6
158

√ Ayam Bekisar : Sejarah, Jenis, Jumlah Populasi, Cara Merawat & Penilaian

Ayam Bekisar adalah jenis strain baru yang dihasilkan karena perkawinan silang. Dengan adanya peciptaan ini sangat disambut baik oleh pecinta ayam hias Nusantara. Bagaimana tidak selain keindahan bulu dan suara pun sangat cocok dijadikan hewan peliharaan bagi masyarakat.

Bahkan keunikan dan keindahannya juga dikembangkan dalam perlombaan guna menjaga kelestarian serta stabilitas nilai jual ayam bekisar. Sehingga tidak heran dalam dunia hobi sering kali harganya tidak masuk akal bagi orang yang tidak tahu.

Maka oleh hal itu, dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi seputar ayam hias yang unik satu ini. Untuk lebih detailnya mari kita simak penjelasan dibawah ini dengan cermat :

Apa Itu Ayam Bekisar?

sejarah ayam bekisar

Ayam bekisar yaitu hasil kawin silang antara ayam hutan dengan ayam kampung yang kemudian menetaskan telur yang akhirnya disebut bekisar. Sejarah awal hewan peliharaan ini yakni dibudidayakan di wilayah kangean, sumenep Madura. Bahkan unggas ini diabadikan sebagai maskotnya provinsi jawa timur.

Sedangkan dari catatatn sejarah lainnya yang beredari di masyarakat bahwa pemberian/penyebutam nama ayam ini diambil dari putra keturunan raja mataram yang dahulu kala diasingkan ke Madura yakni bernama Bekisar.

Pada masa pengasingannya tuan bekisar melakukan uji coba dengan mengawinkan silang antara pejantan ayam hutan asli dengan induk betina ayam kampung lokal. Karena pengembangannya semakin banyak, alhasil ayam ini diberikan atas nama bapak tersebut yang hinggas saat ini kita kenali dengan ayam bekisar.

Ciri Fisik Ayam Bekisar

Ciri Fisik Ayam Bekisar Super

 

Agar sobat semuanya lebih mengetahui dengan detail untuk pemaparan selanjutnya yaitu mengenali dari segi ciri-ciri khsus. Setidaknya pengetahuan yang akan didapat berdasarkan fisik dan suara berkokoknya, antara lain sebagai berikut :

  • Memiliki ukuran badan lebih kecil dari pada ayam kampung jantan namun lebih besar dari pejantan/pacek (ayam hutan hijau).
  • Suara berkokok dua ketukan atau dengan nada o e ooee, terdapat juga nada yang pendek maupun panjang dan menimbulkan suara lantang tapi tidak kasar.
  • Warna bulunya lebih dari 2 warna dan mengkilap
  • Karakter bulu pada bagian lehernya ujungnya tidak lancip namun bulat atau lonjong
  • Rata-rata bobotnya kurang dari 2 kg
  • Sebagian besar mandul, meski dari beberapa kasus yang beredar bila dikawinkan dengan jenis lain dapat menghasilkan keturunan lagi.
  • Generasinya tidak bisa dipatenkan

Jenis Ayam Bekisar

Jenis Ayam Bekisar

Perkembangan ayam ini di tanah air sangat pesat sehingga memunculkan jenis baru yang menjadi ciri khas tertentu baik dari segi fisik, warna bulu, suara dan gestur badannya. Berikut beberapa daftar yang kami ketahui untuk sobat semua :

  • Gallus Aenus

Karakteristik unggas satu ini yaitu mempunyai jengger yang bergerigi 8 namun kecil dan ukuran pial sedang. Sedangkan untuk warna bulunya pada bagian atas ungu dan plisir kuning emas.

  • Gallus Temminckii

Ciri fisik salah satu jenis bekisar ini adalah berjengger 6 bergerigi dengan perpaduan pial berwarna jambu. Bahkan warna bulunya merah mengkilap dengan penyempurnaan berplisir merah kecoklatan.

  • Gallus Violaceus

Secara fisiknya terdapat jengger dengan model gerigi yang bagus dengan pila yang berukuran sedang. Untuk dari segi corak bulu yaitu ungu dengan permukaan yang sangat halus serta mengkilap.

  • Bekisar Cemani/Hitam (Bekicem)

jenis ayam bekicem

Seperti halnya ayam bekisar umumnya, akan tetapi dari aspek warna bulu lebih mendominasi genetik induknya yakni hitam legam namun mengkilap agak kehijauan. Untuk informasi saja ini bukan hasil dari perkawinan antara ayam kedu dengan ayam hutan ya sobat semua.

Ciri fisiknya memang sangat menawan yang berupa warna hitam polos sebagai dasarnya namun terdapat pola bulu yang mengkilap yang terdapat pada ayam hutan. Bahkan dari paruh hingga kakinya pun hitam.

  • Bekisar Multi Warna (Solo)

bekisar multi warna solo

Mungkin karena banyaknya eksperimen antara ayam hutan hijau dan jenis ayam import sehingga menghasilkan jenis ini. Karena secara fisiknya memiliki pola warna yang banyak dan menjadi ciri khas utamanya.

Perlu sobat ketahui multi warna ini juga disebab perkawinan silang dari induk betina ayam kampung berbagai warna seperti abu-abu, kuning, coklat, merah dan masih banyak lainnya.

  • Bekisar Putih Jogja (Bekiput)

ayam bekisar putih

Hasil dari eksperimen selanjutnya akhirnya melahirkan strain berkisar baru dengan warna bulu sangat unik dan menarik. Bahkan para penghobi juga banyak yang menyebutnya dengan bekisar joga atau bekiput.

Hal ini tak lepas dari awal mula pengembangbiakan yang dilakukan di Yogyakarta. Sejarah induknya betina juga ayam kampung lokal berwarna putih. Sebab prosesi pemurnian yang memakan waktu yang sangat lama, alhasil biasanya juga harganya lebih mahal dengan jenis lainnya.

Ciri-ciri dari bekiput ini adalah memiliki warna bulu putih yang polos, kaki semu putih dan jengger merah bentuknya besar.

  • Bekisar Pulau Kangean

Ayam Bekisar Kangean Asli

Seperti yang kita ketahui bahwa asal mula kepopuleran ayam hias asli Indonesia ini berawal dari pulau kangean sumunep madura. Sehingga kini menjadi inspirasi dan crossbred oleh pecinta bekisar lainnya.

Dari dasarnya unggas ini dibentuk dengan induk betina dari satu macam warna bulu seperti kuning, kelabu, merah dan hitam. Sehingga melahirkan perpaduan warna yang tidak begitu banyak, tentunya memudahkan penghobi untuk mengenalinya.

Jumlah Populasi Ayam Bekisar Saat Ini

Jumlah Populasi Ayam Bekisar Sekarang

Tidak seperti ayam yang biasa kita pelihara baik ayam hias, bangkok, kampung ataupun strain petelur lainnya. Menurut informasi kami ketahui bahwa hasil crossbreed ayam bekisar tidak dapat dipertahankan/paten. Mengapa bisa demikian? Salah satu penyebab utamanya yaitu karena hanya didapat 1 generasi saja atau yang sering disebut dalam dunia ternak F1 saja.

Oleh hal demikian, bila sobat ingin menekuni dan mengembangkannya maka harus mempunyai pacek/pejantan ayam hutan hijau dan induk betina ayam kampung asli. Karena memang ayam ini tidak dapat dikembangkan lagi, alhasil sobat bisa mencari alternatif menyiapkan induk betina banyak.

Agak membingungkan juga untuk menjelaskan secara teorinya kami. Begini saja supaya mudah difahami sobat semua. Karena yang diminati dan dicari penghobi utamanya adalah suara kokoknya. Selain itu starndar suara khasnya cuma dapat dihasilkan dari generasi F1 saja.

Sehingga opsi yang masuk akal yaitu mengembalikan gen F1 dengan dikawinkan induk betina ayam hutan hijau. Mungkin dari segi suara masih bagus, sebab butuh pendalaman juga guna menghasilkan dari segi warna bulu dan suara yang berkualitas.

Tentunya hal ini juga menjadikan kelangkaan jumlah ayam bekisar sebab sulitnya perkembangbiakannya untuk mendapatkan keturunannya yang bagus. Sedangkan untuk jumlah populasinya saat ini diperkirakan 1.000 ekor lebih. Namun secara pasti kami belum mengetahuinya. Bahkan mengetahui F1 saja jumlah total sangat sulit.

Cara Merawat Ayam Bekisar

perawatan ayam bekisar

Tidak diragukan lagi para peminat & pemelihara ayam bekisar ini di Indonesia, bahkan juga sudah ada komunitasnya disetiap daerah. Dengan adanya wadah ini sangat bagus untuk mengembangkan dan media tukar pengetahuan sesama penghobi.

Sebab tidak semuanya penggemarnya memiliki ilmu pengetahuan untuk merawatnya. Maka dari itu, mungkin dari rekomendasi kami yang sobat wajib ketahui dan diaplikasikan sebagai berikut :

  • Menyiapkan Kandang

Kandang adalah komponen utama yang tidak bisa dianggap selepe dalam memelihara dan perawatan ayam. Setidaknya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis untuk fungsinya.

Sebagai contohnya yaitu kandang jemur, latihan dan perkembangbiakkan. Ketiganya memiliki manfaat yang berbeda-beda dan sangat kami rekomendasikan guna menjaga kesehatan ayam. Terkadang hal seperti ini banyak dilupakan oleh para penghobi lantaran keinginan untuk memiliki ayam bekisar.

  • Memberikan Pakan Sesuai Kebutuhannya

Setiap usia ayam mempunyai kebutuhan pakan yang berbeda-beda. Adapun cara yang terbaik untuk menjaga kualitas suara kokok ayam bekisar tetap bagus, yakni dengan memberikan asupan pakan secukupnya. Alangkah baiknya sobat campurkan seperti madu, voer, beras merah dan jagung.

Bahkan sebagai menu tambahan bisa diberikan kepada ayam bekisar baik buah-buahan dan sayuran tauge dan kangkung yang masih segar. Supaya pemberian bisa tepat, sobat bisa menakar pakan setiap harinya untuk pagi dan sore hari guna mencegah kegemukan. Hal ini bisa berdampak dengan rusaknya suara ayam yang sudah bagus.

Untuk jenis voer bisa menggunakan AD 1, 511, A591, BR Super dan 594 semuanya sama-sama bagusnya untuk anakan dan dewasa, cukup ditakar saja sesuai kebutuhan ayam supaya tetap sehat dan tidak kegemukan.

  • Menyediakan Air Minum Secukupnya

Perawatan yang ketiga adalah menyediakan air minum kepada ayam bekisar. Standarnya memberikan air minum 2-3 sendok makan, selain menghindari dehidrasi dan kualitas suara kokok ayam hias sobat.

Sebab dalam perlombaan nilai suara kokok yang tidak jernih akan diketahui oleh pihak juri dan menimbulkan nilai yang buruk kepada ayam kita. Munculnya suara R secara umum mengurangi jumlah nilai yang diberikan oleh panita.

Supaya suara kokok yang dihasilkan semakin indah dan merdu bisa diberikan madu yang dilarutkan dengan air minumnya. Dengan pengapliasian ini paling tidak bisa menjernihkan suara.

  • Mengecek Kesehatan Berkala

Pengawasan terhadap kesehatan ayam yang sobat pelihara bisa dilakukan dengan berkala, misalnya 1 minggu sekali atau memantau aktivitas ayamnya. Sebab kesehatan sebagai kunci utama untuk ayam melangsungkan kehidupan.

Sobat bisa mengidentifikasi dari suhu badan ayam, gerak gerik dan kotor ayam bekisar. Pengecekan dapat diperkirakan hasil kotoran yang terdapat dialas kandang apakah berwarna putih kapur, berdarah, dan kuning kehijauan. Bila seperti yang kami sebutkan 90% ayam sedang tidak sehat atau fit.

  • Menjemur Pagi Hari

Apabila kondisi kandang sirkulasi udaranya kurang bagus dan tak ada sinar matahari masuk. Dengan adanya penjemuran juga sangat bagus untuk kebugaran badan ayam. Dampak postifnya yaitu sehat, bulu halus mengkilap, muka merah merona dan aktif.

Dari segi waktu bisa diaplikasikan sebelum jam 10 siang dengan rentang waktu 1 jam saja. Bila sobat sering memberikan menjemur maka kemungkinan besar ayam tidak mudah terkena penyakit dan masa pertumbuhan sangat cepat.

  • Menyediakan Obat Tradisional & Kimia Ayam Bekisar

Kita tidak bisa memastikan selalu kesehatan ayam, dengan hal ini bisa saja terjadi sewaktu-waktu yang tidak diketahui. Seperti nafsu makan menurun, pucat dan lain-lainnya.

Penyediaan obat-obat untuk mencegah adalah tips terbaik dalam merawat hewan peliharaan baik ayam, burung dan reptil. Apalagi sobat masih sangat awam dengan dunia ternak sehingga peralatan kesehatan sangat dibutuhkan.

Bahkan ada jenis penyakit yang sifatnya menular, guna menghentikan laju ini membutuhkan perawatan dan mematikan penyebaran ke ayam lainnya. Jenis obat bisa digunakan berupa herbal dan kimia.

  • Melatih Ayam Bekisar

Trik merawat ayam bekisar berikutnya yaitu memberikan jam latihan supaya melatih suara kokok ayam lebih gacor dan menjadikan mentalnya bagus. Memang bukan perkara yang begitu mudah untuk sobat lakukan, pasalnya membutuhkan ayam bekisar lainnya sebagai pelatihnya.

Dengan hal ini akan memancing keduanya saling bersaing mengeluarkan suara kokok sebagai ayam jantan tangguh. Sedangkan tempatnya bisa diaplikasikan dipekarangan rumah sobat.

Hal yang perlu sobat ketahui yaitu jangan memaksakan yang sedang berlatih. Sebab akan membuat ayam panik, bahkan bisa menyebabkan ayam jadi tidak jinak dan stres. Jika sudah stres dapat dipastikan ayam tidak mau mengeluarkan suara kokok dan mentalnya jatuh.

Disisi lain ayam bekisar dapat dilatih mulai dari usia lancuran yakni kurang lebih 4-5 bulanan. Pastinya dapat dikenali sudah mulai ganti bulu anakan ke bulu dewasa/jago. Mungkin sobat akan lebih mudah untuk mengetahui dengan ciri-ciri bulunya.

  • Menjauhkan Dari Ayam Betina

Kenapa kami menyarankan sobat untuk menjauhkan dari ayam betina? Sebab saat ayam jantan bekisar dihadapkan dengan betina, otomatis akan mengeluarkan suara. Selama ada ayam betina akan tidak berhenti memanggil terus. Hal ini pun bisa dijadikan sebagai solusi bil ayam bekisar suara kokoknya tidak stabil.

Salah satu akibat yang menjadi pertimbangan yakni ayam bekisar menjadi lelah dan staminanya menurun untuk ikut serta perlombaan. Hal ini sangat merugikan sobat dalam perawatan ayam bekisar yang sudah disiapkan untuk perlombaan.

Secara umum tatkala hendak lomba ayam bekisar jantan memang dijauhkan dengan ayam betina yang sangat rentan menguras stamina bekisar jantan baik segi suara kokok dan kejernihannya. Dalam arena lomba pun baik peserta dan penonton tidak diperkenankan membawa ayam betina yang dapat merugikan peserta lomba.

Cara Memilih Ayam Bekisar Super

tips memilih ayam bekisar

Mungkin sobat dibingunkan dengan cara memilih ayam bekisar dari usia anakan 2-4 bulan? Begini saja biar tidak kebingungan kami berikan tips yang bisa sobat jadikan referensi. Simak terus penjelasan dibawah berikut ini :

Berdasarkan referensi kami ketahui bahwa ada beberapa persyaratan spesifikasi ayam bekisar yang berkualitas untuk kelas perlombaan.

Jika sobat berburu yang sudah dewasa/berkokok salah satu yang diperhatikan adalah memiliki suara bersih, volume besar dan tebal. Selain itu irama juga menjadi pertimbangan yang bisa sobat jadikan kriteria ayam bekisar bagus. Bahkan sebagai langkah yang tepat bila tidak mampu membeli yang besar yaitu dengan membeli dari peternak yang anakannya sudah teruji dikelas lomba.

Dengan hal ini setidaknya bisa meminimalisir adanya tindak penipuan yang hanya mencari keuntungan pribadi. Walaupun harga yang dibandrol diatas rata-rata anakan ayam bekisar, namun sobat mendapatkan line/trah yang dapat dipertanggung jawabkan.

Manfaat yang dapat sobat rasakan tidak hanya ayam bekisar namun bisa saja dengan tukar pengalaman menjadi pembelajaran berharga untuk memelihara ayam bekisar.

Penilaian Lomba Ayam Bekisar

Penilaian Lomba Ayam Bekisar

Langkah awal yang dilakukan oleh Keluarga Penggermar Ayam Bekisar Indonesia (KEMARI) yakni dengan mengadakan perlombaan dari seni suara ayam bekisar. Target awalnya yaitu melestarikan ayam yang sebagai ikon Sumenep sekaligus maskotnya Provinsi Jawa Timur.

Adanya kegiatan tersebut sebagai membangkitkan semangat ternak dan inovasi agar meningkatkan strata ekonomi rakyat kedepannya. Usaha yang dilakukan ini meningkatkan geliat ayam asli dari Indonesia yang dapat dibanggakan ke kancah Internasional.

Pada dasarnya standarisasi penilaian dalam lomba meliputi beberapa tingkat kelas yaitu Utama, madya dan patama dan semuanya ada peraturannya masing-masing. Penilaian pokok yakni suara depan, belakang, irama dan tingkat kejernihan berkokok ayam bekisar.

Harga Ayam Bekisar 2020

NomorJenisUsia/UmurHarga
1.Ayam Bekisar HijauDewasaRp.500.000-650.000/Ekor
2.Ayam Bekisar PutihAnakan 1-3 BulanRp.400.000-1.500.000/ekor
3.Ayam Bekisar Cemani/Bekicem1-3 BulanRp.500.000-2.500.000/Ekor
4.Ayam Bekisar Pangean MaduraDewasaRp.1.000.000/Ekor
5.Ayam Bekisar SuperDewasaRp.5.000.000-25.000.000/Ekor
6.Ayam Bekisar BetinaDedara/IndukanRp.850.000-1.500.000
7.Ayam Bekisar Multi Warna3 Bulan & DewasaRp.450.000-5.000.000/EKor
8.Telur Ayam BekisarTelur Tetas/VertilRp.70.000-100.000/Butir
9.Sangkar Ayam BekisarRp.2.000.0000-3.000.000
10.Indukan Ayam BekisarSepasangRp.3.000.000-10.000.000

Seperti kami sampaikan diatas bahwa untuk daftar harga ayam bekisar sangat bermacam-macam, sehingga tergantung jenis dan kualitas induk jantan dan betinanya. Semantara yang umum dijual yakni dengan harga mulai Rp.150.000/ekor dengan kualitas biasa atau sekedar hewan peliharaan saja.

Untuk informasi ini merupakan harga yang sesuai waktu pembuatan, maka bisa saja ada perubahan sewaktu-waktu tanpa sobat sadari. Apalagi ayam dengan kualitas super dan pernah mendapatkan trofi perlombaan dapat dipastikan harganya jauh lebih mahal.

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan seputar ayam bekisar, semoga dengan adanya pengetahuan ini bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply