5
129

โˆš Cara Membuat Pur Ayam Bangkok

Cara membuat pur ayam bangkok sendiri sudah seharusnya diketahui oleh peternak ayam dan sejenisnya. Karena antara harga pakan dan penjualan ayam tidak stabil, walaupun masih untung tapi untuk sekelas peternak desa masih jauh dari kata layak.

Dunia peternakan khususnya ayam pedaging atau hobi pemberian makanan hal yang paling diamati. Sebab dalam kombinasi ransum harus terdapat nutrisi yang baik sesuai dengan kebutuhannya. Pur ayam memang menjadi pakan pokok atau campuran untuk mencukupi protein, karbohidrat, serat dan lemak.

Apabila harga pur ayam melambung tinggi tentunya membuat peternak ayam menjadi rugi. Guna mengatasi hal seperti ini metode pembuatan pur secara manual bisa dijadikan solusi untuk menekuni ternak sebagai penghasilan sobat dunia binatang. Supaya semakin faham, mari kita sama-sama simak penjelasan dibawah berikut.

Kenapa Harus Bisa Membuat Pur Ayam Mandiri?

Jenis dan beragam merk sudah banyak beredar ditoko pakan ayam dan terdapat beberapa varian harga yang ditawarkan. Namun teruntuk kita sebagai orang yang penghasilannya kecil alih-alih memelihara ayam untuk penghasilan tambahan tapi malah membengkak.

Pastinya masalah seperti banyak terjadi dan tidak menutup kemungkinan penghobi ayam yang baru terjun malah tidak menjadi memelihara. Kalau dipikir-pikir memang ada benarnya ini. Lalu untuk memecahkan permasalahan seperti ini bagi peternak ayam bangkok skala kecil bagaimana?

Tiap waktu harga pakan terus naik sedikit-sedikit, inilah menjadi alasan kita dalam mencari solusi paling sederhana. Secara penalaran antara kebutuhan pakan dan harga jual ayam bangkok sekarang tidak meningkat. Tapi malah mengalami penurunan dan ayam jago bisa didapatkan dengan bandrol Rp.100.000-150.000 saja. Ini sangat jelas rugi jika memelihara dari anakan.

Membuat pur ayam sendiri dengan bekal pengetahuan minim sangat mudah dilakukan. Hanya saja kita akan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah didapatkan disekitarnya. Bagaimana langkah-langkahnya, mari kita belajar membuat pur ayam bangkok sendiri dengan rahasia ini.

Komposisi Pur Ayam Bangkok

Komposisi membuat pur ayam

Bahan pakan ayam merupakan seluruh bahan yang dapat dimakan oleh hewan ternak yang memiliki manfaat dan tidak menimbulkan bahaya terhadap kesehatannya. Tujuan pemberian pakan komplit inilah yang nantinya mencukupi protein dan nutrisi pada ayam.

Karena kita akan membahas bahan apa saja yang diperlukan dalam membuat pur ayam sendiri, pastinya ada beberapa bahan baku yang wajib disertakan. Berhubungan dengan itu, mari kita simak daftarnya dibawah ini.

  • Jagung
  • Dedak
  • Tepung Ikan
  • Bekatul
  • Kedelai
  • Kunyit
  • Air Bersih
  • Daun-daunan

Dari bahan yang sudah kami sampaikan diatas ada pula seperti daun-daunan untuk pakan ayam bangkok. Biasanya masyarakat memberikannya dalam potongan kecil dan diberikan dengan pencampuran ransum pakan ayam. Namun kali ini sedikit berbeda pasalnya kita memasukkan dalam membuat pur ayam.

Cara Membuat Pur Ayam Bangkok

Cara membuat pur ayam bangkok

Selain mempersiapkan bahan dalam membuat pur ayam hal yang tidak boleh ketinggalan lainnya yaitu alat penggiling alias cetakannya. Karena mesin pembuat pur ayam sangat mahal maka solusinya yaitu menggunakan yang paling sederhana dan murah.

Sebelum ke tahap tersebut alangkah baiknya kita menyiapkan saja takaran dalam membuat pur-nya supaya dari kadar protein ketika digiling sudah sesuai yang dibutuhkan oleh ayam.

Takaran Membuat Pur Ayam

  • Tepung ikan 24%
  • Jagung 30%
  • Bekatul 25%
  • Vitamin & Kalsium 2%
  • Kedelai 11%
  • Kunyit 2 %
  • Tepung Koeng Mas 6%

Untuk memudahkan ke proses pembuatan pelet ataupun pur scrumble maka sobat campurkan semua bahan diatas sampai merata. Selain itu tambahkan air bersih secukupnya supaya dalam penyampuran lebih mudah. Namun jangan sampai adonan ini terlalu basah karena menyulitkan dalam penggilingannya.

Jika hanya ada beberapa bahan baku ya tetap manfaatkan dengan baiknya. Hanya saja untuk takarannya diperhatikan agar presentase protein pur ayam bangkok yang dihasilkan minimal 16-18%.

Bahkan ada opsi lain membuat pakan fermentasi ayam yang kini diaplikasikan oleh beberapa peternak ayam skala rumahan dalam memenuhi kebutuhan pakan pokoknya. Jadi untuk DOC memakai pakan starter pegading atau yang khusus ayam bangkok.

Alat Membuat Pur Ayam Manual

alat membuat pur manual

Alat cetak pelet manual ini sangat murah dan mudah untuk didapatkan. Kenapa kami rekomendasikan dengan alat ini yaitu ditujukan pada peternak ayam skala rumahan. Dengan hal ini agar kedepannya bisa berkembang sendiri sesuai pengalaman sobat dalam membuat pur.

Harga dari alat gilingan manual ini kurang lebihnya Rp.85.000-150.000 sedangkan untuk mesinnya bisa mencapai jutaan rupiah. Oleh itulah tahap awal dengan alat cetak manual lebih kami sarankan jika tidak memiliki modal yang cukup.

Kelemahan dari alat manual yaitu harus dengan tenaga sobat dan hasil dari peletnya biasanya sesuai dari adonan yang dipersiapkan. Nah itulah sedikit penjelasan cara membuat pur ayam dengan alat gilingan manual.

Kelebihan Membuat Pur Ayam Sendiri

Keunggulan membuat pur ayam manual

Keuntungan dalam membuat pur pakan ayam sendiri yaitu kita mendapatkan ilmu pengalaman baru dan mengetahui dari takaran dalam setiap adonannya. Sehingga dari beberapa uji coba sobat bisa mengalisa baik dari komponen serta hasil purnya ketika diberikan pada ayam bangkok.

Bahkan kalau sobat sudah menemukan racikan pur ayam bangkok yang sesuai dipasaran bisa menjadikan penghasilan tambahan. Jadi akan menambah wawasan yang terus berkembang sesuai perkembangan ternak di nusantara.

Kita mengetahui sama-sama kalau pur menjadi pakan pokok baik untuk dijadikan ransum ataupun diberikan secara murni. Oleh sebab itu masih ada ruang yang bisa sobat manfaatkan dalam beternak ayam bangkok.

Demikianlah rangkaian informasi yang bisa kami sampaikan seputar cara membuat pur ayam bangkok versi dunia binatang. Semoga dengan penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply