asupan guna meningkatkan kualitas telur-telurnya.

  • Menyiapkan pallet bekas buah atau ban mobil

Supaya bersih dari kotoran dan bakteri alangkah baiknya mencuci dahulu menggunakan desinfektan.

  • Alas Mengeram

Agar si kalkun betina merasakan nyaman dan aman dari binatang buas berikan seperti jerami yang kering supaya dijadikan alas untuk pengeraman.

  • Peletakan Sarang Bertelur

Peletakan ini sangat penting sebab bisa mempengaruhi tingkat tetasnya nanti, pastikan atapnya tidak bocor, aman dari binatang buas dan hama.

Jika 3 hal sudah diterapkan insyaallah induk betina yang sudah masuk usia produksi akan segera bertelur dan mengeram selama 28 hari hingga 1 bulan untuk menetaskan para telur yang di erami.

Mesin Penetas

Di zaman serba modern ini kita dituntut untuk berfikir terbuka dan luas. Nah dengan adanya mesin tetas telur tentunya membuat para peternak lebih cepat untuk menghasilkan anakan lebih banyak.

Adapun tipe mesin penetasan yakni versi otomatis dan manual. Perbedaan dari keduanya ialah proses bolak balik telurnya saja. Selain hal itu seleksi telur fertil harus ketat supaya tidak membuang waktu sia-sia saja.

Bagi sobat yang ingin menggunakan mesin sangat bagus bila membuat atau membeli yang otomatis sehingga waktu sobat lebih banyak untuk hal yang lainnya. Sistem seperti baik untuk bisnis ayam kalkun pedaging.

Manfaat Telur Kalkun

Manfaat Telur Kalkun

Manfaat Telur Kalkun

Tahukah kalian bahwa mengkonsumsi telur kalkun sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Walaupun tidak terkenal dengan telur lainnya, ternyata banyak manfaat yang jarang orang ketahui. Berikut ini ada beberapa contoh manfaat yang bisa sobat ketahui :

  • Rendah Lemak

Kandungan lemak pada telurnya sangat rendah. Jadi sangat cocok untuk kalian yang takut untuk gemuk.

  • Kaya Akan Protein

Protein yang ada pada setiap telur bermanfaat untuk perkembangan sel-sel tubuh dan otot. Sehingga regenerasi sel tubuh menjadi berkembang secara cepat. Bahkan memiliki peran penting guna memaksimalkan penyerapan nutrisi.

  • Menjaga Daya Tahan Tubuh

Banyaknya kandungan protein dan vitamin serta omega 3 & omega 6. Bukan hal umum lagi bahwa memakan telur kalkun menjadi daya tahan tubuh meningkat. Sehingga ketahanan tubuh terhadap penyakit lebih kuat.

Apalagi diberikan buat sarapan anak pasti pertumbuhan sangat seimbang dengan aktivitas yang tanpa mengenal waktu. Kecerdasan jadi berkembang pesat.

  • Non Kolesterol

Keistimewaan dari mengkonsumsi telur selanjutnya ialah termasuk kategori yang tidak mengandung kolesterol. Berbeda dengan kalkun bila kuning telur pada ayam kan mengandung kolesterol tinggi sehingga menghindari, namun telur kalkun malah sebaliknya.

Walaupun tetap ada kandungan kolesterol namun rendah, sehingga cocok bagi yang lagi diet atau program menurunkan berat badan.

  • Menambah Perkembangan Otak

Untuk kalian yang memiliki adek kecil ataupun anak yang usianya balita sampai 10 tahun memberikan telur kalkun adalah langkah yang sangat dianjurkan. Sebab manfaat yang akan didapatkan ialah menambah perkembangan otak anak menjadi cakap dan mudah menangkap informasi.

Dengan demikian ini ketika belajar disekolah lebih mudah memahami pelajaran dari guru-gurunya. Secara tidak langsung akan menambah kecerdasan anak kita semua. Demikianlah beberapa poin manfaat yang didapatkan bila sering mengkonsumsi telur kalkun.

Harga Telur Ayam Kalkun

Harga Telur Ayam Kalkun

Sudah dapat dipastikan harga diluar negeri sama nusantara jauh berbeda, apalagi negara amerika serikat disana bisa mencapai $ 2-3 per butir. Jika di rupiahkan sekitar 30.000-45.000 sangat lumayan mahal bukan.

Jadi biar lebih jelasnya kan ada telur tetas dan konsumsi ya? Apa bedanya kakak, yang tetas itu sudah masuk mesin tetas dan di erami induk. Sedangkan yang konsumsi belum masuk mesin tetas dengan rentang penyimpanan 5-7 hari saja. Adapun daftar harga antara lain sebagai berikut :

NomorJenis IndukanJenis TelurHarga
1.Black SpanishTetas/FertilRp. 30.000
2.Royal PalmTetas/FertilRp. 35.000
3.White HolandTetas/FertilRp. 35.000
4.-KonsumsiRp. 12.500
5.Kalkun BronzeKonsumsiRp. 30.000

Demikianlah rangkaian informasi seputar Telur Ayam Kalkun yang bisa kami sampaikan. Harga diatas ialah kami input dari online, jika teman-teman ada yang kurang berkenan bisa langsung berikan komentar yang positif. Sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply