1057

โˆš Ayam Rhode Island Red

Ayam rhode island red atau (RIR) merupakan ayam hias yang memiliki keistimewaan sangat menawan. Akan tetapi keunggulan dari unggas ternak satu ini juga bisa dijadikan ayam pejantan guna menghasilkan DOC ayam kampung berkualitas tinggi.

Memang rhode island red bukan ayam lokal melainkan import dari negara amerika. Karena banyak kelebihannya tersebut menjadikan pertimbangan yang sangat cocok dalam meningkatkan kualitas mutu ayam kampung dengan metode perkawinan silang. Trik ini bertujuan memajukan peternak ayam yang menekuni bidang peternakan.

Sebab ayam kampung indonesia masih belum mencukupi permintaan pasar, maka dari dengan adanya persilangan ini tetap mempertahankan cita rasa daging namun pertumbuhan dan perkembangan dengan waktu lebih cepat. Namun pada kali ini kami akan memaparkan seputar ayam RIR saja, berikut informasi lengkapnya.

Sejarah Ayam Rhode Island Red

Asal Usul Ayam Rhode Island Red

Asal usul ayam RIR dari kepulauan rhode island negara Amerika Serikat yang dimana pertama kali dikembangkan di massachusetts kurang lebih pada tahun 1840-an. Selain itu merupakan salah satu ras ayam terpopuler di kalangan petani skala kecil dan menengah.

Kemunculannya lantaran perkawinan silang ayam yang berasal oriental seperti melayu dengan jenis leghorn coklat dari Italia. Memang dari awal ayam ini ditujukan dengan ganda yakni bisa dimanfaatkan daging maupun telurnya.

Kehadiran rhode island red di indonesia disambut dengan baik oleh peternak ataupun penghobi ayam. Walaupun sekarang ini harganya masih termasuk mahal, kemandirian pelaku ternak di nusantara sangat antusias, karena sangat berpeluang dalam mengembangkan hasil ternaknya baik berupa telur tetas, ayam kampung pedaging hingga jual beli indukannya.

Ciri-Ciri Rhode Island Red

Karakteristik ayam rhode island red

Kemudian untuk mengetahui karakteristik ayam rhode island red original sobat harus mengetahui secara detailnya. Sebagai contoh dari keseluruhan fisiknya, nah agar tidak bingung berikut akan kami lampirkan ciri-ciri fisik ayam RIR.

  • Memiliki warna bulu merah yang berkilauan hampir condong ke hitam
  • Ekornya dominan warna hitam
  • Jenggernya ada yang tunggal dan sisir mawar
  • Ciri mata merah orange
  • Paruh coklat kemerahan
  • Kaki berwarna kuning dan beberapa lainnya warnanya merah di sisi betis maupun jari kaki
  • Ukuran badan RIR ini sedang
  • Mempunyai sifat tenang dan aktivitas lambat
  • Ayam akan bertelur setelah memasuki usia 6-7 bulan
  • Warna telurnya coklat terang dengan jumlah produksi telur 200-300 butir per tahun setiap ekor.

Perlu sobat ketahui bahwa ayam RIR juga tergolong ayam legendaris yang menjadi cikal bakal dari berbagai galur ayam modern. Sebagai contohnya ayam tipe petelur yang kerap kita konsumsi, ISA Brown, Lohmann Brown & Golden Comet ketiga ini berasal dari hasil persilangannya.

Kelebihan Ayam Rhode Island Red

keistimewaan ayam rir

Keunggulan dari ayam RIR sangatlah banyak khususnya bagi peternak ayam kampung mandiri di tanah air. Dengan kehadirannya ini memberikan dampak positif terhadap perkembangan ternak. Jadi untuk pelaku ternak harus berani berkreasi melalui metode perkawinan silang. Selain itu juga harus membuat planning agar tolak ukur keberhasilan bisa di perhitungkan.

Jika berbicara kelebihan dari ayam RIR ini apa sih yang bisa kita petik untuk yang mau memeliharannya? Tenang dulu karena ada dua sudut pandang yang harus kita ketahui sama-sama. Pertama dari yang mau menangkarkan mempertahankan originalnya kemudian ada pula yang memelihara untuk mengangkat kualitas ayam kampung di indonesia. Berikut ini ada beberapa contoh perihal keistimewaan dari ayam rhode island red versi dunia binatang.

  • Produktivitas telur tinggi
  • Tahan akan berbagai penyakit
  • Ayam mudah beradaptasi di lingkungan baru
  • Cita rasa daging lembut dan rasanya sangat lezat serta ukurannya cukup besar
  • Bisa dijadikan ayam perkawinan silang dengan jenis ayam kampung lokal
  • Sifatnya yang tenang dan pergerakan lambat
  • Harga jual beli ayam rhode island res dominan stabil

Setelah mengetahui dari keunggulan dari ayam satu ini, rasanya tidak lengkap bila tidak tahu perihal kelemahannya. Salah satu hal yang kerap dipertimbangkan oleh pelaku ternak yaitu ayam import biasanya belum bisa menyesuaikan iklim sehingga cukup mudah terkena sakit.

Bahkan harganya pun relatif tinggi menyebabkan modal yang besar belum lagi dengan resiko kematian ayam. Sedangkan untuk mendapatkan keturunan asli di indonesia anakan usia 1-2 bulan bisa mencapai 500.000-1.000.000 per pasangnya.

Daftar Harga Ayam Rhode Island Red

Harga Ayam RIR

Berapakah harga sekarang ini untuk telur tetas hingga ayam dewasa rhode island red siap produksi setiap pasangnya? Jadi untuk harganya sangat beragam tergantung dari keaslian dan kesepakatan dengan pihak penjual. Supaya sobat dunia binatang semakin faham akan rate-nya, maka akan kami sampaikan daftarnya dibawah ini.

NomorAyam Rhode Island RedHarga Ayam Rhode Island Red
1.Telur Tetas Ayam RIR OriginalRp.20.000/Butir
2.Telur Tetas Gen Rhode Island RedRp.10.000/Ekor
3.DOC Ayam Rhode Island RedRp.25.000
4.Ayam Rhode Island Red 1-2 bulanRp.35.000-100.000/Ekor
5.Ayam Rhode Island Red Jantan 4-5 BulanRp.250.000-300.000/Ekor
6.Ayam Rhode Island Red Betina 4-5 bulanRp.250.000/Ekor
7.Ayam Rhode Island Red Import Siap ProduksiRp.500.000-1.000.000/Ekor
8.1 Paket Ternak Ayam Rhode Island RedRp.2.000.000-3.500.000

Data harga diatas tersebut merupakan saat pembuatan artikel, maka dari itu bisa berubah sewaktu-waktu sesuai keadaan langsungnya. Penyebab nilai jual yang menurun kurang lebih karena banyak stock ayam namun daya serap ke pembeli sedikit. Oleh sebab itu bila sobat ingin stabil, tentunya sobat pandai dalam melakukan persilangan agar nilai jualnya bisa lebih banyak daripada mempertahankan kemurnian gen tetapi tidak ada peminatnya.

Itulah sedikit informasi dari kami yang dapat disampaikan. Semoga dengan adanya pemaparan tersebut bisa bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply