4
1921

√ Obat Alami Dugal Ayam

Obat alami dugal ayam bisa ditangani dengan sesuai kondisi dan tingkat resiko penyakit tersebut. Oleh karena itu pastinya mengetahui dahulu penyebab dan letak dugal pada ayamnya. Jika bentuk penyakitnya masih cair atau encer, langkah pengobatannya dengan menyedot memakai alat suntik.

Akan tetapi pada kondisi dugal sudah mengeras, langkah yang efektif adalah dengan operasi supaya lebih cepat untuk mengangkat isi dugalnya. Namun ayam memerlukan istirahat yang cukup lama supaya pulih kembali menjadi normal.

Jadi dalam informasi kali ini kami akan menyampaikan penjelasan terkait dugal ayam yang merupakan penyakit asal muasalnya dari bekas luka yang tidak diobati dengan benar. Alhasil berubah pembengkakan. Sesudah itu terkontaminasi bakteri yang menjadi nanah didalam darah serta pengumpalan. Berikut sudah kami persiapkan untuk sobat semua untuk pengobatannya :

Obat Alami Dugal Ayam

Obat Alami Dugal Ayam Bangkok

Teruntuk sobat dunia binatang semuanya, kita tetap bisa mengaplikasikan media pengobatan secara alami akan tetapi harus melihat kondisi penyakit ayam tersebut. Gunanya adalah meminimalisir cidera yang fatal atau kecacatan hidup yang tidak bisa dimainkan pada gelanggang. Maka saran kami tetap melihat dari resikonya.

Sebagai makhluk hidup resiko memelihara hewan benyawa ialah kematian, oleh karena itu sudah sepantasnya kita mengambil tindakan yang cepat dan tepat. Sehingga resiko yang dipertimangkan bisa diatasi secara cermat, bukan asal-asalan. Jadi sobat bisa membaca lebih detail lagi terkait penanganannya :

Cara Menghilangkan Dugal di Kepala Ayam Bangkok

Tips pertama yang akan kita pelajari yaitu mengatasi benjolan pada kepala ayam. Umumnya hal ini disebabkan oleh luka yang dikarenakan terkena jalu, kuku jari atau patukan ayam. Karena penanganan yang kurang maksimal menjadikan benjolan, maka dari itu harus segera diatasi.

Benjolan yakni adanya gumpalan darah yang membeku atau menjadi nanah dan tidak bisa keluar secara alamiah. Jadi sobat untuk mengoperasi memerlukan prosedur yang tepat supaya infeksi ini tidak menjalar lebih dalam dan melebar. Ikuti langkah berikut ini :

  • Memastikan lukanya sudah mengering atau keras dan bisa dicek secara berkala.
  • Agar proses ini cepat untuk ditangani oleskan balsam setiap harinya. Kurang lebih akan memakan waktu 14 hari.
  • Apabila daging dan dugalnya sudah memisah baru bisa sobat lakukan pembedahan. Gunakan alat yang tajam dan steril agar tidak menimbulkan bakteri, pencet dan keluarkan dugal secara perlahan.
  • Setelah benar-benar bersih baru diberikan salep antiseptik atau alkohol 70% dan berikan obat dalam sebagai pendukung pemulihan. Jangan lupa jahit kembali supaya bekas lukanya bisa rapi.
  • Andaikan masih bengkak dan ada nanahnya jangan pernah dioperasi sebab bisa menyebabkan infeksi bertambah parah.
  • Jika ayam tersebut untuk laga, maka istirahatkan secara total dan sampai benar-benar pulih karena ayam bisa merasakan kesakitan pada bekas dugalnya.

Obat Alami Dugal Ayam Di Tenggorokan

Kemudian yang kedua ini cukup sensitif dan amat jarang terjadi, namun ada beberapa juga yang pernah mengalami hal tersebut. Sehingga bagaimana cara mengatasi yang tradisional atau alami?

Tenang dulu sobat, memang ketika ayam kesayangan sakit pasti rasanya sangat sedih dan ingin secepatnya mengobatinya. Tapi kita harus memperhatikan penyebab dan jenis penyakitnya. Untuk itu kami rekomendasikan menenangkan pikiran dan memindahkan ayam pada kandang yang memadahi.

Umumnya dugal pada tenggorokan atau leher ayam dikarenakan terkena serangan pukulan lawannya bisa juga lantaran jalu sehingga menimbulkan benjolan yang infeksi pada leher ayam. Kami ada dua metode obat alami yang dapat diaplikasikan, apa saja bahan dan penggunaaannya?

  • Bawang Putih

Meskipun ini dari bahan bumbu dapur alias campuran memasak sayur, namun bisa juga untuk menyembuhkan ayam seperti radang atau dugal ayam. Alhasil membantu pengobatan dari dalam badan ayam sebab ada senyawa asfilin yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh ayam yang sedang sakit.

  • Obat Alami Jahe

Memang yang satu ini sudah tidak diragukan manfaatnya untuk dikonsumsi manusia atau hewan ternak. Saking banyaknya dapat dijadikan media kesehatan, bahkan beberapa kasus lainnya dapat menyembuhkan penyakit ayam seperti nafsu makan, imun, pilek dan radang tenggorokan ayam.

Secara singkat bisa dideskripsikan beberapa obat-obatan diatas membantu atau mengobati dari sistem dalam. Agar lebih maksimal sobat perlu pengobatan dari luarnya baik berupa kimiawi atau herbal.

Cara Menghilangkan Benjolan di Dada Ayam Bangkok

Obat alami dugal ayam ketiga ini letaknya pada dada, sering kali para penghobi atau botoh ayam menyebutnya dugal air. Ketika diraba dengan tangan akan terasa empuk dan terdapati air yang tak bisa keluar. Nah ketika dikeluarkan air tersebut berupa cairan berwarna coklat.

Jadi ada beberapa metode yang bisa dilakukan sih meski tanpa operasi. Rekomendasi versi dunia binatang adalah ketika bisa diatasi secara mudah kenapa mesti dibedah. Maka oleh dari itu sebaiknya lakukan tahap-tahapannya seperti berikut.

  • Mengolesi Balsam

Balsam memang sejuta manfaat untuk ayam khususnya pengobatan dugal air yang ada pada dada. Sobat cukup mengoleskan secara merata dan rutin setiap hari sampai dugalnya mengempes serta mengecil. Karena fakta yang kerap terjadi yaitu akan sembuh ketika dilakukan secara rutin.

  • Kompres Air Hangat

Saran terbaik kedua yakni dengan mengompres dugal dada ayam sebagai pengobatannya. Tidak sekedar air hangat saja namun air yang sudah direbus dengan daun serai, garam & bawang putih.

Ketika sambil dikompres jangan lupa untuk diurut secara perlahan, ulangi hingga penyakitnya mengecil dan sembuh. Berdasarkan informasi yang kami ketahui bahwa campuran alami yang digunakan mengandung manfaat yang dipercaya dapat mengobati dugal ayam.

  • Operasi Dugal Dada Ayam

Pengobatan yang berikutnya ini hanya satu-satunya jalan setelah beberapa cara tidak bisa mengatasi sumber permasalahan. Sebelum melakukan pembedahan sobat harus mengetahui infeksi apakah cukup parah atau ringan. Jika betul mengharuskan metode operasi jangan lupa siapkan alat-alatnya.

Andaikan takut dan tidak tega sobat bisa membawanya ke dokter hewan terdekat supaya mendapatkan penanganan secara medisnya. Kurang lebihnya seperti demikian untuk mengatasi penyakit dugal air di dada ayam bangkok.

Cara Mengobati Dugal Ayam Kena Jalu

Terakhir pengobatan dugal ayam laga yang terkena jalu bisa dengan beberapa cara. Namun diatas sudah kita jelaskan terkait menggunakan balsam dan air hangat tidak lengkap jika tanpa obat-obatan yang tersedia toko online atau pakan. Bagaimana langkah-langkah serta nama obatnya, terus baca penjelasan berikut :

Obat ini bernama TOP 3 Suntik yang mampu mengobati beragam penyakit seperti bengkak akibat habis bertarung serta dugal dan luka pukulan jalu. Memang metode yang akan disampaikan agak berbeda, tapi manfaatnya untuk pengobatan sangat efektif.

Pengapliasiannya yaitu dengan suntikan 0,5 cc sekali perharinya dengan durasi penyuntikkan 3-5 hari. Harga satu botol kecil antara 70-90 ribu, cukup mahal dikarenakan import dari luar negeri. Untuk sobat dunia binatang maupun penghobi ayam lainnya bisa menggunakan obat ampuh ini sebagai media pengobatannya.

Bahaya Dugal Air Ayam

Bahaya Dugal Air Pada Ayam

Penyebab dugal air pada ayam secara umum faktornya perawatan yang kurang teliti dan maksimal. Bisa jadi juga karena banyaknya ayam sehingga kesulitan mengecek ayam satu persatu. Sedangkan beberapa kasus yang terjadi juga atas dasar cara merawat ayam habis bertarung. Alhasil dapat kita pastikan sebab luka akibat terkena jalu, cakar dan patuk musuhnya.

Apa bahaya ayam terkena penyakit dugal? Yang pasti ini adalah penyakit yang bentuknya benjolan dimana terdapat gumpalan darah mati serta nanah. Bila diperuntukkan laga akan pasti kesakitan dan lari dari arena laga. Untuk itu sebaiknya diobati sampai sembuh agar performa ayam bisa maksimal dan membanggakan tuannya.

Cara Mengatisipasi Dugal Ayam Bangkok

Tips Mengantisipasi Dugal Air pada ayam

Opsi untuk mengantisipasi terjadinya penyakit dugal terjadi pada ayam bangkok sobat bisa menerapkan beberapa cara. Dengan demikian insyaallah hal yang tak kita inginkan tak akan terjadi pada hewan ternak sobat. Berikut beberapa rekomendasi versi dunia binatang yang bisa dilakukan :

  • Menyediakan Kandang Box & Umbaran
  • Mengecek perkembangan ayam secara berkala
  • Memberikan pakan & jamu yang cukup
  • Menyediakan alat dan obat-obatan ayam yang memadahi
  • Mengecek ayam habis bertarung dengan detail serta penanganannya

Jika sudah mengaplikasikan semuanya pada ayam bangkoknya, kami pastikan presentase ayam sakit dugal sangat jarang sekali terjadi. Bagaimana menurut sobat, setuju dengan saran kami diatas? Jika kurang berkenan bisa meninggalkan komentar dibawah berikut ya, sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply