√ Cara Membedakan Warna Telur Ayam Pakhoy Asli & Silangan

Warna telur ayam pakhoy asli adalah putih, coklat dan krem muda serta agak tua. Apakah mungkin juga mengeluarkan warna hijau dan kebiruan. Tentu saja sangat mungkin, hal ini tidak hanya terjadi pada ayam birma ya.

Apabila ada yang mengaitkan atau menjudge ini itu telur birma. Itu sangat salah besar, sebab pengaruh utamanya ialah kelainan genetika pada si induk tersebut. Secara tidak langsung sudah turun temurun dari strain induk.

Jadi dengan hal ini setidaknya sobat lebih mengetahui bahwa sesungguhnya setiap induk bertelur bisa mengeluarkan warna yang beda-beda walaupun dari satu babon yang sama. Untuk lebih detailnya simak ulasan berikut ini.

Warna Telur Ayam Pakhoy Asli

Warna Telur Ayam Pakhoy

 

Informasi yang kami dapatkan video mas rubbi pakhoy bahwa beliau menjelaskan mengenai warna telur ayam yang dimiliki ada 2 betina yang sama-sama satu jenis namun telurnya berbeda warna.

Lalu apa yang kakak maksud dari info diatas? Jadi telur yang dihasilkan ayam pakhoy asli itu sangat mungkin berbeda-beda karena ada kelainan genetika ya. Apakah ada pengaruhnya terhadap keturunannya nanti.

Ya pengaruhnya kelainan gen itu tadi, misalnya beranak 10 nanti paling yang menurunkan hanya 3-4 ekor saja. Kalau dari segi laga ya kami kurang memahami secara detail. Karena setiap anakan pasti kebanyakan menurunkan dari darah induknya.

Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa warna telur ayam pakhoy asli dari pengalaman pribadi ialah krem muda & agak tua dan putih layaknya pada unggas lainnya. Jika sobat mengalami hal berbeda yakinlah bahwa itu pengaruh genetik bukan jenis dari birma asli ya.

Untuk yang silangan alangkah baiknya sobat mengecek sendiri untuk menghindari adanya tindak kejahatan. Ya mana kita tahu kan jika beli online tanpa mengetahui asli si peternak tersebut.

Ciri-Ciri Ayam Pakhoy Betina

Ciri-Ciri Ayam Pakhoy Betina

 

Langkah yang tepat untuk beternak ayam laga ialah memilih indukan yang berkualitas super. Jika hanya membeli dengan asal-asalan sudah dapat dipastikan ketika hendak menjual akan kesulitan dan harganya pun ditawar sangat miris.

Berdasarkan pengalaman kami pribadi jika mengandalkan induk dan pejantan yang tidak jelas dan kualitas setengah-setengah anaknya sudah dewasa hanya laku di patokan harga 150-300 ribu.

Jika dihitung-hitung ya rugi lah pakan dari DOC sampai dewasa sudah banyak ya seperti kerja bakti sob. Buat kalian yang hendak terjun carilah indukan yang bagus baik dari keturunannya dan kualitas berlaga. Adapun ciri-ciri indukan untuk beternak adalah sebagai berikut ini :

  • Ukuran badan tidak terlalu besar dan kecil alias sedang
  • Supit atau brutu rapat
  • Bulu lengkap tidak pegat atau bogang
  • Pukulan keras dan jari-jari merit
  • Sisik kering
  • Tahan akan pukulan lawan
  • Jika bertarung tidak turun ke bawah sehingga sulit untuk dikalahkan lawan
  • Walau turun tapi bongkar sayap bukanlah turun buat istirahat
  • Tulangan badan tidak tipis

Itulah beberapa cara memilih induk berkualitas super untuk dijadikan bahan ternak sobat dirumah.

Cara Mempercepat Induk Pakhoy Bertelur

Cara Mempercepat Induk Pakhoy Bertelur

Tips supaya induk ayam pakhoy cepat bertelur kembali. Secara umum induk akan mengerami telur hingga menetas selama 21 hari. Setelah menetas maka akan mengasuh anak-anaknya hingga sekiranya sudah bisa mencari makan sendiri, rata-rata ya kisaran 3 bulan.

Jika dengan hal demikian pastinya akan menghambat produktivitas induk untuk menghasilkan anakan ayam. Agar cepat maka sobat harus memisahkan setelah menetas dan kering semua.

  1. Pertama-tama pisahkan induk dan anak supaya induk cepat lupa sama si anak tersebut
  2. Supaya anakan tidak mati jangan sampai berhari-hari sebab bisa menjadikan anak stress dan mati.
  3. Setelah hal itu mandikan si induk dan jemur setiap pagi selama 4-7 hari
  4. Bila sudah hilang sifat mengeram jadikan satu sama pejantan lagi
  5. Nanti si induk akan kawin dan cepat bertelur lagi
  6. Waktu ini bisa 3-4 minggu untuk bertelur kembali
  7. Jika tidak bertelur dapat dipastikan sang betina akan berganti bulu lagi yang memakan waktu hingga 2 bulan lamanya.

Jangan lupa untuk memberikan makanan yang mempercepat bertelur seperti tauge, butiran cangkang telur yang sudah dihaluskan. Insyaallah apabila diaplikasikan induk akan lebih cepat produksi lagi.

Harga Telur Ayam Pakhoy

Harga Telur Ayam Pakhoy

Nah yang terakhir ini mungkin banyak dari sobat semua kurang mengetahui kisaran harga yang dijual. Kami informasikan bahwa sebenarnya tidak ada patokan untuk harganya baik yang asli dan hasil silang jenis lain.

Sehingga harga itu ditentukan oleh peternak yang mengetahui kualitas dan kuantitasnya setiap induk dan pejantannya. Apalagi yang sudah berjuara berkali-kali di kelas kalangan bisa saja satu telur harganya 100.000-300.000 ribu.

Daripada kebingungan kami berikan daftar harga yang ada di media online nih, antara lain sebagai berikut :

NomorJenisHarga
1.Pakhoy X PakhoyRp. 40.000-300.000
2.Pakhoy X BangkokRp. 35.000-150.000
3.Pakhoy X MangonRp. 45.000-200.000
4.Pakhoy X PamaRp. 50.000-250.000
5.Pakhoy X BirmaRp. 50.000-100.000

Dari tabel diatas sobat bisa menjual dengan rate harga diatas. Namun data tersebut tidak seutuhnya dapat dijadikan patokan sobat andaikan harganya lebih mahal juga tidak apa-apa yang terpenting kualitas dan kejujuran adalah kunci utama untuk meraih kesuksesan.

Leave a Reply