8
240

√ Manfaat Jahe Untuk Ayam Bangkok

Manfaat jahe untuk ayam bangkokΒ sangatlah beragam dan hal ini pun sudah menjadi salah satu obat-oabatan yang turun temurun dari peternak ayam terdahulu. Sebagian besar masyarakat nusantara telah menerapkan pemberian jahe sebagai meningkatkan kesehatan dan kualitas ayam laga.

Jahe adalah tanaman herbal yang sangat populer bagi semua kalangan masyarakat. Tanaman ini memang mudah dibudidayakan dan subur sekali diberbagai daerah yang berbeda-beda. Oleh karena itu jadi tidak heran akan kemanfaatan jahe sebagai ramuan tradisional untuk ayam peliharaan.

Apabila zaman dahulu jahe diberikan dengan bentuk murni, di era modern ini sudah lebih berkembang lagi kemasannya. Sebab ada yang berupa jahe bubuk dan jamu, alhasil menjadi salah satu peluang usaha dalam menekuni kebutuhan ternak.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penyampaian kepada sobat dunia binatang mengenai khasiat jahe untuk ayam. Jadi tidak hanya berlaku pada ayam bangkok, melainkan semua jenis ayam peliharaan yang diternak oleh masyarakat Indonesia. Langsung saja mari kita simak pemaparannya dibawah berikut.

Dosis Pemberian Jahe

Takaran jahe untuk ayam bangkok

Walaupun sifatnya herbal apabila penggunaan diatas sewajarnya pastinya akan memberikan efek yang tidak baik, hal ini pun berlaku pada manusia ataupun hewan ternak. Nah sebelum sampai kejadian pada ayam yang kita rawat alangkah baiknya mencegah dari dini.

Umumnya jahe digunakan sebagai bumbu masakan dapur dan sekaligus menjadi tanaman obat untuk menjaga kondisi fisik manusia. Lalu apa efek samping jika mengkonsumi jahe berlebihan pada tubuh?

Beberapa efek samping yang buruk terhadap manusia bisa bersiko iritasi kulit dan mata, merusak perut serta diare. Oleh sebab itu kami rekomendasikan memberikan dosis apabila hendak meningkatkan badan ayam menjadi hangat.

Dosis dari anak-anak yakni tidak lebih dari 2 mg/hari dan orang dewasa tak boleh melebihi dari 4 gram/hari. Kalkulasi yang diaplikasikan pada hewan ternak yaitu 1/2 atau 1/4 nya saja. Guna memudahkan sobat bisa menghitung populasi ayam dalam menakar pemberian jahenya.

Cara Memberikan Jahe Pada Ayam

Cara memberikan jahe pada ayam bangkok

Metode pemberian jahe untuk ayam terbagi menjadi m3 cara, sehingga para peternak bisa menyesuaikan apa yang sekiranya lebih maksimal kinerja jahe terhadap tubuh ayam. Nah dengan beberapa opsi ini tentunya memudahkan untuk memberikan jahe kepada ayam supaya mau mengkonsumsinya.

Apa saja opsi yang dapat kita lakukan agar ayam tetap sehat dan bugar atas pemberian jahe atau olahannya. Supaya mudah difahami oleh sobat dunia binatang semuanya, mari kita simak baik-baik daftar berikut ini :

Jahe diberikan Langsung pada Ayam Bangkok

Langkah pertama cara pemberian jahe untuk ayam adalah dengan memberikan langsung bisa dimemarkan atau diberikan utuh dengan seruas jari. Jika ingin ayam mudah mencernanya lebih baik dipotong kecil-kecil terlebih dahulu.

Jika ayam sobat belum terbiasa diberikan jahe maka bisa dengan memasukkan langsung atau dilatih diletakkan pada tempat makan ayam. Metode ini sangat cocok sekali untuk sobat yang tidak ingin repot-repot mengolah jahe menjadi serbuk atau jamu.

Dibuat Menjadi Jamu Ayam

Kemudian cara yang kedua ini sobat bisa berkreasi dengan mengolah jahe menjadi sebuah jamu yang mana telah dikombinasikan sama beberapa bahan lainnya. Pembuatannya bisa dengan menambahkan kunyit, madu, telur dan temulawak.

Supaya bahan jamu menjadi adonan sobat bisa menghaluskan lalu tambahkan air secukupnya dan dimasak hingga mengental. Opsi lainnya pun sangat bisa yakni tanpa menanak seluruh bahan tadi langsung diuleni.

Bila sudah tercampur rata sobat dapat membuat bulatan memanjang lalu langsung dijemur. Upayakan jamu dijemur hingga benar-benar kering agar bisa lebih awet dan tidak muncul jamur. Nah jika sudah selesai sobat bisa memberikan jamu dari jahe ini 2-3 kali dalam satu minggunya.

Mengolah Jahe Sebagai Air Rebusan/Perasan

Pemberian jahe yang ketiga ini juga simpel karena kita menggunakan air yang dimasak dengan campuran jahe sampai mendidih saja. Secara otomatis sari jahe lebih merata kesemua air yang sudah dimasak.

Agar air rebusan jahe ini dapat maksimal, kami rekomendasikan kepada sobat supaya memarkan jahe atau menghaluskan terlebih dahulu. Ketika sudah mendidih langsung bisa dicampurkan dengan ransum pakan.

Namun masih ada opsi yang lain cara memberikannya yakni menunggu sampai hangat kuku dan lalu tuangkan pada tempat air minum ayam. Cara semacam ini bisa dilakukan 2 kali seminggu untuk upaya menjaga kesehatan ayam dari kondisi lingkungan yang tidak bersahabat.

Kandungan Nutrisi Jahe

Bagi masyarakat umum lebih mengetahui bahwa jahe dapat menghangatkan badan ketika cuaca dingin ataupun hujan deras. Akan tetapi secara detailnya masih banyak yang belum mengetahui terkait kandungan ataupun nutrisi yang terdapat pada jahe.

Apakah hanya menjaga kesehatan saja penggunaan jahe terhadap manusia atau hewan ternak? Oleh maka dari itu supaya sobat dunia binatang semakin bertambah wawasan tentang nutrisinya. Jadi jangan skip tabel didibawah berikut ini.

Air78,89 gram
Karbohidrat17,77 gram
Protein1,82 gram
Kalori80 kcal
Serat Kasar1,7 gram
Glukosa1,7 gram
Lemak Kasar1,7 gram
Vitamin A, C, D, E5 mg
Vitamin B1(Thiamine) B3 (Niacin) B5 & B92-5%
Zat Besi5%
Kalsium2%
Phospor5%
Kalium9%
Seng (Zinc)4%
Sodium1%

Manfaat Jahe Untuk Ayam Bangkok

Manfaat jahe untuk ayam bangkok

Manfaat jahe untuk ayam aduan atau broiler cukup komplek, alhasil dapat digunakan sebagai media pengobatan atau menjaga stamina serta imun dari tubuh ayam yang kita pelihara.

Menanggapi pertanyaan dari sobat dunia binatang, maka akan kami sampaikan beberapa contoh khasiatnya. Sebelum itu, apakah sobat pernah memberikan jahe kepada ayam-ayamnya? Jika masih ragu yuk simak daftarnya yang sudah kami persiapkan dibawah ini.

  • Sebagai jamu menambah kuat nafas ayam
  • Pengobatan luka dalam dan luar ayam pasca bertarung
  • Obat radang ayam
  • Sistem pencernaan semakin sehat
  • Menurunkan bobot ayam secara alami
  • Memacu produktivitas ayam betina
  • Menetralkan suhu badan ayam
  • Mempercepat penyembuhan pembengkakan
  • Menghangatkan ayam dari lingkungan yang dingin

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan kepada sobat dunia binatang mengenai manfaat jahe untuk ayam bangkok. Semoga dengan adanya penyampaian kami diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply