10830

√ Ayam Brakot : Karakteristik, Teknik Bertarung & Kekurangannya

Ayam Brakot adalah salah satu sebutan untuk unggas laga modern yang memiliki ciri khas unik ketika bertarung. Seperti yang kita ketahui bahwa ayam bangkok terdapat berbagai jenis dengan gaya berlaga beragam entah pukul taji, kontrol, lock kanan kiri dan mengunci lawan. Dari setiap jenis ini mempunyai kelebihan masing-masing dan tidak lupa kelemahannya juga.

Teknik bertarung memang selalu diupgrade oleh sebagian besar peternak dengan tujuan meningkatkan kualitas dan visualnya lebih bagus lagi untuk kedepannya. Karena umumnya botoh di tanah air lebih menyukai dengan pertandingan secara cepat dan bisa melibas musuhnya sampai lari keluar arena dan sebagainya.

Tipe brakot memang disukai banyak penghobi karena umumnya sangat brutal dan mengamuk musuh tanpa ampun. Sehingga tidak memberikan ruang gerak lawannya mencari celah guna memberikan pukulan kepadanya. Nah dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi lebih spesifik, antara lain sebagai berikut :

Apa Itu Ayam Brakot?

ayam brakot adalah

Ayam brakot yakni adalah title dari ayam laga yang mempunyai karakter/teknik bertarung pukulan brutal dari berbagai sudut yang bisa dimanfaatkan. Umumnya pada jenis ini memiliki pergerakan lincah dan cukup ulet dalam berlaga. Bahkan juga sangat ciamik dalam mencari ruang pukul lawan-lawannya.

Asal usul ayam brakot ini dari pembawaan strain khoy, jadi bagi sobat mungkin hanya pakhoy saja yang bisa bertarung brakot/brutal. Bila sobat menyukai teknik full brakot sangat bagus pasalnya tidak hana fokus ke kepala lawan. Alhasil entah dapatnya celah dari sudut depan, leher, kepala, belakang bahkan punggungnya lawan.

Beberapa jenis yang masih melekat teknik brakot ini ada ayam pakhoy, khoytrad, khoytradgon & khoyphanat. Sebab dalam istilahnya brakot ada yang dominan ke kepala dan dari berbagai penjuru. Maka dari itu sobat bisa menyesuaikan dengan keinginan hati yang paling disukai saja dan jangan lupa defen yang bagus untuk tidak mudah dikalahkan lawan.

Ciri-Ciri Ayam Brakot

karakteristik ayam full brakot

Sedangkan dari segi karakteristik fisik dan bertarungnya bisa sobat amati dalam memukul lawan. Karena pada umumnya genetik akan terus mengalir ke keturunannya. Dengan cara ini akan lebih memudahkan untuk mengetahui tipe dan jenis ayam tersebut. Untuk detailnya simak penjelasan kami dibawah ini :

  • Ciri khas dalam bertarungnya yaitu brakot yang dominan ke arah punggung dengan menyertakan pukulan keras berkali-kali.
  • Karakter dari pukul brutal ini cukup bagus karena ada yang tipikal tengok kontrol.
  • Defen/pertahanan tubuh istimewa
  • Kecerdikan dalam mencari ruang pukul dan lincah untuk menhindari lawan dan cukup licin ketika lawan membalasnya
  • Rata-rata pukulannya sangat berefek, karena kerasnya tidak sedikit mengenai saraf baik mematahkan leher dan burujung kematian
  • Jika dalam keadan terdesak melancarkan teknik kontrol bawah ataupun atas sehingga masuk sela-sela sayap dan tengok kanan kiri lawan.

Selain informasi ini apabila sudah dikawinkan silang maka akan menghasilkan teknik & gaya bertarungnya semakin beragam entah bongkar sayap, lock kontrol, full brakot dan timpuk. Andai sobat hendak membeli jika belum tahu detailnya bisa langsung dicoba dengan ayam lain. Nantinya akan bisa diketahui daya cara memukul, mencari celah dan pertahannya ketika dipukul lawan.

Cara Mencetak Ayam Brakot

cara ternak ayam brakot

Dalam ternak untuk mencetak anakan ayam dominan teknik brakot umumnya dengan menyiapkan pejantan & indukannya memiliki karakter serta genetiknya dasarnya khoy. Akan tetapi bila sobat hanya membeli dengan asal-asalan dapat dipastikan kualitas anakannya sangat kemungkinan besar meleset jauh. Pasalnya trah/line keturunan juara sangat penting bila terjun dunia unggas baik burung, merpati dan ayam juga.

Namun jangan hanya sobat menjadi penjual trah melainkan dari segi kualitas dan kuantitasnya sangat layak dijual belikan kepada penghobi lainnya. Bila bingung sobat dapat mencari amunisi pemacek dari strain khoyngon, pakhoy, khoytrad, khoythai dan sebagainya. Sedangkan induk betinanya sesuka hati mau akan disilangkan strain yang sekiranya tangguh dan cukup mudah dipasarkan ke masyarakat.

Cara Melatih Ayam Full Brakot

cara melatih ayam brakot

Tips ini lebih cenderung ke perawatan ayam. Sehingga banyak langkah yang sobat pelajari dalam memeliharanya sejak dari usia dini. Contohnya memberikan kandang yang cukup luas, kemudian asupan pakan sesuai kebutuhan ayam tersebut. Bila kedua langkah sudah diaplikasikan selanjutnya yaitu menjemur 1-3 kali dalam seminggu.

Dalam tahapan berikutnya yakni memberikan waktu umbaran dikandang yang cukup luas ataupun dihalaman. Cara ini untuk pencegahan ayam sempoyongan dan peregangan otot pada tubuh ayam brakot. Usahakan ketika mau diabar sudah memasuki usia dewasa dan memastikan bulu-bulu sudah full tumbuhnya. Cara melatihnya pertama bisa dengan teknik melatih nafas dengan renang atau treadmill.

Setidaknya untuk pengapliasian diatas 2 kali seminggu mulai dari 10-20 menit. Insyaallah dengan versi kami ini bisa dengan cepat membentuk kuda-kuda ayam semakin kokoh serta pernafasan semakin membaik. Bila dirasa maka sudah boleh dicoba dengan ayam sama-sama muda atau lebih muda dengan ayam yang akan diabar. Umumnya untuk pelatihan ini cukup dengan 1 air saja.

Kelebihan & Kekurangan Ayam Brakot

Keistimewaan Ayam brakot

Sobat dunia binatang mungkin ada yang belum tau nih tentang keunggulan dan kelemahan dari ayam teknik brakot? Apakah betul demikian, jika begitu mari kita kupas tuntas dari pengetahuan kami untuk sobat semuanya. Jelas semua makhluk hidup pastinya ada kelebihan dan kekurangan. Namun konteks kali ini kita akan mempelajari bukan bertujuan menjatuhkan loh ya.

Kelebihan Ayam Brakot

  • Patuk Punggung
  • Tarik pukul tembolok
  • Patuk paha & kaki
  • Ngalung kontrol
  • Speed pukulan cepat terutama dari lini depan
  • Ada timpuknya sebagian jenis
  • Daya tahan pukul lawan rapat
  • Cerdik mencari celah
  • Pukul brutal segala penjuru
  • Akurasi cukup bagus
  • Sudah dikawinkan silang dengan beberapa strain ayam laga terbaru

Kelemahan Ayam Brakot

  • Kesulitan mengidentifikasi jenis ayam lebih spesifik
  • Umumnya strain khoy dominan tulangan tipis
  • Mental kurang bagus
  • Kurang mudah untuk mendapatkan gandengan
  • Kesulitan mengalahkan bila musuh sama-sama kuat dan lebih cerdik
  • Kalah dengan teknik pukul depan dan samping lebih cepat serta sasaran utamanya salang/bahu
  • Tergantung dari perawatan dan kondisi ayam tersebut

Jadi sebagian besar jika bertemu lawan yang mempunyai pola yang sama dan lebih licik maka akan kehabisan jalan untuk mencari celah memukul. Bahkan kalau musuhnya ini lebih kuat otomatis akan sangat lama menumbangkannya. Pasalnya tipe pukulnya adalah badan bukan ke sisi saraf pitalnya. Dengan ini sangat jelas bila ayam kuat bertemu dengan brakot biasa akan lama kalahnya.

Cara Mengalahkan Ayam Teknik Brakot

cara mengalahkan ayam brakot

Biasanya dalam kontes ayam laga memang sulit akan untuk mengetahui laawan yang akan bertemu. Mungking 1-2 ayam bisa dikalahkan namun kalau dipartai final jelas sudah akan mendapatkan gandeng kuat dan mental juara. Apalagi memiliki fisik yang kuat dan lebih cepat teknik pukulnya. Otomatis ayam brakot akan sulit mengalahkannya.

Ada beberapa poin penting dalam menghadapi lawan tipe pukul badan atau yang sering disebut brakot ataupun brutal. Secara logikanya ayam seperti bisa diredam dengan gaya permainan tarung bawah atau masuk sela sayap. Dengan hal ini maka musuh tidak akan mudah mematuk dan memukul punggungnya. Akan tetapi yang harus diketahui lainnya pada tandingan yakni ukurang pinggang, otot, umur dan tingginya.

Jadi solusinya bisa dari strain khoytrad yang notabenya ngalung kontrol ataupun khoytradngon yang lebih ke tipikal bongkar sayap lawan. Bagus lagi kalau sobat sudah memiliki pengalaman dilapangan sangat berharga dalam mengalahkan tipe brakot.

Harga Ayam Brakot Super

NomorUsia/UmurJenis/PersilanganHarga Ayam Brakot
1.Anakan 1-2 BulanPakhoy Ori F1 Full BrakotRp.1.000.000-2.500.000/Pasang
2.Anakan 1-3 BulanKhoytradngonRp.400.000-750.000/Ekor
3.Anakan 1-3 BulanKhoytradRp.350.000-700.000/Ekor
4.Anakan 1-3 BulanKhoythai x BirmaRp.250.000-500.000/Ekor
5.Anakan 1-3 BulanKhoyngon UpgradeRp.350.000-650.000/Ekor
6.Dedara/IndukanPakhoy Ori ImportRp20.000.000-45.000.000/Ekor
7.Jantan DewasaKhoytradngonRp.1.500.000-4.000.000/EKor
8.Jantan DewasaKhoytradRp.3.500.000-5.000.000
9.PejantanPakhoy F1Rp.12.500.000-25.000.000
10.PejantanKhoyngon OriRp.30.000.000-50.000.000/Ekor

Seperti yang kami sampaikan pada tabel diatas merupakan harga umumnya ayam line juara dan sudah terkenal diberbagai penjuru wilayah. Apabila sobat ingin memilikinya bisa mendapatkan dari anakannya baik line manedaeng, khoyngon F1 dan khoytrad F1 dengan budget Rp.3.000.000-5.000.000 sudah cukup bagus untuk modal ternak kedepannya.

Karena dari informasi yang kami ketahui bahwa boodline entah anak dan cucunya manedaeng paling tidak menyiapkan dana 100.000 baht kalau dirupiahkan kisaran Rp.45.000.000/Ekor. Dilansir media thailand pun bahwasannya redstone manedaeng masuk nominasi ayam termahal di negeri gajah putih.

Jadi kalau sobat mau beternak alangkah baiknya yang kualitas bagus sekalian. Sehingga dari prospek penjualan anakannya lebih mudah untuk memasarkannya ke antar penghobi lainnya. Demikian rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan semoga dengan pengetahuan ini bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply