3
549

√ Cara Mengobati Ayam Ngorok Parah

Cara mengobati ayam ngorok sudah menjadi makanan pokok dalam dunia peternakan, pasalnya dinegara kita ini memiliki iklim tropis dengan perubahan musim 2 kali setiap tahunnya. Ketika awal pergantian musim sering kali terjadi cuaca ektrim yang amat berbahaya terhadap hewan ternak salah satunya ayam.

Jadi dalam kesempatan yang baik ini kami akan memberikan penjelasan untuk menangani ayam yang ngorok secara efektif dan efisien. Supaya kekebalan tubuh ayam terus terjaga dan dapat perkembangbiak dengan baik. Maka dari itu sebagai peternak muda yang modern kita wajib mengetahui berbagai jenis obat-obatan entah herbal maupun kimiawi.

Lantas apa saja yang perlu diketahui dalam beternak ayam? Pertama ialah rawatan ayam, faktor pendukung berupa kandang, kebersihan, kualitas pakan dan materi yang dipelihara. Sebab kalau hal tersebut tidak saling sinergi kemungkinan besar ialah mudah terkena penyakit, pemasaran sulit, kualitas menurun dan aspek lainnya.

Maka dari itu jangan ketahui apa saja jenis penyakit yang sering menyerang ayam di nusantara ini. Ketika sudah memahami pastinya sobat akan berfikir bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Berikut akan kami perjelas lagi dalam penjelasan dibawah ini :

Penyebab Ayam Ngorok

Faktor ayam menjadi ngorok

Langkah pertama pengulasan topik kali ini ialah mendalami dari penyebabnya, sehingga identifikasi pengobatan paling terbaik bisa dipertimbangkan dari faktor utamanya. Selain itu menambah pengetahuan diri sobat dalam beternak ayam.

Salah satu penyebab yang menjadikan ayam ngorok ialah bakteri Haemophilus Paragallinarum. Bentuk dari bakteri tersebut berupa batang pelumorfik, non motil dan sifatnya gram negative.

Perlu sobat ketahui bahwa bakteri ini sangat berbahaya andai tidak segera ditangani. Hal ini lantaran cepatnya penyebaran penyakit ngorok baik dari kontak langsung dan tidak. Sehinngga bahaya bila tidak dipindahkan sebab bisa menular ke ayam lainnya dari kontak media pakan dan peralatan lainnya.

Meskipun angka kematiannya hanya 30% namun jika tidak diatasi dengan cepat sangat membahayakan ternakan sobat lainnya. Maka dari itu rawan sekali pada anakan ayam yang usianya dibawah 2 bulan. Berikut ini ada penjabaran terkait sebab ayam dapat ngorok :

Amoniak

Pada dasarnya kotoran ayam yang dihasilkan memiliki kadar yang bisa ditentukan oleh kotoran ayam tersebut. Ketika amoniak yang encer dan lembab sangat berpotensi menaikkan kadar amoniaknya, sehingga secara tidak langsung akan menguap ke kandang ayam lagi.

Karena uap tersebut dihirup oleh ayamnya menyebabkan iritasi pada saluran pernafasan, alhasil sel-sel permukaan saluran memudahkan penyakit berkembang lebih cepat. Bahkan kandang yang tidak rapat dan terkena air hujan memiliki resiko besar terhadap ayam mudah terkena penyakit ngorok dan sebagainya.

Perubahan Suhu & Cuaca

Penyebab kedua yakni dilandasi perubahan suhu yang sangat drastis sehingga tubuh ayam sangat susah mengontrolnya. Karena secara umum suhu yang paling baik untuk ayam ialah kisaran 25-28 derajat celcius dengan kelembapan 60-70%.

Jadi bila ayam sobat mudah sakit dan tidak bugar coba cek dulu suhu dan kelembapan kandangnya. Dikala suhu yang kurang mendukung secara otomatis akan menganggu fungsi sinus dan organ pernafasan ayam sobat.

Infeksi Penyakit

Terakhir faktor ayam ngorok bisa diklasifikasikan menjadi beberapa jenis. Meskipun sama-sama ngoroknya namun cara penanganannya berbeda-beda, adapun daftarnya seperti dibawah berikut :

  • ILT (Infeksius Laryngo Tracheitis) jenis penyakit yang menyerang pada bagian tubuh ayam terkhusus batang tenggorokan. Ciri yang bisa diketahui yakni sulitnya bernafas dengan paruh terbuka serta menjulurkan lehernya.
  • CRD & CRD Kompleks merupakan penyakit yang sering terjadi pada ayam namun tidak mematikan.
  • Korisa yaitu penyakit yang dikarenakan adanya bakteri Haemophilus Paragallinarum atau Avibacterium yang tanda gejala muka bengkak dan berair.
  • ND, IB & AI : penyakit yang menyerang ayam cukup mematikan namun bisa dikenali dengan ciri-ciri ngorok, kesulitan bernafas, mengeluarkan lendir dan batuk.

Cara Mengobati Ayam Ngorok

Cara Mengatasi Ayam Ngorok

Dalam beternak ayam pastinya kita melulu dengan soal cuan atau keuntungan saja, terkadang ada kalanya diuji dengan ayam sakit ngorok, kesulitan produktivitas, pembesaran & pemasaran hasil ternakan. Namun pembahasan kali ini kita kerucutkan pada pengobatan ayam, yang mana dikhususkan ayam ngorok.

Apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasinya? Jadi untuk pengobatan bisa menerapkan secara tradisional ataupun kimia, insyaallah kedua cara ini cukup ampuh dalam mengobati ayam yang sakit. Bahkan bahan-bahan yang digunakan mudah didapat. Berikut sudah kami rangkum seperti dibawah ini :

Jeruk Nipis

Tanpa sobat sadari bahwa jeruk nipis yang campur dengan kecap manis bisa mengobati ayam ngorok. Mungkin setahu selama ini hanya berlaku pada manusia saja. Resep tradisional ini sudah berjalan sangat lama sekali dan sangat ampuh.

Sedangkan untuk cara penggunaannya cukup memeras jeruk nipis dan ambil airnya kisaran satu sendok. Kemudian tambahkan kecap manis secukupnya saja dan bisa diminumkan atau spet ke ayam yang ngorok.

Belimbing Wuluh

Obat ayam ngorok ampuh ini dari buah juga yang sering kita sebut sebagai belimbing sayur yang ternyata memiliki manfaat dalam pengobatan ayam ngorok. Sedangkan cara memberikan pada ayam cukup dikorok dengan air hangat terlebih dahulu. Pastikan tenggorokannya hingga bersih.

Kemudian sobat ambil belimbing wuluh 1 buah yang telah ditekan dan berikan pada ayam. Kalau susah bisa dipotong menjadi beberapa bagian pula. Dosis anjuran kami 1 hari 1 kali setiap pagi, ulangi selama 3 hari hingga ayam sembuh total.

Daun Sirih

Selanjutnya pengobatan ketiga sobat bisa memakai daun sirih sebagai salah satu obat tradisional cukup efektif, bahkan herbal ini sudah familiar dikalangan peternak ayam. Agar ayam cepat sembuh dari ngorok caranya ambil 3-9 lembar daun sirih, lebih bagus lagi jika jenis daun sirih merah.

Rebuslah daun tersebut dengan air bersih 1 gelas. Setelah mendidih diamkan lalu saring air rebusan daun sirih dan campur 1 buah jeruk nipis. Cara memberikan ke ayam satu hari 2 kali yakni pagi dan sore, ulangi hingga ayam benar-benar pulih totalitas.

Trimezyn

Cara mengobati ayam ngorok ke empat yaitu menggunakan obat kimia yang sudah tersebar dipenjuru nusantara. Jadi obat ini sangat ampuh untuk mengatasi CRD, cekrek dan ngorok pada ayam. Selain hal tersebut bisa sebagai antisipasi guna memperkuat body ayam dari perkembangan penyakit yang menular.

Cara penggunaannya sudah ada dalam setiap bungkusnya, jadi memudahkan sobat untuk dosis anjuran paling baik. Umumnya anakan setengah atau 1 kapsul dalam satu hari dan diberikan 3 hari berturut-turut agar benar-benar membasmi sisa bakteri pada dalam tubuh ayam.

Tetra-Chlor

Obat ayam ampuh ke lima ini juga berupa kapsul yang mengandung antibiotik berspektrum luas, vitamin B kompleks, mineral dan lain-lainnya yang sangat bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan hewan ternak seperti ayam dan burung.

Tidak hanya ngorok saja jadi untuk menyembuhkan snot, berak hijau & kapur. Sedangkan dosis yang direkomendasikan penggunaannya adalah usia dibawah 2 bulan 1 hari 1 kapsul saja sedangkan yang selebihnya 2 kapsul. Anjuran pemakaian dilakukan 4-5 hari berurut-urut.

Doxyvet

Obat ayam CRD atau ngorok berikutnya bernama doxyvet yang merupakan dari produk Medion dan bentuk obatnya adalah serbuk yang telah dijual dengan kemasan terjangkau yakni 10 gram.

Doxyvet dipercaya dapat mengatasi gangguan pernapasan pada ayam dan ungggas lainnya. Dosis pengggunaannya yaitu 0,4 gram untuk bobot ayam 1 kg per hari. Sedangkan optimal pemakaian dilakukan secara berturut-turut selama 3 hari agar ayam cepat sembuh dan sehat kembali.

Tips Mengantisipasi Ayam Bangkok Ngorok

Cara Mengantisipasi Ayam Ngorok

Saran yang terbaik dalam meminimalisir ayam terkena penyakit CRD atau ngorok menurut versi dunia binatang ialah menjaga kebersihan kandang, sirkulasi udara yang cukup, jangan asal memberikan air minum dari air yang kotor/keruh, memberikan jamu & rawatan harian yang cukup. Namun hal ini tetap bisa terjadi pada ayam sobat kalau sistem kekebalan tubuhnya tidak bagus.

Sehingga paling efektif yaitu sesekali memberikan jamu atau suplemen pada ayam. Jika tidak memiliki uang yang cukup bisa menggantinya dengan daun pepaya, kunyit, daun singkong dan daun markisa. Insyaallah kalau perawatannya bagus hewan akan senantiasa sehat dan merah merona.

Iya jangan lupa hindari perkawinan ayam inbreed baik paling fatal ialah perkawinan satu tetasan. Maka dari itu bila ingin menerapkan inbreed belajarlah dengan peternak yang sudah berpengalaman untuk meminimalisir hal yang diinginkan.

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan untuk hari ini seputar cara mengobati ayam ngorok. Semoga dengan adanya penjelasan ini bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply