8
6738

√ Ayam Bulbi Adalah : Karakteristik, Kekurangan, Cara Mencetak & Mitos

Ayam bulbi adalah sebutan ayam jantan/jago yang memiliki bulu identik seperti biang/betina. Meskipun secara fisik sangat mirip dengan betina namun tetap saja memiliki jiwa sebagai petarung yang luar biasa. Tidak sedikit para penghobi ayam yang ingin memilikinya.

Kehebatan ayam bulbi diarena laga pastinya membuat penghobi ayam semakin seru dan tidak dipungkiri ada pula yang ingin membelinya entah ayam tersebut dan keturunannya. Ciri khas bulu ini menjadi sebutan bagi masyarakat luas, saat ini tidak hanya satu jenis saja yang bisa menghasilkan bulbi.

Bagaimana tidak seiring berkembangnya zaman dalam dunia ternak croobed sebagai solusi yang pada akhirnya bisa menciptakan strain baru dengan teknik dan ciri khas tertentu. Bahkan merelakan membeli amunisi yang mahal sebagai calon pejantan utamanya dikandang. Daripada terlalu banyak basa basi simak penjelasan lebih detail sebagai berikut :

Pengertian Ayam Bulbi

pengertian ayam bulbi

Pengertian dari bulbi sendiri ialah singkatan dari kata bulu biang dan ada pula yang menyebutnya bulu bintik. Dari singkatan ini tujuannya mempermudah orang nusantara menyebut strain ayam dan tidak pula meninggalkan hasil perkawinan atau ciri khas strain tersebut.

Dari hasil informasi yang kami ketahui bahwa asal usul dari ayam bulbi merupakan dari bawaan genetik ganoi atau saigon yang berasal dari negara Vietnam. Selain itu untuk memperoleh genetik ini bisa pula dari strain mangon ori. Agar semakin bagus gen bulbinya sebaiknya bila sobat hendak membeli yang sudah dewasa melihat hasil anakan atau saudara-saudaranya satu tetasan.

Kalau dari sejarah kapan masuknya ke indonesia itu sangat sulit kami mengetahuinya. Sebab sudah dari zaman dulu para botoh mendatangkan ayam petarung dari luar negeri. Mungkin itu saja sedikit dari kiprah ayam bulbi di nusantara yang bisa kami sampaikan.

Ciri-Ciri Ayam Bulbi

Ciri-Ciri Ayam Bulbi

Seperti yang kami sebutkan diatas bahwa salah ciri khas utama pada bulbi ini adalah bulunya hampir sama dengan induk betina. Mungkin bagi sobat yang masih awam dengan ayam akan cukup menyulitkan. Maka dari itu berikut beberapa rangkuman versi dunia binatang :

  • Tidak terdapat bulu rawis leher, kepala & ekor
  • Ujung bulu 90% bulat atau oval namun tidak runcing
  • Ekor dominan pendek dengan ujungnya butal ataupun oval
  • Kepala seperti ayam jago pada umumnya
  • Terdapat jalu/taji ketika sudah dewasa
  • Berkokok
  • Postur tegak dan tulangan cukup tebal
  • Umumnya terdapati bulu berwarna bintik bintik kecil dibadannya
  • Sebagian besar ekor akan naik dengan ujung cukup kempal
  • Jengger tumbuh besar naik ke atas

Untuk memiliki bulbi original kami rasa cukup sulit, sebab sebagian besar peternak mendatangkan dengan tujuan perkawinan silang entah strain pama, mangon, bangkok klasik dan lain-lainnya. Mungkin sobat bisa memiliki F1 atau keturunannya yang tetap mewarisi genetik bulbi-nya. Terkadang setelah ganti bulu/mabung bulbi menjadi ayam jago seperti pada umumnya entah ekor, rawis dan bulu lainnya.

Cara Mencetak Ayam Bulbi

Cara Mencetak Ayam Bulbi

Tips untuk mendapatkan anak ayam bulbi itu tidak sulit. Akan tetapi ada beberapa tips yang harus sobat ketahui dalam beternak bulu biang ini. Selain dari menyiapkan pejantan atau induk betina bulbi, sobat juga wajib mengetahui kualitas genetik yang menurunkannya.

Bagaimana tidak pejantan dan betina meskipun sama-sama fisiknya bulbi jika sedikit genetiknya kemungkinan besar anakannya tidak seperti yang kita harapkan. Jadi secara tidak langsung gen yang terdapat pada indukan sangatlah penting. Biasanya bila kurang bagus genetik bulu biangnya akan keluar bulbi 1-2 ekor saja. Tentu akan merugikan sobat sendiri bila dari awal bertujuan mencetak bulbi.

Jadi kami menyarankan dengan menyiapkan pejantan bulbi terlebih dahulu. Langkah berikutnya yakni membeli induk betina bulbi yang memiliki genetik bulu biang yang bagus. Akan bagus lagi bila memiliki line keturunan yang jelas, bila sudah menghasilkan anakan jangan langsung dijual. Pelihara hingga dewasa baru sobat bisa mengetahuinya kualitas dan kuantitasnya anakan terserbut.

Dengan hal ini sobat akan mendapatkan sampel anakan dari hasil ternakan sendiri. Bahkan bisa digali lagi dari karakteristik anakan hingga dewasa entah untuk mengetahui jantan betina dan lain-lainnya. Bila hasilnya meleset jauh yang diharapkan coba kembali evaluasi dari pejantan ataupun induk betinanya.

Gaya Tarung Ayam Bulbi

Gaya Tarung Ayam Bulbi

Umumnya unggas ini terkenal dengan fisiknya yang kuat, sehingga tidak mudah untuk ditumbangkan. Akan tetapi seiring perkembangan dunia ayam laga yang sangat pesat menjadikan strain bulu biang ori semakin sedikit. Karena ditujukan untuk perkawinan silang yang meningkatkan kualitas dan kuantitasnya diarena laga.

Kalau berbicara karakter bertarung ayam bulbi cukup sulit pasalnya saat ini sudah ada berupa strain pama, mangon dan pakhoy. Jadi cukup rumit bila harus harus menyebutkan tekniknya. Sebab dari ketiga jenis diatas memiliki ciri khas masing-masing. Maka dari itu kurang lebihnya seperti dibawah ini :

  • Pukulan keras
  • Tulangan badan tebal
  • Kuat hantaman musuh berkali-kali
  • Gaya tarung brakot, atret, nyawat & lock
  • Ayam tenang ketika menghadapi musuh
  • Akurasi pukulan bagus

Selain hal diatas juga tergantung pula dari hasil perkawinannya, misalnya birma otomatis speed akan bertambah sedangkan dengan pama atau mangon pun juga tidak kalah bagusnya. Bahkan adapula disilangkan dengan mangon sehingga tipe ayam pukul saraf. Mungkin itulah sedikit penjelasan ayam bulbi dari segi bertarungnya versi kami.

Kelebihan & Kekurangan Ayam Bulbi

Kekurangan Ayam Bulbi

Setiap hewan memiliki kelebihan dan kelemahan, akan tetapi hal yang harus kita syukuri dari keunggulannya. Sedangkan dari segi kekurangannya bisa menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas ayam yang akan diternak. Karena dalam dunia ternak induk dan pejantan sama-sama bagus belum tentu menghasilkan anakan lebih bagus.

Kelebihan Ayam Bulbi

  • Memiliki bulu ciri khas unik
  • Mempunyai tulangan bagus
  • Pukulan berlaga keras
  • Ayam tenang dan kuat pertahanannya
  • Bulu ujung tidak runcing/lancip
  • Akurasi pukulan bagus
  • Bagus untuk bahan perkawinan silang
  • Efek pukulan istimewa
  • Harga dominan relatif mahal
  • Kecepatan dan teknik tergantung dari perkawinan silang

Karena asal usulnya keturunan saigon/ganoi alhasil dari segi pukulan, daya tahan dan akurasinya sangat keras. Sehingga tidak dipungkiri bila bulbi sering ditakuti oleh banyak lawan. Ya sangat jelas hal tersebut juga berdasarkan silsilah pejantannya ayam bulu biang.

Kekurangan Ayam Bulbi

  • Corak bulu kurang diminati banyak penghobi
  • Ukuran badan cenderung kecil-sedang
  • Tidak ada jaminan menang terus
  • Harus memahami pukulan dan cara menghindari lawan
  • Bulbi Ori harus mendatangkan langsung dari luar negeri

Mitos Ayam Bulu Biang

Mitos Ayam Bulbi

Fakta atau hoax bahwa ayam bulu biang akan menang terus ketika bertarung? Kalau dari sudut pandang kami ini adalah sebuah mitos. Sebagus apapun ayam tetap akan kalah dengan ayam. Jadi tidak mungkin kalau sama sekali tidak mengalami kekalahan. Mungkin yang membuat bulbi sering memenangkan laga yaitu dari genetik saigon yang pada umumnya pukulan keras, tulangan tebal dan akurasi bagus.

Itu sudut pandang kami, bukan berarti disini kami melarang sobat untuk membeli bulbi. Silahkan karena itu selera dan warna bulu itu adalah ciri khas setiap jenis entah dari wiring kuning, gondang, blorok, kelabu semuanya ada peminatnya masing-masing. Dalam hal ini intinya kita saling menghargai, jangan sampai karena hobi malah merusak pertemanan ataupun persahabatan ya sobat dunia binatang.

Harga Ayam Bulbi Ori dan Silangan

NomorUmur/UsiaJenis & PersilanganHarga Ayam Bulbi Terbaru
1.Anakan 1-3 BulanMangon Ori BulbiRp.200.000-750.000/Ekor
2.Anakan 1-2 BulanPamangon X BulbiRp.150.000-400.000/Ekor
3.Anakan 1-2 BulanBirma X BulbiRp.150.000-250.000/Ekor
4.Anakan 1-2 BulanBulbi X PakhoyRp.175.000-300.000/Ekor
5.Anakan 1-3 BulanPama BulbiRp.200.000-750.000
6.6-10 BulanPamangon Full BulbiRp.1.000.000-2.500.000/Ekor
7.6-8 BulanBulbi BatikRp.1.000.000-2.000.000/Ekor
8.6-8 BulanMangon IQ BulbiRp.2.000.000-3.500.000/Ekor
9.Induk BetinaBulbi OriRp.3.500.000-10.000.000/Ekor
10.Pejantan Bulbi Ori ImportBulbi OriRp.10.000.000-30.000.000/EKor

Dari tabel diatas merupakan data yang baru kami rilis, jadi dengan adanya contoh tersebut perkiraan harga yang paling relevan. Saat ini untuk mendapatan bulbi berkualitas terbaik dan jelas silsilah keturunannya memang mahal akan tetapi sangat menunjang kualitas ternak sobat kedepannya. Paling tidak untuk mendapatkan ayam bulbi yang bagus dari strain pakhoy, pama, mangon & birma dengan estimasi Rp.2.000.000-5.000.000/Ekor sudah bagus.

Akan tetapi bila sobat kurang puas bisa mendatangkan dari luar negeri baik Thailand, Taiwan, Vietnam, Malaysia dan sebagainya. Andai takut terkena penipuan bisa meminta bantuan orang yang terbiasa import, alhasil berburu amunisi terbaik bisa sobat dapatkan dengan sesuai prosedur pemerintah.

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan seputar ayam bulbi kepada sobat semua. Semoga dengan adanya wawasan baru ini bisa bermanfaat untuk kita semua, sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply