1
37

√ Ayam Sentul : Asal Usul, Ciri-Ciri, Jenis, Keunggulan & Harga

Ayam Sentul adalah ayam lokal/kampung yang memiliki berbagai kelebihan. Dahulu pemerintah kabupaten ciamis pernah kurang memperhatikan terhadap unggas ini. Pada akhirnya kini sudah memasuki proses sertifikasi dari fasilitas pemerintah provinsi jawa barat.

Unggas lokal ini sudah dikukuhkan dalam surat keputusan menteri pertanian republik Indonesia No.689/Kpts.PD410/2/2013 tentang penetapan rumpun ayam sentul sebagai plasma nutfah asli Ciamis yang hingga kini masih dikembangkan terus menerus.

Karena terdapat beragam kelebihan yang dapat dikembangkan dari ayam lokal ini sangat berpeluang guna membedayakan ras lokal untuk memenuhi kebutuhan produksi telur maupun daging. Selain itu juga membuka peluang usaha masyarakat sebagai tambahan penghasilannya.

Sejarah Ayam Sentul

asal muasal ayam sentul

Berdasarkan informasi yang kami ketahui bahwasanya konon ayam sentul merupakan keturunan dari ayam Si Jelug, yang merupakan jenis ayam aduan kesayangan Ciung Wanara. Ciung Sendiri adah putra Raja Galuh dan ibunya bernama Naganingrum.

Dari ceritanya ketika baru dilahirkan Ciung Wanara dilantarkan di sungai cimuntur bersamaan 2 butir telur. Hal ini dilakukan karena Ciung bukanlah anak dari permaisuri raja yang sah. Singkat cerita ciung kecil ditemukan oleh kakek nenek Balangantrang.

Alhasil telur tersebut menetas dan bertumbuh dewasa dengan ciung wanara, kemudian sang ayam diberikan nama Si jelug. Pada masa itu kejayaan Jelug terkenal salah satunya di Tatar Galuh. Dimanapun tempat yang didatangi jelug senantiasa ia menjadi pemenangnya.

Pada akhirnya sang raja galuh menantang Si Jelug untuk bertarung dengan taruhan yang berjumlah sangat banyak. Apabila ayam Ciung Wanara mampu mengalahkan maka akan diberikan wilayah kekuasaan kerajaan Galuh. Tidak disangka Jelug pun memangnkan peratungannya dan Ciung Wanara dijadikan raja. Informasi kisah ini bisa sobat ketahui di situs kebudayaan karangmulyan Ciamis.

Ciri-Ciri Ayam Sentul

karakteristik ayam sentul

 

Walaupun sebagai ras lokal ayam ini juga mempunyai karakteristik dengan ayam jenis kampung lainnya. Maka dari itu mari kita sama-sama pelajari untuk mengetahui secara lebih spesifik lagi. Berikut beberapa informasi yang akan kami sampaikan :

  • Ukuran badan/tulang relatif sedang.
  • Warna bulu terdiri dari abu-abu dengan berbagai kombinasi baik emas, geni, batu dan lain-lainnya.
  • Jengger bergerigi merah tegak
  • Dapat menghasilkan telur 85-210 butir/tahun
  • Paruh, kaki berwarna hitam kombinasi putih.
  • Bobot jantan dewasa bisa mencapai 1,5-3,5 kg dan betina 0,8-2,2 kg.

Jenis Ayam Sentul

jenis ayam sentul

Untuk secara fisiknya kita bisa membedakan dengan kategori warna/corak yang dapat dijadikan acuan, setidaknya ada 5 klasifikasi warna bulu yang terdapat pada jenis ayam sentul. Karena pada dasarnya ialah dengan ules abu-abu/kelabu jadi tidak jauh berbeda dengan warna dasarnya. Seperti kelabu muda, emas, geni, batu dan debu.

Oleh hal itu tujuan kami adalah membagikan informasi yang lebih dalam supaya sobat yang mau berkecimpung budidaya unggas petelur/pedaging ini mengetahui baik secara fisik maupun pemasarannya.

Keunggulan/Kelebihan Ayam Sentul

Keunggulan ayam kampung sentul

Selain itu pada hakikatnya setiap jenis unggas pun memiliki kelebihan/keunggulan dengan sejenisnya. Karena itu untuk opsi yang terbaik sebelum terjun bidang peternakan alangkah baiknya survei lapangan dengan peternak sekitar, pangsa pasar, kualitas rasa & nilai penjualannya. Beberapa keunggulan sudah kami rangkum sebagai berikut :

  • Perawatan sangat mudah
  • Ketahanan terhadap penyakit bagus
  • Pertumbuhan lebih cepat
  • Memiliki warna yang dominan 80%
  • Masa panen sangat singkat
  • Rasa daging dipercaya lebih kenyal dan gurih
  • Bapat menghasilkan telur 29-45 butir per minggu
  • Sifat mengeram sedikit
  • Pemasaran masih sangat luas.
  • Harga cenderung stabil
  • Bisa menjadi opsi petelur ataupun pedaging.

Pakan Ayam Sentul

pakan ayam sentul

Untuk pemberian pakan tidak jauh dengan ayam pedaging lainnya, hanya saja ketika kita hendak memulai menekuni bidang ini tetap harus belajar dengan teman lainnya. Agar resiko terburuk yang tidak kita inginkan tidak begitu besar. Kalau biasanya penerapan pakan dari usia 0-1 bulan dengan mengaplikasikan full voer/konsentrat dengan nilai protein minimal 20%.

Ketika sudah memasuki usia 30 hari lebih dengan memberi pakan campuran berupa konsentrat, dedak/bekatul dan jagung. Sobat bisa mencampur sendiri supaya cost pakan menjadi irit dan pertumbuhan hingga panen mencapai bobot rata-rata 0,9-1,0 kg per ekor.

Demikian rekomendasi dari kami semoga bisa menginspirasi sobat dalam beternak ayam pedaging ataupun petelur di rumah. Insyaallah pengetahuan kami ini juga sudah diaplikasikan peternak mandiri di Indonesia ini.

Masa Panen Ayam Sentul

masa panen ayam sentul pedaging

Jika pada umumnya masa panen ayam kampung 3-6 bulan, maka varietas baru ini akan lebih singkat sobat bisa memanen ayam sentul pedaging dengan masa 60 hari atau 2 bulan saja dan sudah mencapai bobot 1 kg per ekor.

Bahkan harganya akan stabil apabila sobat memiliki langganan pemasaran sendiri, mungkin ini bisa diterapkan agar penjualan terus memutar dan bisnis sobat semakin besar. Apalagi tanah air penikmat ayam masih sangat banyak yang salah satunya bulan ramadhan dan idul fitri. Perkiraan harga penjualan di tanah jawa yakni dari 25.000-35.000 per ekor yang memiliki bobot 800-1000 gram.

Cara Beternak Ayam Sentul

Tahap-tahapan dalam budidaya/ternak ayam pedaging dan telur sobat harus memastikan beberapa perihal penting yang tidak boleh disepelekan. Apa saja itu mari kita simak dengan seksama :

  • Modal
  • Lokasi Kandang
  • Kandang doc & indukan
  • Pakan & obat-obatan
  • Perawatan
  • Cara menetaskan
  • Pemasaran
  • Pemutaran keuangan ternak/binsis.

Apalabila hal-hal diatas sudah sobat lakukan dan mengevaluasi setiap pemanenan, insyaallah akan mendapatkan hasil yang maksimal walaupun bermula dengan modal yang sangat minim. Pada pokok pembasan ini ialah jangan mencapur keuangan pokok dan bisnis, karena akan mengakibatkan pemakaian uang bisnis.

Andaikan sobat masih bekerja diluar ternak ya dapat dimulai dengan 10-50 ekor untuk pengalaman merawat ayam. Tentunya meminimalkan resiko yang akan sobat rasakan. Sedangkan hal yang menyebabkan kelangkaan ayam sentul ialah minimnya informasi yang dipublikasi terhadap masyarakat daerah maupun lainnya untuk menekuni bidang ternak ini sebagai usaha pernal maupun kemitraan.

Harga DOC & Indukan Ayam Sentul

NomorUsia/UmurHarga Ayam Sentul
1.DOC/BOXRp. 780.000/100 ekor
2.Anakan 10 hariRP. 8.000/ekor
3.Karkas 0,6-07 kgRp. 42.000/ekor
4.Karkas 0,7-09 KgRp. 45.000-48.000/ekor
5.Ayam Sentul HidupRp. 39.000/ekor
6.Indukan Ayam Sentul Jantan/BetinaRp. 70.000-100.000/ekor

Estimasi harga memang cenderung sama, akan tetapi ongkos kirim yang akan membedakan perkiraan, misalkan lokasi jawa dan sumatra pasti secara biaya akan lebih mahal. Salah satu faktor ialah perbedaan jarak dan transportasi. Sedangkan untuk nilai jual panen pedaging dan indukan pun berbeda beda dengan wilayah lainnya.

Pertama langkanya peternak, kebutuhan hidup lebih mahal, bahan pokok sulit dicari. Selain itu faktor pendukung yang menjadikan mahal ialah barang masih langka, harga pakan mahal, lingkungan kota/pusat keramaian dan lain-lainnya.

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan seputar ayam sentul, semoga dengan adanya pengetahuan ini bermanfaat untuk kita semua. Kami selaku penulis & pengelola blog mohon maaf jika masih banyak kekurangan dan kesalahan, sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply