3734

โˆš Obat Ayam Manikan Paling Ampuh

Obat ayam manikan merupakan luka yang berdampak pada peradangan lidah dan tenggorokan ayam. Pastinya tak semua sobat dunia binatang berpengalaman dalam menanganinya. Oleh hal itu alangkah baiknya kita mengupas tuntas terkait manikan.

Dalam kesempatan yang baik ini kami akan menyampaikan informasi lebih detail perihal ayam manikan atau goham. Sebuah kewajiban kita sebagai pemilik ataupun perawat ayam bangkok tahu cara mengobatinya baik metode alami ataupun obat buatan pabrik.

Jika kita kaji lebih dalam sesungguhnya penyebab dari adanya bercak putih dalam rongga mulut ayam sangat beragam. Sebagai contohnya cacar basah candidiasis dan mikotoksikosis. Agar sobat semua semakin mengetahui secara rinci simak terus pemaparan dibawah berikut.

Ciri-Ciri Ayam Manikan

Ciri fisik ayam manikan

Bagaimana supaya mengetahui ayam kita terserang manikan? Apakah ada tanda-tandanya secara spesifik. Jangan panik, berikut ini ada beberapa tips agar sobat dunia binatang mengetahui dengan terperinci.

  • Area paruh ayam mengeluarkan lendir dan bau busuk pada mulutnya
  • Ayam sulit bernafas karena ngorok
  • Kepala menjadi agak mebiru ketika minum ataupun makan
  • Tenaga ayam mudah ngos-ngosan
  • Ketika berkokok suaranya berubah serak dan sangat pelan
  • Nafsu makan menurun
  • Terdapat bintik-bintik putih disekitar sisi mulut ataupun tenggorokan ayam
  • Pertumbuhan menjadi lambat

Penyebab Ayam Goham Bengkak

faktor ayam terkena goham

Faktor utama ayam mengalami goham amatlah banyak. Hal ini semestinya dijabarkan secara terperinci supaya mudah difahami dan dapat di antisipasi kedepannya. Maka dari itu rawatlah ayam kesayangan sobat dengan sepenuh hati dan jangan sampai meremehkan hal yang sekiranya sepele.

Mikotoksikosis

Penyebab manikan ayam yang pertama yaitu karena adanya racun yang diperoleh jamur. Munculnya bercak putih pada sisi mulut ayam dikarenakan T-2 toksin. Adanya bercak ini dilandasi jaringan yang rusak kemudian membentuk tukak berwarna putih kekuningan layaknya sariawan dibagian rongga bahkan lidah.

Gejala yang umumnya terjadi pada ayam menderita adalah pertumbuhan terhambat, penurunan produksi telur, penurunan nafsu makan, depresi dan gangguan pigmentasi kulit ayam.

Candidiasis

Kemudian yang kedua ini merupakan penyakit ayam yang difaktori infeksi jamur candida albacans. Salah satu adanya penyakit ini terjadi pada hewan ternak dalam kondisi immunosuppressive, atau dampak dari pemberian antibiotik yang panjang sehingga ada infeksi sekunder bakteri maupun kekurangan vitamin A.

Berdasarkan informasi yang kami ketahui gejala klinis kerap ditemukan yakni berupa gangguan pencernaan. Selain itu juga perubahan patologi anatomi yang khas yakni terbentuknya plak putih pada mukosa mulut hingga tembolok ayam.

Wet Pox

Wet pox atau cacar basah di latarbelakangi virus fowl fox. Cacar ayam terdapat 2 klasifikasi baik basah ataupun kering. Bentuk basah sendiri bisa diketahui adanya bercak putih kecil atau kekuningan diarea mukosa mulut, kerongkongan, tenggorokan dan laryng ayam. Dampak buruknya adalah sulit bernafas, nafsu makan menurun.

Apabila cacar ini dibiarkan tentunya akan sangat beresiko tinggi terhadap kesehatan ayam dan mungkin sekali semakin menebal serta sulit di obati. Sobat bisa mengatasinya dengan memberikan antibiotik berupa Neo medritil, proxan-S & Doctril. Sedangkan asupan vitamin dapat diberikan vita strong.

Penyebab Luka Leher Ayam

Lalu faktor dari manikan ayam sangat mungkin juga karena adanya luka pada leher ayam sobat. Biasanya timbul ini lantaran pada saat bertarung terkena serangan keras dari lawannya sehingga memicu luka dalam dan menjadi infeksi.

Selain itu juga karena faktor gatal pada tenggorokan ayam. Hal ini dapat terjadi apabila ketika membersikan dengan bulu ayam masih menyisakan kotoran atau darah yang menempel diarea mulut ataupun lidah ayam. Nah, oleh sebab itu cek dengan teliti bila ayam habis diadu. Agar tidak sampai membawa penyakit terhadap ayam bangkok sobat.

Cara Mengobati Ayam Manikan Parah

Obat ayam manikan parah

Obat ayam manikan bisa diaplikan dengan beragam cara entah dengan metode tradisional maupun obat yang diproduksi oleh pabrik. Rekomendasi ini ditujukan memberikan cara mengobati yang paling ampuh namun tidak ribet. Berikut tips menyembuhkan ayam goham atau manikan versi dunia binatang :

Obat Ayam Manikan Tradisional

Metode yang pertama ini dengan penerapan alami, yakni memanfaatkan bahan-bahan baku yang sering kita jumpai dan mudah untuk mendapatkannya. Berikut takaran dan langkah-langkahnya.

Bawang Putih & Jahe

  • Siapkan jahe dan bawang putih 1 biji saja
  • Lalu potong menjadi tipis-tipis lalu ambil 3 ruas dari setiap bahan tadi
  • Jika sudah, masukkan ke paruh ayam hingga benar-benar habis

Pemberian ini sangat efektif untuk menyembuhkan ayam. Jangan berikan dengan banyak, cukup seperlunya saja lalu disimpan untuk diberikan pada sore hari. Saran dari kami sobat memberi 2 kali dalam sehari yakni pagi dan sore sampai ayam sembuh.

Obat Manikan GOM Herbal

Pengobatan yang kedua ini masih alami hanya saja diproduksi oleh panca jaya dan atruan pemakaian adalah:

  • Mengoleskan pagi dan sore hari sampai ayam sembuh total
  • Dimasa penyembuhan tersebut ayam jangan sampai terkena sinar matahari alias sobat mandikan dan jemur.
  • Simpan obat herbal ini pada tempat yang sejuk.

Selain itu bisa juga diperuntukkan pada ayam sariawan atau luka di mulut sampai tenggorokan ayam. Inysaallah metode ini sudah terbukti efektif dan sangat ampuh memberantas infeksi dan jamur pada tubuh ayam bangkok.

Obat Ayam Manikan Modern

Andaikan dengan memberikan obat diatas tidak memberikan efek yang baik pada ayam peliharaan sobat. Tidak ada salahnya pula mengobati dengan cara yang modern. Jadi membeli diapotik atau toko pakan hewan ternak, berikut beberapa obat ayam yang dapat digunakan.

Goham Plus

Goham plus adalah obat untuk ayam yang menderita sakit sariawan atau goham. Indikasi dari pemberian obat ini adalah mengatasi infeksi pada salur pernafasan ayam. Mengeluarkan lendri yang menyumbat dan menyembuhkan bintik putih pada mukosa mulut ayam.

Cara pemakaiannya yakni dengan menetaskan 2 tetes sehari 3 kali dan dilakukan secara rutin selama 3-5 hari. Kemasan dari produk ini yakni 10 capsul atau sachet. Untuk menghindari hal tidak diinginkan maka jauhkan dari jangkauan anak-anak, makanan dan air minum hewan peliharaan sobat.

Sobat bisa mendapatkan obat ayam goham ini dengan mudah yakni membeli ditoko online apabila waktunya sangat padat kegiatan kerja. Ini sangat manfaat khususnya sobat yang lingkungannya jauh dari pusat perkotaan.

TC Mycin Obat Radang Ayam

Ayam sobat habis diadu dan kini terkena penyakit manikan sangat parah? Pasti masih kebingungan untuk mengobatinya bukan. Kami berikan solusinya nih agar ayamnya cepat sembuh dan sehat seperti sedia kala.

Nama obat ini TC Mycin yang sangat berkhasiat dalam mencegah dan mengobati infeksi tenggorokan ayam baik berupa sariawan ataupun manikan. Bahkan menuntaskan pertumbuhan jamur disekitar mulut ayam yang bisa memicu infeksi pada tenggorokan ayam.

Cara mengobatinya cukup mengoleskan bubuk pada bagian luka. Sedangkan pada infeksi tenggorokan ayam berikan 1-2 kapsul sehari dalam kurun waktu 3 hari. Tidak usah bingung sobat bisa membeli tc mycin ini di marketplace seperti shopee atau yang lainnya.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar obat ayam manikan. Semoga dengan adanya penjelasan diatas dapat bermanfaaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply