9
397

โˆš Jamu Nafsu Makan Tradisional untuk Ayam

Jamu nafsu makan tradisional untuk ayam merupakan ramuan yang dibuat dengan rempah-rempah alami sebagai obat ayam susah makan. Dengan cara ini akan membantu para pelaku ternak dan penghobi ayam dalam menjaga kesehatan ayam yang dipelihara.

Meskipun perkembangan teknologi telah membantu ilmu obat-obatan, akan tetapi tidak sedikit pula peternak yang masih terus membuat dan memberikan jamu ayam dengan bahan-bahan alami. Begitu juga dengan mengatasi ayam yang kurang nafsu makan.

Dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi dengan lengkap kepada sobat dunia binatang mengenai jamu nafsu makan ayam. Ramuan ini bisa diberikan pada ayam petelur, broiler, aduan dan unggas hias. Oleh maka dari itu tidak perlu pusing-pusing membelinya lagi, karena bisa dibuat sendiri dengan bahan yang sangat sederhana. Langsung saja mari kita simak penjelasan dibawah berikut :

Cara Menambah Nafsu Makan Ayam

Cara meningkatkan nafsu makan ayam alami

Sejatinya cara menambah nafsu makan ayam aduan atau sejenisnya sangatlah mudah, walaupun tanpa diberi ramuan khusus pun bisa. Akan tetapi ada hal yang mesti diperhatikan dan sobat aplikasikan. Tips ini cukup bagus kalau kita tidak memiliki biaya tambahan dalam membuat jamu.

Metodenya yaitu ketika pemberian pakan 2 kali sehari waktu pagi hari berikan secukupnya, jadi ayam sarapan tidak sampai kenyang. Bisa dengan setengah porsinya sampai sore hari, ketika waktu makan sore baru sobat berikan dengan jumlah pakan yang banyak sehingga nafsu makan ayam semakin bagus dan dapat istirahat dengan nyenyak.

Kemudian opsi yang lainnya yaitu dengan memberikan campuran jamu nafsu makan yang sudah sobat persiapkan. Caranya bisa dicampur dengan pakan atau diberikan secara khusus baik dilarutkan sama air minum ayam ataupun berupa bulatan kecil yang langsung disuapkan ke mulut ayam.

Selain itu sobat juga perlu menganalisa dari kondisi fisik ayam yang dipelihara. Sehingga mengetahui penyebab dari ayam kurang nafsu makan, karena biasanya ayam cacingan dan kurang sehat untuk gemuk serta tidak nafsu makan. Maka dari itu perhatian terhadap ayam peliharaan juga cukup penting bagi peternak.

Cara Membuat Jamu Nafsu Makan Tradisional untuk Ayam

cara membuat jamu nafsu makan ayam

 

Kini untuk mendapatkan bahan-bahan rempah yang memiliki khasiat tidak diragukan lagi mudah untuk didapatkan. Bahkan juga terbukti sebagai ramuan menjaga kesehatan manusia. Teruntuk sobat yang bertempat tinggal didaerah perkotaan, guna mendapatkan bahan jamu ini bisa membeli berupa serbuk jadi dapat disimpan dalam kurun waktu yang lama.

Perihal metode pembuatannya tidak perlu bingung, sebab akan kami jelaskan cara-caranya hingga pemberiannya. Sebelum ke tahap pembuatan jamu apa saja yang sekiranya sobat persiapkan guna mempermudah proses praktiknya. Jika sudah, mari kita simak metode pembuatan jamu nafsu makan berikut ini.

Alat & Bahan yang digunakan

  • Temu Lawak
  • Gula Merah
  • Air Kelapa

Cara Pembuatan Jamu :

Dalam proses membuat jamu penambah nafsu makan hewan peliharaan ini kita menggunakan air kelapa kurang lebih 800ml. Sedangkan perbandingan yang digunakan antara temulawak dan air kelapa yakni 1:10. Kemudian gula merah ditambahkan 50 gram saja.

Langkah pertama sobat haluskan temulawak dengan gula merah bersamaan baik ditumbuk ataupun diblender. Apabila menggunakan blender tambahkan air kelapa secukupnya guna membantu penghalusan temu lawak dan gula merahnya.

Jika bahan-bahan sudah halus mari siapkan air mineral kapasitas 1,5 liter dan pastikan masih tersisa rongga udara setelah pengisian jamu. Sebab proses ini akan melakukan fermentasi dan mengeluarkan gas yang lumayan banyak pada prosesnya.

Kemudian tutup botol mineral sampai rapat dan simpan selama 7-`14 hari. Jangan lupa buka tutup botol 1-2 hari supaya gas dari fermentasi bisa keluar. Apabila sobat ingin memperoleh hasil lebih maksimal bisa menggunakan bahan penyimpanan berupa kaca atau plastik yang lebih bagus kualitasnya.

Cara Pemberian Jamu Nafsu Makan

Cara memberikan jamu nafsu makan ayam aduan

Setelah pembuatan selesai kini sobat bisa memberikan hasil fermentasi jamu penambah nafsu makan ayam dengan cara melarutkan kedalam air dengan perbandingan 1:500. Selain itu bisa pula sobat kombinasikan dengan nutrisi ayam seperti probiotik atau jamu ayam lainnya.

Bahkan kalau mau lebih maksimal pemberian jamu ini opsi lainnya dengan metode mencampur sama makanan ayam yang sobat persiapkan. Nah dengan adanya alternatif ini pastinya membantu ramuan herbal lebih bermanfaat terhadap tubuh ayam sehingga membantu meningkatkan ayam makan dengan lahap.

Apabila sobat tidak mau repot membuatnya sendiri pun dapat langsung membeli jamu nafsu makan ayam di online shoop. Jadi akan lebih membuat waktu sobat dalam merawat ayam dapat dengan maksimal. Selain itu rempah-rempah seperti kunyit, lempuyang dan jahe serta mengkudu juga sebagai jamu nafsu makan ayam yang sudah sangat terkenal didunia ternak.

Manfaat Jamu Nafsu Makan Ayam Herbal

Manfaat jamu nafsu makan ayam

Khasiat dari jamu nafsu makan tradisional untuk ayam sangatlah bagus untuk meningkatkan daya makan ataupun daya tahan ayam dari berbagai jenis penyakit unggas. Mungkin dari kita masih banyak yang belum mengetahui manfaatnya, daripada kebingungan mari kita simak daftarnya berikut ini :

  • Meningkatkan nafsu makan ayam
  • Mempercepat pertumbuhan
  • Daya tahan tubuh ayam semakin meningkat
  • Mengurangi bau amoniak
  • Produksi telur ayam meningkat dengan baik
  • Mudah dibuat
  • Mengurangi resiko ayam sakit

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga dengan adanya penyampaian cara membuat jamu nafsu makan tradisional untuk ayam ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari kami dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply