4023

√ 5+ Contoh Kandang DOC & Pembesaran Ayam Joper

Kandang Ayam Joper merupakan salah satu komponen utama sebelum sobat memulai peternakan unggas satu ini, maka dari itu sebelum membuatnya pastikan tipe apa yang sangat tepat dan efisien. Banyak sekali hal ini disepelekan sehingga tidak sedikit yang gulung tikar.

Bahan-bahan apa saja yang harus sobat sediakan untuk membuat kandang ayam joper, sebab banyak juga model dan tipe yang dapat sobat aplikasikan. Contohnya model box baik khusus DOC dan pembesaran.

Sebenarnya sobat bisa membuat kandang dengan bahan bahan sederhana atau bekas yang tak terpakai dirumah seperti bambu, reng kayu, kawat ram, banner bekas dan masih banyak lainnya. Berikut sudah kami sajikan untuk sobat semua:

Kandang DOC Ayam Joper

kandang doc ayam joper

Dalam memelihara ayam kampung/joper, salah satu faktor penting yaitu kandang. Peran utama dari kandang ialah sebagai tempat bertumbuh dan berkembang disisi lain sebagai tempat berteduh dari air hujan dan terik matahari.

Dengan demikian sobat dapat menganalisa mengenai kandang yang tepat guna diterapkan dalam memelihara ayam kampung super. Berikut beberapa yang bisa dijadikan acuan untuk sobat semua:

  • Suhu area kandang tidak terlalu panas dan dingin, kisaran 25-32 derajat celcius
  • penempatan kandang yang tidak dekat dengan pemukiman warga sekitar,   jarak minimal 100 meter dari rumah terdekat.
  • Sirkulasi yang baik supaya udara segar bisa masuk ke kandang
  • Akses jalan ke kandang yang lancar, hal ini cukup penting sobat agar mempermudah baik dari membawa DOC dan proses panen.
  • Posisi kandang yang cukup mendapatkan sinar matahari, dengan hal ini menjadikan kandang tidak mudah lembab sehingga ayam selalu sehat.

Syarat-syarat Pembuatan Kandang Ayam

kerangka kandang ayam joper doc d

  1. Ukuran kandang untuk DOC ayam joper dapat sobat sesuaikan dengan jumlahnya, contoh mudahnya dengan 100 ekor ukuran kandang yang ideal kira-kira berapa? Kalau biasanya kami menyarankan dengan kandang panjang 1 meter dengan lebar 70-100 cm. Kapasitas ini untuk usia ayam 0-15 hari, setelah itu ayam dipindahkan kandang pembesaran.
  2. Arah Kandang tentunya dalam pemeliharaan unggas membutuhkan sinar matahari yang cukup, maka dari itu sebaiknya kandang menghadap timur atau sebaliknya.
  3. Tata Letak, jika rumah sobat  merupakan area padat penduduk maka manajemen kandang harus diterapkan sebab jika tidak kotoran ayam bisa mengganggu masyarakat sekitar. Penempatan bisa sobat aplikasikan dirumah pada lantai 2 sehingga tidak mengganggu orang sekitar sobat.
  4. Kontruksi kandang, sebagai peternak sobat tidak harus membeli bahan pembuatan kandang yang mahal, akan tetapi berkualitas dan kandang tidak terlalu lembab. Misalnya kebocoran kandang juga bisa menjadi faktor perubahan bau kotoran yang meningkat secara signifikan.

Sistem BOX

Dengan metode ini sangat mengefisien penggunaan lahan kandang ayam sebab sistem box kandang bisa ditumpuk dan memudahkan dalam pembersihan kotoran ayam.

Baca Juga : √ Peluang Usaha Ayam Joper 2020

Selain itu gerak ayam tidak terlalu leluasa sehingga pertumbuhan dan target berat badan dapat maksimal, namun penggunaan pakan juga menjadi faktor juga dalam pertumbuhan ayam.

Model Kandang Umbaran/Postal

kandang postal ayam joper

Sudah tak asing lagi bagi kita mengenai kandang umbaran biasanya para peternak ayam boiler. Namun tak masalah juga jika diterapkan pada ayam joper. Dampak positif dari tipe kandang ini ayam sehat, otot ayam juga kuat.

Tapi penyebab dari penyakit dan matinya ayam dipengaruhi oleh alas yang cenderung basah dan terlalu lembab, alhasil unggas sangat mudah terkena penyakit dan mati.

Kandang Panggung

Sebenarnya kandang panggung tidak jauh berbeda dengan sistem umbaran hanya saja kotoran ayam langsung terbuang jatuh dibawah kandang tersebut. Pembuatan kandang semacam ini sangat memakan biaya sobat semua.

Bagi sobat yang sedang memulai sebaiknya menggunakan kandang box saja supaya pengeluaran kandang lebih murah dan efisien.

Contoh Kandang Ayam Kampung Pembesaran

kandang pembesaran jawa super

Ketika hendak membuat kandang pembesaran ayam joper harus diketahui ukuran agar pertumbuhan ayam bisa maksimal, jika tidak bisa mengakibatkan ayam cacat pertumbuhan dan mati juga.

Berbeda dengan kandang DOC, pada umumnya kandang pembesaran berukuran 1,5 meter dan lebar 70 cm untuk kapasitas 50-100 ekor saja. Jadi sobat dapat menyesuaikan kepadatan kandang ayam tersebut.

Pada kandang pembesaran ini unggas akan tetap sampai waktu panen. Untuk alas bisa menggunakan ram kawat atau reng kayu supaya tidak licin. Apabila memakai bambu biasanya menjadi licin karena kotoran dan air minum ayam.

Selain itu juga mengaplikasikan kandang postal yakni media lantai tanah atau semen yang sudah dilapisi dengan litter. Sedangkan litter sendiri terdiri dari beberapa komponen seperti serbuk gergaji, sekam padi dan kapur dengan ketebalan 7-10 cm.

Manajemen litter harus dijaga supaya tidak terjadi kelembapan dan basah. Sebab sekam yang lembab akan menjadikan jamur tumbuh yang sangat mempengaruhi kesehatan ayam sobat semua.

Kandang Ayam Joper Indukan

kandang box indukan ayam jawa super

Kandang yang bagus yakni berbentuk umbaran dengan bisa dimodifikasi unik namun telur bisa dengan mudah untuk diambil. Kami sudah melihat beberapa contoh kandang joper yang bagus untuk diaplikasikan sobat semua yaitu dengan panggung umbaran dengan ukuran 1 meter persegi jadi untuk alas dengan kayu reng.

Sistem ini sangat cocok dalam peternakan joper sebab menghemat lahan dan kotoran bisa langsung turun ke tanah. Bagian alas yang depan dilebihkan sekitar 30 cm jadi secara otomatis ayam yang bertelur akan keluar dan tidak dimakan ayam.

Sobat bisa membuat dengan mudah tapi alas jangan memakai bambu sebab menjadi licin ketika pejantan dan betina kawin, dampaknya ayam bisa cidera dan stres.

Demikian sobat yang dapat kami bagikan kepada kalian semua, semoga dengan adanya ini sangat bermanfaat bagi sobat yang mencari referensi contoh kandang ayam joper yang bagus dan benar. Sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply